Tips

Cara Kunci Aplikasi di Android Agar Tidak Dibajak!

Cara Kunci Aplikasi

Pasti kamu sudah baca dong artikel tentang cara mengetahui HP disadap. Yups, salah satunya saat menelepon seseorang sering terjadi gangguan gitu dan sering kali pesan sudah terbaca.

Kalau sudah begitu mungkin bisa saja HP kamu disadap atau bisa juga dibajak oleh teman-teman kamu. Jika kamu merasa ada hal privasi HP lebih baik kamu mencegahnya agar tidak sembarangan mudah diakses oleh orang lain.

Salah satu cara menghindari terjadinya penyadapan atau pembajakan di HP kamu adalah dengan mengunci smartphone maupun aplikasi yang terdapat privasinya. Nah, pas banget nih! Soalnya berikut ini kita bakalan bahas cara kunci aplikasi di Android dengan mudah.

HP Sering Dibajak? Ini Cara Mengunci Aplikasi di Android!

Oh iya, salah satu aplikasi yang wajib kamu kunci adalah Instagram, WhatsApp dan juga Mobile Banking. Makanya jangan sampai kamu tidak melakukan penguncian aplikasi WhatsApp ya gaes.

Jadi, untuk langkah-langkah mengunci aplikasi, kamu bisa langsung simak aja nih!

1. Cara Kunci Aplikasi Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan di HP Xiaomi

Catra kunci aplikasi tanpa menggunakan aplikasi tambahan ini hanya berlaku untuk kamu yang menggunakan HP Xiaomi. Jadi, langsung aja yuk disimak cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi berikut ini:

  • Pertama, kamu harus buka ‘Pengaturan‘ di HP > Setelah itu scroll ke bawah dan tap menu ‘Kunci Aplikasi‘.
Pengaturan

Pilih Kunci Aplikasi

  • Kedua, kemudian buat pola untuk mengunci aplikasi dan konfrimasi pola kunci. Jika sudah kamu bisa tapBerikutnya‘. Seperti contoh gambar berikut ini.
Pilih Berikutnya

Membuat Pola Kunci

  • Ketiga, lalu akan ada pemberitahuan akun Mi Cloud di HP kamu. Jika sebelumnya kamu sudah login bisa langsung tapNanti‘ di bagian bawah > Selanjutnya tempelkan sidik jari kamu ke fingerprint (Khusus untuk HP yang terdapat fingerprint).
Masukkan Sidik Jari

Pilih Nanti

  • Keempat, berikutnya kamu pilih deh aplikasi yang ingin dikunci. Sebagai contoh, gambar berikut ini ingin mengunci aplikasi. Jadi kamu pilih aplikasi ‘WhatsApp‘ dan pada bagian WhatsApp geser toggle untuk mengaktifkan fitur kunci aplikasi. Seperti contoh berikut ini.
Kunci Aplikasi

Kunci Aplikasi WhatsApp

  • Nah, sekarang aplikasi yang sudah kamu pilih tadi akan terkunci dengan menggunakan pola. Cara membukanya dengan pola yang sudah kamu buat atau dengan sidik jari kamu.

2. Cara Kunci Aplikasi Tanpa Aplikasi Tambahan di HP ASUS

  • Pertama, kamu buka home screen di HP ASUS > Kemudian tap icon titik 3 di pojok kanan atas > Lalu kamu tap menu ‘Lock apps‘.
Cara Kunci Aplikasi

Pilih Menu ‘Lock apps’

  • Kedua, setelah itu akan muncul pilih Password Rescuer untuk login aplikasi. Sebagai contoh di sini memilih ‘Google account‘. Jika sudah kamu pilih deh email Google yang ingin digunakan.
Cara Kunci Aplikasi

Memilih Password Rescuer

  • Ketiga, berikutnya kamu masukkan pola sandi maupun fingerprint (jika HP ASUS kamu terdapat fitur fingerprint). Setelah itu masukan kembali pola sandi yang kamu masukkan tadi.
Cara Kunci Aplikasi

