Internet

5+ Mitos Malware yang Sebenarnya Jarang Diketahui!

Home / Internet / 5+ Mitos Malware yang Sebenarnya Jarang Diketahui!

Mitos Malware

Pasti kamu sudah gak asing lagi dong dengan yang namanya malware? Yups, jadi malware ini merupakan kode yang dirancang untuk menginfeksi perangkat dimana kode ini bisa berdampak buruk.

Salah satunya bisa merusak perangkat dan mencuri data penting. Malware juga termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya. Oleh sebab itu, pengguna harus waspada ketika menggunakan perangkatnya.

Apalagi sekarang banyak banget orang yang percaya dengan mitos malware berikut ini!

Berikut Mitos Tentang Malware yang Jarang Diketahui

Sayang banget banyak orang yang menggap mitos tentang malware berikut ini benar loh! Padahal kenyataannya salah. Jadi kamu harus simak baik-baik penjelasannya ya!

1. Malware Bukan Virus

Mitos Malware

Malware Bukan Virus

Perlu kamu ketahui, virus merupakan sebuah rancangan kode yang berbahaya dimana digunakan untuk menyebar di satu sistem ke sistem lainnya dengan cara menggandakan diri.

Virus tersebut menyebar untuk membuat suatu perangkat menjadi lemot. Jadi buat kamu yang laptop menjadi lemot, bisa jadi karena laptop kamu terserang virus.

Selain itu, virus tersebut bisa membuat data-data yang ada di dalamnya menjadi rusak. Nah, kabarnya banyak orang yang berpikir kalau malware ini tidak sama atau bukan virus, dimana malware ini tidak berbahaya.

Padahal kenyataannya malware ini sejenis dengan virus. Karena keduanya sama-sama dirancang untuk menyebar di perangkat dan membahayakan perangkat tersebut.

2. Hanya Beberapa Situs yang Mengandung Malware

Mitos Malware

Hanya Beberapa Situs yang Mengandung Malware

Mitos berikutnya banyak orang yang beranggapan malware ini hanya berada di situs-situs yang terkena internet positif aja. Tapi ternyata malware juga terdapat di situs yang menurut kamu aman.

Nah, biasanya situs di situs yang kamu anggap aman ini malware di dalamnya berada di dalam iklan. Ketika kamu klik iklan tersebut dan tidak terjadi apa-apa, bisa saja tanpa kamu ketahui sudah ter-install malware. Jadi berhati-hati ya gaes!

3. MacOS Tidak Bisa Terserang Malware

Mitos Malware

MacOS Tidak Bisa Terserang Malware

Mitos berikutnya adalah MacOS tidak bisa terserang malware. Pernyataan ini salah banget loh! Emang sih perangkat sistem operasi Windows paling banyak yang terkena serangan malware.

Namun bukan berarti MacOS tidak bisa terserang malware. Apalagi MacOS menjadi market paling besar incaran para kelompok hacker paling berbahaya di dunia.

Meski begitu, MacOS sendiri punya fitur anti malware bawaan loh! Tapi tetap saja, kamu harus berhati-hati ya ketika memasang aplikasi ilegal!

4. Smartphone Tidak Bisa Diserang Malware

Mitos Malware

Smartphone Tidak Bisa Diserang Malware

Sama seperti point sebelumnya, banyak yang beranggapan kalau smartphone tidak bisa diserang malware. Hal ini dikarenakan Google Play Store selalu memastikan agar aplikasi yang tersedia aman.

Padahal kenyataannya banyak banget smartphone yang terkena malware. Malware ini masuk bukan hanya dari aplikasi aja, tapi bisa juga dari iklan yang kamu klik.

Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati saat membuka aplikasi atau situs yang terdapat iklan. Nah, untuk mencegah terjadinya serangan malware, kamu bisa menggunakan trik menghilangkan iklan di Android.

5. Malware Tidak Berbahaya

Mitos Malware

Malware Tidak Berbahaya

Banyak yang bilang kalau malware tidak begitu berbahaya jika kamu tidak memiliki file atau data penting. Padahal hal tersebut sangat salah besar, karena malware sifatnya bisa menyebar dan menginfeksi perangkat lain.

Apalagi jika malware tersebut berjenis spyware, dimana malware ini masuk diam-diam ke dalam sistem untuk memantau segala aktivitas si pengguna.

Dimana si pembuat malware tersebut bisa mengetahui password penting sosial media atau akun bank kamu. Oleh sebab itu, kamu perlu melindungi data pribadi dari hacker gaes.

6. Firewall Bisa Menangkal Malware

Mitos Malware

Firewall Bisa Menangkal Malware

Firewall memang berfungsi untuk memproteksi perangkat dan jaringan si pengguna dari ancaman luar. Dimana firewall ini mampu memblokir malware yang masuk ke dalam perangkat.

Walaupun kedengerannya cukup aman, pada kenyataannya kamu tetap membutuhkan proteksi tambahan. Contohnya kamu bisa menggunakan antivirus terbaik di smartphoen dan laptop.

7. Antivirus = Bebas Malware

Mitos Malware

Antivirus = Bebas Malware

Yups, seperti pembahasan di poin sebelumnya kamu perlu proteksi tambahan seperti menggunakan antivirus. Nah, ternyata antivirus bukan berarti perangkat kamu bebas dari malware loh!

Meskipun penting kamu perlu waspada, karena malware bisa masung dari flashdisk dan juga WiFi yang kamu gunakan. Oleh sebab itu, kamu perlu tau resiko jika menggunakan WiFi publik gratis. Jadi berhati-hati ya!

So, itu lah beberapa mitos tentang malware yang jarang diketahui. Oh iya, menurut kamu apa lagi sih mitos tentang malware yang jarang diketahui orang? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top