Apps

15+ Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di 2019

15+ Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di 2019 7

Mengaji (memiliki arti mempelajari kitab suci Al-Qur’an) adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap umat Muslim di dunia. Dengan mengaji, diharapkan kita lebih paham mengenai agama.

Biasanya kegiatan mengaji dilaksanakan di Mushola, Masjid, atau Madrasah yang biasanya dipimpin oleh Ustad atau Ustadzah. Pesertanya pun beragam mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun karena zaman sekarang sudah canggih, kini kamu bisa belajar mengaji di manapun dan kapan pun. Caranya adalah menggunakan aplikasi belajar mengaji gaes. Meskipun begitu, kehadiran seorang pembimbing seperti Ustad atau orang yang lebih paham tentang agama tetap dibutuhkan ya.

Nah, aplikasi belajar mengaji ini, juga termasuk salah satu aplikasi Android yang wajib ada saat bulan puasa seperti saat ini gaes. Jadi, langsung aja yuk simak berikut ini ada aplikasi belajar mengaji apa aja!

Baca Al-Qur’an Bisa Dimanapun Pakai Aplikasi Belajar Mengaji Berikut Ini!

Walaupun sudah ada aplikasi belajar mengaji, kamu jangan lupa juga ya untuk tetap membaca Al-Qur’an yang dalam bentuk kitab.

1. Belajar Mengaji Al-Qur’an

Belajar Mengaji Al-Qur'an

Belajar Mengaji Al-Qur’an

Belajar Mengaji Al-Qur’an adalah sebuah aplikasi ringan yang bisa digunakan untuk anak-anak, remaja, hingga orang tua yang hendak mempelajari bagaimana cara mengaji Al-Qur’an yang disusun secara sistematis mulai dari yang paling dasar hingga ke level yang lebih tinggi.

Aplikasi ini dilengkapi dengan tampilan menarik yang ditujukan untuk para pengguna, khususnya anak-anak, untuk lebih semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an.

Adapun beberapa hal yang diberikan oleh aplikasi ini adalah menuliskan huruf-huruf Arab (Al-Qur’an), dan dilengkapi dengan audio yang membantu dalam pengucapan yang benar.

Aplikasi ini juga cocok digunakan sebagai media untuk menghafal Al-Qur’an juga loh gaes. Makanya, aplikasi ini juga termasuk salah satu aplikasi hafalan Al-Qur’an yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk menghafal.

Materi-materi yang ada di aplikasi ini pun juga beragam mulai dari Huruf Hijaiyah, Iqra, Vokal Pendek (Fathah, Kasrah, Dammah), Tajwid dan Tanwin, hingga hafalan surat pendek.

NamaBelajar Mengaji Al-Qur’an
Ukuran13 MB
Link Download

2. Belajar Mengaji Cepat

Belajar Mengaji Cepat

Belajar Mengaji Cepat

Selanjutnya ada aplikasi Belajar Mengaji Cepat. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan anak-anak hingga remaja untuk mempelajari cara mengaji Al-Qur’an.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tampilan animasi dan juga audio yang menarik sehingga diharapkan para pengguna khususnya anak-anak semakin termotivasi dalam belajar membaca Al-Qur’an.

Materi yang ada di aplikasi ini juga beragam loh, seperti Hijaiyah, Harokat, Tanwin, Mad, Tajwid, hingga hafalan surat-surat pendek.

Tentunya aplikasi ini cocok banget buat anak-anak yang ingin belajar membaca Al-Qur’an ya. Karena terdapat animasi-animasi, serta suara-suara lucu yang tentunya digemari oleh anak-anak.

NamaBelajar Mengaji Cepat
Ukuran20 MB
Link Download

3. Marbel Belajar Mengaji

Kalau kamu adalah orang tua yang sedang mencari aplikasi belajar mengaji untuk anak-anak, maka aplikasi Marbel Belajar Mengaji inilah yang wajib kamu install. Kenapa begitu? Karena aplikasi ini dibuat memang khusus untuk pendidikan anak usia 3-8 tahun gaes.

Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf hijaiyah seperti A, Ba, Ta, belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokatnya (Fathah, Dummah, Kasroh), serta belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah Tanwin, Dummah Tanwin, Kasroh Tanwin).

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja.

Setelah mereka selesai belajar mengaji, ada berbagai macam permainan atau game edukasi anak yang seru, tentunya dengan media bacaan ngaji. Sehingga, lewat permainan ini pengetahuan serta hasil belajar mereka bisa diuji.

