Intermezzo

5 Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie (Putra Terbaik Bangsa)

Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Pada tanggal 11 September 2019 Indonesia berduka dengan meninggalnya putra terbaik bangsa yaitu B. J. Habibie. Yups, B. J. Habibie ini merupakan mantan presiden Indonesia yang ke-3 menggantikan Soeharto. Nggak cuma itu aja, B. J. Habibie pun dikenal memiliki otak yang cerdas! Bayangkan skor IQ yang didapatkan adalah 200 gaes.

Sudah pasti beliau ini memiliki otak yang cerdas. Makanya buat kamu yang ingin cerdas, coba deh dengan melakukan permainan mengasah otak, agar bisa secerdas beliau. Nah, untuk mengenang putra terbaik bangsa ini, berikut ini sajikan beberapa fakta menarik tentang B. J. Habibie yang harus kamu ketahui!

Putra Terbaik Bangsa! Ini Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Oh iya, kabarnya sebelum meninggal B. J. Habibie tengah mempersiapkan perakitan pesawat R80 loh gaes, pesawat ini nantinya bisa melakukan pendaratan pesawat di tempat yang rendah loh.

Eits, tapi untuk kali ini kita hanya membahas fakta-fakta menarik tentang B. J. Habibie aja ya gaes. Jadi, langsung aja yuk disimak!

1. Memiliki Banyak Gelar Akademis

Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Memiliki Banyak Gelar Akademis

Fakta menarik tentang B. J. Habibie yang pertama adalah memiliki banyak sekali gelar akademik. Seperti yang kita ketahui kalau beliu ini pernah menuntut ilmu di SMA Kristen Dago, lalu beliau belajar tentang Keilmuan Teknik Mesin di ITB (Institut Teknologi Bandung). Yups, seperti yang kita ketahui juga kalau ITB merupakan kampus Indonesia yang memiliki jurusan gamers.

Kemudian, beliau melanjutkan pendidikannya di Teknik Penerbangan tepatnya di RWTH Aachen, Jerman. Yaa, walaupun bukan universitas IT terbaik saat ini, pada zamannya beliau sangat cerdas bahkan lulus dengan predikat Summa Cum Laud atau nilai yang sempurna.

Gelar yang dia terima pada tahun 1960 adalah gelar Diplom Ingenieur dan pada tahun 1965, beliau mendapatkan gelar Doktor Ingenieur. Adapun nama serta gelar lengkap yang beliau miliki adalah Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng.

2. Karyanya Diakui Oleh Lembaga Internasional

Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Karyanya Diakui Oleh Lembaga Internasional

Fakta menarik B. J. Habibie yang kedua adalah karyanya diakui oleh lembaga internasional. Yups, seperti yang kita ketahui kalau Pak Habibie ini memiliki banyak sekali penghargaan dari dalam negeri maupun dari luar negeri dan juga Apresiasi dari Pemerintah Daerah.

Beliau ini saat bersekolah di Jerman pernah mencetuskan suatu rumus untuk menghitung Crack Progression on Random atau yang dikenal juga dengan rumah “Faktor Habibie“.

Rumus ini juga diakui oleh beberapa lembaga internasional seperti Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Jerman), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), Royal Aeronautical Society London (Inggris), The US Academy of Engineering (Amerika Serikat) dan The Academie Nationale de I’Air de I’Espace (Prancis).

BACA
Indonesia Nomor 1, Ini 5 Negara Paling Santai di Dunia

3. Menjabat Sebagai Presiden Indonesia Selama 17 Bulan

Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Menjabat Sebagai Presiden Indonesia Selama 17 Bulan

Fakta menarik tentang B. J. Habibie yang ketiga adalah pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia selama 17 bulan lamanya. Menurut sejarah, saat beliau pulang ke Indonesia, B. J. Habibie langsung menjadi Menteri Riset dan Teknologi. Nggak cuma itu aja, beliau bahkan memimpin 10 BUMN dan menjadi otak pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca.

Yups, Pesawat N250 Gatot Kaca ini pun menjadi pesawat buatan Indonesia yang pertama. Kemudian, beliau menjadi Presiden ke-3 Indonesia menggantikan Presiden Soeharto. Masa jabatan Presiden B. J. Habibie pun hanya berlangsung dari 21 Mei 1998 sampai dengan 20 Oktober 1999.

4. Pernah Memperkuat Rupiah

Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Pernah Memperkuat Rupiah

Fakta menarik B. J. Habibie yang keempat adalah pernah memperkuat rupiah. Yups, pada saat itu Indonesia mengalami krisis ekonomi setelah masa pemerintahan Soeharto. Nggak cuma itu, pada saat itu juga Indonesia dilanda kerusuhan, yang membuat B. J. Habibie meyakinkan IMF (Dana Moneter Indonesia) untuk percaya kembali.

Nah, prestasi yang beliau peroleh saat itu adalah menstabilkan nilai rupiah dari yang tadinya $1 adalah Rp15.000,- menjadi Rp6.500,- dengan cara membentuk BPPN, Unit Pengelola Aset Negara, Lembaga Pematauan dan Penyelesaian Hutang Luar Negeri, Melikuidasi Bank yang bermasalah dan juga melarang praktik Monopoli dan persaingan yang tidak sehat.

5. Sosok yang Paling Dikagumi di Indonesia

Fakta Menarik Tentang B. J. Habibie

Sosok yang Paling Dikagumi di Indonesia

Fakta menarik tentang B. J. Habibie yang terakhir adalah sosok yang paling dikagumi di Indonesia. Mungkin B. J. Habibie bukan termasuk orang paling kaya di dunia. Namun, beliau termasuk salah satu nama tokoh yang paling dikagumi di publik gaes. Bahkan, beliau menempati posisi pertama.

Beliau juga sempat menjadi penasihat untuk mengawal proses demokrasi di Indonesia melalui Habibie Center saat SBY menjadi Presiden. Nggak cuma itu aja, beliau juga menjadi komisaris utama dari PT Regio Aviasi Industri. Makanya nggak heran kalau beliau ini sangat aktif kegiatannya walaupun sudah memasuki usia yang tidak lagi muda.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih fakta menarik tentang B. J. Habibie. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai fakta menarik tentang B. J. Habibie ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih fakta menarik tentang B. J. Habibie. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai fakta menarik tentang B. J. Habibie ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top