Tips

Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik (Dijamin Akurat)

Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, salah satu kegiatan atau tradisi di Indonesia saat menjelang libur lebaran adalah Mudik. Mudik merupakan kegiatan pulang dari kota perantauan ke kampung halamannya. Untuk melakukan mudik juga ada yang menggunakan kereta api dengan cara memesan tiket kereta api terlebih dahulu.

Ada juga yang menggunakan pesawat, bus, kendaraan pribadi seperti mobil dan juga motor. Nah, kalau kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk membaca artikel cara menghemat baterai HP saat mudik.

Jadi, kamu nggak akan salah mengetahui lokasi kampung halaman ketika menggunakan aplikasi GPS. Oh iya, sebagai umat muslim yang taat, pastinya kamu juga tidak mau ketinggalan saat menjalankan ibadah sholat kan gaes

Oleh sebab itu, kamu perlu aplikasi yang wajib diinstal saat mudik, seperti aplikasi adzan otomatis dan lain sebagainya. Nah, biar nggak salah kiblat saat sholat, kamu bisa ikuti langkah-langkah cara menentukan arah kiblat saat mudik berikut ini!

Takut Salah Kiblat? Begini Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik

Jika sewaktu perjalanan mudik, kamu tidak menemukan Masjid atau Musholla, kamu bisa sholat dimana pun asal tempatnya bersih. Nah, untuk mengetahui arah kiblat, kamu bisa simak cara menentukan arah kiblat saat mudik berikut ini saja!

1. Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik Menggunakan Google Maps

  • Pertama, yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi Google Maps terlebih dahulu.
cara menentukan arah kiblat

Buka Google Map

  • Kedua, lalu kamu bisa mencari lokasi Kaaba Mekkah pada kolom pencarian. Contohnya seperti gambar berikut ini.
cara menentukan arah kiblat

Cari Lokasi Kaaba Mekkah

  • Ketiga, setelah mencarinya lokasi tersebut, kamu juga harus pastikan lokasi Kaaba Mekkah yang kamu cari tersebut benar ya gaes. Caranya dengan zoom in atau zoom out, apa benar sudah benar lokasinya di Mesir. Contohnya seperti gambar berikut ini!
cara menentukan arah kiblat

Pastikan Lokasi Kaaba Mekkah

  • Keempat, kemudian kamu bisa memperkecil skala maps dengan zoom out hingga lokasi kamu terlihat. Setelah itu, kamu bisa mengarahkan ujung HP kamu tepat mengarah kiblat ya gaes. Contohnya seperti gambar berikut ini.
cara menentukan arah kiblat

Pastikan Arah Ujung HP ke Kaaba

2. Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik Menggunakan Aplikasi Muslim GO

cara menentukan arah kiblat

Aplikasi Muslim GO – Prayer Time Qiblat Al-Quran

  • Kedua, setelah itu kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan tap tombol ‘Start‘ untuk memulai aplikasinya.
cara menentukan arah kiblat

Tap Tombol ‘Start’

  • Ketiga, berikutnya kamu akan masuk ke tampilan awal aplikasi Muslim GO dan nantinya kamu akan melihat sebuah kompas yang berada di sebelah kanan atas. Nah, kamu sudah bisa pergunakan kompas tersebut untuk menentukan arah kiblat saat mudik.
cara menentukan arah kiblat

Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik

  • Selain untuk menentukan arah kibat, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengingat sholat, seperti aplikasi pengingat sholat dan aplikasi ini juga dapat memberitau kamu lokasi masjid terdekat dari lokasi kamu. Contohnya seperti gambar berikut ini.
cara menentukan arah kiblat