NamaMarbel Belajar Mengaji
Ukuran24 MB
Link Download

4. Belajar Iqro dengan Audio

Belajar Iqro dengan Audio

Belajar Iqro dengan Audio

Lanjut ada aplikasi Belajar Iqro dengan Audio. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Al-Qur’an, khususnya anak-anak yang baru belajar membaca dan belajar mengaji.

Karena aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak, maka aplikasi ini disertai dengan gambar dan warna yang menarik untuk anak-anak dan suara audio yang dapat didengar dan dipahami.

Namun tetap saja aplikasi ini bisa juga digunakan oleh orang dewasa yang baru ingin belajar membaca Al-Qur’an ya gaes. Aplikasi ini dibuat secara simple dan menarik.

Sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar dan membantu memudahkan pengguna yang ingin belajar mengaji dan belajar membaca Al-Qur’an.

NamaBelajar Iqro dengan Audio
Ukuran35 MB
Link Download

Baca Juga: 10 Aplikasi Wajib Di-install saat Mudik Lebaran

5. Learn Quran Tajwid: Belajar Mengaji

Aplikasi belajar mengaji lainnya yang bisa kamu gunakan untuk lebih mendalami ilmu agama adalah Learn Quran Tajwid: Belajar Mengaji gaes. Aplikasi ini memiliki pembahasan yang cukup lengkap, mulai dari yang paling dasar sampai pelajaran tajwid dan makhroj tingkat tinggi.

Hal tersebut tentu menjadikan aplikasi Learn Quran Tajwid cocok untuk kamu yang mau belajar agama. Baik yang belum bisa membaca Qur’an sama sekali maupun sudah bisa tapi ingin meningkatkan lagi kualitas tajwid dan makhroj (tahsin).

Ada berbagai fitur yang ada di aplikasi tersebut seperti gambar dan video, suara, subtitle Indonesia, highlight, hingga rekaman. Fitur-fitur tersebut tentu akan mempermudah kamu dalam belajar mengaji gaes.

NamaLearn Quran Tajwid: Belajar Mengaji
Ukuran20 MB
Link Download

6. Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Al-Qur’an, khususnya pengguna anak-anak yang baru mau belajar membaca Al-Qur’an dan mengaji.

Walaupun aplikasi ini bukan termasuk salah satu aplikasi edukasi anak untuk belajar membaca. Akan tetapi, aplikasi ini dirancang dengan bentuk seperti buku Iqro yang asli, sehingga kamu tidak akan merasa ada perbedaan antara Iqro yang asli dengan yang versi digital.

Selain itu, tentunya akan lebih mudah lagi dalam belajar membaca Al-Quran. Aplikasi Iqro Digital ini dibuat secara simple dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar dan membantu memudahkan pengguna yang ingin belajar mengaji dan belajar membaca Al-Qur’an.

NamaIqro Digital Lengkap
Ukuran10 MB
Link Download

7. Mengaji Bersama Sikembar

Mengaji Bersama Sikembar

Mengaji Bersama Sikembar

Selanjutnya ada aplikasi Mengaji Bersama Sikembar. Duh, mungkin aplikasi ini terinspirasi dari film kartun Upin dan Ipin sepertinya ya gaes? Karena, tampilannya yang menggunakan kartun tersebut.

Memang aplikasi ini cocok banget untuk anak-anak yang ingin belajar membaca. Terlebih tampilannya yang begitu lucu dan unik, pasti bakal membuat anak-anak betah belajar menggunakan aplikasi ini.

Ada berbagai macam pelajaran yang bisa kamu dapatkan disini, mulai dari belajar huruf hijaiyah, harakat (Fathah, Kasrah, Dhammah), ada juga game-game seru, serta ada kuis juga loh gaes.

NamaMengaji Bersama Sikembar
Ukuran16 MB
Link Download

8. Belajar Mengaji Iqra

Belajar Mengaji Iqra

Belajar Mengaji Iqra

Belajar Mengaji Iqra adalah aplikasi belajar mengaji yang memiliki tampilan begitu unik dan sangat menarik perhatian, khususnya anak-anak. Buat kamu para orang tua yang mau mengajarkan anak mengaji, maka aplikasi inilah yang cocok untuk kamu download dan mainkan bersama anak kamu.

Ada berbagai macam fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, seperti pelafalan huruf Hijaiyah, Harokat, Tanwin, hingga kuis seperti game tebak-tebakan yang berfungsi untuk mengetes kemampuan.

