Android

10 Aplikasi Pencari Kerja Terbaik dan Terpercaya di Smartphone

Home / Android / 10 Aplikasi Pencari Kerja Terbaik dan Terpercaya di Smartphone

Aplikasi Pencari Kerja

Aplikasi pencari kerja tentunya bisa menjadi solusi terbaik buat kamu yang sedang mencari pekerjaan secara online. Hal ini tentunya memudahkan akan kamu, karena kamu tidak perlu lagi menghabiskan tenaga, waktu, dan biaya untuk mencari suatu pekerjaan.

Bahkan kamu bisa melamar banyak pekerjaan sekaligus dari berbagai perusahaan hanya dengan mengirimkan surat lamaran kerja melalui smartphone. Saat ini sudah banyak aplikasi pencari kerja yang dapat digunakan di smartphone Android maupun iOS.

Aplikasi pencari kerja sendiri memungkinkan kamu sebagai pelamar pekerjaan berhubungan langsung dengan perekrut dari perusahaan yang sedang membutuhkan pekerja. Nah, berikut rekomendasi aplikasi pencari kerja yang wajib kamu coba.

Rekomendasi Aplikasi Pencari Kerja 2022

Tidak hanya bisa melamar pekerjaan, beberapa aplikasi pencari kerja juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah ilmu, skill, serta pengalaman, sehingga nantinya lamaran kerja kamu bisa lebih cepat diterima oleh perusahaan.

Berbagai jenis informasi lowongan kerja yang bisa kamu dapatkan, mulai dari part time, full time, magang, sampai freelance. Dengan menggunakan aplikasi semacam ini kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian lho.

1. JobStreet

JobStreet

JobStreet

JobStreet merupakan salah satu aplikasi penyedia informasi lowongan kerja yang saat ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di layanan Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memperoleh informasi lowongan kerja lengkap beserta deskripsinya, mulai dari posisi, gaji, persyaratan pelamar kerja, sampai skill yang harus dimiliki.

Selain Indonesia, JobStreet juga dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan dari luar negeri, seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura.

Aplikasi ini memiliki fitur Mobile Notification yang dapat memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Hampir setiap harinya kamu akan dikirimkan notifikasi pemberitahuan melalui email saat ada lowongan kerja.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah dan cepat untuk melamar serta mendapatkan pekerjaan secara online.

Nama AplikasiJobStreet
DeveloperJobStreet.com Private Limited
Ukuran43 MB
Link Download

2. Indeed Job Search

Indeed

Indeed Job Search

Aplikasi Indeed Job Search ini menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan kamu untuk mencari lowongan pekerjaan. Terdapat ratusan hingga jutaan pekerjaan baru yang yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ini.

Bahkan kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan yang berasal dari luar negeri, karena di aplikasi ini ada lebih dari puluhan negara dengan bahasa yang berbeda-beda menyediakan lapangan kerja.

Tapi, buat kamu yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan terlalu jauh dari rumah, kamu bisa mencari lowongan kerjanya yang ada di sekitar rumah dengan menggunakan fitur GPS.

Aplikasi Indeed Job Search ini hadir dengan berbagai jenis informasi lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar, mulai dari pekerjaan tetap, magang, hingga freelance.

Nama AplikasiIndeed Job Search
DeveloperIndeed Jobs
Ukuran11 MB
Link Download

3. LinkedIn

LinkedIn

LinkedIn

Rekomendasi aplikasi pencari lowongan kerja berikutnya adalah LinkedIn. Aplikasi ini menjadi salah satu platform profesional terbesar di dunia yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 miliar yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

LinkedIn pertama kali dirilis pada tahun 2002 lalu di Amerika Serikat. Bisa dibilang kebanyakan perusahaan sudah memiliki akun LinkedIn yang biasanya digunakan untuk mencari calon karyawan baru dengan kriteria tertentu.

