Tech-Fun!

Apa itu NFC, Fungsi dan Cara Menggunakannya!

Home / Tech-Fun! / Apa itu NFC, Fungsi dan Cara Menggunakannya!

Apa itu NFC

Hampir semua merk smartphone terbaik keluaran terbaru saat ini sudah menyertakan fitur NFC di belakang smartphone-nya. Karena NFC kini menjadi pertimbangan para pengguna smartphone sebelum membeli smartphone.

NFC ini bisa berfungsi untuk mengisi kartu e-Toll dan kartu digital lainnya. Nah, buat kamu yang belum tau apa sih itu NFC, langsung simak aja yuk penjelasannya secara lengkap berikut ini!

Apa itu NFC?

Apa itu NFC

Apa itu NFC

NFC adalah singkatan dari kata Near-Field Communication. Teknologi ini merupakan salah satu fitur komunikasi nirkabel yang telah dipantenkan sejak tahun 1983 oleh Charles Walton.

Singkatnya NF ini merupakan fitur protokol komunikasi jarak pendek yang dimana 2 alat elektronik bisa bisa tersambung dan bisa bertukar data satu sama lain dengan mudah.

Teknolofi NFC ini dikembangkan berdasarkan Radio Frequency Identification (RFID) sehingga antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator yang diterima. Tujuannya untuk mencegah adanya intervensi.

Nah, untuk teknologi NFC ini biasanya baru tersedia di smartphone terbaik keluaran terbaru. Dengan adanya teknologi ini, kamu juga bisa loh transfer data antar smartphone atau perangkat lainnya dengan jarak dekat tanpa kabel.

Bagaimana Cara Kerja dari NFC?

Apa itu NFC

Cara Kerja NFC

Perlu kamu ketahui gaes, NFC bisa dioperasikan atau digunakan dalam radius 4cm. Sehingga kamu harus mendekatkan NFC terlebih dahulu ke sensor NFC agar bisa tersambung dengan mudah.

Nah, cara kerja kerja NFC ini adalah dengan mentransmisikan dan menerima data melalui gelombang radio yang dipancarkan. Jadi, cara kerjanya agak berbeda ya gaes dengan bluetooth yang melalui induksi elektromagnetik.

Oh iya, NFC juga terbagi menjadi 2 yaitu Pasif dan Aktif. Nah, smartphone kamu itu termasuk NFC yang aktif karena bisa mengirim dan juga menerima data.

Untuk NFC aktif terdapat 3 mode yaitu:

  • Reader or Writer, yang dimana hanya membaca informasi (Contohnya: Mengetahui saldo e-Money).
  • Card Emulation, yang dimana fungsinya bisa melakukan pembayaran digital.
  • Peer-to-Peer, yang berfungsi untuk mengirim file.

Sedangkan NFC pasif hanya mampu mengirimkan informasi aja. Namun NFC pasif ini tidak membutuhkan daya. Contohnya seperti e-KTP, e-Money dan lain sebagainya.

Apa Fungsi NFC pada Android dan Perangkat Serupa Lainnya?

Pasti dianatara kalian banyak bertanya-tanya, emang apa aja sih fungsi dari NFC? Apalagi fitur mulai menjadi perhitungan saat membeli smartphone terbaru saat ini.

Nah, buat kamu yang penasaran apa fungsi dari NFC, yuk langsung simak berikut ini aja!

1. Naik Transportasi Umum

Apa itu NFC

Naik Transportasi Umum

Fungsi NFC yang pertama adalah untuk naik transportasi umum. Di beberapa negara dengan teknologi paling maju, masyarakatnya hanya perlu mengerluarkan smartphone yang terdapat NFC untuk pembayaran transportasi umum.

Mereka cukup mendekatkan smartphone ke perangkat sensor NFC sebelum masuk dan keluar dari terminal atau halte transportasi yang digunakan. Mudah banget kan?

2. Pembayaran Digital

Apa itu NFC

Pembayaran Digital

Berikutnya dengan adanya fitur NFC ini kamu bisa melakukan pembayaran digital dengan mudah dan juga aman. Karena di dalamnya sudah terdapat informasi berupa kartu debit atau debit.

Namun, pastikan NFC kamu yang sudah terintegrasi atau mengaktifkannya dengan aplikasi e-Wallet ke sensor NFC tersebut. Dengan begitu, kamu hanya perlu mendekatkan smartphone NFC ke mesin sensor.

