Tips

Cara Mengatasi USB ‘Device Not Recognized’ di PC

Home / Windows / Tips / Cara Mengatasi USB ‘Device Not Recognized’ di PC

Cara Mengatasi USB 'Device Not Recoginized' di PC

Pasti kamu sering dong mengalami flashdisk yang tidak terbaca di PC? Biasanya sih flashdisk tersebut mengalami kerusakan atau terdapat virus shortcut pada flashdisk. Selain flashdisk, ada juga device USB lain seperti smartphone yang juga tidak terbaca di PC.

Biasanya device USB ini muncul notifikasi ‘Device Not Recognized’ alias perangkat tersebut tidak dikenali oleh PC. Tapi kamu tenang aja gaes, ternyata ada loh cara mengatasi USB Device Not Recognized di PC. Jadi, simak baik-baik ya!

Penyebab Muncul Device Not Recognized Saat Terhubung USB!

Sebelum membahas gimana sih cara mengatasi USB yang Device Not Recognized, alangkah baiknya kamu tau dulu nih penyebab munculnya notifikasi tersebut, dengan menyimak poin-poin berikut ini!

1. Kebanyakan USB yang Terpasang

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Kebanyakan USB yang Terpasang

Penyebab paling umum adalah kalau port USB yang tersedia terlalu banyak digunakan atau banyak USB yang terpasang. Karena biasanya USB yang tidak terbaca itu karena USB hub tidak memiliki daya listrik yang cukup.

Mengingat banyaknya USB yang terhubung, sehingga dayanya akan terbagi-bagi dengan yang lain. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyambungkan USB yang seperlunya saja ya.

2. Asal Cabut USB yang Terhubung

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Asal Cabut USB yang Terhubung

Pasti kamu sering dong menghubungkan perangkat smartphone atau flashdisk menggunakan port USB di PC atau laptop? Yups, terkadang kita tanpa sadar setelah menggunakannya main cabut saja tanpa harus eject port terlebih dahulu.

Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, maka akan membuat port USB mengalami bad sector atau error sehingga muncul notifikasi ‘Device Not Recognized’.

Bukan hanya itu aja, bahkan kalau kamu langsung cabut perangkat seperti flashdisk dari port USB, kemungkinan besar flashdisk juga akan mengalami error seperti flashdisk yang minta format.

3. Sistem Sedang Error

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Sistem Sedang Error

Berikutnya bisa jadi karena sistem PC atau laptop kamu sedang error atau dalam keadaan bermasalah. Jika sistem sedang bermasalah atau error, maka tidak heran kalau komponen lainnya ikut bermasalah.

Bukan hanya port USB aja yang kena dampaknya, tapi ada juga yang terkena dampak folder yang tidak bisa dibuka. Biasanya sistem bermasalah ini dikarenakan terinfeksi virus, gagal update Windows, kesalahan konfigurasi dan lain lain sebagainya.

4. Driver USB Bermasalah

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Driver USB Bermasalah

Seperti yang kita ketahui, setiap ada driver yang bermasalah. Maka sistem tidak bisa menjalankan perangkat lunaknya dengan benar. Apalagi fungsi driver adalah komponen yang menghubungkan antara sistem dengan perangkat keras.

Jika driver dalam keadaan bermasalah atau bahkan belum terinstal, maka komponen perangkat keras juga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Sama seperti ketika speaker laptop yang tidak mengeluarkan suara, kemungkinan USB yang muncul notifikasi ‘Device Not Recognized’ karena driver belum di-update atau bahkan belum diinstal.

5. Komponen USB Rusak

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Komponen USB Rusak

Kemungkinan yang terakhir, bisa jadi karena terdapat komponen USB mengalami kerusakan. Wajar bukan? Jika ada perangkat keras yang rusak khususnya pada bagian port USB, hal tersebut bisa membuat sistem tidak mendeteksi port yang terhubung.

Biasanya hal ini disebabkan karena ada kabel yang terputus di bagian port USB, bisa karena terkena debu atau bahkan terkena air. Walaupun umumnya kesalahan manusia, ada juga yang rusak akibat bawaan pabrik loh gaes!

“Lalu bagaimana cara mengatasi USB yang muncul notifikasi ‘Device Not Recognied‘?”

Tenang! Kamu langsung simak aja nih langkah-langkahnya berikut ini.

USB Tidak Terbaca? Ini Cara Mengatasinya!

