Tech News

Prediksi Dell : 2019 Akan Jadi Tahunnya Ekosistem Digital

Prediksi Dell 2019

Jakarta, Kamis, 31 Januari 2019 – Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan program Industri 4.0 pada bulan April 2018, menekankan pada prioritas peningkatan konektivitas dan digitalisasi untuk memperbaharui aktivitas operasional sektor bisnis dan e-commerce utama di Indonesia.

Selain itu, perilaku belanja konsumen Indonesia juga telah berubah dari belanja produk ke belanja layanan, dimana teknologi-teknologi baru merupakan faktor penting yang memberdayakan perubahan tersebut.

Prediksi Dell Technologies 2019 membahas bagaimana dunia menuju dekade kedua abad 21 dan era baru Kemitraan Manusia dan Mesin.

Apa Isi dari Prediksi Dell untuk Tahun 2019 Ini?

Dell Technologies memprediksi 2019 akan menjadi Tahun Ekosistem Digital Berbasis Data.

Pembelajaran mesin (Machine Learning atau ML) dan perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) akan memberdayakan “ekosistem digital berbasis data”.

Tentu pemberdayaan tersebut yang dapat menganalisa data dalam volume yang sangat besar untuk mendapatkan wawasan meningkatkan pendapatan bisnis dan bekerja dengan cara yang semakin pintar untuk meraih hal tersebut.

Berikut adalah prediksi Dell untuk 2019 seiring langkah kita menuju ekosistem digital berbasis data:

1. 5G Akan Membuat Kita Hidup di Tepi (Edge)

Teknologi 5G

Teknologi 5G

Perangkat 5G pertama dijadwalkan akan mulai dipasarkan tahun ini seiring perkembangan jaringan generasi berikutnya yang sangat dinantikan ini yang diharapkan akan sepenuhnya penggunaan data dalam hal kecepatan dan aksesibilitas.

Baca Juga: Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

2. Prakiraan Data Akan Lebih Banyak Membutuhkan Cloud

Lebih Banyak Menggunakan Cloud

Lebih Banyak Menggunakan Cloud

Tahun lalu, Dell memprediksi kehadiran Mega Cloud, yaitu berbagai teknologi cloud yang menjadi sebuah model operasional terdepan seiring strategi TI yang membutuhkan cloud publik dan cloud pribadi.

Lingkungan Mega Cloud akan mendorong otomatisasi, pemrosesan AI dan ML menjadi lebih cepat karena teknologi-teknologi ini memberi organisasi kemampuan untuk mengelola, memindahkan, dan memproses data dimana dan kapan pun mereka perlu melakukannya.

Baca Juga: Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Smartphone

3. Pekerjaan dan Aktivitas Sehari-hari Akan Semakin Tak Terpisahkan

Pekerjaan dan Aktivitas Sehari-hari Akan Semakin Tak Terpisahkan

Pekerjaan dan Aktivitas Sehari-hari Akan Semakin Tak Terpisahkan

Asisten Virtual akan semakin menjadi bagian dari teknologi konsumen seperti teknologi rumah pintar, mobil pintar, dan barang-barang lainnya.

Kecerdasan Mesin itu akan bergabung dengan Augmented Reality dan realitas visual di rumah untuk menciptakan pengalaman yang sepenuhnya menyatu dengan kehidupan sehari-hari.

Contohnya seperti kamu akan memiliki alat pelacak kesehatan cerdas yang akan menangkap banyak informasi mengenai kesehatan tubuh kamu.

Nantinya data hasil pemeriksaan kesehatan tersebut bisa langsung kamu kirimkan ke penyedia layanan kesehatan untuk bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Baca Juga: OnePlus Ketahuan Memata-matai Pengguna, Kok Bisa?

4. Tambang Data Berlimpah Akan Memicu “Demam Emas” Berikutnya Dalam Investasi Teknologi

Tambang Data Berlimpah

Tambang Data Berlimpah

Berbagai organisasi telah menimbun data dalam jumlah sangat besar selama bertahun-tahun. Diperkirakan pada tahun 2020, volume data akan mencapai 44 triliun gigabyte, atau 44 Zettabytes.

Seiring nilai yang lebih besar yang bisa mereka dapatkan dari data tesebut, ditambah wawasan yang mendorong berbagai inovasi baru dan proses bisnis yang lebih efisien, maka akan lebih banyak investasi muncul dari sektor teknologi.

Baca Juga: Jika Takut Lihat Gambar-gambar Ini, Berarti Kamu Menderita Penyakit Serius!

5. Millennials Bersiaplah, Gen Z akan Menguasai Dunia Kerja

Gen Z Kuasai Dunia Kerja

Gen Z Kuasai Dunia Kerja

Generasi milenial harus memberikan ruang bagi generasi berikutnya, yaitu Gen Z (lahir setelah 1995) yang akan memasuki dunia kerja mulai tahun 2019.

Tentu para Gen Z tersebut akan menciptakan tenaga kerja yang semakin beragam yang mencakup lima generasi.

98% dari Gen Z telah menggunakan teknologi sebagai bagian dari pendidikan formal mereka.

Sebagian besar mengerti dasar-dasar coding perangkat lunak dan mengharapkan akan menggunakan teknologi terbaik sebagai bagian dari pengalaman kerja mereka.

Baca Juga: Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia (Dijamin Aman)

6. Menciptakan Pelindung Data

Pelindung Data

Pelindung Data

Dengan semakin meningkatnya pamor data sebagai aset organisasi yang paling berharga, mengamankan dan melindungi data harus menjadi prioritas utama.

Kita akan melihat AI dan ML semakin berperan secara proaktif melindungi data yang paling rentan diserang atau dicuri, dan cukup pintar untuk menggagalkan akses mencurigakan bahkan sebelum manusia menyadari data mereka diserang.

Nah, itulah beberapa prediksi Dell Technologies untuk tahun 2019 ini. Menurut kamu gimana guys? Apa sudah terjadi?

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top