Smartphone

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas)

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 5

Pada saat ini smartphone terbaik memiliki fitur-fitur yang sangat canggih dan juga memiliki tampilan body yang sangat trendy. Akan tetapi, harga smartphone terbaik tersebut dijual dengan harga yang relatif lebih mahal.

Salah satu alternatif terbaik untuk memiliki smartphone terbaik adalah dengan membeli smartphone bekas. Nah! Sebelum membeli smartphone bekas, alangkah baiknya kamu harus tahu dulu nih Tips apa aja untuk memilih smartphone bekas tersebut.

Sehingga, setelah membeli smartphone bekas tersebut, kamu tidak akan merasa menyesal karena salah pilih atau bisa jadi smartphone tersebut telah mengalami kerusakan yang serius.

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas tips memilih HP second terbaik agar kamu tidak salah pilih sebellum membeli HP second. Jadi, simak baik-baik ya gais!

1. Jangan Membeli Smartphone Model Lama

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 6

Smartphone Model Lama

Tips Pertama, jangan membeli smartphone dengan model lama. Smartphone yang telah berumur lebih dari 3 atau 5 tahun itu tidak bagus lagi untuk digunakan, karena smartphone tersebut memiliki resiko tidak dapat memuat sistem operasi smartphone saat ini.

Pada saat ini, jika kamu tidak dapat meng-install sistem operasi terbaru, maka smartphone tersebut hampir tidak bisa meng-install versi terbaru dari aplikasi terpopuler.

Nah! Berarti ada banyak fungsi yang tidak bisa kamu akses. Misalnya, banyak situs mobile tidak mendukung smartphone dengan model lama.

Jadi, pastikan kamu memilih smartphone second dengan model yang terbaru ya!

Baca Juga: 10 Aplikasi Android Telepon Tanpa Pulsa Gratis Terbaik 2017

2. Pastikan Smartphone Tidak Terkunci

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 7

Smartphone Terkunci

Tips kedua, pastikan smartphone yang kamu pilih tidak terkunci. Biasanya smartphone yang terkunci dijual dengan harga yang lebih murah.

Meskipun kamu bisa membuka smartphone yang terkunci, ini akan menambah biaya juga loh! Selalu ada risiko jika kamu tidak dapat membuka smartphone yang terkunci.

Sama saja kamu menheluarkan biaya tambahan, karena kamu akan membawa smartphone tersebut ke tukang service untuk membuka kuncinya.

Nah! Pastikan yaa kamu memilih smartphone second yang tidak terkunci.

Baca Juga: Cara Simpan Video Instastory (Snapgram) Seseorang

3. Pastikan Bukan Smartphone Curian

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 8

Samrtphone Hasil Curian

Tips Ketiga, pastikan tidak membeli smartphone hasil curian. Jika pemilik asli smartphone tersebut merupakan seseorang yang mengerti teknologi dan bisa saja dia melacak keberadaan smartphone-nya.

Kamu akan di datangi oleh pemilik smartphone tersebut. Kamu juga akan dituduh sebagai pencuri, padahal kamu membeli smartphone tersebut dengan orang lain.

Kamu juga bisa memeriksa apakah smartphone yang kamu beli merupakan hasil curian atau bukan. Kamu bisa meminta IMEI, ESN atau MEID dari smartphone tersebut dan periksalah secara online, apakah smartphone tersebut dilaporkan telah dicuri atau tidak.

Jadi, kamu harus tetap waspada ya ketika membeli smartphone bekas.

Baca Juga: 10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu

4. Periksa Fisik Smartphone

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 9

Smartphone Dengan Fisik yan Rusak

Tips keempat, periksa terlebih dahulu fisik dari ponsel bekas tersebut. Jangan berharap jika membeli ponsel bekas kamu akan mendapatkan ponsel dengan fisik baru.

Jika terdapat banyak goresan pada ponsel tersebut, kamu masih bisa menawar harganya lebih murah. Apalagi kalau pada layar ponsel bekas juga sudah pecah, kamu bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah lagi.

Baca Juga: 10 Tips Membedakan Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

5. Periksa Port dan Slot pada Smartphone

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 10

Slot SD Card pada Smartphone

Tips kelima, periksa port dan slot pada smartphone second yang ingin kamu beli. Port USB adalah salah satu port yang paling penting pada smartphone kamu.

