Internet

10 Situs Freelance Indonesia Terbaik untuk Pemula 2022

Home / Internet / 10 Situs Freelance Indonesia Terbaik untuk Pemula 2022

Situs Freelance Online

Salah satu cara mendapatkan uang tambahan jajan bagi pelajar adalah dengan bekerja sebagai freelancer. Dimana freelancer ini merupakan pekerja yang tidak terikat dengan jam dan lokasi, sehingga bisa dikerjakan di manapun dan kapanpun.

Namun, hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer, kamu harus berhati-hati untuk mencari klien. Karena banyak klien penipuan, dimana kamu sudah menggunakan jasamu untuk pekerjaan tersebut, tapi tidak dibayar.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk mencari klien atau jasa yang dibutuhkan di salah satu situs freelance online berikut ini!

Ini Daftar Situs Freelance Online Terpercaya!

Buat kamu yang ingin lagi cari dapat uang tambahan dengan menjadi freelancer, bisa cari kliennya di salah satu situs di bawah ini!

1. Sribulancer.com

Situs Freelance Online

Situs Sribulancer.com

Situs freelance Indonesia terbaik yang pertama adalah Sribulancer.com. Situs ini berguna untuk kamu yang lagi mencari jasa freelancer ataupun mencari pekerjaan freelance. Jadi buat kamu yang ingin tetap kuliah walaupun kesulitan biaya, bisa cari pekerjaan freelance di situs ini.

Karena di sini kamu bisa mencari perusahaan yang membutuhkan jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, desain grafis, penerjemah, writer, content social media, SEO dan lain sebagainya.

Apalagi di situs ini terdapat kurang lebih 17 ribu klien dari seluruh Indonesia dan dunia. Sistem yang digunakan juga sangat mudah dan sangat akurat untuk kamu yang membutuhkannya.

Oh iya, kamu juga tidak akan dikenakan biaya untuk pendaftaran, rekutmen, administrasi dan lain sebagainya. Namun, freelancer akan dikenakan biaya 10% dari komisi total nilai job yang telah diselesaikan.

2. Toptal.com

Situs Freelance Online

Situs Toptal.com

Situs freelance Indonesia terbaik berikutnya adalah Toptal.com. Sama seperti sebelumnya, situs ini menawarkan kepada kamu sebagai perusahaan yang ingin mencari freleencer untuk kebutuhan perusahaan kamu.

Selain itu, jika kamu sebagai freelancer juga bisa mencari pekerjaan freelance di situs ini. Oleh sebab itu, kamu harus membuat CV (Curriculum Vitae) dan portofolio yang menarik untuk bisa memikat hati perusahaan.

Karena di situs ini untuk mendapatkan pekerjaan freelance cukup ketat untuk proses seleksinya. Meski terlalu ketat, namun bayaran dari situs ini cukup besar atau tinggi dibandingkan situs lainnya.

Makanya gak heran kalau situs ini menawarkan jasa dengan talenta yang terbaik di Indonesia maupun di dunia. Apalagi perusahaan yang mencari freelancer di sini termasuk perusahaan elit.

3. Freelancer.co.id

Situs Freelance Online

Situs Freelancer.co.id

Situs freelance Indonesia terbaik selanjutnya adalah Freelancer.co.id. Meskipun situs ini merupakan situs dari startup Australia, namun situs ini pun termasuk situs  freelance terbesar di Indonesia. Karena terdapat kurang lebih 57 juta terdaftar dan terdapat lebih dari 21 juta lowongan pekerjaan freelance.

Jadi, buat kamu yang ingin cepat dapat kerja setelah lulus kuliah, coba deh dengan menambahkan pengalaman terlebih dahulu dengan menjadi freelancer dan kamu bisa mendaftar atau mencari pekerjaannya di situs ini.

Oh iya, untuk informasi ya! Saat kamu mengajukan lebih dari 8 proposal kepada pencari jasa/perusahaan, maka kamu diharuskan untuk membayar menjadi anggota di situs ini. Artinya untuk 7 kali prososal pengajuan itu gratis.

4. Project.co.id

Situs Freelance Online

Situs Project.co.id

Situs freelance online berikutnya adalah Project.co.id. Pada dasarnya, situs ini merupakan situs yang menawarkan project, dimana kamu bisa menerima penawaran atau menawarkan project (Owner). Sedangkan sebagai Worker, kamu bisa mempromosikan diri dan melakukan penawaran.

Selain itu, ada juga Seller dimana kamu bisa menawarkan dan menjual produk digital, serta Buyer bisa mencari dan membeli produk digital yang dibutuhkan di situs ini. Jadi, situs ini bukan hanya situs freelance aja, tapi bisa juga sebagai aplikasi jualan online.

