Android

Auto Ranking 1 dengan 10 Aplikasi Belajar Gratis Terbaik Ini!

Home / Android / Auto Ranking 1 dengan 10 Aplikasi Belajar Gratis Terbaik Ini!

Aplikasi Belajar Gratis

Menjadi yang terbaik di dalam kelas sudah pasti menjadi tujuan dari sebagian besar pelajar di sekolah, betul?

Meski pun banyak prestasi yang bisa dicapai, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa prestasi dalam bidang akademik menjadi incaran terbesar bagi siswa/siswi baik dari sekolah dasar bahkan sampai sekolah menengah atas sekalipun.

Nah, kebanyakan siswa/sisws yang memang berambisi untuk meraih prestasi tersebut, rela mengorbankan banyak hal supaya bisa menjadi yang terbaik.

Bukan hanya soal waktu namun juga uang, untuk support kegiatan pembelajaran, salah satunya dengan mengikuti bimbel atau pun les private.

Akan tetapi, di zaman yang mulai mengedepankan kecanggihan teknologi ini, Kamu sudah bisa kok mendapatkan berbagai macam tambahan materi tanpa harus mengorbankan banyak waktu atau pun uang.

Caranya dengan memanfaatkan berbagai situs belajar atau pun aplikasi belajar online terbaik yang bisa Kamu install ke dalam smartphone kesayangan mu.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut. Kali ini TipsPintar sudah merangkum 10 aplikasi belajar gratis terbaik yang dapat Kamu coba dirumah. Penasaran apa saja aplikasinya? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini!

10 Aplikasi Belajar Gratis

Semakin berkembangnya teknologi, banyak developer-developer kreatif yang mulai bekerjasama dengan beberapa lembaga untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi belajar terbaik, bagi mereka para generasi muda untuk bisa menuntut ilmu dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Nah, berikut ini adalah kumpulan dari 10 aplikasi belajar gratis yang bsia Kamu coba untuk mendukung proses belajar mengajar Kamu, baik di sekolah maupun di kampus:

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar

Rumah Belajar

Di Urutan pertama, ada aplikasi Rumah Belajar. Yaps, Rumah Belajar ini merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Kemendikbud.

Tentu saja hadirnya aplikasi belajar online ini ditujukan sebagai bentuk dukungan alternatif belajar siswa selama di rumah, terlebih lagi saat masa pandemi masih berlangsung.

Dilansir dari https://belajar.kemdikbud.go.id, rumah belajar ini mempunyai beberapa fasilitas terbaik seperti laboratorium maya, tentu kehadiran laboratorium dapat menjadi sebuah pengganti dari laboratorium di sekolah, jadi para siswa/siswi tetap dapat mendapatkan materi praktik, meskipun sedang tidak berada di sekolah.

Selain itu, beberapa fitur lain juga telah disediakan oleh aplikasi ini, seperti kelas digital, buku sekolah elektronik, sumber belajar, bank soal hingga karya bahasa dan sastra pun juga telah tersedia di sana lho!

Nah, kelebihan lain dari aplikasi rumah belajar ini adalah, Kamu dapat mengaksesnya secara gratis, baik diakses untuk siswa ataupun untuk guru. Jadi, bisa bebas belajar di sini tanpa harus membayar uang tambahan.

Gimana, sangat menarik bukan?

NamaRumah Belajar
Rating4.1
Link Download

2. Kipin School 4.0

Kipin School 4.0

Kipin School 4.0

Di Urutan selanjutnya, ada aplikasi Kipin School 4.0. Nah, di dalam aplikasi ini, materi pembelajaran diperuntukan khusus untuk siswa jenjang SD sampai dengan SMA/K.

Aplikasi ini juga bukan hanya memberikan materi pembelajaran saja. Tetapi juga memberikan sistem ujian dan latihan soal sebagai tempat untuk berlatih.

Bahkan, jumlah materi pembelajaran yang bisa didownload ada sekitar ratusan E-Book yang diterbitkan langsung oleh Kemendikbud. Dan kelebihan lain Kipin School ini adalah, adanya latihan soal untuk mengukur kompetensi Kamu selama proses pembelajaran.

NamaKipin School 4.0
Rating4.6
Link Download

3. Kelas Pintar

Kelas Pintar

Kelas Pintar

Aplikasi Belajar gratis yang ketiga adalah Kelas Pintar. Nah, aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh para siswa SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa.

Platform belajar online yang dikembangkan oleh extemarks education Indonesia dapat menjadi aplikasi terbaik bagi para pelajar daring di tahun 2022 ini.

Selain itu, pada aplikasi kelas pintar ini terdapat fitur tanya jawab, diskusi serta fitur yang menyediakan berbagai jenis soal untuk membantu siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

NamaKelas Pintar
Rating3.2
Link Download

4. Meja Kita

Meja Kita

Meja Kita

Selanjutnya ada aplikasi Meja Kita. Nah, bagi Kamu yang masih berada di jenjang pendidikan SD hingga SMA, aplikasi Meja Kita sangat rekomended dan perlu di coba.

