Internet

Apa Itu Coding? Bagaimana Cara Belajar Coding?

Apa Itu Coding

Tentu kalau kita ngomongin soal coding, hal itu menjurus ke arah dunia teknologi ya. Semakin kesini, tentu perkembangan dunia teknologi semakin pesat ya.

Nah, salah satu skill yang saat ini banyak di cari di zaman modern adalah kemampuan ngoding.

Nah, untuk kamu yang belum tau apa itu Coding, tenang saya akan membahas sedikit tentang coding. So, simak baik-baik ya!

Apa Itu Coding?

Coding

Coding

Secara umum, coding dapat diartikan sebagai menulis sekumpulan code sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan.

Bahasa pemrograman pun ada berbagai macam seperti HTML, PHP, Java, Python, dan lainnya. Nantinya bahasa pemrograman tersebut akan ditulis di software text editor seperti Notepad, Sublime, atau software text editor lainnya.

Dengan coding, kita memberikan instruksi kepada komputer sesuai tujuan kita melakukan coding. Contoh coding yaitu kita melakukan penulisan code untuk membuat website, aplikasi Android, dan lainnya.

Nah, loh belum selesai bahas Coding, kini sudah ada istilah baru yakni ‘Bahasa Pemrograman’.

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman atau yang sering diistilahkan dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer adalah instruksi dasar untuk memerintah komputer.

Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Macam-macam Bahasa Pemrograman

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, ada berbagai macam bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, CSS, Java, Python, dan lain sebagainya.

1. HTML

HTML

HTML

HTML adalah bahasa pemrograman yang paling sering ditemui. Situs-situs yang ada di internet pasti menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini.

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

2. C

C

C

C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer, namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

3. PHP

PHP

PHP

Eits, PHP disini bukan Pemberi Harapan Palsu ya guys, PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.

PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web untuk membuatnya semakin dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

4. Python

Python

Python

Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek.

Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

5. Perl

Perl

Perl

Perl adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX).

Namun Perl juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemrograman yang mirip bahasa C.

6. Ruby

Ruby

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis script yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman script yang ada di dunia.

Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

7. Java

Java

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

BACA
Harga Paket Internet Indosat Ooredoo Januari 2019

Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus di desain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin

Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.

8. Delphi

Delphi

Delphi

Umumnya delphi banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.

9. C++

C++

C++

Eits, bahasa pemrograman ini berbeda dengan bahasa C ya. C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C.

Dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B. Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.

10. JavaScript

JavaScript

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

Itulah beberapa macam Bahasa Pemrograman yang ada di dunia. Sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman lainnya seperti COBOL, XML, Visual Basic, dan lainnya.

Bagaimana Cara Belajar Coding

Cara Belajar Coding

Cara Belajar Coding

Untuk belajar coding, maka kamu harus menguasai bahasa pemrograman. Mulailah berlatih dari bahasa yang mudah seperti HTML, PHP, atau Bahasa C.

Kamu bisa menggunakan situs belajar pemrograman seperti W3Schools.com, CodePolitan.com, dan berbagai macam situs belajar pemrograman lainnya.

Cobalah untuk membuat program pertama anda, meskipun itu hanya kata “Hello, World!” tentunya itu sudah bisa menjadi acuan kamu dalam mempelajari coding.

Nantinya kamu akan belajar membuat sebuah program, lalu mencari error di program yang kamu buat. Setelah menemukan error tersebut, maka kamu bisa mencari cara untuk mengatasinya. Gimana? Sangat menantang kan?

Mengapa Harus Belajar Coding?

Kenapa Haru Belajar Coding

Kenapa Haru Belajar Coding

Kenapa sih kita harus belajar Coding?

Sekarang ini merupakan era serba teknologi, dimana kebutuhan teknologi semakin besar. Tentunya lowongan pekerjaan yang menuntut kamu harus memahami teknologi pun juga banyak, termasuk skill ngoding.

Dengan belajar Coding, kamu bisa memahami tentang dunia teknologi, menciptakan inovasi di bidang teknologi, atau kamu juga bisa menjadi seorang hacker loh.

Kamu bisa membuat sebuah website, membuat aplikasi yang bermanfaat, atau hal lainnya yang bisa memberikan keuntungan buat kamu.

Bahkan saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang sedang mencari pekerja di bidang programmer. Jadi bisa saja perusahaan yang mencari kamu, bukan kamu yang mencari perusahaan.

Akhir Kata

Nah, sekarang sudah jelas kan apa itu Coding? Gimana nih guys? Tertarik menjadi seorang programmer nggak? Yang pasti sih seorang programmer bisa di gaji mahal.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu juga ya. Supaya mereka bisa belajar mengenai apa itu coding, sama seperti kamu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top