Tech-Fun!

Buat Jaga-jaga! Ini 6 Tanda Laptop Akan Crash

Tanda Laptop Akan Crash

Salah satu kebiasaan sepele yang bikin laptop cepat rusak adalah kamu membiarkan laptop mengalami crash. Crash ini akan muncul warna biru sedih dan kamu harus menunggu beberapa saat untuk bisa menggunakan laptop kembali. Jika laptop sudah mengalami crash, maka pekerjaan di laptop kamu akan otomatis hilang dan bisa saja laptop mati sendiri.

Kalau sudah begini, kamu tidak bisa mengatasi laptop yang mati sendiri. Karena, kamu memang membiarkan laptop mengalami crash. Tapi, kamu bisa kok mencegah laptop mengalami crash, caranya dengan melihat tanda laptop akan crash. Jika sudah ada tanda tersebut, cobalah untuk save pekerjaan kamu dan restart laptop.

Jadi, langsung aja yuk disimak tanda laptop akan crash berikut ini!

Begini Loh Tanda Laptop Akan Crash, Biar Kamu Jaga-jaga!

Dengan mengetahui tanda laptop akan crash seperti berikut ini, maka kamu sudah termasuk merawat laptop agar tidak gampang rusak.

1. Bunyi Fan Laptop Terdengar Kencang

Tanda Laptop Akan Crash

Bunyi Fan Laptop Terdengar Kencang

Tanda laptop akan crash yang pertama adalah terdengar bunyi fan yang semakin kencang. Fan laptop ini letaknya berdekatan dengan baterai laptop, jika kamu sudah mendengar bunyi fan yang semakin kencang itu tandanya laptop bekerja terlalu keras.

Biasanya penyebab fan laptop berputar kencang, karena kamu terlalu banyak membuka software, sehingga laptop bekerja berkali-kali lipat. Contohnya kamu membuka software edit foto di PC, membuka software edit video di PC sekaligus membuka software converter video.

Nah, software tersebut memang memakan banyak RAM, sehingga laptop akan bekerja lebih keras.

2. Laptop Mulai Overheat

Tanda Laptop Akan Crash

Laptop Mulai Overheat

Ciri-ciri laptop akan crash yang kedua adalah laptop mulai overheat atau terasa panas. Panas pada laptop sebenarnya sangat wajar. Apalagi salah satu penyebab laptop overheat, karena terlalu lama digunakan, menjalankan banyak software dan lain sebagainya.

Namun, jika suhunya melebihi batas notmal maka itu bisa bertanda laptop kamu akan mengalami crash. Jika sudah merasakan tanda ini, coba deh langsung kamu istirahatkan laptop dan tunggu beberapa saat sampai laptop sudah dingin atau adem.

3. Adanya Suara yang Berisik dari Hard Drive

Tanda Laptop Akan Crash

Adanya Suara yang Berisik dari Hard Drive

Tanda laptop akan crash yang ketiga adalah adanya suara yang berisik pada bagian hard drive atau hard disk. Gak cuma Fan aja yang berisik ketika laptop akan mengalami crash, tapi pada bagian hard drive pun akan muncul suara bising.

Kalau sudah terdengar bunyi bising, lebih baik kamu segera simpan pekerjaanmu dan istirahatkan laptop terlebih dahulu. Nah, jika kamu biarkan suara tersebut, bukan hanya laptop yang crash, tapi bisa saja hard drive mengalami bad sector bahkan sampai tidak terbaca lagi.

4. Software Terasa Lemot

Tanda Laptop Akan Crash

Software Terasa Lemot

Ciri-ciri laptop akan crash yang keempat adalah software sudah mulai terasa lemot. Tanda ini paling sering dialami ketika laptop akan nge-crash. Hal ini disebabkan karena menurunnya performa laptop sehingga akan muncul peringatan not responding, yang dimana laptop memaksa untuk menghentikan software tersebut.

Untuk mengatasi laptop yang not responding atau software yang mulai ngelag, coba kamu hentikan dulu softwarenya. Kemudian restart laptop, supaya bisa bisa di-refresh kembali program yang berjalan di laptop tersebut. Dengan begitu, laptop kamu tidak akan mengalami crash.

5. Koneksi Internet Mulai Lambat

Tanda Laptop Akan Crash

Koneksi Internet Mulai Lambat

Tanda laptop akan crash yang kelima adalah koneksi internet mulai lambat. Terjadinya crash pada laptop juga akan mempengaruhi koneksi internetnya loh gaes. Karena, perfoma pada laptop berkurang sehingga koneksi laptop kamu akan terasa lemot sekali.

Tapi, masalah koneksi ini bukan hanya karena laptop akan nge-crash, bisa saja memang koneksi WiFi laptop kamu memang sulit. Jadi, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba alternatif cara menyambungkan WiFi ke laptop aja gaes.

6. Program di Laptop Jadi Error

Tanda Laptop Akan Crash

Program di Laptop Jadi Error

Ciri-ciri laptop akan crash yang terakhir adalah program di laptop yang mulai error. Hal ini bukan hanya terjadi pada software aja yang mulai not responding. Tapi, program sistem operasinya pun prosesnya terasa akan terasa lambat sekali.

Kalau sudah seperti itu, cara mengatasi laptop yang lemot kamu harus segera restart atau install ulang program atau sistem operasinya. Karena, sudah terlalu banyak sampah yang menumpuk pada laptop tersebut.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih tanda laptop akan crash. Nah, jangan lupa untuk share artikel tanda laptop akan crash ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih tanda laptop akan crash. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai tanda laptop akan crash ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top