Lokasi Masjid Terdekat

cara menentukan arah kiblat

Surat Al-Quran yang Populer

3. Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Aplikasi Miqat

cara menentukan arah kiblat

Aplikasi Miqat: Prayer Times, Qiblah and Hilal Visibility

  • Kedua, setelah selesai install aplikasi Miqat, pada halaman utama aplikasi ini akan menampilkan jam waktu sholat sesuai dengan lokasi kamu berada. Nah, untuk menentukan arah kiblat menggunakan aplikasi ini terdapat 2 pilihan yaitu menu ‘Kiblat 3D‘ dan ‘Peta Kiblat‘. Sebagai contoh yang pertama, kamu lanngsung aja tap menu ‘Kiblat 3D‘.
cara menentukan arah kiblat

Pilih Menu Kiblat 3D

  • Ketiga, pada Kiblat 3D ini kamu akan diberi arahan ke mana arah kiblat dengan tampilan 3D yang sangat bagus dan keren, seperti gambar berikut ini.
cara menentukan arah kiblat

Tampilan Arah Kiblat Dalam Bentuk 3D

  • Jika, kamu memilih menu ‘Peta Kiblat‘, sama juga kok aplikasi ini akan menampilkan arah kiblat dalam bentuk seperti aplikasi maps di Android pada umumnya, akan tetapi lengkap dengan arah kiblatnya. Contohnya seperti gambar berikut ini!
cara menentukan arah kiblat

Arah Kiblat Dalam Bentuk Peta

4. Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik Menggunakan Aplikasi Muslim

cara menentukan arah kiblat

Aplikasi Muslim: Waktu Sholat, Quran, Kiblat, Zikir, Duha

  • Kedua, setelah selesai install aplikasi tersebut, kamu jalankan aplikasinya. Kemudian kamu akan diminta untuk mengaktifkan alarm adzan untuk sholat. Pada bagian ini kamu bebas memilih adzan mana saja yang ingin diaktifkan. Sebagai contoh gambar berikut ini. mengaktifkan semua alarm adzan.
cara menentukan arah kiblat

Aktifkan Alarm Adzan

  • Ketiga, jika sudah selesai mengaktifkannya, kamu akan ditampilkan tampilan utama aplikasi Muslim ini. Langsung aja, kamu tap menu ‘Kiblat‘ yang ada di sebelah kiri, untuk menentukan arah kiblat.
cara menentukan arah kiblat

Pilih Menu Kiblat

  • Keempat, lalu kamu akan ditampilkan arah kiblat pada tampilan peta seperti aplikasi Google Maps tadi. Nah, panah yang ada titik lokasi kamu berada tersebutlah yang menunjukan arah kiblat sholat yang akurat.
cara menentukan arah kiblat

Tampilan Peta

  • Selain menggunakan peta, kamu juga bisa menentukan arah kiblat dengan kompas. Caranya dengan kamu menggeser layar HP Android dan tampilannya akan berubah menjadi kompas, seperti gambar berikut ini. Kemudian, kamu arahkan HP Android kamu hingga jarumnya pas menunjukkan gambar Ka’bah ya gaes.
cara menentukan arah kiblat

Tampilan Kompas

5. Cara Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik Menggunakan Aplikasi Muslim Pro

cara menentukan arah kiblat

Aplikasi Muslim Pro

  • Kedua, setelah kamu install aplikasi Muslim Pro, kemudian kamu akan diminta untuk memilih bahasa terjemahan Al-Quran. Langsung saja kamu pilih ‘Bhs Indonesia‘. Contohnya seperti gambar berikut ini!
cara menentukan arah kiblat

Pilih Bahasa Terjemahan Al-Quran

  • Ketiga, berikutnya kamu akan masuk ke tampilan awal pada aplikasi Muslim Pro. Nah, pada bagian ini langsung aja kamu tap menu ‘Kiblat‘. Contohnya seperti gambar berikut ini!
cara menentukan arah kiblat

Tap Menu Kiblat

  • Keempat, selanjutnya aplikasi ini akan menampilkan kompas serta maps yang menunjukkan lokasi Ka’bah. Nah, pada bagian ini kamu tinggal arahkan saja HP Android kamu ke arah gambar Ka’bah tadi, untuk menentukan arah kiblat yang akurat.
cara menentukan arah kiblat

Tampilan Kompas Kiblat

Catatan!

