Android

Cara Mengetahui Nomor Telepon Tidak Dikenal dengan Truecaller

Home / Android / Tips / Cara Mengetahui Nomor Telepon Tidak Dikenal dengan Truecaller

Cara Mengetahui Nomor Telepon Tidak Dikenal dengan Truecaller

Hallo sobat pintar, pernah nggak sih kamu ditelepon oleh seseorang yang nomor teleponnya nggak diketahui alias kamu memang nggak menyimpan nomer tersebut? Pasti pernah dong ya! Biasanya orang yang nelepon tersebut bisa jadi orang iseng, sales kartu kredit atau bahkan penipuan.

Nah, kamu juga pasti ingin tau kan siapa sih pemilik nomor tersebut. Lantas, bagaimana yaa cara mengetahui pemilik nomor telepon yang tidak dikenal itu? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Truecaller. Hmm.. bagaimana ya cara menggunakannya? Kalau kamu penasaran, langsung simak aja yuk!

BACA
Cara Ampuh Menghindari Telepon dari Sales Kartu Kredit / KTA / KPR

Ada Nomor Aneh? Begini Cara Ketahui Nomor Telepon Tidak Dikenal!

Nah, kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara mengetahui nomor telepon yang tidak dikenal. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

Cara Ketahui Nomor Telepon Tidak Dikenal Menggunakan Aplikasi ‘Truecaller’

  • Pertama, download dan install aplikasi ‘Truecaller‘ untuk Android di Play Store dan untuk iOS di AppStore atau kamu bisa mendownloadnya langsung di situs resminya Truecaller.com.
Truecaller

Aplikasi Truecaller

  • Kedua, jalankan aplikasinya dengan tapGet Started> Kemudian masukkan nomor telepon kamu.

Masukkan Nomor Telepon Kamu

  • Ketiga, setelah itu membuat akun agar bisa login pada aplikasi tersebut. Nah, pada bagian ini kamu juga bisa langsung login dengan menggunakan akun Facebook dan juga Gmail. Contoh di sini menggunakan akun Gmail maka langsung aja tapGoogle> Kemudian tap akun Gmail kamu.

Login Akun Gmail

  • Kempat, lalu akan muncul notifikasi untuk mengubah aplikasi SMS. Jika ingin tapYes > Selanjutnya tapGot It‘.

Pilih Got It

  • Kelima, selanjutnya akan muncul Truecaller backup riwayat panggilan, kontak dan daftar nomor yang diblokir. Disarankan untuk membackup dengan tap tombol ‘Backup Now> Kemudian tapAllow‘.

Backup Now Riwayat Panggilan, Kontak dan Daftar Blokir

  • Keenam, pastikan kamu memberikan akses aplikasi Truecaller ya dengan menggeser toggle pada aplikasi Truecaller untuk mengaktifkan > Lalu tapAllow‘.

Aktifkan Akses Aplikasi Truecaller

  • Nah! Sekarang kamu sudah bisa mengetahui siapa yang menelepon kamu. Karena, aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan nama pemiliknya. Seperti contoh berikut ini.

Contoh Nomor Telepon yang Terdeteksi Aplikasi Truecaller

Oh iya, aplikasi Truecaller juga memiliki fitur Spam Blocking dan Flash Messages. Fitur spam blocking ini berfungsi untuk memblokir panggilan maupun pesan masuk yang tidak kamu inginkan.

Sedangkan, fitur flash messages memiliki fungsi untuk mengirim pesan walaupun kamu gada pulsa SMS, dengan aplikasi ini kamu hanya memerlukan koneksi internet. Nah, kalau kamu belum tau cara menggunakan fitur tersebut, yuk langsung disimak aja!

Cara Block Nomor Spam Menggunakan Aplikasi Truecaller

  • Pertama, buka aplikasi Truecaller > Kemudian tekan yang lama pada nomor panggilan yang ingin kamu spam block > Selanjutnya tap icon silang di pojok kanan atas.

Pilih Nomor Telepon yang Ingin Diblokir

  • Kedua, setelah itu muncul kotak konfrimasi, langsung aja tapBlock> Kemudian akan muncul kotak dialog untuk keluar atau membagikan nomor tersebut merupakan nomor spam. Sebagai contoh di sini langsung aja tapClose‘.

Pilih Block Nomor Telepon

Cara Block SMS Spam Menggunakan Aplikasi Truecaller

  • Pertama, buka aplikasi Messages dari Truecaller > Kemudian tap menu ‘Spam‘.

Pilih Messages dari Truecaller

  • Kedua, setelah itu tap pesan yang ingin kamu block > Kemudian tapBlock & Report Spam‘.

Pilih Pesan yang Ingin Diblokir

  • Ketiga, kemudian akan muncul kotak konfrimasi, langsung aja tapBlock> Kemudian akan muncul kotak dialog untuk keluar atau membagikan pesan tersebut merupakan dari nomor spam. Sebagai contoh di sini langsung aja tapClose‘.

Pilih Block Pesan

Cara Flash Messages di Aplikasi Truecaller

  • Pertama, buka aplikasi Truecaller > Kemudian tap iconFlash‘ pada nomor telepon yang ingin kamu kirimkan pesan > Selanjutnya swipe layar smartphone kamu ke atas.

Pilih Icon Flash

  • Kedua, setelah itu kirim Flash ke nomor yang ingin kamu tuju. Sebagai contoh gambar berikut dengan tap tombol ‘Kirim Flash ke Rizka Marhani> Kemudian masukkan ketik pesan yang ingin kamu sampaikan dan tap tombol kirim.

Kirim Flash Messages

  • Ketiga, jika berhasil maka akan muncul notifikasi ‘Flash Terkirim ke Nomor yang Dituju‘. Oh iya, untuk menikmati fitur ini pastikan nomor yang ingin dikirim pesan tersebut juga menggunakan aplikasi Truecaller ya!

Flash Terkirim ke Nomor yang Dituju

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara mengetahui nomor telepon yang tidak diketahui. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top