Android

10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Smartphone Android

Smartphone merupakan salah satu barang elektronik yang paling berharga. Bayangkan jika kamu lupa membawa smartphone kamu, pasti kamu sangat gelisah dan tentunya mati gaya kan?.

Tidak dipungkiri smartphone juga merupakan tempat kamu untuk menyimpan data rahasia. Namun, sayangnya banyak yang tidak menghiraukan untuk melindungi smartphone itu sendiri secara baik dan benar.

Terkadang banyak yang melakukan hal bodoh yang dapat merusak data yang terdapat pada smartphone yang kita miliki. Selain merusak data, hal bodoh yang dapat kamu lakukkan terhadap smartphone juga akan membuat smartphone cepat rusak bahkan mati total.

10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Smartphone Android

Nah! Disimak yaa apa aja sih hal yang dilarang pada smartphone Android kamu, untuk menimalisir terjadinya kerusakan pada data maupun smartphone itu sendiri.

1. Lupa Mengunci Layar

Mengunci Layar Smartphone

Yang pertama, hal yang sering terjadi adalah kamu lupa mengunci layar smartphone. Tahukah kamu bahwa semakin banyak hal yang dilakukkan pada smartphone maka akan semakin banyak juga kerusakan yang dapat dilakukkan seseorang jika mereka dapat mengaksesnya dengan mudah.

Nah caranya adalah kamu jangan lupa untuk mengunci layar smartphone Android kamu. Cara tersebut dapat mengamankan terjadinya seseorang untuk mengakses atau membajak smartphone Android kamu.

Apalagi seiring berkembangnya teknologi sistem sekarang ini, sudah banyak juga aplikasi yang dapat menambah fitur keamanan yang hebat dan juga mudah. Jadi, jangan lupa yaa untuk selalu mengunci layar smartphone Android kamu.

Baca Juga : 10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

2. Tidak Memperbaharui atau Updates System

Update Firmware Android

Yang kedua, hal yang tidak boleh dilakukan terhadap HP Android adalah kamu selalu mengabaikan upgrade Android. Kegunaan upgrade atau update system adalah untuk bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru atau memperbaharui system dari versi yang sebelumnya.

Nah! biasanya HP Android yang telah diperbaharui akan lebih kuat terhadap virus dari versi sebelumnya. Kamu juga akan merasakan HP Android terasa baru jika kamu mengupdatenya.

Jadi disarankan untuk selalu memperbaharui atau mengupdate system-nya yaa, jangan sampai mengabaikan pembaharuan terbaru untuk HP Android kamu.

3. Mengisi Baterai Melalui Laptop

Mencharger Smartphone Lewat Laptop

Yang ketiga, hal ini merupakan yang paling sering dilakukan kebanyakan pengguna smartphone ketika baterai smartphone-nya mulai lemah. Yap! secara terpaksa mereka mengecas smartphone-nya melalui laptop.

Yang perlu kamu ketahui mengecas smartphone melalui laptop secara terus menerus akan membuat smartphone kamu mudah rusak. Karena, daya listrik yang dihantarkan laptop ke smartphone terlalu lemah. Sehingga, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat baterai smartphone terisi penuh.

Selain membutuhkan waktu yang lama untuk baterai smartphone terisi penuh. Baterai pada laptop juga kemungkinan akan mengalami kerusakan. Karena baterai laptop selain digunakan untuk menghidupkan daya laptop, laptop juga digunakan untuk mengisi daya smartphone.

4. Tidak Rutin untuk Membackup Data

Back Up Data Android

Yang keempat, hal yang paling sering dilakukan adalah kamu tidak rutin untuk membackup data yang ada di smartphone Android kamu. Coba kamu bayangkan jika sesuatu hal yang terjadi jika kamu tidak rutin untuk membackup data yang ada di smartphone Android kamu.

Kamu bisa saja kehilangan foto, video bahkan data penting. Back up tidak terlalu sulit dan hal ini sangat penting dilakukkan. Kamu bisa memindahkan atau meng-copy semua foto, video atau bahkan data yang penting ke laptop kamu atau ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox.

5. Menggunakan 2 Antivirus

Aplikasi Antivirus Android

Yang kelima, hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone adalah memakai 2 aplikasi Antivirus sekaligus. Kamu hanya cukup memakai 1 aplikasi antivirus untuk smartphone Android kamu.

Mengapa tidak boleh memakai 2 aplikasi Antivirus sekaligus, karena kemungkinan akan terjadinya crash antara aplikasi Antivirus yang 1 dengan aplikasi Antivirus yang ke 2. Ini akan menyebabkan sistem Android kamu menjadi tidak stabil dan mudah ngelag.

Selain itu menggunakan 2 aplikasi Antivirus sekaligus juga akan memakan banyak RAM pada Android kamu. Jadi, cukup gunakan 1 aplikasi Antivirus saja sudah dapat melindungi smartphone Android kamu aman dari virus.

