Intermezzo

Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Keuntungan Reksadana

Home / Intermezzo / Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Keuntungan Reksadana

Apa itu Reksadana

Salah satu rahasia menghemat uang adalah dengan menabung. Nah, menabung aja gak cukup nih karena pasti akan ada inflasi dimana akan ada kenaikan harga barang jasa sehingga uang yang ditabung tidak akan memberikan keuntungan.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk berinvestasi, baik itu investasi saham blue chip USA, saham IPO, emas maupun reksadana. Nah, salah satu investasi yang disarankan untuk pemula adalah investasi reksadana.

Buat kamu yang belum paham, kamu bisa simak aja ya artikel berikut ini!

Apa itu Reksadana?

Apa itu Reksadana

Apa itu Reksadana?

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi menguntungkan di pasar modal. Dimana invesatasi reksadan menjadi pilihan bagi para investor yang belum berani mengambil resiko untuk mencoba investasi di pasar modal.

Reksadana ini dikelola oleh badan hukum yaitu Manajer Investasi untuk menghimpun dana masyarakat. Nah, MI ini akan menginvestasikan dana masyarakat tersebut ke dalam bentuk surat berharga seperti pasar uang, obligasi dan saham.

Investasi reksadana ini cocok untuk para investor yang memiliki modal yang minim dan belum memahami cara menghitung resiko atas investasi. Investor bisa melihat hasil investasinya di dalam portofolio.

Artinya reksadana ini mencakup 3 hal yaitu pemodal (investor), dana yang diinvestasikan di portofolio efek, dana yang dikelola manajer investasi.

Kesimpulan!

  • Reksadana adalah dana investasi para pemodal (investor).
  • Manajer Investasi (MI) adalah pihak yang mengelola dana investasi para pemodal.

Jenis-jenis Reksadana

Investasi reksadana ini terdapat 4 jenis, antara lain:

1. Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Apa itu Reksadana

Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksadana pasar uang atau money market fund merupakan investasi reksadana yang jenis instrumennya pasar uang, dimana jatuh tempo investasi ini kurang lebih dari 1 tahun.

Bentuk dari investasi reksadana pasar uang adalah deposito berjangka (time deposit), sertifikat deposito (certificate of deposit), SBI (Sertifikat Bank Indonesia), SBPU (Surat Berharga Pasar Uang), dan lainnya.

Tujuan dari instrumen investasi ini untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Resiko dari reksadana pasar uang relatif lebih rendah dibandingkan dengan jenis investasi reksadana lainnya.

2. Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Apa itu Reksadana

Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund merupakan investasi reksadana yang jenis instrumennya obligasi, yang dimana investasi kurang lebih 80% dari aktiva dalam bentuk efek utang.

Tujuan dari investasi ini untuk menghasilkan tingkat ppengembalian yang cukup stabil. Resiko dari jenis investasi reksadana ini relatif lebih besar dibandingkan dengan jenis investasi reksadana pasar uang.

3. Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

Apa itu Reksadana

Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksadana campuran atau balance mutual fund merupakan investasi reksadana yang mengalokasikan dana investasi di dalam portofolio dengan sangat bervariasi. Jadi intinya jenis investasi ini berbentuk campuran antara obligasi dan saham blue chip Indonesia.

Tujuan dari investasi ini untuk pertumbuhan pendapatan dan harga. Resiko dari jenis investasi reksadana ini relatif lebih tinggi, jika dibandingkan dengan jenis investasi reksadana pendapatan tetap.

4. Reksadana Saham ( Equity Fund)

Apa itu Reksadana

Reksadana Saham ( Equity Fund)

Reksadana saham atau equity fund merupakan investasi reksadana yang jenis instrumennya saham, yang dimana investasi kurang lebih 80% dari aktiva dalam bentuk efek yang bersifat ekuitas.

Tujuan dari investasi ini untuk pertumbuhan saham atau unit dalam jangka panjang. Resiko dari jenis investasi reksadana ini relatif lebih tinggi, jika dibandingkan dengan jenis investasi reksadana pasar uang, pendapatan tetap dan campuran.

Akan tetapi reksadana saham ini memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi. Makanya gak heran, kalau jenis investasi ini kerap digunakan sebagai trading di aplikasi trading.

