Tech-Fun!

Apa itu FPS (Frame Per Second) di Game dan Video

Home / Tech-Fun! / Apa itu FPS (Frame Per Second) di Game dan Video

Apa itu FPS (Frame Per Second) di Game dan Video

Buat kamu yang suka banget main game Android pasti udah nggak asing lagi dong dengan istilah FPS? Yups, FPS singkatan dari Frame Per Second.

FPS ini sangat penting banget untuk menunjang kualitas grafis dari suatu game, video bahkan screen atau layar. Nah, semakin besar FPS yang digunakan, maka akan semakin halus dan lancar pula grafiknya.

Nah, pas banget nih gaes! Kali ini kita akan membahas penjelasan mengenai apa itu FPS, perbedaan 30 FPS dan 60 FPS, serta penjelasan lainnya. Untuk selengkapnya yuk disimak aja!

Baca Juga: 15+ Game FPS Offline Terbaik untuk Android

Apa itu FPS?

Apa itu FPS (Frame Per Second) di Game dan Video

Apa itu FPS?

FPS (Frame Per Second) merupakan jumlah dari tampilan frame yang dihasilkan dalam bentuk grafis dalam hitungan waktu 1 detik.

Contohnya jika 30 FPS maka ada 30 gambar yang ditampilkan dalam setiap detik. FPS pada komputer juga bisa dipengaruhi oleh VGA Card. Semakin tinggi, maka kualitas grafisnya semakin bagus.

Nah, bedanya dengan Frame rate adalah seberapa cepat gambar yang ditampilkan per detiknya. Sedangkan, FPS adalah seberapa banyak gambar yang ditampilkan per detiknya.

Oh iya, FPS dan VGA Card yang tidak seimbang juga bisa mempengaruhi gambar loh! Bisa saja hasilnya menjadi lebih lambat atau pecah-pecah, nggak cuma itu FPS dan VGA yang tidak seimbang bisa juga menyebabkan PC restart sendiri.

Lalu berapa banyak FPS yang baik untuk bermain game, video atau kebutuhan lainnya? Kalau kamu mau tau, yuk simak baik-baik!

Apa Perbedaan 30 FPS dan 60 FPS?

Apa itu FPS (Frame Per Second) di Game dan Video

Perbedaan 30 FPS dan 60 FPS

Pada sebuah game, tingkatan FPS yang direkomendasikan tentu 60Hz. Namun, ada beberapa merek smartphone yang masih membatasi penggunaan FPS sampai 30Hz.

Hal ini bertujuan agar smartphone tidak overheat dan menghemat baterai smartphone. FPS tidak hanya mentok di 60Hz, namun ada juga yang mencapai 240Hz pada PC.

FPS 240Hz ini tentu akan membuat grafis terlihat seperti real atau objeknya terlihat nyata. Nggak cuma itu, pergerakannya pun dirasa sangat halus dan lancar. Nah, biasanya monitor gaming yang berkulitas sudah menggunakan tingkat FPS ini.

Perbedaan antara 30 FPS dan 60 FPS bisa dilihat pada gambar di atas. Ketika sedang berjalan maka grafis dengan 30 FPS terasa agak ngeblur dibandingkan dengan 60 FPS yang terlihat lebih stabil.

Blur tersebut bisa disebut juga dengan motion blur. Blur ini diakibatkan karena adanya detail yang hilang ketika kita melihat sesuatu yang begitu cepat. Apalagi mata manusa memiliki area fokus yang tnetunya terbatas.

Blur ini akan muncul karena kita melihat sekumpulan gambar yang ditampilkan dalam waktu yang sangat singkat. Oleh sebab itu, pada pengaturan 30 FPS gambar yang ditampilkan akan lebih sedikit.

Sehingga ketika ada pergerakan yang cepat, jumlah frame yang sedikit tidak mampu menciptakan gambar atau grafis yang smooth atau halus dan akhirnya menciptakan gambar yang blur.

Lalu, Berapakah FPS yang Bagus Digunakan untuk Main Game?

Apa itu FPS (Frame Per Second) di Game dan Video

FPS yang Bagus Digunakan untuk Main Game

Walaupun smartphone terbaik saat ini sudah memiliki screen 60Hz. Namun, ada juga smartphone yang tidak mendukung grafis dengan 60 FPS. Karena memang tidak didukung dengan chip yang memadai.

Nah, berikut ini penjelasan beberapa FPS yang bagus untuk game:

  • > 60 FPS = Sangat Nyaman, saat kamu menggunakan pengaturan ini, maka kamu akan menikmati grafis yang lancar dan juga smooth.
  • 45 – 60 FPS = Nyaman, ketika kamu menggunakan pengaturan ini maka tampilan grafis akan HD.
  • 30 – 45 FPS = Cukup, ketika memainkan game dengan tingkat ini sudah cukup nyaman. Namun jika ada game yang mengharuskan di atas 60 FPS maka kamu akan kurang nyaman ketika bermain dengan FPS ini.
  • 15 – 30 FPS = Bisa untuk dimainkan, maksudnya kamu bisa memainkan game dengan ukuran kecil.
  • < 30 FPS = Tidak bisa dimainkan, jika grafis yang ditampilkan kurang dari 30 FPS, sudah dipastikan kamu tidak bisa memainkannya. Karena, spesifikasi minimal game adalah 30 FPS.

So, itu dia gaes penjelasan tentang FPS. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel ini ke teman-teman kamu, supaya Mereka juga tau mengenai apa itu FPS 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top