Tips

8 Trik Foto Saat Malam Hari Menggunakan Smartphone

8 Trik Foto Saat Malam Hari Menggunakan Smartphone 6

Smartphone emang jadi salah satu teknologi yang nggak boleh kita lupain saat bepergian. Kebiasaan dan tuntutan zaman yang bikin fungsi smartphone bisa dipakai untuk foto selfie maupun untuk foto profesional ala kamera DSLR.

Karena fungsinya ini, kita sering banget manfaatin smartphone untuk update entah itu pagi, siang ataupun malam di semua sosial media yang populer seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Tapi kita seringkali mengeluh karena hasil foto yang kita jepret lewat smartphone nggak sebanding dengan hasil foto saat adanya sinar matahari. Apalagi kalau smartphone yang digunakan bukanlah smartphone dengan kamera terbaik.

Pasti hasil didapatkan saat foto di malam terlihat buram atau bahkan nggak terlihat sama sekali. Tapi kamu jangan khawatir, karena kali ini kita bakalan bahas gimana sih cara mengambil foto di malam hari dengan menggunakan smartphone yang kita punya.

Let’s check this out!

Foto di Malam Hari Terlihat Jelek? Coba Ikuti Cara Mengambil Foto di Malam Hari Berikut Ini!

Nah, buat kamu yang suka banget memotret di malam hari, tapi tidak punya kamera sejenis DSLR seperti kamera mirrorless.

Kamu bisa kok menggunakan smartphone untuk mengambil fotonya, dengan syarat kamu harus ikuti trik cara mengambil foto di malam hari berikut ini. Jadi, disimak baik-baik ya gaes..

1. Menggunakan Mode Manual

Mode Manual

Menggunakan Mode Manual Kamera

Trik yang pertama dengan menggunakan mode yang cocok untuk digunakan pada malam hari adalah mode manual. Nah, kamu bisa mengatur ISO, Shutter Speed dan Aperture kamera sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya pada malam hari kamu harus mengatur shutter speed yang lebih lambat sekitar 30 detik. Sedangkan, fitur aperture disesuaikan dengan shutter speed-nya karena fungsi aperture adalah mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.

Selaian itu, untuk mengatur ISO kebalikan dengan shutter speed yang harus diatur setinggi mungkin karena fungsinya untuk menangkap seberapa banyak cahaya yang masuk ke sensitivitas dari sensor yang digunakan.

Nah, sebagai contoh kamu bisa menggunakan ISO sekitar 800 sampai dengan 6.400, itu pun tergantung dengan tingkat cahaya yang ada ya gaes!

Jadi, jika di angka 700 cahaya sudah cukup kamu bisa menggunakan pengaturan tersebut untuk mendapatkan cahaya yang cukup saat memotret di malam hari.

2. Menggunakan Modus HDR

Modus HDR

Menggunakan Modus HDR Kamera

Trik yang kedua kamu bisa memanfaatkan modus High Dynamic Range (HDR) yang ada di kamera loh. Karena, dengan menggunakan HDR ini kamu bisa mendapatkan tone warna yang kelihatan senatural mungkin seperti warna asli pada objeknya.

Selain itu, kamu bisa mengatur jarak dan angle yang paling pas agar hasil foto tidak terlihat gelap. Modus ini bisa digabungkan dengan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas.

Nah, untuk mengaktifkan mode HDR sangatlah mudah, kamu tinggal klik opsi “Mode”, lalu klikHDR”. Setelah itu kamu bisa langsung mengambil foto dalam keadaan gelap tanpa takut tidak terlihat objeknya.

Perlu kamu ketahui juga nih! Karena, kualitas warnanya lebih menonjol, ukuran gambar yang dihasilkan relatif lebih besar dibanding ukuran foto biasa.

Oh iya gaes, modus HDR ini bisa membuat foto terlihat bokeh ala DSLR juga loh. Dengan catatan kamu memposisikan objeknya sebagai fokus. Jadi, dengan begitu kamu nggak perlu lagi menggunakan aplikasi kamera bokeh deh!

3. Hindari Menggunakan Flash Kamera Smartphone

Hindari Flash

Hindari Menggunakan Flash Kamera Smartphone

Trik yang ketiga dengan tidak menggunakan flash di smartphone malah membuat hasil foto seperti timbul bercak-bercak sinar dan kurang proporsional.

Alangkah, lebih baik lagi kamu mencari sumber cahaya yang cukup seperti lampu jalan, lampu mobil atau pencahayaan yang menunjang hasil foto pada malam hari.

Jika kamu menggunakan flash, maka cahaya flash tersebut akan memantul dari objek yang kamu foto. Sehingga, foto yang diambil akan tampak seperti kurang profesional.

Penggunaan flash ini juga sebenarnya tidak disarankan loh jika kamu mengambil foto di malam hari dengan menggunakan kamera DSLR merk apapun.

Alasannya sama seperti saat mengambil foto di malam hari menggunakan smartphone. Cahaya yang dihasilkan dari flash akan memantul dari objek yang dipotret.

4. Jangan Menggunakan Fitur Zooming

Cara Mengambil Foto di Malam Hari

Jangan Menggunakan Fitur Zooming

Selain tidak dianjurkan menggunakan flash, fitur zooming juga tidak disarankan untuk mengambil foto pada saat malam hari.