Hal tersebut dikarenakan LinkedIn membuat suatu perusahaan bisa dengan mudah mengetahui data profesional seseorang yang sedang melamar kerja.

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan yang ada di dalam negeri maupun luar negeri, tentunya aplikasi ini bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk mencari informasi lowongan kerja terpercaya.

Sebelum ingin melamar pekerjaan, sebaiknya lengkapi terlebih dahulu profil LinkedIn kamu dengan membuat CV atau resume semenarik mungkin agar bisa dilirik oleh pihak perusahaan.

Nama AplikasiLinkedIn
DeveloperLinkedIn
Ukuran29 MB
Link Download

4. Jora

Jora

Jora

Aplikasi Jora ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan secara online. Dengan menggunakan Jora, kamu tidak akan bingung dengan lokasi tempat kerja yang akan kamu lamar nantinya.

Sebab, pada saat pertama kali membuka aplikasi ini, kamu akan diarahkan untuk memilih lokasi tempat kerja yang kamu inginkan. Setelah itu, maka akan muncul beberapa lowongan pekerjaan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan skill kamu.

Apabila ingin mencari pekerjaan yang lebih detail, kamu bisa menggunakan fitur Search Bar yang ada di bagian tengah atas layar pada smartphone kamu saat sedang membuka aplikasi Jora ini.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang simpel tetapi sangat memudahkan penggunanya untuk mencari pekerjaan. Menariknya, kamu bisa langsung melamar pekerjaan di dalam aplikasi ini, dimana nantinya akan diarahkan ke website resmi si perusahaan.

Jika kamu sedang tidak ingin melamar pekerjaan, tetapi minat pekerjaan yang ditawarkan, kamu bisa memanfaatkan fitur Save agar nantinya kamu bisa mengakses informasi lowongan kerja tersebut di lain waktu.

Nama AplikasiJora
DeveloperJob Seeker Pty Ltd
Ukuran6,6 MB
Link Download

5. Kalibrr

Kalibrr

Kalibrr

Kalibrr adalah salah satu aplikasi pencari kerja yang memiliki fitur membuat resume yang dapat memudahkan kamu untuk melamar pekerjaan. Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu akan diarahkan untuk mendaftar dan mengisi data diri terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu bisa membuka aplikasinya menggunakan akun yang sudah kamu buat. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sangat bermanfaat untuk para pencari kerja.

Salah satunya adalah fitur Filter yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan yang kamu inginkan pada kolom pencarian. Semua lowongan kerja yang disiapkan oleh aplikasi ini akan menampilkan informasi yang lebih spesifik.

Informasi tersebut seperti deskripsi pekerjaan, syarat dan ketentuan pelamar, gaji, dan lain sebagainya. Sebelum mengajukan lamaran kerja, alangkah baiknya kamu membaca informasi lowongan kerja dengan teliti dan detail agar nantinya kamu tidak dirugikan.

Nama AplikasiKalibrr
DeveloperKalibrr
Ukuran15 MB
Link Download

6. TopKarir

TopKarir

TopKarir

TopKarir merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja buatan perusahaan lokal yang cukup populer dan sudah digunakan oleh banyak orang. Di layanan Play Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan mendapatkan rating 4.5.

TopKarir hadir dengan beberapa fitur yang dapat menunjang kamu dalam mencari pekerjaan. Di aplikasi ini kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan baik itu startup hingga perusahaan besar.

Tidak hanya menyediakan lowongan kerja, aplikasi TopKarir ini juga menyiapkan lowongan magang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan seputar dunia industri.

Selain itu, di aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pekerjaan part time. Bahkan ada fitur menarik lainnya yang membuatmu dapat melakukan tes minat dan bakat serta ada juga fitur yang berisi informasi beasiswa.

