Tips

10 Cara Menghemat Baterai Android Saat Mudik

10 Cara Menghemat Baterai Android Saat Mudik 5

Bagi kamu yang sedang mencari solusi agar baterai android kamu tidak cepat kehabisan baterai, kita akan menjelaskan kepada kamu cara menghemat baterai android kamu.

Ketika bulan suci Ramadhan, tentunya mudik menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya akan ramai orang yang pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga besarnya. Hal ini biasanya disebut dengan ‘Mudik‘.

Ternyata ada yang mudik menggunakan kereta api, pesawat, bus atau bahkan ada juga yang membawa kendaraan sendiri seperti mobil dan motor. Nah, kalau kamu mudik menggunakan kereta api, coba baca dulu ya tips sebelum membeli tiket kereta api.

Tujuannya supaya kamu tidak salah membeli tiket kereta mudik. Oh iya, salah satu barang yang tidak lupa dibawa saat mudik adalah HP. Akan tetapi, saat mudik menggunakan bus atau pesawat kamu akan kesulitan men-charger HP jika terlalu sering menggunakannya.

Apalagi kalau kamu tidak punya power bank  dengan kapasitas besar. Oleh sebab itu, untuk kali ini kita bakalan membahas cara menghemat baterai HP saat mudik agar tidak boros. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

Tidak Punya Power Bank? Ini Cara Menghemat Baterai HP Saat Mudik!

Jika kamu tidak mempunyai power bank yang kuat, bisa coba ikuti langkah-langkah berikut ini, mengenai cara menghemat baterai HP saat mudik berikut ini. Agar kamu bisa terus memberi kabar dengan keluarga kamu gaes!

1. Mengatur Kecerahan Layar HP Android

menghemat baterai hp saat mudik

Mengatur Kecerahan Layar HP Android

Salah satu hal yang dapat membuat baterai HP kamu cepat habis adalah tingginya pencerahan layar. Maka dari itu kamu harus mengatur intensitas tinggi cahaya layar saat akan mudik.

Jangan gunakan mode otomatis, karena hal tersebut juga dapat menguras daya baterai. Kenapa demikian? Karena, ketika kamu mengaktifkan mode pencerahan otomatis, HP  kamu akan selalu melakukan update terhadap tingkat kecerahan layar HP.

Dengan begitu, daya baterai HP kamu terkuras hanya untuk update mode pencerahan layar. Jadi, lebih kamu mengaturnya secara manual dan sesuai kebutuhan gaes. Pastikan juga jangan terlalu sering menggunakan mode pencerahan yang terlalu tinggi.

2. Mengatur Mode Sleep pada Android

menghemat baterai hp saat mudik

Mengatur Mode Sleep pada Android

Mengatur sleep atau lamanya waktu layar Android saat tidak digunakan juga sangat berpengaruh pada daya baterai HP kamu. Dengan layar yang menyala saat android kamu tidak digunakan, maka konsumsi daya baterai pun akan terus mengalir.

Oleh sebab itu, jika kamu tidak menggunakan HP dalam waktu yang lama, lebih baik kamu manfaatkan fitur mode sleep saja gaes. Nah, untuk mengatur mode sleep pada Android, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, masuk ke ‘Pengaturan’ HP Android kamu.
  • Setelah itu, pilih menu ‘Tampilan’.
  • Kemudian, pilih fitur ‘Tidur’ atau ‘Sleep’.
  • Lalu, kamu atur deh waktu untuk mode sleep yang diinginkan.

Cara ini efektif banget loh untuk menghemat HP saat mudik. Jadi, kamu nggak perlu khawatir jika tidak membawa powerbank Xiaomi gaes. Oh iya, cara ini juga sering digunakan untuk mematikan Android tanpa menekan tombol power.

3. Matikan Wifi Jika Tidak Digunakan

menghemat baterai hp saat mudik

Matikan Wifi Jika Tidak Digunakan

Cara menghemat baterai HP saat mudik berikutnya adalah dengan tidak mengaktifkan WiFi. Menggunakan WiFi ketika bepergian tentunya dapat membantu kita untuk berkomunikasi, namun penggunaan WiFi yang cukup lama juga dapat berpengaruh terhadap penggunaan baterai.

Maka dari itu ketika sedang mudik, ada baiknya untuk membatasi penggunaan WiFi. Jangan nyalakan WiFi ketika tidak menggunakannnya. Oh iya, cara ini juga sering digunakan pada HP yang baterainya bocor loh gaes.

Oh iya, jika WiFi kamu aktifkan akan tetapi tidak connect sama sekali ke WiFi yang tersedia, maka daya baterai smartphone akan tetap mengambil dayanya. Sehingga, dengan begitu daya baterai HP kamu akan cepat habis, walaupun kamu sama sekali tidak berselancar di internet.

4. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Matikan Aplikasi di Latar Belakang

Matikan Aplikasi di Latar Belakang

Cara menghemat baterai HP saat mudik selanjutnya adalah kamu harus mematikan aplikasi yang sedang berjalan atau yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Ketika kamu membuka suatu aplikasi lalu keluar tanpa menutupnya terlebih dahulu, aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang.

Tentunya hal tersebut akan membuat baterai kamu terkuras sedikit demi sedikit. Maka dari itu ada baiknya untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang ya gaes.