BACA
3 Cara Membuka File RAR dan ZIP di Android Hanya Sekali Klik

“Kenapa tidak boleh menggunakan fitur zooming?”

Karena, fitur zooming hanya memperbesar gambar asli pada titik tertentu sehingga gambar yang diambil rawan blur. Jadi, objek foto yang kamu ambil tampak terlihat kurang profesional.

Nah, mengatasi hal tersebut dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu lebih baik mendekati objek tersebut atau coba mengambil gambar seluruhnya tanpa menggunakan zoom.

Jika ada objek yang tidak kamu inginkan, kamu tinggal mengedit foto tersebut dengan cara crop atau potong foto pada bagian tidak diinginkan menggunakan aplikasi edit foto.

5. Menggunakan Fitur Night Mode Kamera

 Fitur Night Mode

Menggunakan Fitur Night Mode Kamera

Trik yang kelima adalah dengan menggunakan fitur Night Mode. Fitur ini sangat dianjurkan untuk foto yang objeknya bergerak.

Jadi, kamu bisa pake fitur night mode ini untuk membantu menghasilkan foto yang lebih stabil karena proses filterisasi dari mode ini akan disesuaikan dengan keadaan malam hari.

Fitur Night Mode ini juga berfungsi untuk menaikan level kecerahan pada foto yang akan diambil. Sehingga, hasilnya akan terlihat lebih terang walaupun kamu mengambilkan menggunakan smartphone bukan kamera mirrorless.

5. Gunakan Tripod Saat Mengambil Foto

Tripod

Menggunakan Tripod Saaat Mengambil Foto

Trik yang keenam adalah dengan menggunakan tripod. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengatur tingkat cahaya yang rendah tersebut, kamu diharuskan menggunakan shutter speed yang rendah.

Nah, jika kamu tidak menggunakan tripod, hasil foto yang diambil saat malam hari tersebut akan rawan kabur. Karena, goyangan atau getaran dari tangan kamu.

Mungkin kamu akan mencoba untuk menahan smartphone dengan cara menahan nafas untuk tidak bergerak, tapi terkadang cara ini masih saja tidak ampuh.

Soalnya, tangan kamu akan terlalu lama memegang smartphone, sehingga bisa saja menimbulkan getaran kecil.

Nah, kalau kamu mengambil foto di malam hari menggunakan tripod. Tripod akan membantu kamu untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dan hasilnya pun tidak blur.

Jika kamu masih merasa hasil fotonya kurang bagus nih ya, kamu bisa menggunakan timer dan remote agar bisa hasil fotonya lebih stabil dan membuat foto tersebut lebih terlihat lebih profesional seperti menggunakan kamera terbaik yang ada di dunia. Hehehe..

7. Carilah Tempat Foto yang Aman

Cara Mengambil Foto di Malam Hari

Carilah Tempat Foto yang Aman

Trik mengambil foto di malam hari yang ketujuh adalah dengan mencari tempat foto yang aman. Maksudnya adalah kamu harus menemukan tempat yang cahayanya cukup.

Hal ini hampir sama dengan poin tidak menggunakan flash. Tempat yang cahaya cukup ini mampu menghasil foto yang bagus.

Jika memang kamu tidak menemukan tempat yang cahayanya cukup, kamu bisa kok memanfaatkan tempat backlight.

Sehingga foto yang dihasilkan akan terlihat seperti siluet yang bagus. Tidak masalah juga kalau foto yang dihasilkan terlihat abstrak.

Nah, foto ini akan terkesan sangat artistik yang mampu membuat seseorang yang melihat merasakan emosi seperti kagum terhadap foto yang kamu ambil tadi.

8. Edit Hasil Foto dengan Aplikasi Tambahan

Cara Mengambil Foto di Malam Hari

Edit Hasil Foto dengan Aplikasi Tambahan

Trik yang terakhir adalah dengan mengedit foto yang diambil saat malam hari tersebut. Yups, kita tidak bisa pungkiri ya gaes, kalau mengambil foto di malam hari akan membuat hasil foto terlihat gelap.

Apalagi kalau kamu mengambil fotonya tidak menggunakan smartphone yang setara DSLR. Sudah dipastikan hasil foto akan terlihat gelap atau blur.

Nah, untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa memolesnya lagi atau mengeditnya dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Saat ini sudah banyak kok aplikasi edit foto seperti Photoshop. Jika smartphone kamu memori internalnya penuh, kamu juga masih bisa menggunakan situs edit foto kok.

Tinggal gimana kamu aja, mau mengedit yang seperti apa. Misalnya kamu ingin diterangkan cahayanya. Nah, itu kamu tinggal mainkan saja di fitu Brightness, Contrast, Sharpen maupun Blur.

Selain itu, kamu juga menambahkan ornamen-ornamen lainnya, seperti stiker atau menambahkan filter yang bisa membuat foto tersebut terkesan lebih hidup. Ya, sekreasinya kamu aja ya gaes!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara mengambil foto di malam hari menggunakan smartphone.

Jangan lupa juga untuk sharing ke temen-temen kamu artikel tentang cara mengambil foto di malam hari ini. Supaya mereka juga tau gimana sih cara mengambil foto di malam hari.

Nah, kalau kamu punya kritik dan saran atau trik cara mengambil foto di malam hari lainnya, kamu bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top