Intermezzo

Apa itu Saham Blue Chip? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Home / Intermezzo / Apa itu Saham Blue Chip? Ini Penjelasan Lengkapnya!

apa itu saham blue chip

Setiap kali kamu belajar mengenai investasi saham, pasti pernah mendengar “Saham Blue Chip” kan? Yups, jadi saham blue chip ini merupakan saham yang paling sering direkomendasikan oleh channel YouTube belajar saham.

Hal ini dikarenakan saham blue chip merupakan saham yang bernilai tinggi jika dibandingkan dengan saham lainnya. Selain itu, jika dilihat pergerakannya di aplikasi investasi saham, saham blue chip memiliki pergerakannya cenderung stabil.

Nah, buat kamu yang masih belum paham mengenai saham blue chip, kamu bisa simak penjelasan berikut ini baik-baik ya!

Apa itu Saham Blue Chip?

apa itu saham blue chip

Saham Blue Chip

Saham blue chip merupakan saham yang paling banyak diburu oleh investor. Hal ini dikarenakan saham blue chip berasal dari saham perusahaan dengan reputasi yang tinggi.

Selain itu, menjadi perusahaan yang memimpin pasar di industrinya, pendapatan perusahaan sangat stabil dan selalu rajin membagikan devidennya kepada investor.

Perlu kamu ketahui, membeli sajam blue chip merupakan investasi jangka panjang paling tepat, karena mampu memberikan keuntungan yang stabil untuk investornya.

Artinya perusahaan blue chip, bisa bertahan di segala kondisi dan situasi ekonomi. Makanya gak heran, kalau banyak yang rela menabung untuk bisa membeli saham blue chip.

Ciri-ciri Saham Blue Chip

Jika kamu ingin membeli saham blue chip, maka kamu harus tau nih ciri-ciri saham blue chip. Nah, berikut ini kami berikan beberapa ciri-ciri saham blue chip paling umum:

1. Harga 1 Lot Saham Relatif Mahal

apa itu saham blue chip

Harga 1 Lot Saham Relatif Mahal

Ciri-ciri saham blue chip yang pertama adalah harga sahamnya mahal. Yups, rata-rata saham blue chip itu mahal karena harga sahamnya sebanding dengan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Keuntungan yang didapatkannya pun teratur, contohnya kamu mendapatkan pembagian dividen yang cukup tinggi di setiap tahunnya. Jadi walaupun mahal, saham blue chip cenderung stabil.

Selain itu, fluktuasi sahamnya tidak begitu signifikan sehingga kinerjanya sangat bagus dan fundamentalnya pun kuat, sehingga cocok juga untuk investasi jangka pendek.

Tapi perlu diingat! Saham blue chip tidak semuanya mahal ya, ada beberapa saham blue chip yang harganya juga terjangkau. Jadi untuk melihat harganya kamu bisa mengeceknya di website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI).

2. Memiliki Nilai Kapitalis yang Besar di Pasar

apa itu saham blue chip

Memiliki Nilai Kapitalis yang Besar di Pasar

Ciri-ciri saham blue chip berikutnya adalah memiliki nilai kapitalis yang besar di pasarnya. Tau gak? Kalau saham blue chip bisa disebut juga saham lapis satu.

Hal ini dikarenakan saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar bahkan di atas 10 triliun. Oleh sebab itu, saham blue chip menjadi salah satu faktor penggerak IHSG, indeks LQ45 atau yang kita kenal dengan IPO.

3. Pemimpin di Sektor Industrinya

apa itu saham blue chip

Pemimpin di Sektor Industrinya

Ciri-ciri saham blue chip selanjutnya adalah pemimpin di sektor industrinya. Saham blue chip mayoritas merupakan perusahaan yang paling lama di sektor industrinya. Sehingga menjadi pemimpin atau market leader.

Biasanya perusahaan tersebut sudah beroperasi lebih dari puluhan hingga belasan tahun. Sehingga keuntungan yang didapatkan perusahaan berkembang sangat pesat.

Contohnya brand Indomie yang berasal dari perusahaan Indofood. Brand ini bahkan menjadi produk buatan Indonesia yang sukses mendunia.

