Apps

10 Aplikasi Al Quran dan Terjemahan Paling Lengkap!

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Seperti yang kita ketahui kalau saat ini semua sudah serba teknologi. Termasuk salah satu media dalam hal beribadah yaitu membaca Al Quran. Al Quran merupakan kitab suci umat muslim yang berbentuk seperti buku atau kitab.

Akan tetapi, kini Al Quran sudah bisa kita temukan dalam bentuk aplikasi. Manfaatnya tetap sama kok gaes, untuk dibaca dan diamalkan. Namun bukan untuk menghilangkan Al Quran dalam bentuk kitab.

Sekarang kamu bisa membaca Al Quran dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan aplikasi Al Quran di PC maupun di Android. Nah, kalau kamu pengguna Android, bisa gunakan aplikasi Al Quran dan terjemahan berikut ini, karena fiturnya cukup lengkap.

Ibadah Makin Lancar Pakai Aplikasi Al Quran dan Terjemahan Berikut Ini!

Beberapa aplikasi berikut ini juga bisa kamu gunakan sebagai media untuk menghafal Al Quran loh gaes. Tapi, lebih lengkap dan jelasnya lagi kamu bisa gunakan aplikasi hafalan Al Quran aja ya!

1. Al Quran & Terjemahan Indonesia

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran & Terjemahan Indonesia

Aplikasi Al Quran dan terjemahan di Android yang pertama adalah Al Quran & Terjemahan Indonesia. Aplikasi khusus untuk umat muslim ini dirancang oleh Solikhin Yahya dengan ukuran aplikasi sekitar 9,3MB aja loh gaes.

Aplikasi ini memang hanya menyediakan bacaan Al Quran yang lengkap dengan bacaannya, terjemahan dan juga audio untuk mendengarkan lantunan bacaan ayat Al Quran yang benar.

Dengan begitu kamu juga bisa gunakan aplikasi ini sebagai media untuk belajar mengaji juga gaes. Yaa, walaupun aplikasi ini belum termasuk salah satu aplikasi belajar mengaji sih.

Oh iya, di dalam aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui bacaan terakhir yang sudah kamu baca. Selain itu, kamu juga bisa tau do’a sehari-hari itu dikutip dari surah atau ayat ke berapa di Al Quran.

Nama Al Quran & Terjemahan Indonesia
Ukuran 9,3MB
Link Download

2. Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran dan terjemah paling lengkap yang kedua adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi Android yang wajib diinstall untuk umat muslim ini memiliki ukuran aplikasi sekitar 16MB dan dirancang oleh Andi Unpam.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca Al Quran beserta terjemahnya. Oh iya, setiap ayat yang ada di dalam aplikasi ini terpisah loh gaes, jadi kamu bisa mengetahui terjemahnya pada setiap ayatnya atau katanya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan jadwal sholat maupun imsakiyah loh gaes dan yang paling penting dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengetahui arah kiblat sholat. Karena, tersedia kompas yang bisa menunjukkan arah kiblat secara akurat.

Nama Al Quran Indonesia
Ukuran 16MB
Link Download

3. Al Quran Terjemahan Offline Lengkap Tajwid

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran Terjemahan Offline Lengkap Tajwid

Aplikasi Al Quran dan artinya yang ketiga adalah Al Quran Terjemahan Offline Lengkap Tajwid. Aplikasi Android yang wajib diinstall saat bulan puasa ini memiliki ukuran aplikasi sekitar 85MB dan dirancang oleh Bismillah Aman Jaya.

Kenapa harus diinstall saat bulan puasa? Karena, saat bulan puasa atau bulan suci Ramadan membaca Al Quran akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Oleh sebab itu, dimanapun kamu berada jangan lupa untuk membaca Al Quran.

Kan sayang banget gaes, kalau tidak kamu manfaatkan. Apalagi bulan suci Ramadan datangnya setahun sekali. Oh iya, di dalam aplikasi ini terdapat bacaan Al Quran beserta artinya dan tentunya lengkap juga dengan tajwid. Selain itu, kamu bisa gunakan aplikasi ini secara offline.

Nama Al Quran Terjemahan Offline Lengkap Tajwid
Ukuran 85MB
Link Download

4. Al Quran Latin dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran Latin dan Terjemahan

Aplikasi untuk membaca Al Quran dan terjemahannya yang keempat adalah Al Quran Latin dan Terjemahan. Aplikasi yang dikhususkan untuk umat muslim ini dirancang oleh SY Media dengan ukuran aplikasi sekitar 6,2MB aja loh gaes.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini menyediakan bacaan Al Quran beserta terjemahannya. Nggak cuma itu aja sih, di dalam aplikasi ini terdapat Al Quran MP3 yang tujuannya untuk mendengarkan lantunan murrotal Al Quran.

Oh iya, semua fitur ini bisa kamu gunakan dengan mudah dan tentunya bisa kamu gunakan secara offline. Jadi, kamu nggak perlu paket internet ketika ingin membaca Al Quran jika menggunakan aplikasi ini.

Nama Al Quran Latin dan Terjemahan
Ukuran 6,2MB
Link Download

5. Al-Quran & Terjemahan Indonesia

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al-Quran & Terjemahan Indonesia

Aplikasi Al Quran beserta terjemahan Indonesia yang kelima adalah aplikasi Al-Quran & Terjemahan Indonesia. Aplikasi yang cocok digunakan oleh umat muslim ini memiliki ukuran aplikasi sekitar 5,1MB dan dirancang oleh GuruAndroid.

Aplikasi ini juga nggak kalah lengkapnya dibandingkan aplikasi yang sebelumnya. Jadi, di dalam aplikasi ini terdapat fitur Baca Al Quran tentunya yang sudah lengkap dengan terjemahan Indonesia. Lalu kamu bisa menandai bacaan terakhir juga dengan menggunakan fitur Terakhir Baca.

