Tips

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 7

Di jaman yang serba canggih ini, banyak HP Android yang sudah dibekali daya baterai yang berbeda-beda, mulai dari daya baterai 3030 mAh, 3100 mAh, 3900 mAh, 4000 mAh, 4040 mAh, 4100 mAh, 4360 mAh, 5000 mAh, 6000 mAh, 6030 mAh, 6250 mAh dan lain sebagainya.

Akan tetapi daya baterai HP Android yang besar juga tidak menutup kemungkinan akan bertahan lebih lama, bisa saja baterai yang besar akan lebih cepat lowbat atau cepat habis, bahkan hanya dalam hitungan jam saja.

Nah! ada beberapa hal yang menyebabkan baterai HP Android kamu lebih cepat habis, seperti penggunaan yang berlebihan, menggunakan fitur yang tidak digunakan sama sekali. Tapi tenang! Kamu masih bisa mengatasinya dengan mengikuti tips ini agar baterai Android kamu bertahan seharian.

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

Nah! kali ini TipsPintar.com akan membahas gimana agar baterai kamu bisa bertahan seharian, jadi kamu tidak perlu lagi membawa powerbank kemana mana. Kamu cukup mengkuti Tips berikut ini agar baterai Android kamu bisa bertahan seharian.

1. Menggunakan Wallpaper Berwarna Hitam

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 8

Menggunakan Wallpaper Berwarna Hitam

Tips pertama, kamu bisa menggunakan wallpaper berwarna hitam atau dengan background yang dominan berwarna hitam. Wallpaper yang berwarna hitam dapat meningkatkan masa pakai baterai pada smartphone kamu.

Karena warna hitam memiliki pixel yang tidak terang atau menyala. Ketika smartphone yang menggunakan wallpaper berwarna hitam maka akan semakin sedikit daya yang dibutuhkan untuk menyalakannya, dibandingkan ketika kamu menggunakan wallpaper yang berwarna cerah atau terang.

Selain itu menggunakan wallpaper animasi atau gambar bergerak juga akan membuat baterai Android terkuras, karena menggunakan wallpaper animasi akan membutuhkan daya yang cukup banyak dari baterai Android.

Nah! cara yang sangat efektif untuk menghemat baterai Android agar bertahan seharian adalah dengan mengganti wallpaper yang menggunakan warna cerah atau wallpaper animasi dengan menggunakan wallpaper yang berwarna hitam ya.

Baca Juga:  10 Cara Menghemat Baterai iPhone dan iPad

2. Menggunakan Mode Doze

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 9

Mode Doze

Tips kedua adalah dengan menggunakan Mode Doze. Mode Doze pada dasarnya hanya akan mematikan aplikasi yang tidak kamu gunakan dengan waktu yang cukup lama, ketika kamu tidak memainkan smartphone Android kamu.

Mode Doze bekerja dengan cara menggunakan sensor gerak, jadi ketika smartphone sama sekali tidak digunakan atau bergerak dengan waktu yang cukup lama, maka fitur mode doze akan bekerja secara otomatis.

Contohnya seperti sambungan jaringan akan terputu, selain itu Mode Doze juga akan memberhentikan penggunaan yang lainnya seperti GPS, WiFi dan semua sinkronisasi pada Android.

Nah! cara untuk mengaktifkan fitur Mode Doze adalah sebagai berikut:

Ke menu Settings > Battery > Klik titik vertical di pojok kanan atas > pilih Battery Optimiztion > pada opsiNot Optimized” di klik > Ganti opsi tersebut menjadi “All Apps.

Baca Juga: 10 Power Bank yang Cocok untuk Travelling

3. Matikan Fitur “Google Voice”

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 10

Matikan Google Hotwords Pada Smartphone

Tips yang ketiga agar baterai smartphone awet seharian adalah dengan mematikan fitur Google Hotwords. Google Hotwords atau Google Voice adalah Fitur untuk mencari sesuatu hanya dengan mengatakan “OK GOOGLE” yang terdapat pada homescreen utama Google.

