Kepo

10 Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Home / Kepo / Lifestyle / 10 Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Perubahan iklim yang ekstrem bisa mempengaruhi kesehatan pada makhluk hidup terutama pada manusia. Apalagi saat ini Indonesia dilanda dengan polusi udara dimana banyak yang mengalami permasalahan kesehatan pada kulit.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk melindungi kesehatan kulit wajah dari efek polusi udara. Karena ada beberapa yang mengalami permasalah kulit seperti kulit menjadi kering dan mengelupas, bahkan ada yang mengalami kulit melepuh.

Kulit melepuh ini umumnya seperti kulit terbakar, lalu mengeluarkan cairan gelembung dan terasa nyeri. Nah, pas banget nih! Berikut ini kami akan membahas gimana cara mengatasi kulit yang melepuh dan apa aja penyebabnya!

Penyebab Kulit yang Melepuh

Kulit yang melepuh ditandai dengan adanya cairan menggelembung yang keluar dari lapisan terluar kulit. Penyebabnya pun beragam, nah berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kulit melepuh:

1. Luka Bakar

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Luka Bakar

Penyebab kulit melepuh yang pertama adalah luka bakar. Ketika kamu mengalami luka bakar maka sudah dipastikan kulit kamu akan melepuh, dimana akan muncul bercak merah pada area kulit yang terkena panas.

Luka bakar ini gak hanya disebabkan karena terkena air panas, cipratan minyak panas, setrika, atau catokan aja. Tapi bisa juga disebabkan terpapar sinar matahari langsung.

Efek sinar matahari langsung ini akan menyebabkan muka gosong, dan area kulit lainnya yang terbuka pun akan menjadi gosong. Jika terlalu lama terpapar maka akan membuat kulit menjadi melepuh dimana ketika tersentuh akan terasa sakit.

2. Alergi

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Alergi

Penyebab kulit melepuh berikutnya adalah alergi. Sama seperti penyebab tangan kering, ketika kulit kamu melepuh bisa jadi disebabkan karena kamu mengalami alergi. Alergi setiap orang efeknya akan berbeda-beda.

Ada yang timbul kemerahan, bentol, bengkak, kering, dan melepuh. Reaksi alergi ini bisa jadi disebabkan kamu terpapar zat bahan kimia, makanan, bulu binatang dan lain sebagainya.

3. Infeksi

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Infeksi

Penyebab kulit melepuh selanjutnya adalah infeksi. Sama seperti penyebab tangan yang terasa panas dan terbakar, ketika kulit kamu melepuh tanpa sebab ada kemungkinan kamu mengalami infeksi.

Infeksi ini bisa disebabkan karena bakteri dan virus. Contohnya infeksi virus cacar air yang membuat penderitanya mengalami kulit yang melepuh dan gatal-gatal.

4. Gigitan Serangga

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Gigitan Serangga

Penyebab kulit melepuh berikutnya adalah gigitan serangga. Beberapa serengga jika hinggap dan menggigit di kulit manusia, akan membuat kulit menjadi gatal, merah, bintik-bintik dan juga melepuh.

Umumnya serangga yang bisa membuat kulit melepuh antara lain tungau kecil, kutu busuk, semut merah, laba-laba dan lain sebagainya. Serangga menggigit ini sebagai bentuk pertahanan diri terhadap makhluk lain.

5. Efek Lonjakan Gula Darah

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Efek Lonjakan Gula Darah

Penyebab kulit melepuh selanjutnya adalah efek dari lonjakan gula darah. Untuk kamu yang memiliki riwayat gula darah atau penderita diabetes, maka kemungkinan timbulnya kulit melepuh ini bisa terjadi.

Namun kulit yang melepuh pada penderita diabetes ini jarang menimbulkan rasa nyeri dan tidak membuat warna kulit merah serta bengkak. Akan tetapi kulit yang melepuh ini timbulnya cenderung lebih banyak dan berkelompok.

Makanya untuk kamu yang merupakan penderita diabetes, lebih baik hindari makanan yang bisa bikin gula darah naik agar tidak memberikan efek kulit melepuh.

