Android

5 Aplikasi Qurban Online Terbaik, Amanah dan Terpercaya!

Home / Intermezzo / 5 Aplikasi Qurban Online Terbaik, Amanah dan Terpercaya!

Aplikasi Qurban Online

Sebagai umat Muslim, pastinya Kamu tau kalau berqurban merupakan salah satu ibadah yang disunnahkan dalam Islam.

Yaps, ibadah qurban ini dianjurkan bagi umat Muslim yang telah memenuhi persyaratan, seperti bagi mereka yang mampu dari segi fisik, akal, dan material.

Nah, kalau ngomongin soal persiapan qurban, biasanya orang yang ingin berqurban akan mulai sibuk mencari hewan yang tepat untuk diqurbankan.

Atau mungkin bagi mereka yang berqurban dengan metode patungan, akan mulai sibuk mencicil biaya yang harus dikeluarkan untuk patungan bersama tersebut.

Tapi, buat Kamu yang mungkin cukup sibuk sehingga tidak punya waktu banyak untuk melakukan persiapan tersebut, ga usah khawatir lagi!

Karena saat ini, kecanggihan teknologi itu sudah banyak memberikan kemudahan bagi Kita, khususnya para Muslim yang ingin menjalankan ibadah qurban, nah salah satunya dengan hadirnya aplikasi atau situs online penyedia layanan qurban online.

Jadi pada kesempatan kali ini, TipsPintar ingin memberikan beberapa rekomendasi dari aplikasi qurban online terbaik yang bisa Kamu coba kunjungi.

Penasaran kan apa saja aplikasinya? Pastikan Kamu simak ulasan berikut ini dengan baik ya!

5 Aplikasi Qurban Online Terbaik

Bagi Kamu yang mau berqurban secara online, berikut ini ada 5 aplikasi qurban online terbaik yang bisa Kamu coba kunjungi:

1. LinkAja Syariah

LinkAja Syariah

LinkAja Syariah

Di urutan pertama, ada aplikasi LinkAja Syariah. Yaps, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang menyediakan layanan qurban online.

Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi para umat Muslim yang ingin berqurban dengan cara menggandeng beberapa mitra terbaik pengelola qurban yang ada di Indonesia.

Tercatat ada delapan lembaga mitra LinkAja Syariah yang tersedia, yakni Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Baznas, Bersedekah.com, Rumah Yatim, DT Peduli, dan juga Baitul Wakaf. Banyak sekali, bukan?

Nah, dari aplikasi LinkAja Syariah ini, pengguna nantinya akan diarahkan ke situs resmi dari lembaga-lembaga pengelola qurban. Pengguna juga akan mendapatkan pelayanan langsung dari lembaga pengelola qurban tersebut.

Bukan hanya itu, aplikasi LinkAja Syariah ini juga memberikan sebuah penawaran menarik, yakni tersedianya bonus cashback hingga Rp100.000,- bagi para pengguna yang menggunakan layanan qurban di aplikasi dompet digital plat merah tersebut.

NamaLinkAja Syariah
Rating3.9
Size50 MB
Link Download

2. Shopee

Shopee

Shopee

Aplikasi qurban online terbaik selanjutnya adalah Shopee. Yaps, salah satu platform belanja online terpopuler ini juga turut menyediakan fitur layanan qurban yang dapat Kamu ikuti.

Shopee sendiri bekerjasama dengan sejumlah lembaga keagamaan, seperti Al-Axhar, Rumah Yatim, Qurban Nusantara, dan lainnya.

Di kanal lembaga-lembaga tersebutlah, pengguna bisa memilih layanan qurban yang diinginkan. Nah, untuk mendapatkan layanan qurban di Shopee itu terbilang praktis, caranya tidak jauh beda seperti belanja online pada umumnya.

Hanya saja, pequrban perlu mengirimkan data diri kepada lembaga pengelola melalui kolom keterangan pada saat ingin melakukan pemesanan.

Gimana, terdengar simpel bukan untuk dilakukan? Jadi buat Kamu yang ingin berqurban tapi tidak punya waktu banyak untuk menyiapkannya, Kamu bisa banget untuk andalin salah satu aplikasi qurban online ini!

NamaShopee
Rating4.4
Size88 MB
Link Download

3. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia

Bagi Kamu yang doyan berbelanja online, pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi e-commerce ini, bukan? Yaps, Tokopedia ini juga bisa menjadi pilihan mudah bagi Kamu yang ingin berqurban secara online.

Cara berqurban di Tokopedia juga terbilang praktis, sama halnya seperti berbelanja di market place pada umumnya.

Nah, salah satu keuntungan berqurban di Tokopedia adalah pequrban bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp100.000,-

Di Tokopedia ini juga terdapat sejumlah lembaga pengelola dan pendistribusi qurban yang menyediakan layanannya di Tokopedia, yakni Baznas, Dompet Dhuafa, Ecoqurban, Human Initiative, dan Rumah Zakat.

NamaTokopedia
Rating4.8
Size47 MB
Link Download

4. Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak

Selanjutnya ada Bukalapak yang menjadi salah satu aplikasi qurban online terbaik yang dapat Kamu andalkan. Selain caranya yang praktis, salah satu kelebihan berqurban di Bukalapak ini adalah banyaknya pilihan lembaga pengelola qurban yang tersedia.

Setiap mitra lembaga pengelola qurban di Bukalapak ini memiliki kanal merchant nya tersendiri. Nah, berbagai data mengenai jenis hewan dan  harga yang ditawarkan oleh setiap lembaga tersebut juga ditampilkan pada kanal khusus tersebut.