BACA
Cara Mirror Android ke PC via WiFi (100% Berhasil)

Tentunya dengan fitur-fitur tersebut, diharapkan para orang tua semakin lebih mudah dalam membimbing putra-putrinya untuk belajar mengaji dan kelak si anak bisa menjadi penghafal Al-Qur’an deh.

NamaBelajar Mengaji Iqra
Ukuran15 MB
Link Download

Baca Juga: 10 Situs untuk Bayar Zakat Online Terpercaya

9. Belajar Mengaji (Iqra’, Quran)

Unik, keren, dan menarik, adalah tiga kata yang bisa menggambarkan aplikasi belajar mengaji di Android yang satu ini. Nama aplikasinya adalah Belajar Mengaji (Iqra’, Quran).

Kenapa bisa dibilang keren? Karena aplikasi ini menggunakan animasi yang begitu lucu dan bagus sekali. Tentunya aplikasi ini sangat menarik di mata anak-anak.

Selain mempelajari huruf-huruf hijaiyah, kamu juga bisa bermain kuis yang bentuknya seperti game tebak kata untuk mengasah semua kemampuan yang sudah kamu dapatkan dari aplikasi ini.

NamaBelajar Mengaji (Iqro’,Quran)
Ukuran32 MB
Link Download

10. Belajar Membaca Al-Qur’an

Belajar Membaca Al-Qur'an

Belajar Membaca Al-Qur’an

Belajar Membaca Al-Qur’an adalah aplikasi yang mengajarkan membaca Al-Qur’an disertai dengan pengucapannya (audio) dan dilengkapi dengan dasar-dasar ilmu tajwid.

Ada berbagai pelajaran yang bisa kamu dapat dari aplikasi ini seperti mempelajari huruf Hijaiyah, cara pengucapan huruf hijaiyah, mempelajari harokat, hingga cara menyambung atau merangkai huruf-huruf hijaiyah.

Jika sudah fasih, kamu bisa mengevaluasi hasil belajar yang kamu dapat dari aplikasi ini di menu Evaluasi Bacaan gaes. Harusnya sih aplikasi ini, termasuk salah satu aplikasi belajar online di Android dalam kategori Al-Qur’an atau mengaji ya gaes.

NamaBelajar Membaca Al-Qur’an
Ukuran51 MB
Link Download

11. SECIL Belajar Mengaji Iqro

SECIL Belajar Mengaji Iqro

SECIL Belajar Mengaji Iqro

Selanjutnya ada aplikasi lucu lagi nih gaes, namanya adalah SECIL Belajar Mengaji Iqro. Aplikasi ini adalah serial aplikasi edukasi anak yang tentunya berfungsi untuk membantu anak-anak dalam belajar mengaji Al-Qur’an, dengan cepat dengan metode Iqro’ dan tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Pada aplikasi ini anak-anak akan belajar cara mengaji Al-Qur’an yang benar dengan metode Iqro’. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif disertai permainan dan suara yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan saat belajar mengaji dengan aplikasi ini.

Belajar mengaji Al-Qur’an dengan metode Iqro’ memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Belajar Mengaji dengan metode Iqro’ terbukti dapat membantu anak-anak bisa mengaji Al-quran dengan benar dan cepat. Oleh sebab itu mengajarkan anak menggunakan aplikasi ini adalah pilihan yang sangat tepat.

NamaSecil Belajar Mengaji Iqro
Ukuran14 MB
Link Download

12. Buku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap

Buku IQRA

Buku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap

Kalau pada saat masih kecil kamu sering membawa buku Iqra di tangan, kini kamu hanya perlu menginstall aplikasi IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap ini aja gaes. Tenang aja kok, aplikasi ini tentunya sama lengkapnya dengan buku Iqra.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa belajar Iqra dari Jilid 1 hingga Jilid 6 dalam satu paket. Oh iya, tampilan aplikasi ini cukup jelas dan menarik kok. Sehingga membuat kita betah berlama-lama belajar mengaji di Aplikasi Buku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap ini ya.

Tampilan dari aplikasi ini juga sangat sederhana gaes. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia game seperti aplikasi yang lainnya. Jadi, kalau kamu menginginkan ada game, bisa download aja game edukasi anak muslim aja gaes,

NamaBuku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap
Ukuran9,8 MB
Link Download

Baca Juga: Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Menggunakan Android

13. SECIL Doa Anak Muslim

SECIL Doa Anak Muslim

SECIL Doa Anak Muslim

Doa Anak Muslim adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu anak-anak dalam menghafal doa-doa islam sehari-hari seperti do’a sebelum makan, doa untuk orang tua, doa sebelum tidur, doa bangun tidur, dan masih banyak yang lain.