Masukkan Pola Sandi untuk Mengunci Aplikasi

  • Keempat, lalu kamu pilih deh aplikasi yang ingin dikunci. Sebagai contoh di sini memilih aplikasi Instagram.
Cara Kunci Aplikasi

Memilih Aplikasi yang Ingin Dikunci

  • Nah, sekarang aplikasi tersebut sudah terkunci deh gaes. Cara membukanya pun kamu bisa gambar polanya atau memasukan sidik jari melalui fingerprint.
Cara Kunci Aplikasi

Mengunci aplikasi Instagram

3. Cara Kunci Aplikasi Menggunakan Aplikasi ‘AppLock

Jika HP kamu tidak tersedia fitur untuk mengunci aplikasi. Tenang aja! Kamu bisa menggunakan aplikasi AppLock kok gaes. Nah, untuk langkah-langkahnya kamu bisa ikuti aja nih berikut ini!

  • Pertama, kamu download dan install aplikasi ‘AppLock‘ terlebih dahulu di Play Store.
Cara Kunci Aplikasi

Aplikasi ‘AppLock’

  • Kedua, setelah itu kamu jalankan aplikasinya dan pilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Jika sudah memilihnya kamu bisa tap tombol ‘DITETAPKAN SANDI‘.
Cara Kunci Aplikasi

Memilih Aplikasi yang Ingin Dikunci

  • Ketiga, berikutnya kamu buat pola untuk mengunci aplikasi dan lakukan kembali pembuatan pola sandi untuk konfirmasi. Contohnya seperti gambar berikut ini.
Cara Kunci Aplikasi

Membuat Pola Sandi untuk Aplikasi

  • Keempat, kemudian kamu pilih tema sebagai background untuk pengunci aplikasi. Jika sudah memilih kamu bisa tap tombol ‘SELESAI‘. Lalu, akan muncul kotak konfirmasi untuk mengizinkan aplikasi AppLock, langsung aja kamu tap tombol ‘Mengizinkan‘.
Cara Kunci Aplikasi

Tap Tombol ‘Mengizinkan’

  • Kelima, selanjutnya akan masuk ke pengaturan HP kamu, langsung aja kamu cari dan tap aplikasi AppLock. Kemudian pada bagian fitur ‘Izinkan akses penggunaan‘ kamu geser toggle-nya untuk mengaktifkannya.
Cara Kunci Aplikasi

Mengaktifkan Fitur ‘Izinkan akses penggunaan’

  • Nah, sekarang kamu buka deh aplikasi yang kamu pilih tadi. Maka akan muncul pola sandi seperti gambar berikut ini.
Cara Kunci Aplikasi

Pola Sandi Pada Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi Kunci Aplikasi di Android yang Lainnya!

Nah, kan kamu sudah tau tuh cara kunci aplikasi di Android. Jika sewaktu-waktu aplikasi yang dijelaskan di atas tidak berfungsi lagi, kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi pengunci aplikasi di Android berikut ini aja gaes!

BACA
Cara Menghilangkan Iklan di Android (Tanpa Root)

1. AppLock

Cara Kunci Aplikasi

Aplikasi AppLock

Aplikasi kunci aplikasi di Android yang pertama adalaj AppLock. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh DoMobile Lab ini sudah di-download lebih dari 100 juta pengguna, aplikasi ini juga memiliki ukuran kurang lebih 4MB saja loh gaes.

Oh iya, aplikasi ini cocok banget buat kamu yang penyimpanan internal di HP penuh. Karena, aplikasi ini sangat ringan banget dan tidak memerlukan banyak memori seperti kebanyakan aplikasi Android yang lain.

Di dalam aplikasi ini, kamu bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan pola maupun kata sandi. Nah, supaya terlihat menarik kamu bisa menggunakan tema yang disediakan secara gratis di aplikasi ini.

