Tips

6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus 7

Virus pada smarphone memang sangat mengganggu kinerja smartphone sekaligus mengganggu aktivitas kita. Virus yang menyerang smartphone kamu berasal dari berbagai sumber.

Misalnya, kamu sembarangan men-download apalikasi, menggunakan WIFI gratisan dan masih banyak yang lainnya. Nah, kali ini TipsPintar.com akan membahas 6 ciri smartphone yang terjangkit virus.

BACA
5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Seharian

Berikut adalah 6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

6 ciri smartphone ini memang sudah sering terjadi pada user android. Daripada lama-lama, langsug scroll kebawah yuk!.

1. Smartphone Menjadi Lemot

Android Menjadi Lemot

Android Menjadi Lemot

Kinerja smartphone yang menjadi lemot merupakan salah satu faktor smartphone terjangkit virus. Bahkan tidak hanya kinerja smartphone saja yang lemot, tetapi smartphone kamu juga bisa menjadi hang. Waw! Parah ya guys?

Solusinya adalah kamu harus meng-install anti virus untuk memusnahkan semua virus di smartphone kamu. Tidak hanya memusnahkan, anti virus juga akan melindungi semartphone kamu dari virus yang akan menyerang kembali.

Baca Juga: Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air

2. Baterai Smartphone Menjadi Boros

Baterai Menjadi Boros

Baterai Menjadi Boros

Ciri-ciri smartphone terkena virus selanjutnya adalah daya baterai smartphone menjadi boros. Kenapa bisa begitu? padahal penggunan smartphone kamu masih wajar.

Semua itu terjadi karena ada aplikasi yang dijalankan oleh si virus pada smartphone kamu. Solusi yang kamu harus lakukan adalah meng-uninstall aplikasi yang berjalan di background smartphone kamu.

Kamu bisa masuk ke Setting > Aplikasi > Aplikasi Manager. Nanti kamu akan melihat aplikasi asing yang berjalan pada smartphone kamu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bermasalah

3. Penggunaan Kuota Internet yang Boros

Kuota Indternet Menjadi Boros

Kuota Indternet Menjadi Boros

Ciri -ciri selanjutnya adalah Penggunaan Paket Data yang Boros. Apabila smartphone kamu terjangkit virus, maka penggunaan kuota internet kamu menjadi lebih boros.

Padahal kamu sudah menghemat kuota internet kamu dengan berbagai cara. Nah solusinya sangat mudah guys, kamu hanya tinggal masuk ke Setting > Penggunaan Data. 

Dengan masuk ke menu tersebut, kamu akan melihat aplikasi apasaja yang membuat kuota internet kamu menjadi boros. Apabila ada aplikasi asing yang menyedot kuota kamu, sebaiknya segera uninstall dari smartphone kamu.

Baca Juga: Cara Melindungi Data Pribadi Ketika Smartphone Hilang atau Dicuri

4. Muncul Iklan Pop-up Berulang-ulang

Muncl Iklan Pop-up

Muncl Iklan Pop-up

Muncul iklan Pop-up di sebuah aplikasi atau game yang gratis itu wajar ya, tapi tidak wajar apabila ada iklan Pop-up yang muncul pada homescreen, loockscreen, atau yang lainnya.

Iklan Pop-up tersebut merupakan virus yang menyerang smartphone kamu, untuk cara mengatasinya sama dengan cara sebelum-sebelunya. Kamu harus masuk ke Setting > Aplikasi > Aplikasi Manager, cari aplikasi yang menurut kamu itu adalah virus.

Baca Juga: Cara Melacak Smartphone Android Hilang (100% Berhasil)

5. Meng-install Aplikasi Secara Otomatis

Meng-install Aplikasi Otomatis

Meng-install Aplikasi Otomatis

Ciri berikutnya adalah meng-install aplikasi secara otomatis, hal ini memang sudah banyak dialami para pengguna smartphone.

Aplikasi tersebut di-install oleh virus yang akan membuat memori penyimpanan kamu menjadi penuh, membuat baterai menjadai boros dan masih banyak yang lainnya.

Untuk cara mengatasi hal tersebut, kamu bisa mematikan pengaturan “Izinkan Sumber Tidak Dikenal“, pengatauran ini akan meng-install apliaksi yang tidak dikenal Google Play Store.

Nah, cara mematikannya adalah masuk ke Setting > Keamanan > Sumber Tidak Diketahui. Kamu hanya tinggal menonaktifkan menu tersebut agar aplikasi tersebut tidak ter-install kembali.

6. Smartphone Merestart Otomatis

Merestart Sendiri

Merestart Otomatis

Smartphone me-restart otomasi juga merupakan salah satu ciri smartphone terinfeksi virus, kejadian ini terjadi saat smartphone kamu sudah benar-benar terinfeksi virus.

Karena bukan cuma software yang akan mereka serang, mereka juga bisa menyerang hardware kamu. Solusinya ialah kamu harus melakukan hard reset pada semartphone kamu.

Itulah ciri smartphone android yang terjangkit virus berserta solusinya, sangatlah mudahkan? Apabila kamu memiliki kritik atau saran, bisa isi di kolom komentar dibawah ini.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top