Tech-Fun!

10 Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Di zaman yang serba canggih ini, teknologi semakin berkembang dengan sangat cepat. Banyak pekerjaan yang biasanya dikerjakan tenaga manusia akan tergantikan dengan teknologi.

Tak heran guys, sudah muncul wacana jika robot diprediksi akan mampu menggantikan berbagai pekerjaan yang dilakukan manusia. Wah, harus siap-siap cari pekerjaan baru nih. Tapi tenang, nggak berlaku nih untuk beberapa profesi ini.

BACA
Lulusan IT Tapi Gak Jago Coding? Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Untukmu

Jangan Takut! Ini Nih Pekerjaan yang Tidak Bisa Diganti Oleh Teknologi

Meskipun robot menguasai dunia dan merebut berbagai profesi manusia, tapi pekerjaan ini tetap membutuhkan manusia kok. Yuk, simak guys beberapa profesi ala TipsPintar.com yang nggak bisa digantikan oleh teknologi.

1. Bidan

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Bidan

Bidan adalah salah satu profesi yang penting untuk membantu proses melahirkan. Coba kamu bayangkan profesi ini diambil alih oleh robot. Robot jadi bidan? Mungkin akan sulit memprogram robot yang bertugas membantu persalinan.

Nah, proses kelahiran itu membutuhkan sentuhan manusiawi dan bisa menuntun ibu hamil dalam proses melahirkan. Apakah kamu mau proses kelahiran kamu nanti dibantu robot?

Baca Juga: 10 Situs Belajar Bahasa Inggris Gratis yang Bikin Kamu Makin Jago!

2. Psikiater atau Ahli Konsultasi

Psikiater atau Ahli Konsultasi

Biasanya kita akan konsultasi kepada sesorang yang memang ahli dalam bidangnya dan bisa memberi solusi apa yang kita inginkan. Bagaimana kalau manusia konsultasi ke robot?

Tentu saja robot nggak bisa memiliki perasaan sensitif. Oleh sebab itu, nggak ada robot yang bisa memahami sifat emosional manusia. Nah, empati merupakan sesuatu yang nggak bisa diprogram dan digantikan oleh teknologi apapun loh guys.

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Agar Diterima Bekerja di Google!

3. Dokter Umum

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Dokter Umum

Dokter umum memang membuat diagnosa pasien berdasarkan logika textbook. Mungkin, ini penyebabnya banyak orang yang mengira dokter umum bisa digantikan robot. Tapi robot nggak bisa melakukan konsultasi medis dengan pasien.

Karena masalah kesehatan banyak yang bersifat pribadi dan berbeda satu sama lain. Tentu saja datanya nggak akan bisa disimpan di bank data robot. Coba bayangkan kamu di suntik sama robot? Pasti nggak pakai perasaan.

Baca juga: Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Kamu Menggunakan Android

4. Petani Organik

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Petani Organik

Meskipun sudah ada mesin pengolah area perkebunan yang luas, namun perhatian terhadap hewan dan tanaman nggak bisa digantikan dengan yang lain kecuali manusia.

Pengetahuan mengenai aktivitas pertanian pun banyak yang didapat berdasarkan pengalaman. Hayo siapa yang bisa meperogram pengalaman?

Baca juga: 10 Keyword Rahasia Google yang Jarang Diketahui Orang

5. Penulis

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Penulis

Pernah dengar robot penulis? Nggak kan, karena robot tidak memiliki imajinasi dan kreativitas seperti manusia. Ini menyebabkan penulis menjadi salah satu pekerjaan yang sulit tergantikan oleh robot.

Terlebih penulis dongeng dan cerita fiksi lainnya. Nggak ada yang bisa menciptakan dongeng yang penuh inspirasi kecuali manusia itu sendiri guys.

Baca juga: 10 Tips Agar Kamu Mahir Mengetik dengan 10 Jari

6. Guru Anak-Anak

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Guru Anak-Anak

Seorang guru dituntut untuk dapat menjadi teladan bagi murid-muridnya. Sebab anak-anak berlatih dengan meniru dari contoh yang ada. Seperti pribahasa “Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari”.

Sosok seorang guru memanglah penting untuk tumbuh kembang anak tersebut. Jadi bagaimana mungkin manusia membiarkan anak mereka meniru perilaku robot?

Baca Juga: 10 Skill yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Sukses di Tahun 2018

7. Insinyur Robot

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Insinyur Robot

Robot pintar dibuat oleh manusia yang lebih pintar. Sehingga insinyur robot harus tetap ada untuk menciptakan berbagai robot pintar.

Kecuali jika mereka bisa membuat robot yang bisa menghasilkan robot lain seperti di film, pekerjaan ini pun mungkin akan diambil alih oleh mesin. Namun sepertinya hal itu tampak mustahil terjadi dalam waktu dekat ini, kan?

Baca Juga: 10 Skill yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Sukses di Tahun 2018

8. Seniman

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Seniman

Sama seperti penulis, seniman merupakan pekerjaan yang sulit digantikan robot. Sebab robot tidak memiliki kreativitas. Bahkan, orang biasa pun sepertinya sulit meniru apa yang seniman pikirkan. Meraka selalu berfikir “Out Of The Box” dalam setiap karyanya.

Tentu saja, sense seniman merupakan hal yang tidak bisa diprogram untuk dimiliki robot. Kalau ada robot jadi seniman mungkin gambarnya pasti monoton guys.

Baca Juga: Cara Mencari dan Melamar Pekerjaan Lewat LINE

9. Pengasuh Anak

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Pengasuh Anak

Mungkin buat orang tua yang sibuk bekerja akan meminta bantuan pengasuh anak untuk merawat anaknya. Tentu saja, semua orang tua tidak akan sembarangan memilih untuk mengasuh anaknya. Apalagi kalau anak mereka diasuh oleh robot.

Sedangakan, robot pasti nggak akan bisa menangani sifat anak yang selalu ingin tahu. Bisa-bisa malah si anak mengutak-atik robot pengasuhnya hingga rusak, jadi mainan robot-robotan deh.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik CEO Alibaba ‘Jack Ma’, No. 4 Bisa Ditiru

10. Analis Kesehatan

Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

Analis Kesehatan

Profesi ini bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia.

Selain itu, profesi ini biasanya bertugas penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit dan kondisi kesehatan yang berpengaruh pada kesehatan seseorang. Apakah robot bisa bekerja seperti ini?

Baca juga: 10 Kunci Sukses Bill Gates yang WAJIB Kamu Tiru

So, apa pekerjaanmu sekarang guys? Semoga pekerjaanmu salah satu dari profesi di atas ya, biar nggak bisa diganti sama robot.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top