Oh iya, kita juga pernah membahas cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk loh gaes, caranya dengan menggunakan aplikasi recovery. Eh tapi kita nggak bahas hal itu, kita akan membahas cara mengatasi USB Device Not Recognized tidak terbaca berikut ini!

1. Mencabut Power Supply

cara mengatasi usb device not recognized

Mencabut Power Supply

Cara mengatasi USB Not Recognized di PC yang pertama adalah dengan mencabut power supply-nya. Biasanya di belakang CPU terdapat kabel yang terhubung langsung ke power supply.

Nah, coba deh kamu cabut terlebih dahulu kabel tersebut dan tunggu sampai si motherboard PC beristirahat sebentar. Jika suda kamu pasang kembali deh kabel power supply tersebut dan hidupkan kembali PC kamu.

2. Cabut dan Pasang Kembali USB

cara mengatasi usb device not recognized

Cabut dan Pasang Kembali USB

Cara mengatasi USB tidak terbaca yang kedua adalah dengan mencabut dan memasang USB-nya kembali. Biasanya ketika kamu mencabut USB, PC akan melakukan refresh, sehingga PC akan membaca kembali device yang akan masuk.

Selain itu, kamu coba perhatikan kabel pada USB yang dipasangkan, apakah terdapat kerusakan pada USB atau tidak. Seperti kabel yang mulai longgar. Jadi, pasangkan dengan benar ya gaes, USB dengan port yang ada di PC.

3. Restart PC

cara mengatasi usb device not recognized

Restart PC Kamu

Cara yang ketiga adalah dengan restart PC kamu. Biasanya kalau kamu terlalu lama menggunakan PC akan semakin berat cache, oleh sebab itu PC kamu tidak bisa membaca USB yang masuk.

Jadi, kamu lakukan saja restart PC dan setelah itu refresh dengan klik kanan pada mouse, kemudian pilih ‘Refresh‘. Oh iya, jangan lupa untuk mencabut semua USB yang terpasang di PC ya agar ketika PC di-restart lebih ringan dan bisa digunakan kembali.

Oh iya, kalau kamu pernah mengalami PC yang restart tiba-tiba, mending kamu baca aja nih artikel tentang cara mengatasi PC restart sendiri aja gaes.

4. Gunakan Port USB yang Lain

cara mengatasi usb device not recognized

Gunakan Port USB yang Lain

Cara mengatasi USB Device Not Recognized yang kelima adalah dengan menggunakan port USB yang lain. Biasanya pada PC terdapat banyak sekali port USB yang bisa digunakan.

Mungkin ketika kamu menggunakan port USB ke-1 memang sedang bermasalah, jadi cobalah menggunakan port USB yang lain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan port USB yang berada di belakang CPU gaes.

Baca Juga: Cara Mengatasi File Corrupt di Flashdisk dengan Mudah

5. Periksa Port USB

cara mengatasi usb device not recognized

Periksa Port USB

Cara yang kelima adalah dengan memeriksa port USB. Yups, mungkin port USB yang ada di PC terdapat masalah seperti sudah karatan, terdapat batu dan debu. Jika memang seperti kamu bisa membersihkannya gaes.

Oh iya, kamu juga harus periksa port USB pada device ya, siapa tau di dalamnya ada masalah yang sama dengan port USB pada PC. Jika memang tidak ada, kamu bisa mencoba menggunakan PC lain untuk memastikan, kalau hasilnya tidak terbaca, berarti Device USB tersebut sudah rusak.

6. Update Device Driver

cara mengatasi usb device not recognized

Update Device Driver

Cara yang keenam adalah dengan update device driver tersebut. Biasanya PC akan terotomatis perbarui setiap driver yang ada. Mungkin salah satu penyebab driver tidak terbaca adalah karena belum update device driver.

Nah, berikut ini cara update device driver pada PC:

  • Buka Run dengan cara tekan ‘Windows + R‘ pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul kotak Run, kamu ketik ‘devmgmt.msc‘ dan tekan ‘Enter‘ pada keyboard.
  • Setelah itu, akan tampil Device Manager, langsung saja kamu klikUniversal Serial Bus Controllers‘.
  • Lalu klik kanan pada driver yang berstatus ‘Unknown Device‘ dan klikUpdate Driver‘.
  • Selanjutnya tunggu update sampai selesai.