Jangan hanya mengeceknya dengan charger, tetapi cek juga dengan men-transfer data dari PC. Apakah terdeteksi atau tidak.

Sedangkan pada slot, kamu harus mencobanya dengan memasangkan SD Card ke smartphone tersebut dan periksa apakah memory pada SD card tersebut terdeteksi atau tidak.

Nah! Jika salah satu dari perangkat port atau slot tidak terdeteksi berarti terjadi kerusakan pada smartphone tersebut.

Jadi, kamu masih bisa membatalkan pembelian atau dapat menawar harga ke lebih murah lagi.

Baca Juga: 12 Tips Membedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu

6. Periksa Baterai

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 11

Baterai pada Smartphone Samsung

Tips keenam, periksa juga fisik dari baterai pada HP bekas yang ingin kamu beli. Caranya dengan lepas baterai dan periksa, apakah baterai tersebut cacat atau kembung. Jika demikian, berarti kamu harus membeli HP bekas yang lain.

Jika baterai pada HP tidak bisa dilepas atau HP tersebut Non-Removable, kamu bisa mencobanya dengan men-charger HP selama 15 sampai 20 menit. Bila HP menimbulkan reaksi panas atau overheat, berarti baterai HP tersebut sudah rusak.

Alternatifnya adalah kamu bisa memilih HP bekas yang lain atau kamu membeli baterai original yang sesuai dengan HP bekas tersebut ya.

Baca Juga: 10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

7. Periksa Fitur Lainnya

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 12

Fitur Kamera Pada Smartphone

Tips ketujuh, periksa fitur yang terdapat pada smartphone yang ingin kamu beli. Selain memeriksa kondisi fisik, kondisi port, kondisi slot dan kondisi baterai. Kamu juga harus memeriksa fitur lainnya.

Periksa juga kondisi kamera, apakah kamera pada smartphone tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu kamu juga bisa memeriksa flash pada smartphone tersebut.

Lagi-lagi jika ada kerusakan pada fitur tersebut, kamu bisa memilih smartphone second yang lain atau jika kamu menerima kerusakan pada fitur tersebut. Kamu masih bisa menawar dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi HP yang Mati Karena Tercebur Air

8. Periksa Kelengkapan Aksesoris

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 13

Charger, Kabel Data dan Earphone Pada Smartphone

Tips kedelapan, periksa juga kelengkapan aksesoris di dalam dus HP bekas yang ingin kamu beli. Jika penjual hanya memberikan HP-nya saja tanpa charger-an, earphone atau kabel data.

Sebaiknya kamu memilih HP lainnya yang dijual beserta charger-an. Akan tetapi, jika kamu tetap ingin membeli HP tersebut kamu juga bisa tawar kepada penjual untuk menurunkan harganya.

Baca Juga: 10 Tips Melindungi Komputer dari Serangan Ransomware

9. Garansi

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 14

Garansi HP Samsung

Tips kesembilan, membeli smartphone bekas dari situs-situs yang menawarkan garansi kepada pembeli. Jadi, jika kamu merasa tidak puas dengan smartphone yang dibeli, situs tersebut menawarkan pengembalian barang atau tukar barang yang lain.

Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat efisien, karena jika smartphone yang kamu beli tidak sesuai yang diiklankan, kamu masih bisa mengklaim produk dari toko tersebut.

Baca Juga: 10 Games PC Paling Sulit Dimainkan 2017

10. Harga

10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas) 15

Mata uang rupiah

Tips kesepuluh, harga smartphone bekas merupakan salah satu hal terpenting sebelum membeli smartphone bekas terbaik. Kamu juga bisa menyesuaikan pembelian smartphone bekas yang sesuai dengan budget yang ada.

Sebelum membelinya lebih baik kamu memeriksa harganya terlebih dahulu di situs e-commerce yang ada di internet.

Nah! Jika sudah sesuai dengan budget yang kamu siapkan, jangan lupa untuk mempertimbangkan tips yang lainnya ya. Karena, bisa saja kamu mendapatkan harga dibawah budget yang kamu siapkan.

Baca Juga: 8 Tips Agar Menang Main Mobile Lagends untuk Pemula

So, jadi bagaimana sobat pintar kamu sudah tahukan tips memilih smartphone second atau bekas yang berkualitas. Jangan lupa yaa untuk like dan share artikel ini, agar teman-teman kamu juga dapat mempertimbangkan cara memilih smartphone bekas yang masih bagus.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top