Bahkan di situs ini juga terdapat program afiliasi, dimana kamu bisa mengajak orang lain untuk mendaftar serta bertransaksi di situs ini melalui link refferal kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan komisi sekitar 10% – 20% dari harga projectnya.

5. CrowdSource.com

Situs Freelance Online

Situs CrowdSource.com

Situs freelance online selanjutnya adalah CrowSource.com. Sama seperti situs lainnya, di situs ini menyediakan klien yang membutuhkan jasa freelancer. Situs ini juga termasuk situs freelance terbesar di Indonesia.

Karena kamu bisa mencari berbagai macam pekerjaan freelance. Contohnya seperti jasa pembuatan konten, editing, dan lain sebagainya. Oh iya, di situs ini juga menawarkan proyek besar, dimana perusahaan bisa membagikan pekerjaannya dengan freelancer.

Jadi buat kamu yang ingin dapat uang dari internet, bisa banget nih mencoba ikut andil dalam proyek tersebut. Apalagi hal tersebut bisa menjadi tambahan pengalaman kamu.

6. 99Design.com

Situs Freelance Online

Situs 99Design.com

Situs freelancer Indonesia berikutnya adalah 99design.com. Buat kamu yang suka membuat desain, jangan hanya dibagikan di platform media sosial untuk content creator aja, tapi kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan lainnya dengan mencari request klien langsung.

Nah, situs ini cocok banget untuk kamu untuk membagikan hasil karya. Oh iya, di situs ini juga kamu bisa belajar banyak karena ada banyak artikel seputar desain yang tentunya terkait dunia desain.

Sama seperti situs Project.co.id, di situs ini terdapat program afiliasi dimana kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan lainnya dengan mengundang orang lain.

7. Fiverr.com

Situs Freelance Online

Situs Fiverr.com

Situs freelancer Indonesia selanjutnya adalah Fiverr.com. Situs freelance ini tidak hanya terkenal di Indonesia aja, tapi juga di seluruh dunia. Sama seperti yang lainnya, di sini kamu bisa menemukan perusahaan atau klien yang membutuhkan jasa freelancer.

Apalagi di situs ini terdapat banyak sekali jenis pekerjaan freelance yang tersedia, contohnya seperti jasa penulisan, desain grafis, penerjemah, input data, asisten virtual dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kamu harus membuat CV dan portofolio yang menari untuk mengajukan penawaran kepada perusahaan dan klien, sehingga kamu terlihat profesional. Jika kamu belum membuatnya, kamu bisa buat di situs membuat template CV.

8. Sribu.com

Situs Freelance Online

Situs Sribu.com

Situs freelance terbaik di Indonesia berikutnya adalah Sribu.com. Sama seperti situs 99design.com, situs ini pun khusus untuk kamu yang menyediakan jasa desain. Baik itu desain banner, website, aplikasi, produk dan lain sebagainya.

Buat kamu orang yang membutuhkan jasa desain, daripada bikin di aplikasi mendesain baju yang cukup rumit, lebih baik kamu cari saja jasa desain di situs ini. Karena desainnya dijamin tidak pasaran.

9. Fastwork.id

Situs Freelance Online

Situs Fastwork.id

Situs freelance terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Fastwork.id. Situs ini juga cukup populer dan sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan dan pebisnis untuk mencari jasa freelancer.

Karena memang di situs ini terdapat banyak sekali kategori freelancer yang tersedia. Seperti kategori desain grafis, penulisan, penerjemahan, programming dan jasa IT lainnya.

Makanya buat kamu yang lagi cari prospek pekerjaan untuk lulusan IT, bisa banget untuk di awal kamu mencoba mencarinya di situs freelance ini.

10. Upwork.com

Situs Freelance Online

Situs Upwork.com

Situs freelance terbaik di Indonesia terakhir adalah Upwork.com. Kalau situs yang satu ini termasuk situs freelancer yang berbasi cloud, dimana jumlah pengguna di situs ini cukup besar.

Apalagi situs ini digunakan oleh banyak pebisnis dari berbagai tingkat keterampilan yang berbeda. Tenang! Identifikasi klien yang terdapat di situs ini terpercaya.

Karena kamu bisa menggunakan fitur video call, jadi gak perlu lagi tuh kamu membagikan nomor pribadi untuk melakukan video call di aplikasi chatting.

So, itulah beberapa situs untuk freelancer Indonesia. Nah, kamu bakalan cari pekerjaan freelance di situs mana nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top