Lifestyle

Bukan Karna Mengantuk! 5 Fakta Tersembunyi Dibalik Menguap

fakta tersembunyi dibalik menguap

Seperti yang sudah pernah dibahas, kalau manusia diciptakan Tuhan begitu sempurna dengan memiliki mata untuk melihat, hidung untuk bernafas, kaki untuk berjalan, tangan untuk memegang dan mulut untuk berbicara serta makan. Walaupun ada beberapa manusia yang memiliki kelebihan pada tubuhnya.

Kita harus tetap bersyukur saja. Selain tubuh yang sempurna, Tuhan juga memberikan anugerah reaksi alamiah seperti bersin dan menguap. Hal ini menandakan manusia untuk membuang penyakit yang ada dalam tubuhnya secara alami. Sehingga kita terhindari dari berbagai macam penyakit seperti penyakit kanker dan penyakit langka lainnya.

Tapi, taukah kamu kalau reaksi menguap juga ada fakta tersembunyinya. Walaupun menguap menandakan kamu ngantuk, ternyata ada fakta lainnya loh. Nah, berikut ini fakta tersembunyi dibalik menguap!

Menguap Bukan Karena Mengatuk Aja! Ini 5 Fakta Tersembunyi Dibalik Menguap

Menguap merupakan suatu reaksi reflek manusia ketika menarik nafas dan menghembuskannya. Ternyata menguap bukan berarti ngantuk aja, berikut ini fakta tersembunyi dibalik menguap!

1. Tanda Tubuh Butuh Oksigen

fakta tersembunyi dibalik menguap

Tanda Tubuh Butuh Oksigen

Fakta tersembunyi dibalik menguap yang pertama adalah tanda tubuh kamu butuh oksigen. Hal ini disebabkan karena jumlah karbondioksida dalam darah kamu terus meningkat. Oleh sebab itu, kamu harus membutuhkan oksigen untuk mengurangi kadar karbondioksida dalam tubuh.

Salah satu tanda tubuh kamu butuh oksigen adalah menguap. Dengan menguap inilah efektif sekali untuk memberi pasokan oksigen ke dalam tubuh yang bisa dialirkan ke darah. Selain itu, menguap juga bisa saja terjadi peregangan pada gendang telinga sampai ke saluran pernapasan.

2. Rata-rata Orang Menguap Selama 6 Detik

fakta tersembunyi dibalik menguap

Rata-rata Orang Menguap Selama 6 Detik

Fakta kedua dibalik menguap adalah rata-rata orang yang sedang menguap membutuhkan waktu selama 6 detik. Ini sih memang sifatnya kurang ilmiah sih. Tapi taukah kamu kalau selama 6 detik tersebut jantung kamu akan meningkat secara signifikan.

Fakta ini dibuktikan dnegan menguji beberapa responden untuk melihat hasil perubahan psikologis saat menguap dan rata-rata orang yang menguap butuh waktu 6 detik saja.

3. Sebagai Reaksi untuk Menjaga Suhu Otak

fakta tersembunyi dibalik menguap

Sebagai Reaksi untuk Menjaga Suhu Otak

Fakta tersembunyi dibalik menguap yang ketiga adalah menguap sebagai tanda reaksi tubuh untuk menjaga suhu otak. Yups, selain bertanda tubuh butuh oksigen, menguap ini menjadi tanda kalau otak kamu sedang berusaha bekerja dan berkonsentrasi secara maksimal.

BACA
10 Nama Driver Ojek Online Teraneh yang Bikin Ngakak!

Makanya banyak orang yang mencoba konsentrasi lalu akan menguap. Ibarat mesin, otak juga bisa panas ketika digunakan terus menerus. Nah, dengan menguap inilah suhu di dalam otak akan mendingin.

Baca Juga: Jika Takut Lihat Gambar-gambar Ini, Berarti Kamu Menderita Penyakit Serius!

4. Menguap Bisa Menular

fakta tersembunyi dibalik menguap

Menguap Bisa Menular

Fakta tersembunyi ketiga dibalik menguap adalah kalau menguap itu bisa menular. Pasti kamu pernah dong lagi menguap, kemudian orang yang ada didekat akan ikutan menguap juga. Hal ini memang sangat wajar kok gaes.

Karena, otak kamu dan orang lain membutuhkan oksigen. Selain itu, ada juga yang berpendapat kalau yang menular merupakan orang yang memiliki kedekatan sosial. Sehingga mempengaruhi kedekatan emosional termasuk ketika menguap.

5. Janin Ternyata Bisa Menguap

fakta tersembunyi dibalik menguap

Janin Ternyata Bisa Menguap

Fakta tersembunyi dibalik menguap yang terakhir adalah janin ternyata bisa menguap. Ternyata bergeraknya janin di dalam kandungan bukan hanya menendang saja loh gaes, tapi bisa juga menguap. Bahkan intensitas janin menguap cukup sering.

Oh iya, janin sudah bisa mulai menguap sejak usia kandungan 11 minggu. Ketika mendekati persalinan justru intensitas bayi menguap lebih jarang. Kalian percaya nggak kalau bayi ternyata bisa menguap juga?

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan fakta tersembunyi dibalik menguap. Nah, jangan lupa ya untuk share artikel mengenai fakta tersembunyi dibalik menguap ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya sobat pintar lainnya juga tau fakta tersembunyi dibalik menguap. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran lainnya mengenai fakta tersembunyi dibalik menguap ini, bisa langsung tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top