Tech-Fun!

8 Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia 2022

Home / Tech-Fun! / 8 Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia 2022

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

Buat kamu sudah mulai mencoba berinvestasi saham di aplikasi investasi saham, pasti sering mendengar kata “Saham Blue Chip” kan? Yups, jadi saham blue chip ini adalah saham yang bernilai tinggi jika dibandingkan dengan saham lainnya.

Biasanya saham blue chip juga pergerakannya cenderung stabil dan lebih aman untuk dijadikan investasi. Makanya gak heran kalau channel YouTube belajar saham pun merekomendasikan beberapa saham blue chip.

Nah, pas banget nih! Kali ini kami bakalan kasih rekomendasi beberapa saham blue chip, untuk kamu yang mau coba berinvestasi saham tanpa takut loss. Jadi, simak baik-baik ya!

Berikut Ini Saham Blue Chip Indonesia

Karena jenis investasi saham juga beresiko loss, maka kamu disarankan untuk membeli slot saham yang pergerakannya cenderung stabil dengan memilih salah satu saham blue chip berikut ini:

1. BBCA – Bank Central Asia (BCA)

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

BBCA – Bank Central Asia (BCA)

Saham blue chip Indonesia yang pertama adalah BBCA. BBCA ini merupakan kode saham dari PT Bank Central Asia Tbk atau yang kita kenal dengan Bank BCA, dimana perusahaan ini bergerak di sektor perbankan dan menjadi bank swasta terbesar di Indonesia.

Karena di bank ini kamu bisa transfer saldo dari BCA ke OVO, transfer saldo dari BCA DANA. Bukan hanya itu, perusahaan ini juga menawarkan layanan perbankan Syariah dan memiliki banyak anak perusahaan.

Nah, berikut ini anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk:

  • PT BCA Finance => Bergerak di bisnis pembiayaan
  • PT BCA Sekuritas => Layanan penjamin serta perantara sekuritas
  • PT Asuransi Umum BCA => Layanan untuk asuransi umum
  • BCA Finance Ltd => Bisnis yang bergerak sebagai penjamin uang.

Perusahaan ini termasuk blue chip karena total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 87,96 triliun dan laba bersihnya pun mencapai 31,42 triliun. Tentu di tahun ini akan ada peningkatan. Makanya gak heran kalau BBCA sangat direkomendasikan.

2. BBRI – Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

BBRI – Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Saham blue chip Indonesia berikutnya adalah BBRI. BBRI ini merupakan kode saham dari perusahaan Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau Bank BRI. Masih sama seperti poin sebelumnya, perusahaan ini merupakan perusahaan sektor perbankan di Indonesia.

Oh iya, perlu kamu ketahui, kalau bank BRI ini merupakan Bank BUMN terbaik karena memiliki banyak produk seperti rekening tabungan, deposito, giro dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, terdapat juga layanan pinjaman berupa pinjaman modal kerja serta pinjaman investasi.

Perusahaan blue chip ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 176,82 triliun dan laba bersihnya pun mencapai 31,07 triliun. Tentu di tahun ini akan ada peningkatan total pendapatan dan laba bersihnya.

3. TLKM – Telkom Indonesia

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

TLKM – Telkom Indonesia

Saham blue chip Indonesia selanjutnya adalah TLKM. TLKM ini merupakan kode saham dari perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau yang kita kenal dengan Telkom Indonesia. Perusahaan ini menawarkan layanan berupa telekomunikasi serta jaringan.

Segmen perusahaan ini tentu mencakup banyak hal seperti perusahaan, rumah, perorangan, komplek dan lain sebagainya. Bahkan perusahaan ini juga menyediakan layanan telekomunikasi berupa interkoneksi, saluran penyewaan, satelit, layanan telekomunikasi untuk jalur kabel, layanan data, internet dan televisi berlangganan.

Ada juga layanan telepon pascabayar dan prayabar dengan merek simPATI, kartu Halo, kartu AS, Loop dan lain sebagainya. Selain itu, perusahaan ini juga menghadirkan aplikasi e-Money atau uang elektronik dengan nama LinkAja.

Perusahaan blue chip TLKM ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 143,21 triliun dan laba bersihnya pun mencapai 24,76 triliun. Pastinya di tahun ini akan ada peningkatan untuk total pendapatan dan laba bersihnya.

4. BMRI – Bank Mandiri

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

BMRI – Bank Mandiri

Saham blue chip terbaik di Indonesia berikutnya adalah BMRI. BMRI ini merupakan kode saham dari perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau yang dikenal dengan nama Bank Mandiri. Sama seperti BBCA dan BBRI, perusahaan ini bergerak pada sektor perbankan.