6. Gesekan pada Kulit

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Gesekan pada Kulit

Faktor yang menyebabkan kulit melepuh berikutnya adalah gesekan pada kulit. Kulit yang melepuh bisa terjadi ketika ada faktor yang membuat kulit menjadi iritasi seperti terjadinya gesekan antar kulit.

Hal ini dikarenakan ketika terjadinya gesekan pada kulit terjadi penumpukkan cairan pada lapisan kulit sehingga memicu kulit menjadi lecet dan akhirnya melepuh.

7. Pecah Pembuluh Darah

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Pecah Pembuluh Darah

Faktor yang menyebabkan kulit melepuh selanjutnya adalah pecahnya pembuluh darah. Umumnya ketika adanya pembuluh darah yang pecah akan memberikan efek pada tubuh manusia salah satunya membuat tangan menjadi kebas.

Selain itu, ketika pembuluh darah pecah ternyata bisa merusak lapisan bawah kulit dan mengeluarkan darah, dimana darah yang menggenang di area lapisan bawah kulit ini akan membuat kulit menjadi melepuh.

8. Efek Lingkungan

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Efek Lingkungan

Penyebab ketika kulit tiba-tiba melepuh berikutnya adalah efek lingkungan. Yups, dampak polusi udara ini bisa mempengaruhi perubahan cuaca dan suhu menjadi ekstrem loh gaes!

Jadi gak hanya lingkungan panas aja yang membuat kulit melepuh. Ketika suhu sangat dingin pun berpotensi membuat kulit melepuh.

Hal tersebut dikarenakan sistem tubuh bekerja secara ekstra agar tetap hangat. Jika terlalu ekstra bekerja maka bisa membuat kulit melepuh.

9. Efek Samping Obat

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Efek Samping Obat

Penyebab ketika kulit tiba-tiba melepuh selanjutnya adalah efek samping obat. Efek samping obat sangat beragam, dimana gak hanya membuat kulit kamu melepuh aja, tapi efek samping obat pun bisa menjadi penyebab telapak tangan gatal.

Hal tersebut dikarenakan obat mengandung bahan zat kimia aktif yang tentunya memberikan reaksi yang berbeda terhadap orang yang mengonsumsinya.

Jika efeknya membuat kulit melepuh maka bisa dikatakan kamu tidak cocok dengan obat tersebut. Jadi lebih baik kamu konsultasikan lagi untuk mengganti obat yang cocok dengan kamu.

10. Kondisi Medis Lain

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Kondisi Medis Lain

Penyebab ketika kulit tiba-tiba melepuh terakhir adalah kondisi medis lainnya. Jika kamu tidak merasa poin-poin sebelumnya bukan penyebab kulit melepuh, maka bisa jadi kamu sedang mengalami kondisi medis lainnya.

Dimana bisa saja kamu memiliki penyakit autoimun dan penyakit langka seperti epidermolisis bulosa atau porfiria yang membuat kulit menjadi lebih rapuh dan mudah melepuh.

Gini Cara Mengatasi Kulit Melepuh

Penyebab dan Cara Mengobati Kulit Melepuh

Cara Mengobati Kulit Melepuh

Jika kulit yang melepuh tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kamu harus segera mengobatinya. Karena jika tidak akan memperparah kondisi kulit tersebut.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit yang melepuh:

  1. Hindari kulit dari hal yang menyebabkan kulit melepuh seperti air panas, minyak panas, setrika, catokan dan lainnya.
  2. Hindari terpapar sinar matahari langsung dan gunakan sunscreen atau sunblock.
  3. Gunakan salep untuk kulit melepuh.
  4. Kompres kulit dengan cairan NaCl 90%.
  5. Bersihkan area yang melepuh dengan air bersih.
  6. Jangan ditusuk area yang melepuh, biarkan pecah sendiri.
  7. Menjaga kebersihan kulit dengan rutin mandi dan gunakan sabun mandi.
  8. Gunakan pelembap kulit.
  9. Rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun.
  10. Konsultasikan dengan dokter secara langsung di rumah sakit maupu melalui aplikasi tanya jawab dokter.

So, itulah beberapa cara mengatasi kulit yang melepuh. Nah, kamu sudah coba cara mengatasi kulit melepuh yang mana aja nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top