Android

10 Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Terlihat Baru!

Home / Android / Tips / 10 Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Terlihat Baru!

Cara Merawat Smartphone Tampak baru

Smartphone merupakan sebutan dari ponsel cerdas dan juga merupakan barang elektronik yang hampir semua masyarakat sudah memilikinya.

Karena, smartphone merupakan barang elektronik akan ada kemungkinan mudah rusak ya gaes? Tapi, tenang aja, ada loh tips merawat smartphone agar tidak rusak. Kira-kira apa aja ya?

Airy Rooms
BACA
10 Cara Smartphone Merusak Tubuh Kamu, Nomer 6 Paling Sadis!

Berikut 10 Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Terlihat Baru

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara merawat smartphone agar terlihat baru. Jadi, simak baik-baik yaa gaes…

1. Gunakan Screen Protector pada Layar Smartphone

Screen Protector

Smartphone Menggunakan Screen Protector

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan screen protector atau tempered glass untuk layar smartphone kamu. Screen protector berfungsi sebagai pelindung layar dari benturan.

Selain itu, melindungi layar smartphone dari tekanan, mencegah terjadinya goresan pada layar dan juga mengindari kotornya akibat sidik jari.

Nah, dengan begini smartphone kamu akan lebih awet dan juga seperti tampak baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bermasalah

2. Gunakan Case Tambahan untuk Smartphone

Case iPhone

Menggunakan Case Tambahan

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan case atau casing tambahan. Fungsi dari case sendiri sama dengan screen protector yaitu untuk melindungi body smartphone dari benturan.

Case sendiri pun banyak macamnya, seperti Softcase, Hardcase dan Bumpercase. Kalau Softcase lebih nyaman digenggam dan kekurangannya mudah longgar.

Hardcase mampu melindungi smartphone 2kali lipat dari softcase, akan tetapi kekurangannya ukurannya yang lebih besar dan susah digenggam.

Sedangkan, Bumpercase melindungi sisi smartphone dan juga lebih simple. Akan tetapi, kekurangannya body belakang smartphone tidak terlindungi.

Baca Juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Smartphone Android

3. Bersihkan Smartphone dengan Kain Lembut

Membersihkan HP dengan Kain Lembut

Membersihkan Smartphone dengan Kain

Tips yang ketiga adalah membersihkan smartphone dengan kain lembut. Hal ini berguna untuk membersihkan smartphone dari debu dan sidik jari. Oh iya, hindari penggunaan kain yang kasar ya untuk menghindari smartphone dari goresan terlalu banyak.

Kain yang mudah didapatkan adalah kain kacamata. Selain menggunakan kain, kamu bisa juga menambahkan cairan khusus layar yaa gaes, biar layar smartphone kamu lebih kinclong.

Baca Juga: 10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui

4. Jangan Install Aplikasi yang Tidak Memiliki Sumber Terpercayai

Play Store

Install Aplikasi dari Play Store

Tips yang keempat adalah jangan install aplikasi yang tidak memiliki sumber terpercaya. Hal ini berfungsi agar smartphone kamu terhindar dari serangan virus malware yang dibawa oleh aplikasi tersebut.

Selain itu, dampak lainnya adalah sistem smartphone kamu akan mengalami penurunan, hal inilah yang menyebabkan smartphone menjadi lemot. Akibatnya smartphone kamu akan cepat rusak. Huhu.. parah juga ya gaes!

Baca Juga: 6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

5. Lindungi Smartphone dengan Plastik Ketika Kehujanan

Plastik Pada Smartphone

Menggunakan Plastik Pada Smartphone

Tips yang kelima adalah dengan melindungi smartphone dari hujan menggunakan plastik. Hal ini bertujuan agar smartphone kamu tidak mudah rusak ketika terkena air hujan.

Dampak lainnya ketika tidak menggunakan plastik pada smartphone ketika turun hujan adalah smartphone kamu akan mati total dan juga kehilangan data penting.

Jadi, mulai saat ini perhatikan smartphone kamu ketika hujan turun yaa gaes!

Baca Juga: Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air

6. Hindari Menekan Layar Terlalu Kencang pada Smartphone

Menekan Smartphone Berlebihan

Menekan Layar Smartphone

Tips yang keenam adalah dengan menghindari menekan layar terlalu kencang pada smartphone. Akibatnya panel layar smartphone mudah rusak jika kamu masih bandel menekan layar terlalu kencang.

Selain itu, hindari menekan layar menggunakan kuku. Kenapa? Hal ini bertujuan agar layar smartphone kamu terhindar dari goresan. Jadi, smartphone kamu akan tampak baru terus deh gaes!

7. Rutin Melakukan Backup Data dari Smartphone

Backup Data

Backup Data Smartphone

Tips yang ketujuh adalah dengan rutin melakukan backup data dari smartphone. Nggak bisa dipungkiri hal ini wajib dilakukan yaa gaes, tujuannya agar lebih leluasa lagi kapasitas pada media penyimpanan smartphone kamu.

Nah, akibatnya smartphone kamu menjadi lemot dan mudah rusak, jika kamu tidak rutin mem-backup data kamu. Jadi, mulai sekarang rutin mem-backup data dari smartphone kamu yaa gaes!

Baca Juga: Cara Melindungi Data Pribadi Ketika Smartphone Hilang atau Dicuri

8. Hindari Memainkan Smartphone Sambil Dicharger

Main Game Saat smartphone dicas

Memainkan Smartphone Saat Dicharger

Tips yang kedelapan adalah dengan menghindari memainkan smartphone sambil di-charger. Hal ini untuk menghindari terjadinya ledakan, kesetrum dan parahnya terjadinya kerusakan pada smartphone.

Nah, cara merawat smartphone agar awet adalah dengan menghindari hal ini yaa gaes, jika kamu ingin agar baterai smartphone kamu juga tidak cepat rusak.

Baca Juga: 10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

9. Simpan Smartphone di Tempat Aman

Smartphone Dalam Saku

Smartphone di Dalam Saku Celana

Tips yang kesembilan adalah dengan menyimpan smartphone di tempat aman. Maksudnya adalah hindari menyimpan smartphone di saku yang ketat ya gaes!

Hal ini untuk menghindari goresan pada layar dan body smartphone kamu. Nah, pastikan juga pada saku tidak terdapat benda logam dan benda tajam lainnya yaa gaes.

10. Hindari Smartphone dari Sinar Matahari Langsung

Hindari Smartphone dari Sinar Matahari

Hindari Smartphone dari Sinar Matahari

Tips yang kesepuluh adalah dengan menghindari smartphone dari sinar matahari langsung. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada panel layar smartphone.

Nah, hal inilah yang menyebabkan responsive layar smartphone berkurang. Jadi, mulai sekarang hindari sinar matahari langsung dari sinar matahari ya gaes! Biar smartphone kamu tampak seperti baru lagi.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara merawat smartphone agar awet dan tahan lama. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top