Android

10 Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik di Android

Home / Android / 10 Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik di Android

Aplikasi arus mudik terbaik

Mudik sudah menjadi sebuah tradisi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebab pada momen tersebutlah Kita bisa melepas rindu bersama para sanak dan juga saudara. Nah, kalau udah bicara soal mudik pasti tidak akan lepas dengan yang namanya situasi macet di jalan.

Ya bisa dibilang minggu-minggu tersebut akan menjadi minggu yang dipenuhi dengan kemacetan di setiap lalu lintas yang ada, bahkan jalur alternatif sekalipun berkemungkinan besar akan terkena dampaknya.

Tapi Kamu tidak perlu risau, sebab saat ini Kamu sudah bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan aplikasi info jalur arus mudik terbaik yang bisa Kamu install ke dalam smartphone.

Dengan bantuan aplikasi arus mudik tersebut, Kamu dapat mengetahui berbagai informasi mengenai jalur-jalur macet dan jalur alternatif yang dapat Kamu lalui untuk menghidari kemacetan tersebut.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini. TipsPintar akan memberikan daftar dari 10 aplikasi info jalur arus mudik terbaik yang dapat Kamu coba install sebagai persiapan untuk melakukan perjalanan mudik.

Penasarankan apa saja aplikasinya? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini!

10 Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik di Android

Terjebak macet dalam perjalanan sudah pasti akan menguji kesabaran, apalagi ketika Kita masih menjalankan ibadah puasa, bukannya berkah malah jadi batal.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Kamu bisa coba install salah satu dari aplikasi jalur arus mudik terbaik ini

1. Google Maps

Google Maps

Google Maps

Pasti Kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan salah satu produk terbaik Google ini?

Yaps, selain dapat menunjukkan arah perjalanan, Google Maps ini juga bisa Kamu manfaatkan sebagai aplikasi pemberi info jalur arus mudik loh!

Google Maps ini dapat memberitahukan status dari jalur yang akan Kamu lewati dengan cara memberi warna yang berbeda-beda sesuai dengan situasinya.

Contoh, jika jalur tersebut berwarna merah, artinya jalur tersebut sedang mengalami kondisi macet parah, jadi disarankan untuk hindari jalur dengan warna merah ini

Tapi, jika warna jalanan tersebut adalah kuning, artinya kondisi jalur saat itu adalah padat merayap, sedangkan jika warnanya biru, itu berarti jalur tersebut berjalan lancar.

Bukan hanya itu, di Google Maps ini juga tersedia informasi terkait lokasi pom bensin, rest area di sepanjangan perjalanan yang Kamu lalui saat itu.

So, kalau Kamu mau meminimalisir terjebak macet dalam perjalanan mudik, Kamu bisa download dan install aplikasi ini.

NamaGoogle Maps
Rating4.4
Size47 MB
Link Download

2. Waze

Waze

Waze

Tidak jauh seperti Google Maps, Waze ini merupakan salah satu aplikasi GPS terbaik di Android yang dapat Kamu coba install untuk mengetahui berbagai infromasi terkait perjalanan mudik lebaran.

Aplikasi ini akan menyuguhkan beragam informasi terkait lalu lintas, seperti jalur mudik yang terkena macet ataupun jalur yang ditutup. Tapi Kamu tidak perlu khawatir, sebab di dalam aplikasi Waze ini, Kamu juga akan ditunjukkan jalan tercepat untuk bisa sampai ke titik tujuan.

Pilihan jalur di aplikasi ini juga terpercaya kok! Jadi Kamu ga akan tersesat kemana pun.

So, kalau Kamu mau melakukan perjalanan mudik tapi merasa terbebani dengan kondisi macet di jalan, Kamu bisa andalkan aplikasi Waze Navigation ini yang akan senantiasa membantu Kamu untuk menemukan jalan keluar serta memberikan rute termudah untuk Kamu lewati.

NamaWaze
Rating4.4
Size82 MB
Link Download

3. HERE WeGo

HEREWeGo

HEREWeGo

Di urutan selanjutnya, ada aplikasi HERE WeGo yang dapat Kamu manfaatkan sebagai aplikasi pemberi informasi disaat melakukan perjalanan mudik.

Memiliki fitur yang tidak jauh beda dengan Google Maps ataupun Waze, HERE WeGo ini menyuguhkan peta dengan informasi-informasi lengkap seputar lalu lintas di jalanan.

Bedanya dengan dua aplikasi sebelumnya yakni, HERE WeGo tidak membutuhkan koneksi internet. Artinya Kamu bisa tetap bisa memantau jalur mudik tanpa adanya koneksi internet alias offline.

Tentu hal ini dapat membawa keuntungan bagi para pengguna HERE WeGo, bukan? Kamu jadinya bisa menghemat kuota selama perjalanan mudik berlangsung.

NamaHERE WeGo
Rating4.3
Size104 MB
Link Download

4. CCTV ATCS

CCTV ATCS

CCTV ATCS

Aplikasi jalur arus mudik terbaik yang dapat Kamu coba selanjutnya adalah CCTV ATCS. Aplikasi ini tidak kalah keren dengan aplikasi info mudik lainnya loh!

