Intermezzo

Ketahui! Ini Rukun Umroh yang Wajib Dilaksanakan

Home / Intermezzo / Ketahui! Ini Rukun Umroh yang Wajib Dilaksanakan

Untuk menjalankan ibadah umroh yang sah dan sesuai dengan syariat, penting bagi setiap calon jamaah memahami dan memenuhi setiap rukun umroh yang telah ditetapkan.

Meski tidak memiliki kewajiban seperti ibadah haji, umroh tetap memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. Selain itu, Ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, berbeda dengan ibadah haji yang memiliki waktu tertentu.

Kamu bisa melaksanakan ibadah umroh ataupun haji melalui agen travel terpercaya yang memang sudah memiliki izin resmi dari kemenag agar terhindar dari penipuan.

Rukun umroh terdiri dari beberapa tahapan yang perlu dilakukan secara berurutan dan penuh khidmat. Nah, kali ini TipsPintar akan membahas secara mendetail terkait rukun umroh yang harus dilaksanakan oleh calon jamaah.

Apa Itu Umroh?

Pengertian Umroh

Umroh dalam bahasa Arab (عمرة) artinya mengunjungi atau berziarah. Umroh merupakan ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berziarah ke kota suci Makkah dan mengunjungi Masjidil Haram.

Sementara itu, umroh secara syar’i dan terminologi fiqih artinya mengunjungi kota Makkah untuk melaksanakan ibadah seperti thawaf dan sa’i dengan melakukan rukun-rukun dan syarat-syarat tertentu.

Ibadah ini memiliki banyak manfaat dan keistimewaan, diantaranya menghilangkan kefakiran dan dosa, sehingga tak heran kalau banyak umat islam yang rela menabung agar bisa berangkat umroh.

Di sisi lain, terdapat beberapa perbedaan haji dengan umroh, seperti hukum ibadah, rukun ibadah, waktu pelaksanaan, durasi, biaya yang dikeluarkan, tata cara pelaksanaannya, dan lain sebagainya.

5 Rukun Umroh yang Wajib Dilaksanakan

Rukun-rukun Umroh

Selain tata cara umroh yang sesuai dengan sunnah, tentunya rukun umroh harus diperhatikan, karena ini merupakan langkah yang paling penting dalam melaksanakan umroh.

Rukum umroh sendiri terdiri dari 5 tahapan yang tentunya harus dikerjakan oleh calon jamaah. Setiap tahapan memiliki makna dan keistimewaan tersendiri yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

1. Ihram (Pakaian Khusus untuk Ibadah dengan Kesucian)

Ihram adalah langkah pertama dalam melaksanakan umroh, di mana jamaah memulai niat dan mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk pria berupa dua helai kain putih tanpa jahitan.

Sedangkan, bagi wanita cukup memakai pakaian yang menutup aurat tanpa harus warna dan model tertentu. Ihram melambangkan kesucian dan kesiapan jiwa untuk menjalani ibadah umroh.

Selama dalam keadaan ihram, jamaah harus menjaga diri dari larangan-larangan tertentu seperti memotong kuku, mencukur rambut, atau menggunakan wewangian.

Ihram bukan hanya sekadar perubahan busana, tetapi juga transformasi spiritual di mana jamaah diminta untuk fokus sepenuhnya pada ibadah dan meninggalkan urusan duniawi sementara waktu.

2. Tawaf (Mengelilingi Ka’bah dengan Khidmat)

Setelah ihram, jamaah melanjutkan dengan tawaf, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tawaf dilakukan dengan penuh rasa hormat dan pengabdian, dimulai dari Hajar Aswad dan berlawanan arah jarum jam.

Setiap putaran tawaf memiliki makna mendalam tentang ketaatan dan penghambaan kepada Allah SWT. Tawaf mengajarkan jamaah tentang kesetiaan dan kepatuhan terhadap ajaran Islam.

Selama tawaf, jamaah juga dianjurkan untuk berdoa dan mengingat kebesaran Allah SWT. Ritual ini menjadi simbol pertemuan manusia dengan Tuhannya, sebuah momen yang mengajak jamaah untuk merenungkan kehidupan dan meningkatkan keimanan.

3. Sa’i (Berlari-lari Kecil Antara Safa dan Marwah)

Rukun umroh berikutnya adalah sa’i, yakni berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i mengingatkan jamaah pada perjuangan Siti Hajar dalam mencari air untuk putranya, Nabi Ismail.

Ibadah ini mengajarkan pentingnya ketekunan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup. Dalam pelaksanaan sa’i, jamaah diajak untuk merenungkan betapa besar kasih sayang Allah yang selalu memberikan jalan keluar bagi hamba-Nya yang berusaha dengan sungguh-sungguh.