  • Oh iya, jangan lupa sebelum kamu menentukan arah kiblat saat mudik, kamu harus mengaktifkan GPS dan melakukan kalibrasi terlebih dahulu. Tujuannya supaya menghilangkan efek magnet yang merusak kinerja kompas dan kamu akan mengetahui arah kiblat yang akurat.
BACA
Main Game Anti Lag Pakai ASUS Zenfone Max Pro M2

Rekomendasi Aplikasi untuk Menentukan Arah Kiblat Saat Mudik Lainnya!

Jika cara menentukan arah kiblat saat mudik yang sudah dijelaskan di atas tidak bisa lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah kita rekomendasikan berikut ini gaes.

1. Umma – Quran, Prayer Times, Qibla, Ramadhan

Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat

Aplikasi Umma – Quran, Prayer Times, Qibla, Ramadhan

Aplikasi untuk menentukan arah kiblat yang pertama adalah Umma – Quran, Prayer Times, Qibla, Ramadhan. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Muslim Ummah dengan ukuran aplikasi sekitar 24MB.

Sebenarnya aplikasi yang satu ini fitur utamanya adalah untuk membaca Al-Quran. Jadi, nggak heran ya, kalau aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi Al-Quran. Akan tetapi, fiturnya nggak hanya itu aja gaes, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menentukan arah kiblat saat mudik nanti.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengetahui jadwal sholat bahkan jadwal imsakiyah. Jadi, kamu lebih mudah mengetahui kapan waktunya untuk sholat dan juga waktu berbuka puasa.

Nama Umma – Quran, Prayer Times, Qibla, Ramadhan
Ukuran 24MB
Link Download

2. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat

Aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

Aplikasi menentukan arah kiblat saat mudik yang kedua adalah Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan. Aplikasi buatan anak bangsa ini dikembangkan oleh Andi Unpam dan memiliki ukuran aplikasi hanya sekitar 6,0MB aja loh gaes.

Sebenernya aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai informasi kapan waktu sholat berdasarkan lokasi. Bukan hanya itu aja sih, dengan aplikasi ini kamu bisa tau juga jadwal imsak dan waktu berbuka. Makanya aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang wajib ada saat bulan puasa.

Oh iya, aplikasi ini bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat saat kamu mudik nanti dan kamu juga bisa memasang alarm adzan secara otomatis sesuai dengan lokasi. Perlu kamu ketahui nih, kalau aplikasi ini terdapat 5 bahasa loh antara lain English, Indonesia, Malaysia, French dan German.

Nama Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan
Ukuran 6,0MB
Link Download

3. Qibla Connect Find Direction – Prayer, Azan, Quran

Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat

Aplikasi Qibla Connect Find Direction – Prayer, Azan, Quran

Aplikasi untuk mengetahui arah kiblat saat mudik yang berikutnya adalah Qibla Connect Find Direction – Prayer, Azan, Quran. Aplikasi ini dirancang oleh Quran Reading dengan ukuran aplikasi sekitar 29MB aja.

Aplikasi ini sangat berguna sekali untuk umat muslim. Karena, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menentukan arah kiblat tanpa harus memiliki paket internet.

Selain berfungsi untuk mengetahui arah kiblat saat mudik. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa tau juga waktu sholat. Kemudian, ada juga fitur Halal Finder yang berguna untuk mengetahui tempat makan terdekat yang berlabel halal.

Nama Qibla Connect Find Direction – Prayer, Azan, Quran
Ukuran 29MB
Link Download

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan cara menentukan arah kiblat saat mudik. Nah, kamu jangan lupa ya untuk share artikel cara menentukan arah kiblat saat mudik ini ke sobat pintar yang lainnya ya.

Supaya sobat pintar lainnya bisa tau gimana sih cara menentukan arah kiblat saat mudik. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara menentukan arah kiblat saat mudik ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini ya gaes 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top