4. Rajin Bagi-bagi Dividen

apa itu saham blue chip

Rajin Bagi-bagi Dividen

Ciri-ciri saham blue chip yang jarang diketahui berikutnya adalah rajin bagi-bagi dividen. Karena keuntungannya yang cenderung stabil dan naik, perusahaan ini biasanya sangat konsisten untuk membayar dividen ke investor.

5. Memiliki Likuiditas Tinggi

apa itu saham blue chip

Memiliki Likuiditas Tinggi

Ciri-ciri saham blue chip yang jarang diketahui selanjutnya adalah memiliki likuiditas tinggi. Likuiditas ini merupakan saham emiten yang beredar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jika likuiditas tinggi maka bisa dengan mudah untuk dijual lagi dan harganya pun tidak akan turun. Makanya gak heran, kalau investasi saham termasuk salah satu jenis investasi yang menguntungkan saat ini.

6. Perusahaan dengan Kinerja Terbaik

apa itu saham blue chip

Perusahaan dengan Kinerja Terbaik

Ciri-ciri saham blue chip yang jarang diketahui terakhir adalah kinerja perusahaan sangat bagus termasuk dari sisi keuangan. Artinya perusahaan tidak memiliki atau tidak ada hutang sama sekali.

Selain itu, perusahaan blue chip selalu mencetak dan mengalami perkembangan setiap tahunnya. Sehingga bisa bertahan di segala kondisi, bahkan tata pengelolaan perusahaan sangat seimbang dan baik.

Perbedaan Antara Saham Blue Chip dan LQ45

apa itu saham blue chip

Perbedaan Antara Saham Blue Chip dan LQ45

Mungkin buat kamu yang sudah belajar mengenal instrumen investasi khususnya investasi saham, pasti kamu mengenal saham LQ45. Nah, saham LQ45 ini sering disamakan dengan saham blue chip. Padahal keduanya cukup berbeda.

Untuk saham LQ45 ini merupakan 45 saham yang masuk ke dalam daftar indeks LQ45. Selain itu, saham LQ45 ini memiliki kapitalisasi pasar besar, likuiditas tinggi dan fundamental yang baik.

Meski ciri-cirinya mirip dengan saham blue chip. Tapi saham LQ45 tidak semuanya disebut saham blue chip. Nah, berikut ini perbedaan saham blue chip dan saham LQ45:

Saham Blue ChipSaham LQ45
  • Mayoritas sahamnya menguasai pasar
  • Termasuk ke dalam indeks saham LQ45
  • Biasanya dalam 6 bulan terakhir, likuiditasnya memang sedang naik
  • Tidak semuanya termasuk dalam saham blue chip. Karena tidak semuanya memiliki saham likuiditas kinerja yang bagus.

Daftar Saham Blue Chip di Indonesia 2022

Berikut ini ada beberapa daftar saham blue chip terbaik di Indonesia karena memiliki sistem kerja yang baik:

NoNama Perusahaan Blue ChipKode Saham/Emiten
1PT Bank Central Asia TbkBBCA
2PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero)BBRI
3PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero)TLKM
4PT Bank Mandiri Tbk (Persero)BMRI
5PT Astra International TbkASII
6PT Bank Artos Indonesia TbkARTO
7PT Chandra Asro Petrochemical TbkTPIA
8PT Unilever Indonesia TbkUNVR
9PT Adaro Energy TbkADRO
10PT Aneka TambangANTM
11PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero)BBTN
12PT BFI Finance Indonesia TbkBFIN
13PT Barito Pacific TbkBRPT
14PT Elang Mahkota TeknologiEMTK
15PT Gudang Garam TbkGGRM
16PT Hanjaya Mandala Sampoerna TbkHMSP
17PT Indoofood CBP Sukses Makmur TbkICBP
18PT Kalbe Farma TbkTBIG
19PT Mayora Indah TbkMYOR
20PT Sinarmas Multiartha TbkSMMA

So, itulah penjelasan mengenai apa itu saham blue chip. Nah, menurut kamu apa lagi sih penjelasan lainnya mengenai saham blue chip? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top