BACA
Cara Cek Nomor Resi Wahana Hanya Lewat Smartphone

Selain itu, terdapat juga fitur Tajwid yang berfungsi untuk mengetahui tanda baca Al Quran secara benar dan yang paling penting aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengetahui arah kiblat secara akurat.

Nama Al-Quran & Terjemahan Indonesia
Ukuran 5,1MB
Link Download

6. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran dan terjemah yang keenam adalah MyQuran Al Quran dan Terjemahan. Aplikasi karya anak bangsa Indonesia ini dirancang oleh developer The Wali Studio dan memiliki ukuran aplikasi sekitar 21MB aja loh gaes.

Oh iya, bacaan Al Quran dari aplikasi ini sudah diperiksa oleh Pemerintah loh. Jadi, Insya Allah bacaannya Tashih. Oh iya gaes, di dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan ayat Al Quran beserta terjemahannya dan tentunya bisa kamu gunakan secara offline.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan kumpulan doa tahlil yang berasal dari Al Quran. Makanya aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi doa tahlil gaes. Kemudian aplikasi ini juga menyediakan Tajwid yang berwarna. Sehingga, kamu bacaan Al Quran kamu bisa lebih benar dibandingkan sebelumnya.

Nama MyQuran Al Quran dan Terjemahan
Ukuran 21MB
Link Download

7. Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio

Aplikasi Al Quran dan terjemah yang ketujuh adalah Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio. Aplikasi ini dirancang oleh developer Zayn Apps dan memiliki ukuran aplikasi sekitar 7,1MB aja gaes.

Oh iya, aplikasi ini nggak cuma menyediakan bacaan Al Quran dan terjemah aja loh gaes. Tapi, ada juga tajwid yang berwarna di dalam bacaan Al Quran tersebut. Sehingga bacaan Al Quran kamu bisa lebih baik lagi.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan Murottal yang diisi dengan 10 Qori terkenal dan tentunya lengkap hingga 30 juz. Sayangnya Murottal ini tidak bisa kamu download untuk didengarkan secara offline menggunakan aplikasi pemutar musik gaes.

Nama Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio
Ukuran 7,1MB
Link Download

8. Al Quran MP3 (Full Offline)

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran MP3 (Full Offline)

Aplikasi bacaan Al Quran dan terjemahan yang kedelapan adalah Al Quran MP3 (Full Offline). Aplikasi ini dirancang oleh developer SY Media, sama seperti aplikasi Al Quran Latin dan Terjemahan pada poin 2. Aplikasi ini memiliki ukuran aplikasi sekitar 86MB aja gaes.

Aplikasi ini dibuat secara simple dibandingkan aplikasi Al Quran Latin dan Terjemahan gaes. Akan tetapi, aplikasi ini tetap menyediakan bacaan Al Quran beserta terjemahannya secara lengkap. Selain itu, terdapat juga audio qori yang membacakan Al Quran dan tentunya bisa kamu gunakan secara offline.

Oh iya, aplikasi ini juga menyediakan wallpaper Al Quran yang bisa kamu gunakan untuk HP kamu. Sayangnya, wallpaper yang disediakan tidak selengkap yang ada di aplikasi wallpaper HD di Android gaes.

Nama Al Quran MP3 (Full Offline)
Ukuran 86MB
Link Download

9. Al’Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al Quran dan terjemahan selanjutnya adalah Al’Quran Bahasa Indonesia. Aplikasi yang dikhususkan untuk umat muslim ini dirancang oleh developer Seconda Variante dan memiliki ukuran aplikasi sekitar 8,8MB aja loh gaes.

Sama seperti aplikasi yang lainnya, di dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan bacaan Al Quran beserta terjemahannya. Selain itu, kamu juga bisa melanjutkan bacaan Al Quran yang terakhir kamu baca dengan menggunakan fitur Lanjutkan Membaca.

Ada juga tajwid dan audio yang bisa kamu dengarkan untuk mengetahui bacaan Al Quran yang benar. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak menyediakan jadwal sholat untuk mengetahui kapan waktu sholat. Tapi tetap kok, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi Android yang harus ada saat bulan Ramadan.

Nama Al’Quran Bahasa Indonesia
Ukuran 8,8MB
Link Download

10. Al Quran and Translation

Aplikasi Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi Al Quran and Translation

Aplikasi Al Quran dan terjemahan berikutnya adalah Al Quran and Translation. Aplikasi ini dirancang oleh The Wali Studio, sama seperti aplikasi MyQuran Al Quran dan Terjemahan. Aplikasi tersebut memiliki ukuran aplikasi sekitar 16MB aja loh gaes.

Walaupun aplikasi MyQuran Al Quran dan Terjemahan lebih lengkap karena terdapat fitur bacaan doa. Akan tetapi, aplikasi ini tetap dilengkapi bacaan Al Quran beserta terjemahannya.

Selain itu, ada juga pembelajaran mengenai tajwid. Sehingga bacaan Al Quran kamu perlahan-lahan akan menjadi benar gaes. Sudah pasti kamu akan mendapatkan pahala jika membacanya dengan benar. Oleh sebab itu, aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang bisa bantu kamu masuk surga gaes.

Nama Al Quran and Translation
Ukuran 16MB
Link Download

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sekarang sudah tau kan ada apa aja aplikasi Al Quran dan terjemahan paling lengkap di Android. Oh iya, jangan lupa untuk share artikel daftar aplikasi Al Quran dan terjemahan ini ke Sobat Pintar lainnya ya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih aplikasi Al Quran dan terjemahan di Android. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar aplikasi Al Quran dan terjemahan di Android, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini aja 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top