Cara Kerja Reksadana yang Belum Diketahui

Apa itu Reksadana

Cara Kerja Reksadana yang Belum Diketahui

Pada dasarnya investasi reksadana memiliki resiko yang raltif lebih rendah, makanya di channel YouTube belajar saham merekomendasikan investasi reksadan untuk para pemula. Karena selain resikonya kecil, mudah diakses dan return yang didapatkan cukup tinggi.

Untuk cara kerja reksadana itu sendiri juga cukup simple, dimana terdapat manajer investasi yang menghimpun dana dari para investor. Kemudian total dana yang dihimpun tersebut akan diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Contohnya seperti pasar uang, obligasi dan saham. Hal tersebut tentunya sesuai dengan kebijakan investasi dari si manajer invesasti yang bersangkut.

Nah, ketika kamu melakukan pembelian salah satu reksadana. Makanya di dalam akan terdapat informasi berupa year return, expense ratio, total AUM, alokasi aset, top holdings dan lain sebagainya.

Untuk top holdings itu sendiri merupakan 5 alokasi terbanyak yang nantinya dana investor akan diinvestasikan. Jika kamu investor, maka kamu tinggal pantau saja perkembangan dari investasi kamu di laporan investasi atau portofolio.

Secara umum, portofolio ini akan meliputi laporan berupa kinerja produk, komposisi aset dan portofolio efek. Selain itu, kamu akan menerima laporan otomatis dari KSEI terkait jika terdapat perubahan jumlah investasi atas transaksi yang dilakukan. Artinya kamu bisa mengecek langsung di Akses KSEI.

Bahkan untuk pembeliannya pun sekarang bisa kamu transfer melalui aplikasi transfer uang. Sehingga lebih mudah untuk kamu memulai investasi di reksadana.

Keuntungan dari Reksadana

Sama seperti investasi yang lainnya, untuk investasi di reksadana tentu akan ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan. Nah, berikut ini keuntungan jika kamu investasi di reksadana:

1. Praktis dan Fleksibel

Apa itu Reksadana

Praktis dan Fleksibel

Keuntungan reksadana yang pertama adalah praktis dan fleksibel. Yup, saat ini udah banyak banget manajer investasi yang menyediakan fasilitas untuk pembelian reksadana secara online.

Salah satunya menggunakan aplikasi investasi online. Nah, di aplikasi tersebut kamu juga bisa mengaturnya sendiri dan otomatis (auto debet). Selain praktis atau mudah digunakan, investasi reksadana juga fleksibel.

Karena investasi reksadana diperuntukkan untuk investasi di berbagai jangka waktu. Mulai dari di bawah 1 tahun, menengah atau bahkan jangka panjang sekalipun.

2. Modal Investasi Relatif Kecil

Apa itu Reksadana

Modal Investasi Relatif Kecil

Keuntungan reksadana berikutnya adalah modal investasi relatif kecil. Berbeda dengan investasi saham dimana kamu harus membeli sesuai dengan harga 1 lot. Nah, kalau di reksadana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp25.000,-.

Meski begitu, kamu harus tau nih hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan riset saham di reksadana maupun di jenis investasi reksadana lainnya.

3. Terdiversifikasi

Apa itu Reksadana

Terdiversifikasi

Keuntungan reksadana selanjutnya adalah terdiversifikasi. Maksudnya dari 1 unit reksadana sudah mencakup beberapa saham jangka panjang dan beberapa jenis obligasi. Sehingga dengan modal kecil, kamu sudah bisa memiliki berbagai jenis instrumen investasi.

4. Dikelola Profesional

Apa itu Reksadana

Dikelola Profesional

Keuntungan reksadana berikutnya adalah dikelola profesional. Seperti yang diketahui, kalau reksadana akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Sehingga untuk pemula pun kamu bisa mencobanya.

5. Transparan dan Hasil Investasi Netto

Apa itu Reksadana

Transparan dan Hasil Investasi Netto

Keuntungan reksadana terakhir adalah transparan dan hasil investasi netto. Yups, saat kamu membeli dan menjual reksadana, harga yang diterima sudah bersih dengan pajak dan biaya lainnya. Sehingga kamu gak perlu repot lagi.

So, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu reksadana. Nah, menurut kamu ada lagi gak sih penjelasan lainnya mengenai reksadana? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top