Intermezzo

10 Perbedaan Haji dan Umroh yang Wajib Dipahami!

Home / Intermezzo / 10 Perbedaan Haji dan Umroh yang Wajib Dipahami!

Perbedaan Haji dan Umroh

Sebelumnya kita sudah membahas apa aja sih perbedaan antara haji plus dan haji reguler. Keduanya sama-sama melakukan ibadah haji namun berbeda untuk waktu antrian masa tunggu atau penerbangannya. Dimana haji plus ini lebih cepat tapi biayanya lebih mahal dibandingkan haji reguler.

Setelah kamu mengetahui apa bedanya dan sebelum kamu memilih agen travel umroh dan haji seperti Alhijaz Indowisata, kamu juga harus tau nih perbedaan haji dan umroh. Karena meskipun keduanya sama-sama melakukan ibadah di tanah suci Mekkah, namun berbeda pengertian dan lain sebagainya.

Nah, pas banget nih! Kali ini kami membahas apa aja perbedaan antara haji dan umroh. Jadi, disimak yuk!

Ternyata Ini Perbedaan Antara Haji dan Umroh!

Untuk kamu yang bingung bedanya antara ibadah haji dan umroh, kamu bisa simak penjelasan singkatnya berikut ini!

1. Pengertian Haji dan Umroh

Perbedaan Haji dan Umroh

Pengertian Haji dan Umroh

Perbedaan haji dan umroh yang pertama adalah dari segi pengertiannya. Haji memiliki arti menyengaja atau menuju. Artinya menyengaja untuk pergi ke Mekkah dengan maksud menjalankan ibadah tawaf, sa’i dan wukuf.

Selain itu, ibadah haji juga pelaksanaannya lebih tertib dan hanya dilakukan di bulan Dzulhijjah. Sedangkan umroh memiliki arti berkunjung, yang diambil dari bahasa arab yaitu i’tamara.

Sedangkan, umroh ini pengertiannya mengunjungi Baitullah atau Masjidil Haram dengan tujuan melakukan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan syarat dan rukun tertentu.

Jadi, untuk pengertian keduanya sangat berbeda, dimana haji ini melaksanakan ibadah dan rukun yang harus dijalankan secara tertib, sedangkan umroh ini bisa dibilang ziarah.

2. Hukum Ibadah

Perbedaan Haji dan Umroh

Hukum Ibadah

Perbedaan haji dan umroh berikutnya adalah dari segi hukum ibadah. Seperti yang diketahui, haji ini hukumnya wajib bagi yang mampu karena termasuk rukun islam yang kelima. Dimana haji ini menjadi penyempurna agama bagi umat muslim.

Sedangkan umroh ini hukumnya sunnah, dimana umat muslim yang menjalankan ibadah umroh akan mendapatkan pahala. Akan tetapi, umat muslim yang tidak sempat menjalankannya tidak akan mendapatkan dosa.

3. Rukun Ibadah

Perbedaan Haji dan Umroh

Rukun Ibadah

Perbedaan haji dan umroh selanjutnya adalah dari segi rukun ibadah. Rukun ibadah haji lebih banyak jika dibandingkan dengan rukun ibadah umroh. Selain itu, rukun ibadah haji harus kamu laksanakan dengan tertib.

Adapun rukun ibadah haji yang harus dilaksanakan, antara lain:

  • Niat ihram
  • Wuquf di Padang Arafah
  • Thawaf
  • Sa’i
  • Tahallul (Memotong rambut)

Sedangkan, berikut ini rukun ibadah umroh yang harus dilaksanakan:

  • Niat ihram
  • Thawaf
  • Sa’i
  • Tahallul (Memotong rambut)

Semua rukun ibadah haji dan umroh ini harus dilaksanakan secara urut dan tertib oleh jamaah. Jika ada salah satu rukun yang dilewatkan oleh jamaah, maka haji dan umrohnya tidak dilakukan secara sah atau mabrur.

4. Waktu Pelaksanaan

Perbedaan Haji dan Umroh

Waktu Pelaksanaan

Perbedaan antara haji dan umroh berikutnya adalah dari segi waktu pelaksanaan. Untuk ibadah haji hanya dilaksanakan 1x dalam setahun dimana dilakukan selama 2 bulan sesuai dengan ayat Q.S Al-Baqarah ayat 197.

Berikut ini rincian waktu pelaksaan rukun haji:

  • Ihram, dilakukan sejak masuk bulan Syawal hingga terbitnya fajar di tanggal 10 Dzulhijjah.
  • Wuquf di Arafah, dilakukan sejak matahari tergelincir di tanggal 9 Dzulhijjah hingga terbitnya fajar di tanggal 10 Dzulhijjah.

Sedangkan, untuk ibadah umroh bisa dilakukan di bulan apapun dalam setahun, karena tidak terikat oleh waktu-waktu tertentu seperti ibadah haji.

Hal ini dikarenakan ibadah umroh tidak ada antrian dan kamu bisa mendaftarnya dengan mudah di agen travel murah tepercaya seperti Alhijaz Indowisata.