Jadi, perlu kamu ketahui ya, kalau belajar mengaji bukan hanya belajar membaca Al-Qur’an aja. Akan tetapi, kamu juga harus belajar membaca do’a-do’a sehari-hari. Nah, aplikasi ini menyediakan bacaan do’a harian yang bisa kamu pelajari setiap harinya.

Yaa, walaupun aplikasi ini belum termasuk salah satu aplikasi do’a harian akan tetapi model pembelajaran yang ada di aplikasi ini dilengkapi dengan suara serta gambar. Tentunya akan membuat si anak menjadi lebih mudah paham jika belajar mengaji menggunakan aplikasi ini.

NamaDoa Anak Muslim
Ukuran14 MB
Link Download

14. Al Quran Anak

Al Quran Anak

Al Quran Anak

Al Quran Anak ini adalah aplikasi dari The WALI Studio dengan tujuan agar anak betah dalam membaca Al-Qur’an dan mencintai Qur’an sejak dini. Dengan aplikasi ini, diharapkan anak-anak lebih senang belajar mengaji Al-Qur’an.

Tampilan yang keren dan unik tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi aplikasi ini. Buat para orang tua yang mau anaknya pandai mengaji, bisa langsung install aplikasi ini dan coba terapkan ke anak-anak kamu gaes.

Dengan begitu, anak-anak akan lebih mudah mengaji. Karena, seperti yang kita ketahui ya, kalau mengaji merupakan salah satu cara untuk menuju surga-Nya nanti. Oleh sebab itu, harusnya aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang bisa bantu kita masuk surga.

NamaAl Quran Anak
Ukuran16 MB
Link Download

15. Juz Amma Lengkap

Aplikasi belajar mengaji selanjutnya adalah Juz Amma Lengkap. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa belajar mengaji, melainkan kamu bisa menghafal Juz Amma, hingga menghafal surat pendek.

Di dalam aplikasi ini, tersedia lengkap semua surat yang ada di Juz 30 Al-Qur’an lengkap dengan bacaan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia. Setiap surat yang diputar terdapat ilustrasi kartun menarik, ayat, serta bahasa latin dan terjemahan bahasa Indonesia.

Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini, baik anak maupun orang yang baru belajar mengaji menjadi lebih mudah dalam menghafal Juz Amma. Jadi, gimana nih gaes, kamu tertarik nggak untuk download aplikasi ini?

NamaJuz Amma Lengkap
Ukuran37 MB
Link Download

16. MyQuran Al Quran

Kalau kamu cari aplikasi belajar mengaji offline, maka aplikasi MyQuran Al Quran inilah yang wajib banget kamu coba. Soalnya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi karya anak bangsa loh. Aplikasi ini sendiri sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta orang loh. Wah, keren banget deh.

Kerennya dari aplikasi ini adalah kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pengingat sholat. Karena, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa diingatkan untuk sholat. Nah, pengingat ini berupa alarm gitu deh gaes.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan tanpa menggunakan paket internet loh gaes. Jadi, kamu nggak perlu takut kuota internet cepat habis jika menggunakan aplikasi ini.

NamaMyQuran Al Quran
Ukuran21 MB
Link Download

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengingat Jadwal Kegiatan pada Bulan Ramadhan

17. Quran Majeed

Kini kamu bisa membaca Al-Qur’an dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi Quran Majeed ini. Selain digunakan untuk membaca Al-Qur’an, aplikasi ini juga menyediakan jadwal sholat lengkap dengan suara adzan-nya gaes.

Wah, lengkap banget ya aplikasi ini. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa menjadi salah satu aplikasi pengingat sholat untuk kamu. Jadi, dengan begitu kamu nggak bakalan ketinggalan untuk sholat.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sudah memahami ilmu dasar Al-Qur’an ya, lantaran setiap ayat yang ada di aplikasi ini tidak terdapat latinnya.

NamaQuran Majeed
Ukuran92 MB
Link Download

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tahu kan ada apa aja aplikasi belajar mengaji di Android. Nah, jangan lupa ya untuk sharing artikel daftar aplikasi belajar mengaji di Android ini ya.

Tujuannya supaya Sobat Pintar lainnya juga tahu ada apa aja sih aplikasi belajar mengaji di Android. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar aplikasi belajar mengaji ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top