Dengan begitu, para pengguna pastinya akan lebih mudah dalam menentukan pilihannya.

Nah, lembaga mitra yang bekerjasama dengan Bukalapak ini antara lain: Rumah Yatim, Bazanas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Qurban Nusantara, NuCare Lazisnu, Prodombas MUI, Lazizmu, Pusat Zakat Umat, Sebar Qurban Mahir Farm, YDS Al-Falah, dan Sinergi Foundation.

Bukan hanya itu, Bukalapak juga menyediakan program Flash Deal yang menawarkan potongan harga hingga 12 persen serta kupon diskon hingga Rp100.000.

NamaBukalapak
Rating4.6
Size60 MB
Link Download

5. Kitabisa

Kitabisa

Kitabisa

Di urutan kelima, ada aplikasi Kitabisa. Nah, di dalam aplikasi ini ada salah satu kelebihan fitur dimana pengguna bisa memilih wilayah distribusi dari qurban yang diinginkan.

Nah, ada delapan area distribusi pilihan yang bisa Kamu pilih, yakni Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Maluku, Papua, dan juga Luar Negeri.

Pada masing-masing area distribusi tersebut, pengguna bisa memilih daerah spesifik yang ingin dituju.

Di dalam aplikasi Kitabisa ini juga telah tersedia mitra penyedia layanan qurban yang dapat Kamu pilih, seperti: Global Qurban AC, Baznas, Baitul Maal Hidayatullah, Dompet Dhuafa, Ecoqurban, Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia, Insan Bumi Mandiri, Rumah Zakat, Lazizmu, Yatim Mandiri, Rumah Yatim, dan juga Griya Yatim Dhuafa.

NamaKitabisa
Rating4.4
Size47 MB
Link Download

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Sebelum Kamu membeli hewan qurban secara online. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips berikut ini ya!

1. Beli di Situs Terpercaya

Beli di Situs Terpercaya

Beli di Situs Terpercaya

Tips pertama saat membeli hewan qurban secara online yang pertama adalah, pastikan Kamu membelinya di situs/platform yang terpercaya.

Tapi sebelum membeli di situs tersebut, Kamu harus memperhatikan deskripsinya terlebih dahulu. Apakah hewan akan diantar kota atau hanya sesama kota saja. Selain itu, pastikan Kamu pilih penyedia layanan hewan qurban yang memiliki prosedur yang jelas.

2. Sesuaikan dengan Syarat Hewan Qurban

Pilih Hewan Qurban Sesuai Syarat

Pilih Hewan Qurban Sesuai Syarat

Selanjutnya, perhatikan apakah hewan yang Kamu pilih sudah sesuai dengan standar/persyaratan qurban atau tidak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sangat dianjurkan untuk membaca deskripsi sebelum membeli hewan qurban secara online tersebut.

Jangan sampai kamu membeli hewan qurban yang belum memenuhi syarat. Karena syarat hewan qurban adalah hewan yang sehat (tidak cacat tubuh), cukup umur, dan lain sebagainya. Jadi jangan sampai kamu terjebak di modus penipuan online berkedok jual hewan qurban ya!

3. Pilih Mitra yang Terpercaya

Pilih Mitra Terpercaya

Pilih Mitra Terpercaya

Selain memastikan bahwa hewan qurban yang Kamu pilih sudah sesuai persyaratan, Kamu juga harus pastikan bahwa Kamu memilih mitra ternak yang terpercaya.

Hal tersebut dikarenakan lembaga penyedia layanan hewan qurban yang terpercaya sudah pasti akan mengelola hewan qurban tersebut dengan pemeliharaan dan perawatan yang jelas.

4. Bayar Sesuai Harga Deal

Bayar Sesuai Harga

Bayar Sesuai Harga

Jika Kamu sudah menentukan pilihan hewan qurban, maka jangan lupa untuk membayar sesuai dengan harga yang telah disepakati ya.

Jika ada kesempatan, cobalah untuk menawar atau menggunakan diskon yang disediakan oleh layanan penyedia atau Kamu juga bisa memanfaatkan layanan aplikasi e-wallet untuk mendapatkan cashback. Dengan begitu, Kamu jadi bisa menjadi lebih hemat deh!

5. Pantau Perkembangan Hewan

Perkembangan Hewan

Perkembangan Hewan

Setelah Kamu menyelesaikan proses transaksi hewan qurban dan sudah ada jadwal pengirimannya. Jangan lupa untuk terus melakukan follow up mengenai perkembangan hewan yang sudah Kamu booking.

Tidak ada salahnya bukan, untuk meminta laporan secara berkala mengenai kondisi hewan qurban yang Kamu beli, agar ketika sampai tujuan bisa terpantau dengan baik dan memenuhi syarat berqurban.

Nah, itulah beberapa daftar aplikasi qurban online terbaik yang dapat Kamu coba kunjungi.

Meskipun lima aplikasi tersebut merupakan layanan e-commerce terpercaya, Kamu tetap perlu waspada ya! Jangan sampai Kamu sampai salah pilih mitra ataupun hewan yang akan diqurbankan.

So, semoga informasi ini dapat menjadi manfaat ya bagi Kamu. Jangan lupa untuk share artikel ini ke kerabat ataupun saudaramu yang ingin melaksanakan ibadah qurban ini ya!

Dan kalau Kamu punya saran untuk pembahasan menarik lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ini.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top