Setelah itu kamu tinggal berikan PIN dan juga tanda tangan jika sudah menyelesaikan pembayaran. Dengan adanya teknologi ini, akan mempermudah kamu untuk tidak membawa kartu lagi deh!

3. Untuk Mengecek dan Mengisi e-Money

Apa itu NFC

Untuk Mengecek dan Mengisi e-Money

Lalu fungsi dari NFC ketiga adalah untuk mengecek dan mengisi e-Money atau elektronik money. Saat ini sudah banyak sekali e-Money di Indonesia dalam bentuk kartu dan dari berbagai bank.

Kartu ini juga bisa berfungsi untuk kamu melakukan transaksi di mall, naik transportasi, akses tol, MRT, dan lain sebagainya. Nah, dengan adanya NFC ini kamu hanya perlu menggunakan smartphone aja untuk mengecek saldo eMoney.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa langsung mengisi eMoney tersebut tanpa harus perlu ke bank atau pun mengisi di minimarket yang menyediakan pengisian kartu tersebut. Praktis banget kan gaes?

4. Transfer Data

Apa itu NFC

Transfer Data

Selanjutnya fungsi NFC adalah untuk transfer data. Yups, dengan adanya fitur ini, kamu bisa menghubungkan 2 perangkat untuk bertransfer data secara dekat tanpa harus menggunakan kabel.

Oh iya, kabarnya fitur ini bukan hanya berfungsi di perangkat smartphone, PC atau laptop aja loh! Tapi bisa juga untuk bertukar data dengan perangkat kamera DSLR, kamera mirrorless, printer dan lain sebagainya.

5. Kunci Keamanan

Apa itu NFC

Kunci Keamanan

Berikutnya fungsi NFC ini adalah untuk kunci keamanan. Yups, sensor NFC ternyata mulai dikembangkan menjadi teknologi canggih di masa depan loh! Jadi kamu hanya perlu menempelkan smartphone untuk membuka pintu rumah atau menjalankan mobil listrik.

6. Informasi Produk

Apa itu NFC

Informasi Produk

Terakhir adalah untuk mengetahui informasi produk. Yups, beberapa merek terkenal di dunia juga mulai mengembangkan teknologi NFC untuk memberikan informasi produknya melalui fitur tersebut.

Jadi kamu bisa menempelkan smartphone ke produk tersebut, maka informasi akan muncul di dalam smartphone kamu dengan lengkap. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi membacanya melalui brosur.

Nah, itulah kira-kira fungsi dari fitur NFC di smartphone kamu gaes. Eits, tapi tunggu dulu setiap ada teknologi terbaru, pasti akan ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi disimak lagi yuk!

Kelebihan dan Kekurangan dari NFC

Apa itu NFC

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Apakah kamu masih mengirim data menggunakan bluetooth atau kabel data? Hemmm… kayaknya udah saatnya deh kamu gunakan smartphone yang ada fitur NFC-nya. Kenapa? Berikut ini kelebihan dari fitur NFC:

  • Mengirim data dengan cepat
  • Tidak membutuhkan daya yang besar
  • Kecepatan transfer lebih cepat, hingga 10 detik

Walaupun NFC punya banyak kelebihan dan fungsi yang mempermudahkan kita, namun ada juga kekurang dari NFC loh! Nah, berikut ini kekurangan dari NFC:

  • Terkadang transfer NFC lebih lambat
  • Jika smartphone hilang akan rawan disalahgunakan
  • Belum semua teknologi sudah support untuk teknologi NFC.

Berikut Cara Menggunakan NFC di Smartphone

Nah, untuk kamu yang smartphone-nya sudah memiliki fitur NFC dan belum tau cara menggunakannya, yuk simak langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan NFC:

  • Pertama, sorot layar smartphone kamu dari atas ke bawah, kemudian cari fitur NFC > Lalu tekan dan tahan untuk membukanya. Setelah itu geser toggle untuk mengaktifkan, seperti contoh gambar berikut ini.
Apa itu NFC

Geser Toggle untuk Mengaktifkan

  • Kedua, jika sudah aktif fitur NFC-nya, kamu bisa tapKetuk dan bayar> Setelah itu dekatkan smartphone kamu ke sensor NFC atau kartu e-Money dsb.
Apa itu NFC

Mengaktifkan Fitur NFC

So, itu dia gaes pengertian NFC, fungsi NFC, cara kerja NFC, kelebihan dan kekurangan NFC serta cara menggunakan NFC. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel ini ke teman-teman kamu semua ya gaes 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top