Android

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid (Sambungan Gagal)

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid (Sambungan Gagal)

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Pasti kamu pernah ngalamin kejadian ketika ingin cek nomor telepon atau cek kuota, malah menampilkan tulisan “Kode MMI Tidak Valid” bukan? Belum lagi kalau sudah memasukan kodenya berkali-kali dan tetap tidak bisa, pasti sangat menjengkelkan bukan?

Eitss… tenang dulu! Karena kali ini kita bakalan ngebahas mengenai kode MMI tidak valid mulai dari penyebabnya dan solusinya. Dengan begitu, kamu bisa kembali mengecek kuota, daftar paket internet, hingga melihat nomor telepon sendiri.

So, daripada lama-lama, langsung aja kamu simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Kode MMI?

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Apa itu Kode MMI?

Kode MMI merupakan kepanjangan dari Man Machine Interface. Maksudnya kode ini merupakan kode perintah yang digunakan untuk bisa mengakses fitur khusus di telepon.

Biasanya kode ini terdiri dari kombinasi angka dan juga simbol. Salah satu contoh kode MMI ketika kamu ingin mengecek saldo pulsa, sisa kuota maupun mengecek nomor IMEI di smartphone.

Kode MMI ini memang berkaitan erat dengan provider yang digunakan. Sehingga bisa terjadi pada pengguna operator seluler seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Smartfren, Axis dan lain sebagainya.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Mungkin kamu bingung kenapa sih kode MMI bisa tidak valid. Nah, berikut ini beberapa penjelasan singkat kenapa kode MMI tidak valid di smartphone kamu:

1. Salah Pengaturan Jaringan

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Salah Pengaturan Jaringan

Mungkin secara tidak sadar atau sengaja kita akan mengutak-atik smartphone. Apalagi kalau baru saja membeli smartphone terbaru, pasti rasa penasaran terhadap smartphone semakin tinggi.

Sehingga tidak sengaja kamu mengganti pengaturan atau settingan jaringan yang salah. Oleh sebab itu, kode MMI tidak valid ketika kamu melakukan panggilan.

2. File Sampah Menumpuk

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

File Sampah Menumpuk

Banyaknya file sampah atau cache yang menumpuk bukan hanya menyebabkan foto di smartpohone hilang, tapi juga bisa mempengaruhi performa smartphone semakin menurun termasuk jaringan.

Sehingga ketika kamu melakukan panggilan kode MMI jadi tidak valid. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada ruang penyimpanan untuk sistem menjalankan tugas. Jadi pastikan kamu rutin membersihkan cache dan tidak menyimpan file sampah atau cache tersebut.

3. Ada Bug pada Sistem Smartphone

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Ada Bug pada Sistem Smartphone

Yang namanya perangkat elektronik apalagi yang terdapat sistem, tentu sangat mungkin jika ada perangkat lunaknya yang tidak berfungsi atau bekerja dengan baik.

Biasanya hal tersebut dikarenakan ada bug yang terdapat pada sistem. Makanya nggak heran kalau developer sistem terus melakukan update, karena dengan update sistem inilah bug bisa teratasi.

Nah, jika di smartphone kamu kode MMI tidak berfungsi, kemungkinan ada bug yang terdapat pada smartphone kamu. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah melakukan update sistem ke versi terbaru.

4. Jaringan Tidak Mendukung

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Jaringan Tidak Mendukung

Sinyal atau jaringan yang tidak stabil juga bisa mempengaruhi kode MMI tidak valid. Seperti yang kita ketahui, kalau kode MMI ini memang diperuntukan untuk mengakses fitur telepon yang dimana dibutuhkan jaringan yang stabil.

Jika pada saat itu jaringan atau sinyal sedang hilang dan kamu melakukan panggilan kode MMI, maka smartphone akan meresponsnya dengan notifikasi tidak valid atau tidak tersedia.

Nah, untuk mengatasi ini mungkin kamu harus memperkuat sinyal terlebih dahulu. Bisa dengan pindah ke lokasi yang jaringannya lebih stabil atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal.

5. Kode Salah atau Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Kode Salah atau Tidak Valid

Kemungkinan besar yang terakhir adalah kode yang dimasukan salah atau sudah tidak valid. Yupss, kode MMI ini biasanya diberikan oleh provider dan memiliki tanggal kadaluarsa.

Jadi kalau sudah kadaluarsa dan kamu mengaksesnya maka akan muncul pemberitahuan kalau kode MMI sudah tidak valid. Oleh sebab itu, pastikan kode yang dimasukkan benar dan masih berlaku dari provider.