4. Tahallul (Meotong Sebagian Rambut)

Tahallul merupakan suatu proses mencukur atau memotong sebagian rambut setelah menyelesaikan sa’i. Tindakan ini menandakan berakhirnya ihram dan kembalinya jamaah ke kehidupan sehari-hari.

Tahallul melambangkan kesucian dan kebersihan diri setelah menunaikan ibadah umroh. Bagi pria, tahallul dilakukan dengan mencukur habis rambut atau memotong sebagian, sedangkan bagi wanita cukup memotong sebagian kecil rambut.

Tahallul menjadi penutup yang menegaskan bahwa jamaah telah menyelesaikan rangkaian ibadah umroh dengan sempurna.

5. Tertib

Rukun terakhir adalah tertib, yaitu menjalankan setiap tahapan umroh secara berurutan dan sesuai dengan ketentuan. Tertib mengajarkan pentingnya disiplin dalam menjalankan ibadah.

Dalam keberangkatan menuju ke tanah suci Makkah menggunakan agen travel umroh terbaik sekalipun, dibutuhkan ketertiban dan kepatuhan para jamaah dalam mengikuti arahan panitia penyelenggara.

Karena dengan begitu, ibadah yang dilakukan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal serta bisa pulang ke rumah masing-masing dengan selamat dan tepat waktu.

Manfaat Melaksanakan Ibadah Umroh

Manfaat Umroh

Umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, umroh juga memiliki berbagai manfaat spiritual dan material yang sangat berharga. Berikut beberapa manfaat melaksanakan umroh yang perlu diketahui:

1. Menghilangkan Kemiskinan

Salah satu manfaat utama dari melaksanakan umroh adalah dapat menghilangkan kemiskinan. Rasulullah SAW bersabda bahwa umroh dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa, sebagaimana api menghilangkan kotoran dari besi.

Ini berarti dengan niat yang tulus dan ikhlas, seorang Muslim yang melaksanakan umroh akan mendapatkan berkah rezeki dari Allah SWT.

2. Menghapuskan Dosa

Setiap ibadah yang dilakukan selama umroh memiliki nilai pahala yang sangat besar. Misalnya, thawaf mengelilingi Ka’bah, sa’i antara bukit Shafa dan Marwah, serta tahallul atau mencukur rambut.

Semua amalan ini memiliki pahala yang berlipat ganda dan dapat memperbanyak timbangan kebaikan di akhirat nanti.

3. Meraih Banyak Pahala

Setiap ibadah yang dilakukan selama umroh memiliki nilai pahala yang sangat besar. Misalnya, thawaf mengelilingi Ka’bah, sa’i antara bukit Shafa dan Marwah, serta tahallul atau mencukur rambut.

Semua amalan ini memiliki pahala yang berlipat ganda dan dapat memperbanyak timbangan kebaikan di akhirat nanti.

4. Dikabulkannya Doa

Mekah dan Madinah adalah tempat yang sangat mustajab untuk berdoa sama seperti di bulan ramadhan. Selama melaksanakan umroh, seorang Muslim memiliki kesempatan untuk berdoa di tempat-tempat yang mustajab seperti di depan Ka’bah, di Multazam, dan di Masjid Nabawi.

Doa-doa yang dipanjatkan dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, insya Allah, akan dikabulkan oleh Allah SWT.

5. Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Umroh adalah perjalanan spiritual yang dapat meningkatkan ketaqwaan seorang Muslim kepada Allah SWT. Ibadah umroh juga mengajarkan kesabaran, ketulusan, dan keteguhan hati dalam beribadah.

Dengan melihat langsung tempat-tempat bersejarah dalam Islam, seorang Muslim akan semakin sadar akan kebesaran-Nya dan semakin kuat imannya.

Dengan mengikuti urutan yang benar, jamaah dapat merasakan hikmah dan keutamaan dari setiap rukun umroh serta ibadah yang dilakukan sah.

Catatan!

  • Buat Kamu yang masih bingung dalam memilih travel umroh, disini Kami sarankan untuk memilih agen travel umroh dari Alhijaz Indowisata, dimana terdapat layanan konsultasi via WhatsApp untuk daftar umroh.
  • Sebaiknya hati-hati saat memilih travel umroh, jangan mudah tertarik dengan agen travel umroh yang menawarkan harga sangat murah dibandingkan dengan agen travel lainnya, karena ini menjadi salah satu indikasi penipuan. Maka dari itu, Kami menyarankan Kamu untuk menggunakan travel Alhijaz Indowisata yang saat ini sudah memiliki izin resmi dari Kemenag.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top