Intermezzo

Wajib Tau! Ini 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Walaupun CEO teknologi sukses dunia ada yang drop-out dari kampus. Tidak lantas, membuat kita untuk tidak melanjutkan pendidikan ya gaes! Karena, pendidikan ini menjadi salah satu aset untuk kamu mendapatkan ilmu baru dan juga pekerjaan.

Apalagi saat ini sudah banyak perguraan tinggi yang bagus di Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri pun sudah ada kampus yang punya jurusan khusus gamers. Tapi, sebelum masuk dunia pendidikan perkuliahan, kamu sudah tau belum jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia? Kalau belum, langsung simak aja nih!

5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

Buat kamu yang masih bingung mau lanjut ke perguruan tinggi mana, kamu bisa simak dulu nih perbedaan jenis perguruan tinggi di Indonesia berikut ini!

1. Universitas

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Universitas

Jenis perguruan tinggi di Indonesia yang pertama adalah Universitas. Universitas adalah perguruan tertinggi karena memiliki beberapa fakultas. Kalau di universitas kamu akan berfokus pada penelitian (pendidikan akademik), berfokus pada gelar pada bagian pekerjaannya (pendidikan profesi) dan berfokus pada keahlian (pendidikan vokasi).

Jadi, di salah satu universitas terdapat beragam fakultas yang dikhususkan. Misalnya Universitas Indonesia memiliki fakultas Teknologi. Nah, di fakultas tersebut terdapat berbagai jurusan kuliah tentang IT. Kemudian ada fakultas ekonomi yang memiliki jurusan Akutansi, Administrasi dll. Selain itu, terdapat jenjang akademik berlanjutan seperti S1, S2 dan S3.

2. Institut

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Institut

Jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia kedua adalah Institut. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan universitas. Institur memiliki beberapa fakultas yang tentunya menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi dan vokasi. Namun, bedanya institut hanya menyediakan rumpun ilmu tertentu saja.

Misalnya Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang menyelenggarakan fakultas Pertunjukan, Seni Rupa & Desain, Film & Televisi. Nah, setiap fakultas tersebut terdapat jurusan seperti Seni Tari, Seni Teater, Seni Musik dan lain sebagainya. Salah satu tokoh yang berasal dari lulusan Institut adalah Alm B.J Habibie. yaitu di Institut Teknologi Bandung.

3. Sekolah Tinggi (ST)

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Sekolah Tinggi (ST)

Jenis perguruan tinggi di Indonesia yang ketiga adalah Sekolah Tinggi (ST). Sama seperti universitas dan institut, Sekolah Tinggi juga menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi dan juga profesi. Nah, yang membedakan mereka hanya berfokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi saja.

Selain itu, Sekolah Tinggi hanya memiliki 1 fakultas saja. Seperti contohnya STMIK Jakarta STI&K yang hanya memiliki fakultas teknologi dan memiliki 4 program studi mengenai teknologi komputer seperti Sistem Informasi, Sistem Komputer, Manajemen Informatika dan Teknik Informasi.

Jadi, perusahaan yang sedang mencari lulusan IT, bisa mencari mahasiswa yang lulusannya dari Sekolah Tinggi ini hanya memfokuskan pada teknologi atau komputer saja. Karena, Sekolah Tinggi sudah pasti terdapat prospek pekerjaan untuk lulusan IT.

4. Akademi

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Akademi

Jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia keempat adalah Akademi. Akademi ini merupakan perguran tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan atau ilmu tertentu saja. Nah, biasanya akademi ini memiliki gedung yang sedikit lebih kecil dibandingkan universitas, institut dan sekolah tinggi.

Oh iya, kalau Akademi juga biasanya hanya diselenggarakan oleh instansi negeri maupun swasta. Misalnya Akademi Keperawatan Jayakarta yang ternyata diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Nah, kalau akademi hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan tingkat D1, D3 dan D4 saja. Jadi, langsung berorientasi pada tenaga kerja. Biasanya setelah lulus pun lulusannya beberapa ada yang ditarik ke instansi yang menyelenggarakan.

5. Politeknik

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Politeknik

Jenis perguruan tinggi di Indonesia yang terkahir adalah Politeknik. Politeknik ini merupakan perguran tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, prosefi di bidang tertentu. Bisa dikatakan hampir sama dengan Institut. Karena, hanya menyelenggarakn disiplin ilmu terapan saja.

Contohnya seperti Politeknik Negeri Semarang yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bedanya perguruan negeri ini tidak terdapat fakultas. Hanya saja terdapat beragam program studi seperti Teknik Sipil, Elektro, Mesin dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih jenis perguruan tinggi di Indonesia. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai perbedaan jenis perguruan tinggi di Indonesia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih jenis perguruan tinggi di Indonesia. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai perbedaan jenis perguruan tinggi di Indonesia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya ?

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top