Internet

Perbedaan VPN dan DNS, Mana yang Lebih Cocok Dipakai?

Home / Internet / Perbedaan VPN dan DNS, Mana yang Lebih Cocok Dipakai?

Siapa nih yang suka menggunakan DNS ketika sedang mengakses internet? Belakangan ini, banyak sekali yang mencari DNS terbaik untuk mengakses internet agar koneksi tetap stabil dan justru semakin kencang.

Begitu juga dengan VPN, pasti banyak yang menggunakan aplikasi VPN untuk mengakses aplikasi yang diblokir seperti Skype, Netflix dan lain-lainnya. Tapi sebelumnya Kamu sudah tau belum apa itu VPN dan DNS? Apa perbedaannya dan bagaimana cara kerjanya?

Nah, kali ini TipsPintar akan membahas tentang perbedaan DNS, VPN dan bagaimana cara kerjanya. Yuk, langsung aja disimak sampai habis ya!

Apa itu DNS?

DNS

Domain Name System atau Sistem Penamaan Domain yaitu nama sebuah sistem database yang berguna untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan/sumber daya yang terhubung ke dalam jaringan internet/jaringan komputer pribadi.

Server DNS biasanya terletak di dekat penyedia layanan internetmu atau sering juga disebut ISP (Internet Service Provider). Nah, ISP ini yang memetakan nama domain ketika Kamu berselancar di Internet.

Pengertian Smart DNS

Selain DNS, ada juga yang namanya smart DNS gaes. Apa sih Smart DNS itu?

Smart DNS seringkali dibandingkan dengan VPN karena cara kerjanya yang hampir sama. Biasanya, digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menggambarkan server DNS yang mengarahkan pengguna ke server proxy untuk daftar situs web atau layanan-layanan yang tidak dikenal.

Di beberapa kasus, biasanya pengguna akan membayar untuk bisa menggunakan server Smart DNS agar bisa mengakses website yang diblokir atau dibatasi.

Cara Kerja Smart DNS

Bagi Kamu yang gemar menonton film di situs streaming film, namun tidak bisa mengaksesnya karena diblokir oleh ISP, maka Smart DNS bisa menjadi salah satu solusinya nih gaes.

Misalnya, ketika Kamu ingin mengakses Netflix versi Amerika atau Korea, Kamu bisa menggunakan Smart DNS untuk membuka blokirannya.

Sayangnya, Smart DNS tidak melakukan enkripsi ataupun menyembunyikan alamat IP. Smart DNS hanya mengelabui situs web agar lokasi Kamu dianggap memenuhi syarat.

Apa itu VPN?

VPN

Kalau yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi ya gaes. VPN adalah sebuah metode yang digunakan untuk menambah keamanan privasi pengguna smartphone.

Biasanya, VPN akan tersambung dengan server yang berlokasi di suatu tempat untuk melindungi aktivitas dan identitas Kamu ketika sedang berada di internet.

Cara Kerja VPN

Karena tujuan utama dari VPN adalah melindungi kerahasiaan dan privasi. Maka, layanan VPN akan mengarahkan ulang semua lalu lintas web melalui terowongan terenkripsi.

Menariknya, tingkat enkripsi yang dimiliki oleh aplikasi VPN tidak bisa dibongkar oleh pihak lain, termasuk ISP.

Nah, dengan cara kerjanya tersebut, VPN bisa membuka semua situs yang diblokir sekalipun, Kamu juga bisa menggunakan VPN untuk Netflix ketika sedang menggunakan Indihome atau Telkomsel.

Cara kerjanya pun sangat mudah gaes. Biasanya Kamu hanya perlu menekan satu tombol untuk mengaktifkan VPN.

Perbedaan VPN dan DNS

Sebenarnya, apa sih perbedaan aplikasi VPN dan DNS itu? VPN dan DNS benar-benar sangat jarang dibandingkan karena fungsinya yang berbeda. Biasanya, VPN justru dibandingkan oleh Smart DNS.

VPN dan Smart DNS, Mana yang Lebih Unggul?

Jika dibandingkan dengan VPN, Smart DNS tidak menyediakan koneksi terenkripsi dan tidak bisa mengubah alamat IP.

Karena tidak melakukan enkripsi data, koneksinya pun akan menjadi lebih cepat dari VPN. Smart DNS hanya merutekan ulang dari lalu lintas web Kamu.

Hanya saja, Keamanan dan privasi Kamu berada dalam bahaya jika hanya mengandalkan Smart DNS. Berbeda dengan VPN yang sudah menutup dan mengenkripsi semuanya.

Nah, berikut kelemahan dan kelebihan dari Smart DNS dan VPN.

Smart DNSVPN
KelebihanKelebihan
– Video streaming tanpa kehilangan kecepatan
– Lebih murah dari VPN
– Bisa mengakses konten yang dibatasi karena faktor geografis
– Ringan
– Melindungi keamanan privasi dengan melakukan enkripsi data
– Membuat kita menjadi anonim dengan mengubah alamat IP
– Bisa mengakses konten yang dibatasi karena faktor geografis
– Mudah digunakan
KekuranganKekurangan
– Tidak melakukan enkripsi data
– Tidak mengubah alamat IP
– Punya fitur yang lebih sedikit dari VPN
– Pengaturan lebih rumit
– Lebih mahal
– Lebih lambat karena harus melakukan enkripsi
– Situs streaming kerap melakukan pemblokiran VPN

Nah, sekarang Kamu sudah tau kan apa perbedaan VPN dan DNS? Bagaimana menurut Kamu gaes? Yuk, tulis pendapat Kamu di kolom komentar!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top