Apps

10 Aplikasi Hafalan Al Qur’an Terbaik di Android

10 Aplikasi Hafalan Al Qur'an Terbaik di Android 7

Mengaji memang sudah menjadi salah satu kewajiban untuk umat muslim. Apalagi sekarang kamu sudah lebih mudah untuk mengaji. Karena, sudah banyak sekali aplikasi belajar mengaji yang tersedia di Play Store.

Selain mengaji, untuk mendapatkan pahala berkali-kali lipat, kamu juga harus menghafal Al Quran. Karena, menurut hadist seseorang yang mampu menghafal Al Quran akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di surga.

Oleh sebab itu, sejak kecil diberikan game edukasi anak muslim saja dibandingkan game yang populer yang ada saat ini. Karena, dengan begitu akan menumbuhkan keinginan anak untuk menghafal Al Quran.

Akan tetapi, tidak ada kata terlambat untuk menghafal Al Quran. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi yang mampu membantu kamu dalam menghafal Al Quran. Nah, berikut ini aplikasi hafalan Al Quran di Android yang wajib kamu coba!

Mau Jago Hafalan Al-Quran? Coba Install Aplikasi Al Quran Terbaik Ini!

Jika kamu ingin mendapatkan pahala yang berasal dari membaca do’a serta dzikir, kamu bisa coba gunakan aplikasi do’a dan dzikir harian aja ya gaes.

Eits, akan tetapi, untuk kali ini kita hanya membahas aplikasi hafalan Al Quran aja ya. Jadi, simak baik-baik nih!

1. iQuran Lite (Gratis)

Aplikasi iQuran Lite

Aplikasi iQuran Lite

Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menghafal Al-Quran yang pertama adalah iQuran Lite. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan ditawarkan dengan fitur-fitur yang dapat membantu kamu dalam menghafal Al Quran.

Salah satu fitur unggulannya yaitu bacaan Al-Quran, makanya nggak heran kalau aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi Android yang wajib diinstall saat bulan puasa.

Fitur-fitur tersebut diantaranya kamu dapat mendengarkan ayat-ayat di audio, warna pada setiap Tajwidnya (aturan pengucapan), bookmark, tag, dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan bahasa inggris. Aplikasi ini dikembangkan oleh Beehive Innovation Services dan memiliki ukuran aplikasi sekitar 13,34MB saja.

Nama AplikasiiQuran Lite
Ukuran Download13,34MB
Link Download

2. MyQuran Al Quran dan Terjemahan (Gratis)

Aplikasi MyQuran

Aplikasi MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi hafalan Al Quran terbaik selanjutnya adalah MyQuran Al Quran dan Terjemahan. Aplikasi buatan anak Indonesia ini juga memiliki beberapa fitur menarik yang dapat membantu kamu dalam menghafal Al Quran.

Fitur yang terdapat pada aplikasi  ini salah satunya adalah terdapat bacaan 30 Juz 114 surah yang bisa kamu gunakan atau dibaca secara offline. Jadi, kamu nggak perlu membeli paket internet, ketika menggunakan aplikasi ini.

Fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi ini, kamu juga bisa menyimpan surah terakhir yang terakhir sedang dibaca beserta terjemahannya. Ada juga fitur kumpulan doa, dan lainnya sebagainya. Aplikasi yang dikembangkan oleh the WaLi studio ini memiliki ukuran sekitar 19,77MB.

Nama AplikasiMyQuran Al Quran dan Terjemahan
Ukuran Download19,77MB
Link Download

3. Muslim Pro Indonesia – Prayer Times, Azan & Quran (Gratis)

Aplikasi Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro Indonesia – Player Times, Azan & Quran

Pada urutan ketiga ada aplikasi Muslim ProIndonesia – Player Times, Azan & Quran, aplikasi ini menyajikan ayat-ayat Al Quran yang lebih jelas dan pastinya akan membantu kamu dalam menghafal Al Quran secara lebih cepat.

