Tech-Fun!

Bahaya! Ini 5 Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik yang Gratis

Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik

Ketergantungan kita terhadap internet membuat kita membutuhkan koneksi yang cepat dan juga gratis. Makanya nggak heran, kalau banyak orang yang berbondong-bondong ke coffe shop hanya untuk mencari WiFi gratis. Nggak cuma itu, bahkan sampai ada yang ingin membobol WiFi ketika terdapat WiFi yang terdeteksi.

Tapi, taukah kamu kalau WiFi publik yang gratis itu sangat berbahaya. WiFi publik biasanya sudah disadap loh oleh organinasi hacker. Tujuannya sih sudah jelas untuk mencari informasi atau sekedar melakukan kejahatan dengan menyebarkan virus.

Nah, berikut ini beberapa resiko jika menggunakan WiFi publik yang gratis. Jadi, langsung aja yuk disimak!

Berikut Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik yang Gratis

Walaupun kamu menggunakan cara agar tidak ketahuan saat menggunakan WiFi, tetap saja resiko berbahaya yang akan menyerang perangkat kamu tidak bisa terhindarkan. Oleh sebab itu, kamu harus tau nih resikonya berikut ini!

1. WiFi Publik Biasanya Disusupi Malware

Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik

WiFi Publik Biasanya Disusupi Malware

Resiko jika menggunakan WiFi publik yang pertama adalah biasanya nih WiFi publik sudah disusupi malware. Perlu kamu ketahui gaes, kalau orang yang jahat biasanya akan membuat WiFi kloningan atau mirip dengan hotspot terdekat. Tujuannya sudah jelas untuk menjebak orang-orang yang menggunakan WiFi publik.

Nah, kalau sudah tersambung dengan WiFi tersebut biasanya mereka akan langsung memasukkan malware di koneksi kita. Makanya kalau kamu merasa banyak iklan pop-up atau palsu bisa jadi malware sudah menyerang perangkat kamu gaes. Parahnya lagi, untuk menghilangkan iklan pop-up ini sangat sulit. Jadi, lebih berhati-hati ya!

2. Jaringan yang Tidak Bisa Terenkripsi

Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik

Jaringan yang Tidak Bisa Terenkripsi

Resiko menggunakan WiFi publik yang kedua adalah biasanya jaringan WiFi publik tidak bisa terenkripsi. Maksudnya adalah proses dalam penggunaan algoritma untuk membuat pesan tidak akan mudah dibaca oleh orang yang tidak bersangkutan. Dengan begitu, orang akan sulit mengakses informasi kamu terhadap orang lain.

Padahal ini sangat penting banget loh gaes! Terlebih kalau kamu sedang chatingan yang ada sangkutannya dengan informasi data diri kamu. Ada kemungkinan peluang hacker untuk bisa mencuri informasi penting tersebut besar karena WiFi publik tidak terenkripsi, kecuali jika kamu menggunakan aplikasi VPN.

3. Lebih Rentan Terserang Worm

Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik

Lebih Rentan Terserang Worm

Resiko jika menggunakan WiFi publik yang ketiga adalah lebih rentan terserang worm. Seperti yang kita ketahui, kalau worm ini merupakan salah satu virus yang mampu bergerak sendiri dengan cara menginfeksi perangkat yang kita gunakan. Penyebarannya pun bisa melalui perpindahan file bahkan jaringan WiFi.

BACA
Cara Menonaktifkan LINE Hanya Sementara di Android

Jika kamu sembarangan mengkoneksikan perangkat dengan WiFi publik tersebut, maka virus worm ini juga akan masuk melalui koneksi tersebut. Dengan begitu, perangkat kamu akan mudah terserang virus gaes. Makanya hal ini menjadi salah satu bahaya WiFi yang jarang diketahui orang-orang.

4. Snooping & Sniffing

Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik

Snooping & Sniffing

Resiko menggunakan WiFi publik yang keempat adalah Snooping & Sniffing. Snooping & Sniffing ini merupakan salah satu istilah yang kerap digunakan orang lain ketika ingin menyadap sinyal WiFi. Biasanya tujuan menyadap ini untuk mengetahui aktivitas pengguna WiFi di internet.

Bahayanya lagi teknik ini mampu mengetahui kamu telah membuka situs apa aja sih. Tujuannya untuk mengetahui password media sosial dan informasi lainnya. Makanya, nggak heran kalau beberapa ahli IT menyarankan untuk rutin mengganti password media sosial gaes. Tujuannya sih jelas untuk menghilangkan data kamu dari internet.

5. Lebih Rentan Terkena Phising

Resiko Jika Menggunakan WiFi Publik

Lebih Rentan Terkena Phising

Resiko jika menggunakan WiFi publik yang terakhir adalah lebih rentan terkena phising. Maksudnya adalah pencurian informasi yang dilakukan dengan cara mengirimkan tautan atau link palsu kepada pengguna WiFi publik. Jika pengguna membukanya maka pengguna pun akan masuk ke dalam perangkat si hacker tersebut.

Mungkin jarang orang yang membuka link yang tersebar melalui WiFi publik tersebut. Tapi tetap saja, bakalan ada yang menjadi korban. Biasanya phising ini dilakukan melalui email. Makanya, kamu harus tau nih ciri-ciri email phising yang berbahaya agar tidak tertipu gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih resiko jika menggunakan WiFi publik. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai resiko jika menggunakan WiFi publik ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih resiko jika menggunakan WiFi publik. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai resiko jika menggunakan WiFi publik ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top