Lifestyle

Hampir Buta Karna Softlens Palsu! Kamu Wajib Tau 6 Tips Sebelum Beli Softlens

Tips Sebelum Beli Softlens

Softlens atau lensa kontak merupakan alat atau benda yang digunakan untuk mengganti kacamata dalam membantu penglihatan. Tapi tidak jarang juga beberapa orang yang menggunakan softlens untuk mempercantik diri, karena saat ini sudah banyak beragam softlens dengan warna dan ukuran yang unik.

Tapi, tau kah kamu kalau ada anak remaja yang hampir buta karena menggunakan softlens palsu atau abal-abal. Menggunakan softlens palsu juga merupakan salah satu hal sepele yang bisa merusak mata kamu loh gaes. Makanya, jangan sampai kamu salah membeli softlens.

Oleh sebab itu, kali ini kita bakalan memberikan tips sebelum beli softlens agar kamu tidak menggunakan softlens palsu!

Hati-Hati Mata Menjadi Buta! Ini Tips Sebelum Beli Softlens

Oh iya, bukan hanya softlens aja loh yang bisa merusak mata, tapi radiasi komputer pun bisa merusak mata. Oleh sebab itu, kamu harus tau ya cara melindungi mata saat depan komputer.

Eits, akan tetapi untuk saat ini kita hanya membahas tips sebelum membeli softlens berkualitas ya gaes!

1. Cari Informasi Mengenai Jenis Softlens yang Akan Dibeli

Tips Sebelum Beli Softlens

Cari Informasi Mengenai Jenis Softlens yang Akan Dibeli

Tips sebelum beli softlens yang pertama adalah dengan mencari informasi terlebih dahulu mengenai jenis softlens yang akan kamu beli. Seperti yang kita ketahui, kalau softlens terdapat 2 jenis yaitu yang lunak dan keras.

Sebenarnya lens yang keras merupakan jenis yang bagus. Akan tetapi, untuk awal pemakaian akan terasa mengganjal. Namun untuk lens yang lunak tidak bagus untuk jangka panjangnya karena mudah sekali robek.

Selain itu, pastikan kamu membeli softlens yang memang sudah mendapatkan sertifikat dari Pemerintah. Jika tidak, maka dipastikan softlens tersebut palsu. Daripada mata kamu rusak, lebih baik kamu cari tau dulu ya softlens yang akan dibeli.

2. Pertimbangkan Masa Kadaluarsa dari Softlens Tersebut

Tips Sebelum Beli Softlens

Pertimbangkan Masa Kadaluarsa dari Softlens Tersebut

Tips kedua sebelum menbeli softlens adalah dengan mempertimbangkan masa kadaluarsa dari softlens tersebut. Pastikan kamu mengetahui masa kadaluarsanya setelah dibuka dari kemasan. Karena, ada beberapa softlens yang memiliki kadaluarsa 1 hari, 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.

Jika kamu sudah tau masa kadaluarsanya, pastikan juga kamu mengikuti aturannya ya. Jangan sampai kamu menggunakan softlens yang sudah melewati batas masa kadaluarsa. Karena, bisa jadi akan menyebabkan mata menjadi buta, jika kamu masih menggunakannya.

3. Pilihlah Diameter Softlens yang Sesuai dengan Mata Kamu

Tips Sebelum Beli Softlens

Pilihlah Diameter Softlens yang Sesuai dengan Mata Kamu

Tips sebelum beli softlens yang ketiga adalah pilihlah diameter softlens yang sesuai dengan mata kamu ya. Karena, diameter dari softlens yang kamu gunakan akan mempengaruhi kenyamanan dalam memakainya.

BACA
Mirip di Neraka! Ini 5 Tempat Terpanas di Dunia

Jangan sampai ketika kamu ingin terlihat cantik, kamu menyampingkan kenyamanan mata kamu. Jika kamu mengabaikan kenyamanan mata, bisa saja mata kamu akan mengalami masalah yang serius.

Baca Juga: 5 Mitos Enteng Jodoh yang Masih Dipercaya Orang Indonesia

4. Sesuaikan Air Softlens dengan Kondisi Mata Kamu

Tips Sebelum Beli Softlens

Sesuaikan Air Softlens dengan Kondisi Mata Kamu

Tips keempat sebelum menbeli softlens adalah dengan menyesuaikan air softlens dengan kondisi mata kamu. Seperti yang kita ketahui kalau kadar air pada mata seseorang berbeda-beda. Nah, ini juga berlaku untuk softlens yang akan kamu beli.

Jangan sampai kamu membeli softlens dengan kadar yang sedikit dan cepat sekali keringnya. Karena, kalau kamu salah menyesuaikan kadar air dengan air softlens akan membuat mata kamu merasa tidak nyaman.

5. Jika Mata Minus, Pastikan Membelinya Sesuai dengan Besarnya Minus Kamu

Tips Sebelum Beli Softlens

Jika Mata Minus, Pastikan Membelinya Sesuai dengan Besarnya Minus Kamu

Tips sebelum beli softlens selanjutnya adalah jika mata kamu minus, pastikan kamu memilih softlens yang minus dan menyesuaikan ukuran atau besaran minus kamu ya gaes. Sama halnya dengan diameter, memilih softlens minus yang sesuai akan membuat mata kamu menjadi nyaman.

Jika mata kamu tidak nyaman menggunakan softlens dengan ukuran minus yang berbeda, bisa saja malah memperparah mata minus kamu loh gaes. Nah, parahnya lagi nih mata akan mengalami kebutaan.

6. Pertimbangkan Kualitas Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Tips Sebelum Beli Softlens

Pertimbangkan Kualitas Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Tips terakhir sebelum menbeli softlens adalah dengan mempertimbangkan kualitas terlebih dahulu dan jangan tergiur dengan harga yang murah. Seperti yang kita ketahui ada kualitas ada harga.

Hal ini juga berlaku dengan penjualan softlens ya. Jadi, kalau kamu membeli softlens karena harganya yang murah tapi kualitasnya buruk, lebih baik jangan dibeli. Karena, bisa saja softlens yang dijual tersebut termasuk softlens palsu.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan tips sebelum beli softlens supaya tidak ditipu. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel tips sebelum beli softlens ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih tips sebelum beli softlens. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel tips sebelum beli softlens ini, langsung aja ya tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top