Fitur ini cukup efektif untuk seseorang yang ingin mencari sesuatu hal di Google tanpa mengetiknya terlebih dahulu. Ketika mengatakan “OKE GOOGLE, dimana tempat asyik nongkrong di Jogja?” maka Google otomatis akan memberikan situs link tempat nongkrong yang asyik di jogja.

Nah! fitur ini salah satu penyebab mengapa baterai Android kamu cepat habis. Apalagi jika kamu benar-benar tidak menggunakan sama sekali fitur dari Google ini. Jadi, lebih baik kamu nonaktif-kan atau matikan fitur Google Hotwords ini.

Cara menonaktifkannya adalah:

klik aplikasi Google > pada sudut kanan atas halaman, klik icon Menu > Klik Pengaturan/Settings > klik Suara/Sounds > klik “OK Google” detection > selanjutnya geser ke kiri untuk menonaktifkannya.

Baca Juga:  10 Tip Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

4. Perbarui Aplikasi di Play Store

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 11

Update Aplikasi

Tips yang kelima adalah dengan terus memperbaharui aplikasi yang terdapat pada smartphone. Alasannya adalah pengembang pada aplikasi tersebut akan terus memperbaharui aplikasinya dan biasanya aplikasi yang telah diperbaharui tersebut juga untuk pengoptimalan baterai atau memory.

Nah! jadi kamu harus terus memantau agar aplikasi terus diperbaharui. Langkah ini juga efektif untuk pengoptimalan agar baterai bertahan lebih lama lagi. Kamu juga bisa menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak kamu gunakan sama sekali.

Karena aplikasi yang tidak digunakan juga akan menjalankan proses latar belakang dan memakan RAM hingga menguras daya baterai pada HP Android kamu.

BACA
Cara Membuat Font Unik di WhatsApp

Baca Juga: 10 Masalah WiFi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

5. Gunakan Aplikasi Greenify

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 12

Aplikasi Greenify

Tips yang kelima adalah dengan aplikasi penghemat baterai Android. Yap! kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Greenify. Aplikasi ini tidak seperti kebanyakan aplikasi Android yang mengklaim dapat mengoptimalkan performa dan meningkatkan masa pakai baterai.

Aplikasi Greenify ini dibilang sangat optimal karena aplikasi ini tidak beroperasi di latar belakang smartphone. Nah! aplikasi yang seperti ini yang membebaskan sumber daya sistem dan meningkatkan kinerja baterai.

Cara kerja aplikasi Greenify adalah dengan menghentikan aplikasi yang masih bekerja di latar belakang, sehingga dapat menghemat masa pakai baterai sekaligus meningkatkan kinerja pada baterai Android.

Baca Juga: Cara Melacak Seseorang Dengan iPhone Tanpa Ketahuan

6. Jangan Gunakan Pencerahan Otomatis

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 13

Auto Brightness Pada Smartphone Android

Tips yang keenam adalah jangan menggunakan Auto-Brightness pada pencerahan cahaya. Kecerahan otomatis biasanya akan menghasil cahaya yang jauh lebih terang dari apa yang kamu butuhkan.

Jadi lebih baik kamu menyetel kecerahan cahaya secara manual ke tingkat terendah yang sesuai dengan kenyamanan kamu dalam melihat layar smartphone.

Cara ini adalah salah satu cara terbaik dalam meningkatkan masa pakai baterai smartphone, karena kecerahan cahaya juga merupakan salah satu penghisap daya baterai terbesar pada smartphone.

7. Matikan Mode Getar

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 14

Fitur Mode Getar atau “Vibrate” Pada Smartphone Android

Tips yang ketujuh adalah dengan mematikan fitur mode getar atau vibrate pada smartphone Android kamu. Mode getar pada smartphone adalah salah satu yang membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Kamu bisa mematikan peringatan getar untuk panggilan masuk dan juga mode getar untuk mengetik pada keyboard di smartphone kamu. Kecuali jika memang kamu membutuhkan mode getar untuk panggilan masuk, kamu bisa mengabaikan point ini dan mengikuti point yang lainnya.

