Intermezzo

Hal yang Menyebabkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

Home / Intermezzo / Hal yang Menyebabkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

Ketika sudah memasuki bulan puasa, rasanya ada banyak sekali tantangan yang harus dijalani ya gaes. Misalnya, menahan hawa nafsu dengan tidak menonton genre anime yang dilarang atau bahkan memainkan genre game yang berpotensi membuat puasa Kamu batal.

Tantangan selama berpuasa gak cuma menahan lapar dan haus aja nih gaes. Tapi, yang paling sering banyak dikeluhkan justru bau mulut yang tidak enak ketika sedang berpuasa. Nah, karena itu TipsPintar akan membahas penyebab mulut bau ketika bulan puasa. Jadi, langsung aja yuk disimak sampai habis ya!

Hal-hal yang Menyebabkan Bau Mulut

Pasti rasanya gak nyaman ya gaes kalau mulut menjadi bau, hal ini juga bisa menyebabkan kepercayaan diri kita menjadi berkurang. Nah, maka dari itu yuk disimak sampai habis hal-hal yang menyebabkan bau mulut, agar Kamu bisa lebih memperhatikan kebersihan mulut Kamu.

1. Kebersihan Mulut

Hal yang Menyebabkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

Kebersihan Mulut

Penyebab utama bau mulut yaitu keadaan mulut yang tidak bersih. Misalnya, tidak membersihkan gigi setelah makan.

Untuk menghindari adanya bau tidak enak dari mulut, alangkah baiknya Kamu membersihkan gigi setelah makan ya!

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling, Wajib Dilakukan!

2. Kekurangan Air Mineral

Hal yang Menyebabkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

Kekurangan Air Mineral

Penyebab kedua kenapa mulut Kamu menjadi bau adalah karena kekurangan air mineral nih gaes. Sebelumnya Kamu sudah tau belum kalau air mineral memproduksi air liur yang dapat membasmi bakteri pada mulut.

Jadi, kalau gak dibilas dengan air liur maka baunya bakalan gak sedap. Supaya gak bau mulut coba deh dengan minum air putih secukupnya. Jadi, bukan hanya menerapkan kebiasaan untuk mencegah gigi berlubang aja biar gak bau mulut ya gaes!

3. Makanan yang Dikonsumsi

Hal yang Menyebabkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

Makanan yang Dikonsumsi

Ada beberapa bahan makanan tertentu seperti bawang dan bumbu-bumbu pedas yang bisa membuat mulut menjadi bau.

Selain itu juga, bakteri-bakteri di dalam mulut akan menghasilkan banyak gas berbau ketika sedang bekerja mengurai protein atau ikan, apalagi jika ada potongan daging yang tersangkut di gigi dan tidak dibersihkan dengan benar. Hal itu memberi resiko bau mulut akan lebih menyengat.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Sepele yang Berbahaya untuk Kesehatan

4. Obat-obatan

Obat-Obatan

Selain bahan makanan, ternyata ada juga loh obat-obatan yang menjadi penyebab bau mulut. Misalnya obat-obatan untuk penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes.

Kalau Kamu termasuk salah satu pasien rawat jalan dari penyakit tersebut, ada baiknya Kamu berkonsultasi dengan dokter terkait waktu konsumsi obat Kamu ya! Supaya mulut Kamu tidak mengeluarkan bau tidak sedap ketika berpuasa.

Baca Juga : 5 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

5. Merokok

Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab bau mulut ketika Kamu sedang berpuasa maupun tidak. Karena ketika Kamu merokok, bau dari asap rokok akan menempel pada baju ataupun badan Kamu.

Kebiasaan tersebut akan membuat mulut menjadi kering dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Para perokok juga lebih rentan untuk mengalami masalah mulut lainnya. Gak cuma menimbulkan bau tidak sedap, merokok juga menjadi salah satu penyebab seseorang terkena penyakit paru-paru.

Nah itu dia gaes beberapa penyebab dari bau mulut ketika sedang berpuasa. Bagaimana menurut Kamu? Yuk, tulis pendapat Kamu di kolom komentar bawah.

Artikel Menarik Lainnya!

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top