Nama AplikasiTopKarir
DeveloperPT. Top Karir Indonesia
Ukuran26 MB
Link Download

7. KitaLulus

KitaLulus

KitaLulus

Aplikasi pencari kerja lainnya yang bisa kamu coba adalah KitaLulus. Bisa dibilang KitaLulus menjadi aplikasi pencari kerja paling terpercaya dan aman, karena informasi lowongan kerja yang diberikan sudah melewati tahap verifikasi.

Dengan begitu, maka kamu tidak akan mendapatkan informasi lowongan kerja yang abal-abal. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur filter yang dapat digunakan untuk memilih lokasi bekerja, latar belakang pendidikan, hingga jenis pekerjaan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan yang mana kamu dapat mengirim lamaran pekerjaan dengan menghubungi WhatsApp perekrut secara langsung. Jadi, kamu bisa melamar pekerjaan langsung tanpa melalui orang kedua.

Tidak hanya diperuntukkan untuk pencari kerja, KitaLulus juga menyediakan fitur untuk perusahaan yang ingin memasang iklan lowongan kerja dengan mengisi formulir dan melalui tahap verifikasi. Setelah itu, maka iklan akan langsung muncul di dalam aplikasi.

Nama AplikasiKitaLulus
Developerkitalulus
Ukuran13 MB
Link Download

8. Glints

Glints

Glints

Glints adalah software buatan Singapura yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan. Selain itu, aplikasi ini juga menyiapkan informasi seputar magang yang cocok untuk kamu yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja.

Glints memiliki beberapa fitur yang sangat berguna untuk mencari pekerjaan. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur penyedia jasa konsultasi untuk memberikanmu rekomendasi pengembangan karir, sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan pekerjaan terbaik.

Menariknya lagi, aplikasi Glints ini juga dibekali dengan fitur penjelajah berbagai karir dalam dunia industri serta pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan para penggunanya.

Nama AplikasiGlints
DeveloperGlints
Ukuran27 MB
Link Download

9. Job2go

Job2go

Job2go

Job2go adalah salah satu aplikasi yang menyediakan layanan pencari kerja yang memiliki beberapa fitur unggulan. Selain bisa digunakan untuk mencari lowongan kerja, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk finansial, perniagaan, serta pendidikan.

Job2go diklaim mampu memberikan pelayanan terbaik untuk usaha UMKM di Indonesia dalam mencari para pekerja yang sesuai dengan standar bisnis UKM. Hingga saat ini, Job2go sudah di download lebih dari 100 ribu pengguna di aplikasi Play Store.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah kamu dapat melamar pekerjaan tanpa harus menggunakan CV. Jadi, cukup mengisi profil dan data diri di dalam aplikasi, kamu sudah bisa melamar pekerjaan yang tersedia.

Nama AplikasiJob2go
DeveloperPT Sinergi Tekno Cipta
Ukuran11 MB
Link Download

10. Freelancer

Freelancer

Freelancer

Berbeda dengan aplikasi pencari kerja pada umumnya yang digunakan untuk mencari pekerjaan full time, sesuai dengan namanya aplikasi Freelancer ini lebih diperuntukkan untuk kamu yang sedang mencari lowongan kerja paruh waktu.

Untuk bisa mencari lowongan kerja melalui aplikasi ini, kamu hanya cukup mengisi kolom data pendaftaran agar bisa login. Jika ingin lebih dipercaya oleh para perusahaan, kamu bisa mengajukan proposal yang berisi skill dan pengalaman yang kamu miliki.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu berkesempatan untuk menunjukkan profesionalisme kamu meskipun hanya seorang freelance.

Nama AplikasiFreelancer
DeveloperFreelancer.com
Ukuran13 MB
Link Download

Penutup

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pencari kerja tersebut, kamu bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi lowongan kerja. Kamu bisa menemukan pekerjaan terbaik yang sesuai dengan keinginan dan skill kamu.

Tapi perlu dicatat, kamu harus tetap teliti dalam memilih lowongan pekerjaan agar tidak terkena penipuan yang bisa merugikan kamu.

Baca juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top