Cara untuk menonaktifkan fitur vibrate adalah sebagai berikut:

Settings > klik Language & Input > klik Google Keyboard pada form menu “Keyboard & Inpu Method” > klik Gesture typing.

Baca Juga: 12 Tips Sebelum Membeli Kamera DSLR

8. Gunakan Mode “Jangan Ganggu”

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 15

Mode “Do Not Disturb” Pada Smartphone Android

Tips yang kedelapan adalah dengan menggunakan mode “Do Not Disturb” atau “Jangan Ganggu“. Yap! cara ini sangat efektif agar baterai Android kamu bertahan seharian.

Fitur mode “Do Not Disturb” biasanya digunakan untuk sesorang yang sibuk. Karena fitur ini sendiri pun fungsinya untuk menonaktifkan panggilan dering, sms atau notifikasi yang masuk, jadi ketika ada panggilan, sms dan notif yang masuk maka smartphone tidak berdering dan bergetar.

Cara mengaktifkan mode “Do Not Disturb” adalah dengan cara:

klik Settings > Sound & Notofications > App Notifications > Pilih aplikasi apa aja yang ingin kamu set menjadi “Do Not Disturb.

Baca Juga: Daftar Harga Endorse Selebgram Termahal 2017

9. Jangan Menggunakan Widget

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 16

Widget Pada Smartphone Android

Tips yang kesembilan adalah Jangan menggunakan fitur Widget pada HP Android. Yap! hapus widget yang tidak kamu butuhkan. Terutama yang terhubung dengan internet, seperti widget cuaca. Karena widget juga merupakan salah satu penyebab baterai Android lebih cepat habis.

Jika kamu memiliki beberapa widget di beberapa layar utama smartphone yang terus-menerus disinkronkan dan diperbaharui. Kamu bisa menghapusnya dengan cara menekan widget tersebut hingga muncul icon tempat sampah dan drag atau tarik widget tersebut ke icon tempat sampah tersebut.

Nah! jika kamu membutuhkan aplikasi tersebut kamu hanya perlu meng-klik aplikasinya di menu HP Android kamu, tanpa menjadikan aplikasi tersebut sebagai widget di layar utama HP Android kamu yaa.

10. Jangan Menggunakan Mode Auto-Sync

10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian 17

Auto-Sync Pada Smartphone

Tips yang kesepuluh agar baterai Android bertahan seharian adalah dengan tidak mengaktifkan sinkronisasi otomatis untuk akun Google. Fitur Sinkronisasi otomatis berfungsi untuk menyegarkan atau me-refresh aplikasi bawaan Google seperti Gmail.

Jika kamu memang tidak memerlukan pembaharuan Google setiap 15 menit, kamu bisa melakukkannya dengan cara masuk ke Settings > Google > selanjutnya matikan atau nonaktif-kan sinkronisasi otomatis.

Cara yang lebih mudah adalah kamu juga bisa meng-scroll menu bar atas pada layar smartphone kamu, lalu nonaktif-kan fitur sinkronisasi seperti gambar diatas.

Jika kamu membutuhkan fitur sinkronisasi, kamu bisa mengaktifkannya secara manual saja yaa. Karena jika kamu mengaktifkan sinkronisasi secara otomatis maka kemungkinan besar daya pada baterai Android kamu akan terkuras dan baterai Android tidak bisa bertahan seharian.

So, seperti itu sobat pintar Tips menghemat baterai Android. Menurut kamu apalagi ya Tips cara menghemat baterai Android? Kasih Komentarnya yuk dikolom komentar dan jangan lupa yah untuk like dan share artikel ini yaa.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top