Dari segi fitur aplikasi ini bukan hanya membantu kamu untuk menghafal Al Quran, tetapi aplikasi ini juga dapat mengingatkan waktu sholat dan adzan, makanya nggak heran kalau aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi pengingat adzan yang wajib kamu download.

Oh iya, ada juga fitur untuk menunjukan arah kiblat, informasi mengenai rumah makan yang halal, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi yang memiliki ukuran sekitar 10,01MB ini dikembangkan oleh Muslim Pro Limited.

Nama AplikasiMuslim Pro Indonesia – Player Times, Azan & Quran
Ukuran Download10,01MB
Link Download

4. Quran for Android (Gratis)

Aplikasi Quran for Android

Aplikasi Quran for Android

Aplikasi hafalan Al Quran terbaik selanjutnya, yaitu Quran fo Android. Aplikasi yang memiliki ukuran sekitar 1,99MB ini dikembangkan oleh quran.com. 

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur-fitur menarik yang dapat kamu andalkan untuk menghafal Al Quran. SFitur dari aplikasi ini diantaranya adalah dilengkapi 20 terjemahan dari seluruh dunia, 15 audio tilawah dari qori ternama, dan masih banyak yang lainnya.

Nggak cuma itu aja sih, kamu juga bisa menyimpan audio bacaan Al Quran yang terdapat pada aplikasi ini untuk kamu dengarkan kembali di aplikasi pemutar musik MP3, karena formatnya biasanya MP3.

Nama AplikasiQuran for Android
Ukuran Download1,99MB
Link Download

5. Al-Quran al-Hadi (Gratis)

Aplikasi Al Quran al Hadi

Aplikasi Al Quran al-Hadi

Diurutan kelima untuk aplikasi hafalan Al Quran terbaik di Android adalah Al-Quran al-Hadi. Aplikasi Al Quran ini memang didesain untuk mempermudah muslim yang ingin membaca Al Quran dan dapat mengkaji Al Quran.

BACA
Build Minsitthar Tersakit di Mobile Legends! Hero Fighter Paling OP!

Dari segi fiturnya sendiri, memang difokuskan untuk mengkaji Al Quran dalam bentuk tematik, berskema besar, dan kamu akan ditunjukan ayat juga beserta artinya.

Jadi, kamu nggak cuma hanya sekedar membaca dan menghafal. Akan tetapi, kamu memahami kandungannya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Hadis ini memiliki ukuran aplikasi sekitar 44,32MB.

Nama AplikasiQuran al-Hadi
Ukuran Download44,32MB
Link Download

6. Al Quran Indonesia (Gratis)

Aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi hafalan Al Quran selanjutnya, yaitu Al Quran Indonesia. Aplikasi yang dapat membantu kamu dalam menghafal Al Quran ini banyak memiliki fitur menarik yang dapat kamu gunakan.

Nah, fitur yang terdapat pada aplikasi Al Quran ini memiliki antara lain terjemahan Al Quran dengan bahasa Indonesia dan audio murottal full 30 Juz. Dari segi fitur, aplikasi ini mempunyai fitur yang sangat banyak dan diantaranya adalah dapat menandakan bacaan terakhir.

Oh iya, kamu juga bisa melihat terjemahan perkata. Kemudian ada fitur jadwal sholat dan bisa kamu aktifkan alarmnya. Jadi, nggak heran kalau aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi pengingat sholat di Android. Selain itu, ada juga fitur jadwal imsakiyah dan lain sebagainya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Andi UNPAM ini memiliki ukuran sekitar 15,13 MB saja.

Nama AplikasiAl Quran Indonesia
Ukuran Download15,13MB
Link Download

7. Al Quran Al Karim (Gratis)

Aplikasi Al Quran Al Karim

Aplikasi Al Quran Al Karim

Diposisi ketujuh untuk aplikasi hafalan Al Quran ada Al Quran Al Karim, aplikasi ini memang sangat membantu kamu untuk menghafal Al Quran dengan cepat.

Aplikasi ini memiliki fitur terjemahan berbagai bahasa dan audio sari tilawah yang dapat menyejukan hati kamu. Oh iya, kamu juga bisa mengetahui tanda baca, jika kamu ingin melanjutkan membaca Al Quran.

