Lifestyle

Bukan Hanya Merokok! Ini Penyebab Seseorang Terkena Kanker Paru-Paru

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah ada banyak orang yang mengidap kanker paling mematikan. Salah satunya adalah penyakit kanker paru-paru. Kanker paru-paru ini akan menyerang orang yang merupakan perokok aktif.

Tapi, tau nggak gaes? Ternyata, bukan perokok aktif aja yang beresiko terkena kanker paru-paru loh. Ternyata ada beberapa penyebab lainnya orang terkena kanker paru-paru seperti keturunan dan contoh lainnya seperti penyebab penyakit kanker paru-paru berikut ini!

Jangan Salah! Ternyata Ini Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Oh iya, gaes jangan lupa juga untuk mengetahui gejala penyakit kanker seperti timbulnya benjolan dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu bisa mencegah kanker tersebut menjadi akut.

1. Menjadi Perokok Pasif

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Menjadi Perokok Pasif

Penyebab penyakit kanker paru-paru yang pertama adalah kamu menjadi perokok pasif. Yups, ternyata selama ini kita nggak tau kalau ternyata menjadi peroko pasif. Maksudnya adalah kamu memang tidak menghisap rokok, akan tetapi kamu menghirup asap seorang perokok aktif.

Nah, ternyata perokok pasif lebih besar resikonya terkena kanker paru-paru dibandingkan perokok aktif. Hal ini disebabkan karena perokok pasif tidak membuang kembali asap yang dihirup, sedangkan perokok aktif membuang kembali rokok yang dihisapnya. Jadi, tidak terlalu banyak rokok yang masuk ke dalam paru-paru.

2. Menghirup Bahan Kimia

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Menghirup Bahan Kimia

Kedua penyebab penyakit kanker paru-paru adalah kamu menghirup bahan kimia. Nah, ini lebih sering terkena oleh orang yang memiliki profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia seperti yang bekerja di perminyakan, bahan kimia dan juga gas.

Karena, seperti yang kita ketahui pekerjaan tersebut beresiko terpapas gas radioaktif dan zat atau bahan kimia berbahaya lainnya. Jika terus menerus terpapar, bakalan ada kemungkinan terkena resiko kanker paru-paru loh gaes.

3. Terpapar Polusi Udara yang buruk

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Terpapar Polusi Udara yang buruk

Penyebab penyakit kanker paru-paru yang kedua adalah terpapar polusi udara yang buruk. Penyebab ini lebih besar resikonya bagi orang yang bertempat tinggal di Ibu Kota. Yups, seperti yang kita ketahui polusi udara di Kota besar lebih besar berkali-kali lipat dibandingkan yang tinggal di pedesaan.

BACA
7 Hewan yang Bisa Mendeteksi Keberadaan Hantu

Hal ini disebabkan karena udara sudah terpapar dengan asap kendaraan, asap buangan pabrik dan asap lainnya yang berbahaya. Oleh sebab itu, kamu disarankan menggunakan masker ketika berada di kota yang polusi udaranya buruk.

Baca Juga: Jangan Makan 7 Makanan ini Jika Ingin Ginjal Kamu Sehat

4. Tidak Makan Makanan Sehat

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Tidak Makan Makanan Sehat

Keempat penyebab penyakit kanker paru-paru adalah kamu tidak makan makanan yang sehat. Yups, seperti yang kita ketahui kalau ternyata ada banyak makanan yang menyebabkan kanker seperti kulit ayam dan juga popcorn. Nah, buat kamu yang suka makan sembarangan hati-hati deh.

Karena, kalau tidak diseimbangi dengan makanan sehat lainnya, bukan tidak mungkin kamu terkena kanker paru-paru gaes. Apalagi tiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Nah, ini paling beresiko jika kamu memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Jadi, diperhatikan lagi ya makannya, kalau bisa makan makanan pencegah kanker aja deh.

5. Penyakit Keturunan

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Penyakit Keturunan

Penyebab penyakit kanker paru-paru yang terakhir adalah bahwa penyakit kanker paru-paru merupakan penyakit keturunan. Nah, ini menjadi salah satu faktor juga kenapa seseorang terkena penyakit kanker paru-paru.

Karena, ada kemungkinan besar riwayat penyakit kanker paru-paru akan menular kepada keturunanya. Nah, kalau kamu sudah tau ada keluarga yang mengidap penyakit kanker paru-paru segera periksa kesehatan kamu ya gaes. Tujuannya agar kamu bisa mencegahnya lebih dini.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ternyata bukan hanya merokok saja penyebab kanker paru-paru ya. Nah, kamu jangan lupa untuk share artikel mengenai penyebab kanker paru-paru ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih penyebab kanker paru-paru. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai penyebab kanker paru-paru ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top