Tips

5 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Gak Gampang Rusak

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Laptop merupakan barang elektronik yang fungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia yang berhubungan dengan digital. Walaupun harganya yang relatif mahal, nggak jarang orang membeli laptop bekas untuk memangkas pengeluarannya.

Walaupun laptop bekas lebih rentan dengan adanya permasalahan seperti laptop yang mati sendiri namun tidak menutup kemungkinan laptop baru juga bisa dengan mudah rusak. Apalagi kalau kamu melakukan kebiasaan yang bisa membuat laptop cepat rusak.

Oleh sebab itu, berikut ini kita bakalan bahas gimana sih tips merawat laptop agar awet dan gak gampang rusak. Jadi, simak baik-baik ya!

Laptop Cepat Rusak? Ini Tips Merawat Laptop Agar Awet!

Nah, salah satu cara supaya laptop nggak lemot, kamu harus ikuti tips merawat laptop agar awet seperti berikut ini!

1. Rutin Membersihkan Laptop

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Rutin Membersihkan Laptop

Tips merawat laptop agar awet yang pertama adalah dengan rutin membersihkan laptop. Walaupun laptop merupakan barang elektronik yang artinya tidak boleh terkena air bukan berarti kamu tidak membersihkannya ya gaes. Apalagi kalau kamu menggunakan laptopnya sudah lama sekali.

Karena, laptop yang sudah lama dipakai akan terdapat banyak sekali debu-debu yang menempel. Debu ini juga bisa menghambat kinerja laptop itu sendiri loh. Oh iya, pastikan kamu menggunakan pembersih yang aman untuk laptop ya.

Nah, kamu bisa membersihkan laptop mulai dari LCD, Fan (Kipas laptop), keyboard dan lain sebagainya. Oh iya, kalau kamu ingin membersihkan keyboard, coba deh baca artikel mengenai tips cara membersihkan keyboard ya gaes.

2. Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Tips merawat laptop agar awet dan gak gampang rusak yang kedua adalah jangan browsing dan download sembarangan. Jika kamu sering banget browsing atau membuka situs yang diblokir Pemerintah, pasti resikonya akan terkena virus.

Sama juga dengan download, jika kamu download software bukan di situs download software legal pasti akan rentan terkena virus. Nah, virus ini beresiko akan mengurangi kinerja laptop kamu gaes. Jangka panjangnya laptop kamu akan cepat rusak.

Jadi, stop browsing dan download sembarangan ya! Selain itu, jangan lupa untuk install antivirus untuk laptop ya. Supaya laptop kamu nggak terserang virus yang berbahaya.

3. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Tips merawat laptop agar awet yang ketiga adalah jangan menggunakan laptop di atas kasur. Perlu kamu ketahui gaes, jika kamu menggunakan laptop di atas kasur itu bisa menghambat perputaran udara dari laptop karena tertahan oleh kasur.

BACA
6 Hero Mobile Legends yang Berasal dari Negara di Asia

Dengan kata lain, udara panas yang harusnya dikeluarkan laptop akan masuk lagi ke dalam laptop. Nah, ini jadi salah satu penyebab laptop menjadi overheat atau panas berlebihan dan jangka panjangnya laptop kamu akan mengalami kerusakan yang parah gaes.

4. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Tips merawat laptop agar awet dan gak gampang rusak yang keempat adalah jangan menggunakan laptop terlalu lama. Mungkin kamu berpikir kalau laptop barang elektronik yang jika sudah lemah tinggal dicharger saja ya gaes. Padahal laptop sama juga loh dengan manusia yang membutuhkan istirahat.

Penggunaan laptop yang terlalu lama juga bisa menyebabkan laptop overheat. Nggak cuma itu aja sih, penggunaan laptop yang terlalu berlebihan bisa membuat laptop menjadi hang atau not responding. Jika ini terus menerus akan membuat laptop cepat rusak loh gaes.

5. Jangan Menutup LCD Saat Loading Shut Down Belum Selesai

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Jangan Menutup LCD Saat Loading Shut Down Belum Selesai

Tips merawat laptop agar awet yang terakhir adalah jangan menutup LCD saat loading shut down belum selesai. Sebenarnya sama loh dengan kamu yang baru menghidupkan laptop kemudian langsung menutup LCD-nya, ini akan membuat laptop kamu tidak awet.

Mengapa demikian? Karena, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau laptop mengeluarkan udara panas, hal ini membuat komponen laptop menjadi panas juga. Jadi, kalau kamu langsung menutupnya dan mengenai keyboard laptop akan membuat LCD kamu rusak. Akibatnya laptop tidak bisa menyala loh gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih tips merawat laptop agar awet dan gak gampang rusak. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai tips merawat laptop agar awet ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih tips merawat laptop agar awet dan gak gampang rusak. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai tips merawat laptop agar awet ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top