Selain itu, ada juga fitur pengingat dan jadwal sholat, ada juga fitur untuk mengetahui arah kiblat dalam bentuk kompas. Aplikasi yang dikembangkan oleh Muhammad Dahroug ini memiliki ukuran sekitar 46,33MB aja loh gaes.

Nama AplikasiAl Quran Al Karim
Ukuran Download46,33MB
Link Download

8. Quran Tajwid Indonesia (Gratis)

Aplikasi Quran Tajwid Indonesia

Aplikasi Quran Tajwid Indonesia

Pada urutan kedelapan, aplikasi hafalan Al Quran terbaik adalah Quran Tajwid Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan, yaitu tajwid di dalamnya berwarna. Sehingga, kamu akan lebih mudah mengetahui dan juga membenarkan bacaannya.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah Tafsir Al-Muyassar lengkap 30 Juz, 45 Murottal yang dapat di-download per-surah, terjemahan yang terdapat pada aplikasi juga sangat akurat. Karena, terjemahan dari departemen agama Indonesia.

Aplikasi yang memiliki tampilan sederhana ini, nggak terlalu banyak memang fiturnya. Akan tetapi, cukup jelas untuk digunakan sebagai pedoman menghafal Al Quran. Aplikasi ini bisa kamu download dengan ukuran aplikasi sekitar 7,81MB dan dikembangkan oleh the WALi Studio.

Nama AplikasiQuran Tajwid Indonesia
Ukuran Download7,81MB
Link Download

9. Al Quran: Alquran text book & audio quran offline (Gratis)

Aplikasi Al Quran dan terjemahnya

Aplikasi Al Quran: Alquran text book & audio quran offline

Aplikasi hafalan Al Quran terbaik selanjutnya adalah Al Quran: Alquran text book & audio quran offline. Aplikasi ini memang berfokus pada terjemahan, karena aplikasi ini memiliki terjemahan dari seluruh dunia dan salah satunya adalah Indonesia.

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup banyak juga dan diantaranya adalah dilengkapi tilawah dari Ali Al-Huthaify, Mohammad Ayoub, dan lain sebagainya.

Nggak cuma itu aja sih gaes, aplikasi ini juga terdapat resume surah, juzz, pembelajaran tajwid dan lain sebagainya. Aplikasi yang dikembangkan oleh EALIM TECHNOLOGY LIMITED ini memiliki ukuran aplikasi sekitar 14, 33MB.

Nama AplikasiAl Quran: Alquran text book & audio quran offline
Ukuran Download14,33MB
Link Download

10. Qur’an Kemenag (Gratis)

Aplikasi Al Quran Kemenag

Aplikasi Qu’ran Kemenag

Aplikasi hafalan Al Quran terbaik yang terakhir adalah Qu’ran Kemenag. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi hafalan Al Quran terbaik yang dibuat oleh Kementrian Agama c.q Lajnah Pentashihan Musaf Al Quran.

Aplikasi ini juga mennggunakan musaf standar Indonesia Rasm Usmani. Bahkan aplikasi ini menyajikan Al Quran secara lengkap dengan 30 Juz beserta terjemahannya.

Apalagi aplikasi Qu’ran Kemenag juga menyediakan tips teknik menghafal Al Quran. Sehingga, kamu akan lebih mudah dan juga cepat menghafalnya. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 51MB dan menjadi salah satu aplikasi yang bisa bantu kamu masuk surga.

Nama AplikasiQu’ran Kemenag
Ukuran Download51MB
Link Download

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tahu kan ada apa aja sih aplikasi hafalan Al Quran yang terbaik di Android. Oh iya, jangan lupa juga untuk share artikel daftar aplikasi hafalan Al Quran ini ke sobat pintar lainnya ya.

Supaya sobat pintar lainnya juga tahu ada apa aja sih aplikasi hafalan Al Quran saat ini. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar aplikasi hafalan Al Quran ini, bisa langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top