Terdapat banyak sekali produk yang ditawarkan di perusahaan ini, contohnya seperti tabungan, deposito dan giro. Bukan hanya itu, perusahaan BMRI ini juga menawarkan pinjaman seperti KPR, pinjaman investasi dan pinjaman modal kerja.

Bahkan perusahaan ini juga memiliki anak perusahaan yaitu PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia PT Mandiri Financial  Services untuk asuransi jiwa, PT Mandiri AXA General Insurance untuk asuransi umum, dan lain sebagainya.

Oh iya, perusahaan ini memiliki aplikasi mobile banking, dimana kamu bisa transfer uang dan melakukan pembayaran belanja di salah satu aplikasi online shop dengan mudah menggunakan virtual account.

Perusahaan yang termasuk saham blue chip ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 144,91 triliun dan laba bersihnya pun mencapai 28,03 triliun. Pastinya di tahun ini akan ada peningkatan untuk total pendapatan dan laba bersihnya.

5. ASII – Astra International

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

ASII – Astra International

Saham blue chip terbaik di Indonesia selanjutnya adalah ASII. ASII ini merupakan kode saham dari PT Astra International Tbk. Perusahaan ini memiliki banyak sekali segmen usaha, antara lain otomotif, alat berat, pertambangan dan agribisnis.

Selain itu, perusahaan ini juga menjalankan perusahaan di sektor jasa keuangan, logistik, teknologi informasi, properti dan infrastruktur. Oh iya, salah satu produk dari perusaah ini adalah website Auto200 yang merupakan aplikasi jual beli mobil.

Perusahaan yang termasuk saham blue chip ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 233,49 triliun dan laba bersihnya pun mencapai 20,20 triliun. Ada kemungkinan di tahun ini ada penurunan atau bahkan  peningkatan untuk total pendapatan dan laba bersihnya.

6. ARTO – Bank Jago

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

ARTO – Bank Jago

Saham blue chip berikutnya adalah ARTO. ARTO merupakan kode saham dari PT Bank Artos Indonesia Tbk atau yang kita kenal dengan nama Bank Jago. Sama seperti BBCA, BBRI, BMRI, perusahaan ini bergerak pada sektor perbankan.

Sama seperti bank pada umumnya, perusahaan ini menyediakan berbagai produk seperti tabungan, deposito dan giro. Oh iya, perusahaan ini juga menghadirkan aplikasi transfer antar bank gratis. Karena keunikannya inilah Bank Jago menjadi gemari di kalangan anak muda.


Perusahaan Bank Jago ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 697,24 Miliyar dan laba bersihnya pun mencapai 86,02 Miliyar. Meski di tahun sebelumnya laba bersih perusahaan ini minus, kerennya di tahun 2021 mengalami peningkatan untuk total pendapatan dan laba bersihnya.

7. TPIA – Chandra Asri Petrochemical

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

TPIA – Chandra Asri Petrochemical

Saham blue chip selanjutnya adalah TPIA. TPIA merupakan kode saham dari perusahaan Chandra Asri Petrochemical Tbk, dimana perusahaan ini merupakan perusahaan petrokimia di Indonesia.

Adapun segmen bisnis dari perusahaan ini antara lain Olefin, Monomer Stirena, Poliolefin, Butadiena, penyewaan tangki, dermaga dan lain sebagainya. Cara membeli saham ini juga mudah, karena tersedia di aplikasi investasi saham yang kamu gunakan.

Perusahaan ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 2,58 Miliyar dan laba bersihnya pun mencapai 152,12 Miliyar. Tentunya akan ada peningkatan untuk total pendapatan dan laba bersihnya.

8. UNVR – Unilever Indonesia

Rekomendasi Saham Blue Chip Indonesia

UNVR – Unilever Indonesia

Rekomendasi saham blue chip di Indonesia berikutnya adalah UNVR. UNVR merupakan kode saham untuk perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk, yang mana perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan barang konsumen.

Produk utama yang dihasilkan perusahaan ini terbagi beberapa segmen, seperti kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh. Contohnya seperti produk kosmetik, dan alat kebersihan rumah tangga.

Selain itu, ada juga produk berupa makanan dan minuman yang tentunya bisa kamu temukan dengan mudah di minimarket, warung dan toko besar lainnya.

Perusahaan ini tercatat total pendapatan yang didapatkan pada tahun 2021 saja mencapai 39,55 triliun dan laba bersihnya pun mencapai 5,76 triliun. Tentunya akan ada peningkatan untuk total pendapatan dan laba bersihnya.

So, itulah beberapa saham blue chip Indonesia yang sangat direkomendasikan. Nah, kalau kamu bakalan membeli slot untuk saham apa nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top