7. Nonaktifkan Save Power pada USB Root Hub

cara mengatasi usb device not recognized

Nonaktifkan Save Power pada USB Root Hub

Cara mengatasi USB yang tidak terbaca ketujuh adalah dengan menonaktifkan fitur Save Power pada Power Management yang terdapat di USB Root Hub. Hal ini berfungsi untuk menonaktifkan USB yang rusak gaes.

Cara menonaktifkannya pun tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya loh gaes. Nah, berikut ini cara menonaktifkan Power Management yang terdapat di USB Root Hub:

  • Buka Run dengan cara tekan ‘Windows + R‘ pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul kotak Run, kamu ketik ‘devmgmt.msc‘ dan tekan ‘Enter‘ pada keyboard.
  • Setelah itu, akan tampil Device Manager, langsung saja kamu klikUniversal Serial Bus Controllers‘.
  • Lalu klik ‘USB Root Hub (USB 3.0)‘ dan klik menu ‘Power Management‘.
  • Berikutnya unchecklist atau hilangkan centang pada fitur ‘Allow computer to turn off this device to save power‘ dan jangan lupa klikOK‘.
  • Jika sudah selesai, restart PC kamu ya dan cobalah pasang kembali USB, apakah bisa atau tidak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat (100% Ampuh)

8. Cobalah Scan for Hardware Change

cara mengatasi usb device not recognized

Cobalah Scan for Hardware Change

Cara untuk atasi USB tidak terbaca yang kedelapan adalah dengan melakukan scanning pada hardware change. Hal ini berfungsi untuk mengetahui mana aja sih yang mengalami perubahan dan PC juga akan me-refresh semua driver.

Nah, berikut ini cara scanning hardware change pada PC:

  • Buka Run dengan cara tekan ‘Windows + R‘ pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul kotak Run, kamu ketik ‘devmgmt.msc‘ dan tekan ‘Enter‘ pada keyboard.
  • Setelah itu, akan tampil Device Manager, langsung saja kamu klik menu ‘Action‘.
  • Lalu kamu klik ‘Scan for hardware changes‘ dan tunggu proses scanning sampai selesai.
  • Jika sudah selesai, coba deh kamu pasang kembali USB pada PC.

9. Uninstall Hidden Devices

cara mengatasi usb device not recognized

Uninstall Hidden Devices

Cara yang kesembilan adalah dengan uninstall hidden devices yang sudah tidak digunakan lagi. Biasanya PC akan menyimpan device USB yang sering digunakan. Mungkin, USB kamu tidak terbaca karena sudah kepenuhan device yang terdapat pada PC.

Saking banyaknya device yang tersimpan, PC akan mengalami error atau crash. Oleh sebab itu, kamu harus mengikuti langkah berikut ini untuk uninstall hidden devices:

  • Buka Run dengan cara tekan ‘Windows + R‘ pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul kotak Run, kamu ketik ‘devmgmt.msc‘ dan tekan ‘Enter‘ pada keyboard.
  • Setelah itu, akan tampil Device Manager, langsung saja kamu klik menu ‘View‘.
  • Lalu kamu klik kanan pada ‘Show Hidden devices‘ dan akan tampil semua devices yang pernah digunakan.
  • Untuk uninstall-nya kamu klik kanan pada device dan klikUninstall device‘.

10. Uninstall USB Devices

cara mengatasi usb device not recognized

Uninstall USB Devices

Jika semua cara di atas tidak bisa, mungkin ini cara yang terakhir yaitu dengan uninstall USB Devices. Fungsinya untuk menghapus semua devices USB yang pernah terpasang. Nah, berikut ini cara uninstall USB Devices:

  • Buka Run dengan cara tekan ‘Windows + R‘ pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul kotak Run, kamu ketik ‘devmgmt.msc‘ dan tekan ‘Enter‘ pada keyboard.
  • Setelah itu, akan tampil Device Manager, langsung saja kamu klik menu ‘Action‘.
  • Lalu kamu klik ‘Uninstall Device‘ dan tunggu proses uninstall sampai selesai.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara mengatasi usb device not recognized Windows di 7, 8 dan 10. Nah, jangan lupa untuk share artikel cara mengatasi USB Device Not Recognized ini ke temen kamu ya.

Supaya mereka tau juga cara mengatasi USB Device Not Recognized. Oh iya, kalau cara mengatasi USB Device Not Recognized ini berhasil, kamu tulis ya gaes di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top