Modal Tulisan Dapat Jutaan Rupiah, Ikuti Blogger Review Competition Sekarang Juga!
Android

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Smartphone Hingga 200%

Hallo sobat pintar! Sinyal WiFi yang lemah akan sangat mengganggu aktivitas internet kita ya. Salah satu faktor yang membuat WiFi menjadi lambat adalah banyaknya pengguna yang memakai WiFi tersebut.

Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberikan cara memperkuat sinyal WiFi di Android. Dengan begitu smartphone kamu dapat menggunakan WiFi tanpa takut memiliki sinyal yang lemah.

BACA
Cara Jitu Memperkuat Sinyal WiFi di Android

Inilah Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android

1. Gunakan Aplikasi

Aplikasi WiFi Booster & Analyzer

Aplikasi WiFi Booster & Analyzer

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah WiFi Booster & Analyzer.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mempercepat dan memantau kecepatan WiFi dalam bentuk grafik sinyal. Aplikasi ini bekerja lebih maksimal apabila kamu semakin lama terhubung dengan jaringan WiFi.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi di Android (100% Ampuh)

2. Letakkan Router WiFi di Tempat Terbuka

Letakkan Router di Tempat Terbuka

Letakkan Router di Tempat Terbuka

Cara kedua adalah dengan menyimpan router WiFi atau modem di tempat terbuka. Karena benda penghalang seperti tembok, kaca, lemari atau pintu dapat menghambat kekuatan sinyal WiFi.

Contoh tempat yang ideal untuk meletakkan router adalah di ruang tamu. Dan jangan pernah meletakkan router kamu di dekat telepon, microwave atau benda-benda elektronik lainnya.

Baca Juga: Cara Bobol Password WiFi di Android (Tanpa Root)

3. Periksa Casing Smartphone

Periksa Casing Smartphone

Periksa Casing Smartphone

Memeriksa casing smartphone bisa dijadikan alternatif untuk memperkuat sinyal WiFi. Karena biasanya antena WiFi pada smartphone berada di belakang atau disamping.

Jika dengan melepas casing smartphone sinyal kamu menjadi lebih kuat, berarti casing smartphone kamu itu terlalu tebal atau mengandung materi yang mengganggu jaringan WiFi.

Baca Juga: Cara Mengetahui dan Memblokir Pencuri WiFi Kamu di Android

4. Ganti Password WiFi

Ganti Password WiFi

Ganti Password WiFi

Biasanya, semakin banyak perangkat yang menggunakan WiFi akan berdampak buruk bagi kecepatan koneksi WiFi. Dampak buruk yang dihasilkan adalah membuat modem cepat panas dan mengganggu konektivitas. Maka dari itu, kamu bisa mengganti password WiFi secara berkala untuk mengurangi masalah tersebut.

Baca Juga: Cara Mengetahui Orang yang Menggunakan WiFi Kita di Android

5. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Jauhkan Router dari Perangkat Lain

Jauhkan Router dari Perangkat Lain

Sama seperti yang tadi dibilang, selain meletakkan router WiFi di tempat terbuka, kamu juga harus menjauhkan router WiFi dari barang-barang elektronik yang dapat mengganggu konektivitas WiFi.

Baca Juga: Cara Melihat Password WiFi Orang Lain di Android (100% Berhasil)

6. Matikan Modem Secara Berkala

Matikan Modem Secara Berkala

Matikan Modem Secara Berkala

Penggunaan modem yang terlalu sering dapat meningkatkan suhu dari modem tersebut. Dikarenakan penggunaan aliran listrik yang langsung mengalir pada modem tidak ada hentinya.

Dan hal ini dapat membuat sinyal WiFi menjadi lemah. Hal yang perlu diketahui jika perangkat yang mentransmisikan sinyal terlalu panas, maka akan menyebabkan noise pada sinyal WiFi yang dihasilkan.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi yang Lemah di PC/Komputer

7. Gunakan Tipe WiFi yang Baru

Gunakan Tipe WiFi Terbaru

Gunakan Tipe WiFi Terbaru

Pada saat ini, terdapat empat jenis tipe wireless yang tersedia seperti A, B, N, dan G. Dari keempat jenis tersebut, yang paling terbaru adalah teknologi N. Jadi kamu harus selalu menggunakan tipe N untuk mendapatkan kecepatan WiFi yang maksimal.

Baca Juga: Susah Connect? Cobain Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop Ini

8. Hapus Koneksi Lama

Lupakan Jaringan Lama

Lupakan Jaringan Lama

Biasanya jika kamu sedang berada ditempat umum hal yang paling kamu cari pada saat kehabisan kuota adalah tempat free WiFi. Namun, jika kamu terlalu banyak menyimpan jaringan akan berpengaruh terhadap kinerja sinyal WiFi smartphone kamu.

Dan untuk itu, kamu harus menghapus daftar WiFi lama yang mungkin sudah tidak digunakan untuk memperkuat sinyal WiFi Android. Cara menghapusnya adalah masuk Setelan > WiFi > Jaringan Tersimpan lalu pilih jaringan WiFi mana yang ingin dihapus.

Baca Juga: Ternyata WiFi Berbahaya! Ini 10 Bahaya WiFi yang Jarang Diketahui

9. Cari Posisi yang Tepat untuk Terhubung ke WiFi

Cari Posisi yang Enak untuk Berinternet

Cari Posisi yang Enak untuk Berinternet

Jika kamu ingin berinternetan tanpa mengalami gangguan, kamu dapat mencari posisi yang bebas dari penghalang sinyal WiFi. Sinyal WiFi tidak dapat dilihat oleh mata manusia, namun sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router WiFi.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Iphone (100% Berhasil)

10. Gunakan Custom Kernel

Gunakan Custom Karnel

Gunakan Custom Kernel

Jika di smartphone kamu tersedia custom kernel, maka sebaiknya kamu menggunakannya supaya penerimaan sinyal WiFi bisa semakin maksimal. Karena dengan menggunakan custom kernel, terdapat banyak perbaikan dan tweak untuk meningkatkan sinyal smartphone atau kekuatan WiFi.

Baca Juga: Sering Travelling? Ini Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

Nah, itulah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android kamu. Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kamu ya!

Baca Juga:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top