Nama AppLock
Ukuran Download 4MB
Link Download

2. CM Locker Amankan Privasi

Cara Kunci Aplikasi

Aplikasi CM Locker Amankan Privasi

Aplikasi untuk mengunci aplikasi yang kedua adalah CM Locker Amankan Privasi. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini sudah di-download sebanyak lebih dari 100 juta pengguna dan memiliki ukuran kurang lebih 8MB saja.

Apalikasi CM Locker ini memang cukup populer. Namun, aplikasi ini dikenal sebagai salah satu pembersih RAM terbaik di Android. Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan pola, kata sandi dan juga fingerprint.

Selain itu, terdapat banyak tema yang yang bisa membuat tampilan HP kamu semakin menarik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengambilan gambar atau foto sebagai background penguncian.

Nama CM Locker Amankan Privasi
Ukuran Download 8MB
Link Download

3. AppLocker | Lock Apps – Fingerprint, PIN, Pattern

Cara Kunci Aplikasi

Aplikasi AppLocker | Lock Apps – Fingerprint, PIN, Pattern

Aplikasi kunci aplikasi di Android yang ketiga adalah AppLocker | Lock Apps – Fingerprint, PIN, Pattern. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh BGNmobi ini sudah di-download sebanyak 5 juta kali penggunan dan untuk ukuranya hanya sekitar 3MB saja loh.

Aplikasi ini cukup ringan sekali loh gaes dan tidak akan memenuhi RAM di HP kamu juga loh. Nah dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunci beberapa aplikasi di HP dengan menggunakan pola, password maupun fingerprint.

Keunikan dari plikasi ini kamu bisa menyimpan data keamanan seperti password Gmail. Yaa, mirip-mirip dengan aplikasi password managaer di Android gitu deh gaes.

Nama AppLocker | Lock Apps – Fingerprint, PIN, Pattern
Ukuran Download 3MB
Link Download

4. Hexlock App Lock & Photo Vault

Cara Kunci Aplikasi

Aplikasi Hexlock App Lock & Photo Vault

Aplikasi kunci aplikasi yang selanjutnya adalah Hexlock App Lock & Photo Vault. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh Liquidum Limited ini sudah di-download sebanyak 5 juta kali pengguna dan memiliki ukuran hanya 10MB saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunci WhatsApp dari orang kepo dengan mudah. Nggak cuma WhatsApp aja sih, aplikasi untuk menyimpan foto seperti galeri bisa juga dikunci.

Jadi, kamu bisa dengan mudah menyembunyikan foto di HP dengan menggunakan aplikasi ppengunci ini aja gaes. Oh iya, aplikasi ini bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan pola, kata sandi maupun fingerprint.

Nama Hexlock App Lock & Photo Vault
Ukuran Download 10MB
Link Download

5. App Lock: Fingerprint Password

Cara Kunci Aplikasi

Aplikasi App Lock: Fingerprint Password

Aplikasi untuk mengunci aplikasi berikutnya adalah App Lock: Fingerprint Password. Aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Keepsafe ini sudah di-download sebanyak 1 juta kali pengguna. Dalam segi ukuran, aplikasi ini hanya memiliki ukuran kurang lebih 3MB saja.

App Lock ini sangat simple dan mudah jika digunakan. Karena, tidaka ada fitur seperti membersihkan RAM dan lain sebagainya. Jadi, cukup digunakan sebagai aplikasi untuk mengunci aplikasi.

Akan tetapi, aplikasi ini sangat aktif dalam melindungi ketika ada aplikasi yang baru saja di-install, jangan takut terkena virus. Jadi, kamu nggak perlu menggunakan aplikasi antivirus lagi deh gaes.

Nama App Lock: Fingerprint Password
Ukuran Download 3MB
Link Download

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan cara kunci aplikasi dengan mudah di Android. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel cara mengunci aplikasi ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara mengunci aplikasi di Android. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara kunci aplikasi di Android ini bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top