6. Membiarkan Smartphone Panas

Smartphone Overheat

Yang keenam, hal ini sangat sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone Android adalah membiarkan smartphone-nya overheat atau panas. Overheat adalah dimana terjadinya gejala panas yang ditimbulkan pada smartphone termasuk panas yang dihasilkan dari baterai.

Tahukah kamu jika kamu membiarkan ini terus menerus ini akan menyebabkan smartphone kamu rusak bahkan mati total.

Biasanya penyebab terjadinya overheat adalah kamu sering kali menggunakan smartphone secara terus menerus. Selain itu kamu menggunakan charger yang tidak kompatibel dengan smartphone kamu.

Penyebab lainnya adalah membiarkan baterai smartphone kamu habis hingga 0% dan juga kamu lupa untuk melepaskan charger-an ketika baterai sudah terisi penuh cukup lama.

Stop melalukan kebiasan ini ya! hal ini tidak baik untuk jangka umur smartphone kamu loh. Smartphone kamu akan cepat rusak bahkan lebih buruknya akan meledak. Jadi hindari kebiasan buruk ini ya!

Baca Juga : 10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

7. Membiarkan Smartphone Kehujanan

Smartphone Waterproof

Yang ketujuh, hal yang tidak boleh dilakukkan pada smartphone Android kamu adalah membiarkannya terkena air hujan atau ketumpahan air. Smartphone adalah barang elektronik yang sangat sensitif jika terkena air.

Mengapa begitu sensitif terhadap air? karena smartphone merupakan kumpulan dari beberapa komponen yang dapat menghantarkan arus listrik. Sehingga, jika smartphone terkena air maka hal buruknya adalah terjadinya kosleting hingga mati total.

Jadi, selain smartphone tidak boleh panas atau overheat, smartphone juga tidak boleh terkena air. Kamu juga harus berhati-hati menggunakan smartphone jika kamu ingin smartphone Android kamu memiliki umur yang panjang yaa.

Lain halnya jika smartphone yang kamu miliki mempunyai spesifikasi smartphone yang waterproof atau tahan terhadap kelembapan air. Kamu bisa membiarkan smartphone kamu terkena air. Tapi, jangan lupa untuk selalu membersihkannya ya, hal ini juga untuk menghindari terjadinya kotor pada smartphone jika terkena air hujan.

8. Menyimpan Foto Terlalu Banyak

Gallery Foto Pada Android

Yang kedelapan, melakukan hal yang dilarang terhadap HP Android adalah membiarkan smartphone kamu menyimpan foto terlalu banyak. Yap! seperti yang sudah dijelaskan pada point ke 4 kamu harus rajin untuk selalu membackup foto, video bahkan data penting.

Hal yang wajar jika kamu sering melakukan foto selfie menggunakan HP Android kamu, tetapi jangan lupa untuk selalu menghapus foto yang duplikat atau foto yang tidak penting di dalam gallery HP Android kamu.

Mengapa kamu harus menghapus atau membackupnya ke laptop? karena biasanya penyebab penyimpanan memory internal ataupun eksternal HP Android kamu mudah penuh adalah kamu terlalu banyak menyimpan foto selfie kamu. Jadi, mengurangi foto selfie kamu yaa di HP Android kamu.

9. Menginstall Aplikasi tidak Penting

Aplikasi Android

Yang kesembilan, hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu adalah meng-install aplikasi yang tidak penting. Perlu kamu ketahui, hampir semua aplikasi menargetkan pengguna Android yang tidak memperhatikan apa yang di download.

Biasanya aplikasi tersebut tidak memiliki sumber yang terpercaya atau memiliki reputasi yang buruk di Play Store. Selain itu aplikasi tersebut merupakan aplikasi sampah alias memiliki banyak iklan di dalamnya.

Nah! untuk menghindari terjadinya pengambilan data pribadi kamu atau mengurangi penggunaan RAM dan memory HP Android kamu, sebaiknya kamu sortir dan uninstall aplikasi yang tidak berguna tersebut ya!

10. Aplikasi Ditutup Secara Paksa

Force Close Pada Android

Yang terakhir, hal yang dilarang dalam memperlakukan HP Android adalah kamu menutup aplikasi secara paksa lewat “recent apps”. Perlu kamu ketahui bahwa menutup aplikasi secara paksa akan mengurangi performa dari aplikasi tersebut.

Bahkan bisa saja HP Android kamu mengalami nge-lag ketika menutup aplikasi secara paksa. Karena aplikasi tersebut ketika akan dibuka kembali membutuhkan usaha daya yang lebih besar lagi dari RAM HP Android kamu.

Jadi, disarankan untuk tidak menutup aplikasi secara paksa, kamu harus bersabar dan membiarkan aplikasi tersebut tertutup sendiri dengan menekan tombol close atau back ya.

So, bagaimana sobat pintar kamu sudah tahu kan hal yang tidak boleh dilakukan pada HP Android. Nah! untuk kamu yang punya saran atau tips lainya boleh ya kamu kasih komentarnya dibawah ini dan jangan lupa untuk share dan like untuk artikel ini ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banyak Dibaca

To Top