Oh iya, cara ini juga pernah dibahas loh di artikel tips agar baterai awet saat bermain Mobile Legends. Karena, ketika memainkan game dengan banyak aplikasi yang masih berjalan di background akan mengurangi performa HP sedikit demi sedikit. Jadi, lebih baik dikelurakan saja aplikasinya ya gaes.

5. Matikan Data Seluler Jika Tidak Digunakan

menghemat baterai hp saat mudik

Matikan Data Seluler Jika Tidak Digunakan

Sama seperti penggunaan WiFi, jika kamu terlalu lama mengaktifkan Data Seluler tentunya akan cukup menguras daya baterai ketika sedang mudik. Maka dari itu ada baiknya kamu untuk mematikan Data Seluler ketika tidak dibutuhkan.

Aktifkan fitur Data Seluler ketika kamu ingin berselancar di aplikasi media sosial atau aplikasi chatting untuk membalas pesan saja ya gaes. Akan tetapi, jangan terlalu lama juga ketika berselancar di media sosial. Karena, bisa menguras daya baterai HP dengan cepat.

6. Gunakan Airplane Mode

menghemat baterai hp saat mudik

Gunakan Airplane Mode

Cara menghemat baterai HP saat mudik yang berikutnya adalah dengan menggunakan Airplane Mode atau Mode Pesawat. Mode ini efektif banget untuk mengurangi penggunaan daya baterai.

Jika kamu ingin menonaktifkan fitur WiFi dan Data Seluler sekaligus, bisa banget nih dengan langsung mengaktifkan Airplane Mode. Karena, dengan mengaktifkan fitur ini, semua aplikasi yang menggunakan internet tidak akan berjalan lagi.

Dengan begitu, daya baterai HP akan tersimpan dengan baik. Jadi, langsung saja ya gaes aktifkan mode pesawat ketika sedang mudik. Oh iya, cara ini juga berlaku jika kamu mudik menggunakan pesawat, agar tidak terjadi kecelakaan pesawat.

7. Matikan GPS Jika Tidak Digunakan

menghemat baterai hp saat mudik

Matikan GPS Jika Tidak Digunakan

Selanjutnya dengan mematikan GPS juga bisa menghemat daya baterai kamu. Karena apabila GPS kamu menyala, maka sistem HP akan selalu meng-update lokasi kamu terus menerus dan sistem akan terus memakan banyak daya baterai HP Android kamu.

Jadi, selain menonaktifkan fitur WiFi dan Data Seluler kamu juga harus menonaktifkan fitur GPS juga. Karena, seperti yang kita ketahui kalau GPS juga membutuhkan Data Seluler, jadi akan lebih banyak memakan daya baterai HP.

Cara ini bisa dilakukan jika kamu mudik menggunakan kereta api, pesawat atau bus. Jika kamu mudik membawa kendaraan, tidak mengapa mengaktifkan fitur ini. Karena, menggunakan aplikasi maps untuk mudik harus mengaktifkan GPS supaya perjalanannya akurat.

8. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Salah satu cara untuk menghemat baterai HP saat mudik selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai. Dengan aplikasi penghemat baterai, daya tahan baterai kamu menjadi tahan lama.

Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengurangi aktivitas penggunaan HP yang berlebihan. Selain itu, bisa juga dijadikan pengingat jika kamu terlalu lama menggunakan HP dan mengaktifkan Data Seluler.

Jadi, alangkah lebih baiknya lagi ketika akan mudik, kamu install aplikasi penghemat baterai ya gaes. Oh iya, aplikasi penghemat baterai juga termasuk salah satu aplikasi yang wajib diinstal saat traveling juga loh gaes.

9. Kurangi Aktivitas Streaming dan Bermain Game

Kurangi Aktivitas Streaming

Kurangi Aktivitas Streaming

Jika kamu mudik menggunakan kereta api, bus, atau mobil tentunya akan sangat membosankan ya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut biasanya kamu akan bermain game online atau melakukan streaming video YouTube.

Padahal hal tersebut akan sangat membuat daya baterai HP kamu cepat habis. Selain karena game atau video yang berjalan, data seluler yang selalu diaktifkan juga memperparah penggunaan baterai smartphone.

Maka dari itu kamu harus membatasi main game online atau melakukan streaming. Ingat! Tahan keinginan kamu tersebut ya! Karena, untuk charger HP akan membutuhkan waktu yang cukup lama juga.

10. Jangan Gunakan Widget, Animasi dan Wallpaper Bergerak

menghemat baterai hp saat mudik

Jangan Gunakan Widget, Animasi dan Wallpaper Bergerak

Menggunakan Widget, Animasi dan Wallpaper bergerak pada Android memang membuat tampilan layar HP kamu akan menjadi lebih menarik. Akan tetapi, dengan menggunakan Widget, Animasi dan Wallapaper bergerak membuat sistem dan jaringan internet kamu membutuhkan daya baterai lebih.

Sebaiknya kamu tidak menggunakan Widget, Animasi dan Wallapaper bergerak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya baterai HP Android kamu agar tidak boros. Lebih baik kamu gunakan wallpaper yang biasa saja dan tidak menggunakan widget sama sekali gaes.

So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara menghemat baterai HP saat mudik. Oh iya, jangan lupa share artikel cara menghemat baterai HP saat mudik ini ya ke sobat pintar lainnya ya.

Supaya mereka juga tau bagaimana sih cara menghemat baterai HP saat mudik. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara menghemat baterai HP saat mudik ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top