5. Durasi Pelaksanaan

Perbedaan Haji dan Umroh

Durasi Pelaksanaan

Perbedaan antara haji dan umroh selanjutnya adalah dari segi durasi pelaksanaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk ibadah haji ini dilaksanakan hampir selama 3 bulan, di bulan Syawal, Dzulqo’dah dan Dzulhijah. Jadi gak heran ya kalau haji ini dilaksanakan untuk umat muslim yang mampu.

Mampu yang dimaksud ini bukan hanya biaya saja, tapi juga fisik. Karena ibadah yang dilaksanakannya sangat panjang, dimana jamaah haji Indonesia bisa memakan waktu hingga 40 hari di tanah suci.

Hal tersebut dikarenakan setelah menjalankan ibadah haji, jamaah haji Indonesia juga melaksanakan ibadah lain seperti umroh, ziara dan arbain di Masjid Nabawi.

Sedangkan ibadah umroh durasi pelaksanaannya hanya sekitar 9 – 12 hari saja. Durasi pelaksanaan umroh ini juga tergantung dengan paket perjalanan agen travel umroh yang dipilih.

6. Tempat Pelaksanaan

Perbedaan Haji dan Umroh

Tempat Pelaksanaan

Perbedaan ibadah haji dan umroh berikutnya adalah dari segi tempat pelaksanaan. Ibadah haji rukun yang dilaksanakan lebih banyak jika dibandingkan dengan umroh.

Dimana ibadah haji ini dilaksanakan di luar Mekkah juga. Seperti wuquf di Arafah, lalu melempar jumroh di Mina dan menginap atau mabit di Muzdalifah.

Sedangkan untuk umroh hanya dilaksanakan di Mekkah untuk ibadahnya dan untuk berziarah ke Madinah, dimana kamu bisa beribadah di masjid paling megah di dunia yaitu Masjid Nabawi.

7. Syarat Kewajibannya

Perbedaan Haji dan Umroh

Syarat Kewajibannya

Perbedaan ibadah haji dan umroh selanjutnya adalah dari segi syarat kewajibannya. Untuk ibadah haji ini syarat kewajibannya lebih banyak dibandingkan ibadah umroh. Dimana ada 5 kewajiban ibadah haji.

Jika kamu tidak melaksanakannya, kamu akan menggantinya dengan membayar denda (dam). Nah, berikut ini 5 kewajiban ibadah haji:

  • Niat ihram dari Miqat.
  • Menginap atau Mabit di Muzdalifah pada malam tanggal 10 Dzulhijjah.
  • Menginap atau Mabit di Mina pada malam tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.
  • Melempar jumrah di Mina.
  • Thawaf Wada’ atau perpisahan sebelum meninggalkan kota Mekkah.

Sedangkan untuk ibadah umroh hanya 2 kewajiban, yaitu niat ihram dari Miqat dan menjauhi semua larangan saat ihram.

Nah, untuk kamu yang ingin ibadah haji dan umrohnya mendapatkan bimbingan, kamu bisa nih di agen travel tepercaya seperti Alhijaz Indowisata.

8. Kekuatan Fisik

Perbedaan Haji dan Umroh

Kekuatan Fisik

Perbedaan ibadah haji dan ibadah umroh berikutnya adalah dari segi kekuatan fisik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rangkaian ibadah haji lebih banyak dan durasi pelaksanaannya lebih lama jika dibandingkan dengan ibadah umroh.

Oleh sebab itu, untuk melaksanakan ibadah haji ini perlu kekuatan fisik yang lebih. Makanya gak heran, kalau ibadah haji ini dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu saja.

9. Persiapan Ibadah

Perbedaan Haji dan Umroh

Persiapan Ibadah

Perbedaan ibadah haji dan ibadah umroh selanjutnya adalah dari segi persiapan ibadah. Seperti yang sudah dibahas di poin-poin sebelumnya dan sudah bisa dipastikan kalau persiapan ibadah haji lebih banyak jika dibandingkan dengan ibadah umroh.

Apalagi untuk manasik haji ini jamaah harus melakukan hingga beberapa kali. Sedangkan untuk ibadah umroh manasiknya bisa dilakukan sekali saja.

Sehingga untuk persiapan fisik ibadah haji ini harus lebih ekstra. Kalau perlu, kamu juga harus menjaga kesehatan mental ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh.

10. Biaya yang Dikeluarkan

Perbedaan ibadah haji dan ibadah umroh

Biaya yang Dikeluarkan

Perbedaan ibadah haji dan ibadah umroh terakhir adalah dari segi biaya yang dikeluarkan. Biaya haji dan umroh tentunya berbeda, karena kamu harus menyiapkan biaya haji yang lebih besar jika ingin melaksanakan ibadah haji.

Apalagi jika kamu ingin mendaftar haji plus agar masa tunggunya sebentar, tunggu biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan haji reguler.

Sedangkan untuk biaya umroh cenderung lebih sedikit karena memang durasi pelaksanaannya sebentar dan bisa dilakukan kapanpun, berbeda dengan haji yang ada antriannya karena waktu pelaksanaannya hanya 1x dalam setahun.

So, itulah penjelasan mengenai perbedaan haji dan umroh. Nah, menurut kamu ada lagi gak sih, perbedaan antara haji dan umroh? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top