Tech-Fun!

Trik Memotret Super Blue Blood Moon Agar Terlihat Jelas!

Home / Tech-Fun! / Trik Memotret Super Blue Blood Moon Agar Terlihat Jelas!

Trik Memotret Super Blue Blood Moon Agar Terlihat Jelas!

Dikabarkan pada tanggal 31 Januari 2018 di Indonesia akan ada peristiwa alam yaitu gerhana bulan total atau yang biasa disebut Blood Moon. Karena, jarak bulan lebih dekat dengan bumi maka bulan akan tampak berwarna kemerahan.

Nah, untuk kemuculan peristiwa alam tersebut akan berlangsung pada jam 19:48 bagian Indonesia Tengah, kemudian jam 20:48 bagian Indonesia Timur dan 19:52 bagian Indonesia Barat. Oleh sebab itu, jangan sampai ketinggalan peristiwa alam tersebut gaes! Kamu harus mengabadikannya dengan cara seperti berikut ini!

Airy Rooms
BACA
Cara Memotret Seseorang Tanpa Membuka Aplikasi Kamera

Biar Kelihatan, Begini Cara Memotret Super Blue Blood Moon!

Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberikan trik memotret super blue blood moon. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Gunakan Tripod

Tripod

Gunakan Tripod

Trik memotret yang pertama adalah dengan menggunakan tripod. Mengapa menggunakan tripod? Karena, hal ini bertujuan agar foto yang dihasilkan konsisten dan tidak mudah goyang.

Nah, untuk mendapatkan tripod ini cukup mudah, kamu bisa membelinya di toko kamera atau kamu bisa membelinya di online shop seperti Tokopedia, Bukalapak dan juga Lazada.

Baca Juga: Cara Mengambil Foto Menggunakan Siulan (100% Berhasil)

2. Gunakan Remote Kamera

Remote Kamera

Gunakan Remote Kamera

Trik memotret super blue blood moon yang kedua adalah dengan menggunakan remote atau cable shutter kamera. Sama seperti point sebelumnya, hal ini bertujuan agar foto yang dihasilkan tidak buram atau tergoyang.

Karena, saat kamu sudah mengaturnya kemudian kamu akan menekan tombol shutter, hal ini bisa saja menyebabkan kamera bergoyang.

Selain itu, kamu juga menggunakan fitur mirror lock up atau biasa disebut M-Up agar saat mengambil foto tidak menggoyangkan kamera.

Nah, untuk membeli remote atau cable release kamera ini, kamu bisa membelinya di toko kamera atau di online shop seperti Tokopedia, Bukalapak dan Lazada.

Baca Juga: 10 Aplikasi Kamera Fisheye Terbaik di Android

3. Gunakan Lensa Kamera Superzoom

Lensa Kamera Superzoom

Gunakan Lensa Kamera Superzoom

Trik memotret yang kedua adalah dengan menggunakan lensa kamera superzoom. Oh iya, buat kamu yang menginginkan hasil foto yang maksimal lebih baik menggunakan kamera DSLR aja gaes!

Kemudian, agar terlihat tajam hasil foto super blue blood moon kamu bisa menggunakan lensa kamera superzoom atau lensa telefoto yang agak panjang.

Kalau bisa kamera tersebut memiliki fitur fokus jarak jauh dengan minimal ekuivalen 400 mm. Selain itu, gunakan kamera yang memiliki fitur zoom yang bisa diperbesar sampai 20 kali.

Baca Juga: 10 Kamera Canon DSLR Dibawah Harga 5 Juta

4. Atur ISO Kamera

ISO Kamera

Atur ISO Kamera

Trik memotret super blue blood moon yang kedua adalah dengan mengatur ISO kamera. Perlu kamu ketahui gaes, untuk mengambil foto bulan dan jarak jauh kamu bisa mengaturnya menjadi 1/125 detik dengan f/11 dan ISO-nya menjadai 100 atau bisa juga 2oo.

Oh iya jika kamu ingin mengambil objek bulannya saat gelap, kamu bisa mengatur shutter speed-nya agar lebih lambat dan fitur ISO-nya dinaikkan agar mendapatkan objek yang kamu inginkan.

Selain itu, jika saat mengambil objek bulan terlihat gelap, kamu bisa menaikkan ISO-nya dan atur shutter speed-nya menjadi lambat. Sehingga, objek super blue blood moon terlihat lebih tajam.

Baca Juga: 10 Tips Mengambil Foto di Malam Hari dengan Smartphone

5. Atur Fokus Kamera

Fokus Kamera

Atur Fokus Kamera

Trik memotret foto bulan yang kelima adalah dengan mengatur fokus kameranya. Perlu kamu ketahui gaes, untuk mengambil foto super blue blood moon usahakan jangan mengatur fokusnya menjadi otomatis.

Atur fokusnya menjadi manual, agar kamu bisa melihat apakah sudah tepat objek yang kamu ambil. Selain itu, nyalakan live view atau layar LCD pada kamera agara kamu lebih mudah mengambil fokus yang tepat terhadap objek bulan tersebut.

Baca Juga: 10 Aplikasi Kamera Terbaik di Android

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara mengambil foto super blue blood moon agar terlihat jelas. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top