Dengan aplikasi ini, Kamu dapat memperoleh informasi seputar mudik yang lengkap, melalui tampilan video rekaman CCTV yang tersebar rata pada seluruh kota di Indonesia.

Dan poin menariknya, di CCTV ATCS ini juga bisa menambahkan informasi seputar jalanan atau informasi terkini mengenai kecelakaan lalu lintas.

NamaCCTV ATCS
Rating3.9
Size6.2 MB
Link Download

5. NTMC TV

NTMC TV

NTMC TV

NTMC TV merupakan sebuah aplikasi penunjang bagi Kamu untuk mempersiapkan perjalanan mudik lebaran.

Yaps, aplikasi ini sendiri dapat Kamu manfaatkan sebagai salah satu aplikasi pemberi informasi jalur arus mudik dimana tersedia fitur VoD (Video on Demand) untuk memantau kondisi jalanan melalui sebuah video.

Tentu saja dengan hadirnya aplikasi NTMC TV ini diharapkan dapat membantu pemudik dalam memilih jalur lalu lintas yang aman.

NamaNTMC TV
Rating3.2
Size17 MB
Link Download

6. MAXstream

Maxstream

Maxstream

Selanjutnya ada aplikasi MAXstream. Selain bisa menghibur Kamu dengan berbagai film/sinetron yang disediakan, aplikasi ini juga bisa Kamu andalkan untuk memantau kondisi perjalanan selama mudik Lebaran.

Yaps, biasanya MAXstream ini akan bekerja sama dengan pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia untuk menampilkan Live Streaming lalu lintas melalui rekaman CCTV yang terpasang disepanjang jalur yang ada di Indonesia.

Selain itu, Kamu juga dapat mengetahui jika di jalur tersebut sedang ada razia yang beroperasi loh! Dengan begitu Kamu bisa lebih mempersiapkan segala hal sebelum berpergian, seperti mempersiapan surat-surat berkendara, ataupun membayar pajak kendaraan motor ataupun mobil.

NamaMAXstream
Rating3.9
Size47 MB
Link Download

7. NTMC Mudik

NTMC Mudik

NTMC Mudik

Kalau sebelumnya ada aplikasi NTMC TV, kali ini ada aplikasi NTMC Mudik yang dapat Kamu andalkan sebagai aplikasi pemberi informasi seputar lalu lintas.

NTMC Mudik ini menawarkan banyak fitur yang lengkap bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi NTMC TV, Kamu juga bisa lebih mudah dalam mengakses jalur mudik terkini.

NamaNTMC Mudik
Rating3.2
Size17 MB
Link Download

8.Locus GIS

Locus GIS

Locus GIS

Mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan adalah salah satu fitur unggulan yang diusung oleh Locus GIS.

Selain dapat memberikan informasi jalur alternatif, Locus GIS juga bisa membantu menginformasikan jalur lalu lintas melalui CCTV.

Bahkan para penggunanya pun dapat menemukan informasi lokasi tempat ibadah, rumah makan, WC umum, pom bensin dan tempat lainnya yang dibutuhkan para pemudik. Nah, cukup lengkap dan membantu Kamu dalam melakukan perjalanan mudik bukan?

NamaLocus GIS
Rating4.3
Size20 MB
Link Download

9. MapQuest

MapQuest

MapQuest

Di urutan selanjutnya ada aplikasi MapQuest yang dapat Kamu install untuk mengetahui berbagai informasi lalu lintas saat ingin melakukan perjalanan mudik. Nah, Sebelum Kamu menggunakan aplikasi ini, Kamu bisa merencanakan rute jalur arus mudik terlebih dahulu.

Atau Kamu juga bisa langsung berangkat menuju tujuan dengan jalur yang telah dirutekan oleh MapQuest ini.

Nah, ada hal unik dari aplikasi ini yang harus Kamu ketahui. yaitu ia dapat terhubung langsung dengan YouTube, Photos Panoramio, gambaran jalanan juga cuaca yang sedang berlangsung.

NamaMapQuest
Rating4.2
Size47 MB
Link Download

10. Karta GPS

Karta GPS

Karta GPS

Terakhir, datang dari salah satu aplikasi GPS terbaik, yaitu Karta GPS.

Dengan aplikasi ini, Kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi menarik seputar keadaan lalu lintas dan juga petunjuk jalan.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga dapat memberitahu Kamu berbagai titik tempat beribadah, rumah makan, pom bensin, ataupun pusat oleh-oleh di sepanjang jalur tersebut.

NamaKarta GPS
Rating4.4
Size59 MB
Link Download

Kesimpulan

Nah, itu dia daftar aplikasi arus mudik terbaik di Android yang dapat Kamu coba install dan gunakan saat ingin melakukan perjalanan mudik.

Kira-kira dari semua aplikasi tersebut, ada yang sudah menjadi andalan Kamu belum?

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman, sahabat, ataupun kerabat terdekatmu ya supaya mereka juga bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman, lancar, nyaman sampai ke tempat tujuan.

Dan jika Kamu punya kritik atau saran untuk pembahasan menarik selanjutnya, Kamu bisa tulis di kolom komentar ini ya.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top