“Lantas, bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid di kartu Axis, Smartfren, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL?”

Nah, untuk cara lengkap mengatasi kamu bisa langsung scroll lagi aja artikel berikut ini!

Solusi Mengatasi Masalah Kode MMI Tidak Valid

Setelah kamu mengetahui penjelasan mengenai kode MMI dan penyebabnya, sekarang langsung aja yuk kamu simak cara mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid atau sambungan gagal berikut ini!

1. Restart Smartphone

Restart Smartphone

Restart Smartphone

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode MMI tidak valid atau sambungan yang gagal adalah melakukan restart smartphone. Karena dengan melakukan restart smartphone, maka smartphone akan kembali fresh.

Sehingga data sementara dan bug sementara atau error bisa langsung terhenti. Jika sudah di-restart, coba sekarang kamu melakukan panggilan ke cek nomor telepon atau cek sisa kuota internet. Berhasil kan?

2. Aktifkan Mode Pesawat

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Aktifkan Mode Pesawat

Jika cara restart terlalu lama, karena smartphone akan melakukan proses booting, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memperkuat atau mengatasi sinyal yang hilang.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan panggilan ke kode MMI. Jika sudah mengaktifkan mode pesawat, tunggu beberapa menit kemudian kamu nonaktifkan mode pesawat. Selanjutnya kamu sudah bisa melakukan panggilan kode MMI deh!

3. Menonaktifkan Kartu SIM

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Menonaktifkan Kartu SIM

Jika ketiga cara di atas tadi masih tidak bisa juga, mungkin kamu bisa menonaktifkan kartu SIM dulu untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan agar provider memuat atau memulai ulang jaringan kembali.

Untuk cara menonaktifkannya kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka “Settings atau Pengaturan” di smartphone kalian
  • Kemudian pilih “Jaringan Seluler
  • Lalu pada layanan SIM kamu bisa menonaktifkan dengan menggeser toggle-nya.

Jika sudah dinonaktifkan, kamu bisa aktifkan kembali agar jaringan mulai memuatnya. Nah, kalau sudah lakukan deh panggilan ke kode MMI yang kamu inginkan.

4. Hapus Data Smartphone

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode MMI tidak valid adalah dengan menghapus data aplikasi Telepon.

  • Buka aplikasi Setelan. Lalu masuk ke menu “Aplikasi“.
Pilih Menu Aplikasi

Pilih Menu Aplikasi

  • Cari aplikasi “Telepon“. Kemudian kamu pilih menu “Penyimpanan“.
Pilih Menu Penyimpanan

Pilih Menu Penyimpanan

  • Selanjutnya akan ada dua pilihan, kamu pilih “Hapus Data“. Ketika diminta konfirmasi, kamu pilih “Oke“.
Hapus Data Aplikasi

Hapus Data Aplikasi

CATATAN!

  • Cara ini mungkin bisa saja menghapus seluruh Kontak kamu.

Jika kamu tidak mau hal itu terjadi, kamu bisa menggunakan cara alternatif berikut ini.

5. Membuka Kunci Jaringan

Jika kamu pernah mengunci jaringan 4G di smartphone, maka bisa jadi hal tersebutlah yang membuat kamu tidak bisa melakukan panggilan atau kode MMI tidak valid.

Maka dari itu kamu harus mengubah kembali jaringan yang digunakan degan membuka kunci jaringannya. Nah, untuk caranya kamu bisa ikuti cara berikut ini ya!

  • Buka aplikasi Telepon. Lalu, lakukan dial ke *#*#4636#*#*.
Dial ke Nomor

Dial ke Nomor

  • Kemudian pilih menu “Informasi Telepon“.
Pilih Informasi Telepon

Pilih Informasi Telepon

  • Pada bagian “Setel jenis jaringan yang disukai“, kamu ubah yang tadinya “LTE” menjadi “LTE/GSM auto (PRL)“.
Ubah Jaringan

Ubah Jaringan

  • Jika sudah seperti ini, kamu bisa keluar dan melakukan panggilan deh.
Hasil Akhir

Hasil Akhir

CATATAN!

  • Tidak semua smartphone bisa menggunakan cara ini ya guys, hanya smartphone tertentu saja.

Nah, itulah cara mengatasi kode MMI tidak valid atau gagal sambungan guys. Gimana? Gampang banget kan? Jangan lupa share artikel ini ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top