Selain gratis, platform ini mempunyai fitur dan tampilan yang lengkap dengan puluhan materi pembelajaran yang di konsep dalam satu forum.

Selain itu, aplikasi ini juga telah menyediakan fitur chat atau obrolan dengan siswa lainnya yang terdapat di seluruh Indonesia. Jadi Kamu dapat saling bertukar pendapat untuk membahas seputar sekolah/materi pembelajaran lainnya.

NamaMeja Kita
Rating3.9
Link Download

5. Icando

Icando

Icando

Di Urutan kelima, ada aplikasi Icando. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh Kemendikbud loh.

Nah, materi yang disediakan oleh aplikasi Icando ini menggunakan program kurikulum 2013 yang sudah direvisi dan dikembangkan secara komprehensif. Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah tersedianya sebuah minigames, dimana minigames ini dapat membantu Kamu dalam mengoptimalkan semangat belajar.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai ciri khas dibandingkan dengan aplikasi belajar gratis lainnya. Jika beberapa aplikasi yang disebutkan sebelumnya diperuntukan untuk SD hingga SMA/K, maka Icando ini diperuntukan untuk anak-anak sekolah jenjang PAUD, itu sebabnya banyak games yang sesuai dengan perkembangan anak-anak.

NamaIcando
Rating3.0
Link Download

6.  Google for Education

Google for Education

Google for Education

Siapa sih yang tidak tahu dengan Google? Yaps, Google ini sendiri memang telah dikenal sebagai salah satu penyedia layanan browser terbaik bagi orang-orang mencari berbagai macam informasi, bukan hanya soal kerjaan tapi juga pelajaran.

Nah, terlebih lagi semenjak pandemi Covid-19 berlangsung. Google kerap menjadi pembicaraan hanya di seluruh negara, sebab Google mengeluarkan sebuah produk/fitur yang dapat memudahkan para pelajar untuk belajar secara online.

Yaps, fitur tersebut namanya Google for Education yang hadir dengan beberapa layanan seperti chromebooks dan juga G-Suite.

Google sendiri memang sengaja merancang aplikasi ini agar dapat diakses bahkan dengan konektivitas internet yang rendah. Tentu ini akan sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin menghemat kuotan ataupun bagi mereka yang susah menjangkau jaringan internet super kencang.

NamaGoogle for Education
Size
Link Download

7. Brainly Indonesia

Brainly

Brainly

Pasti Kamu sudah tidak asing dengan salah satu situs belajar terbaik ini, bukan?

Yaps, selain menjadi situs belajar terbaik. Brainly juga telah melebarkan sayapnya dengan menjadi sebuah aplikasi belajar yang dapat diakses secara gratis.

Ada banyak pilihan mata pelajaran yang akan Kamu temui, setidaknya ada sekitar 25 kategori mata pelajaran yang diperuntukan untuk jenjang SD hingga SMA/K.

Aplikasi ini juga bisa dibilang komunikatif. Jadi buat Kamu yang ingin bertanya, juga bisa menanyakannya di aplikasi ini. Selain itu, buat pengguna aplikasi Brainly Indonesia yang menjawab pertanyaan, akan mendapatkan poin.

NamaBrainly Indonesia
Rating4.5
Link Download

8. IndonesiaX

IndonesiaX

IndonesiaX

Selanjutnya ada aplikasi IndonesiaX. Buat Kamu yang belum pernah mendengar IndonesiaX, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sudah berdiri sejak 2015 yang lalu. Konsep aplikasi ini sendiri adalah sistem kursus.

Di dalamnya ada banyak para instruktur terbaik yang akan memberikan kursus belajar. Oh iya, kursus ini juga dapat Kamu akses secara gratis, tujuannya tidak lain upaya mengurangi disparitas dan kesenjangan dalam belajar.

NamaIndonesiaX
Rating4.0
Link Download

9. Sekolahmu

Sekolahmu

Sekolahmu

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang ada banyak sekali aplikasi belajar secara online yang bisa Kamu download secara gratis. Nah, salah satunya adalah aplikasi Sekolahmu. Aplikasi ini merupakan program belajar tanpa batas yang bisa diakses bagi pelajar.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedianya tool live streaming, dimana disana Kamu bisa belajar secara langsung. Tentu saja live streaming dapat ditonton sesuai dengan jenjang pendidikan pengguna.

Selain itu, jika beberapa aplikasi lain hanya menyediakan untuk jenjang pendidikan tertentu saja. Di aplikasi Sekolahmu ini terdapat banyak materi dari berbagai jenjang pendidikan loh! Jadi bisa dibilang, tidak ada batasannya.

Jadi Kamu tidak perlu download aplikasi yang berbeda-beda. Cukup satu aplikasi bisa untuk mengakses jenjang pendidikan yang lainnya.

Oh iya, aplikasi ini juga menawarkan program-program kurikulum sesuai kebutuhan juga loh! Pastinya dijamin gak bikin rugi untuk men-download nya deh.

NamaSekolahmu
Rating4.7
Link Download

10. Cisco Webex

Cisco Webex

Cisco Webex

Terakhir, ada aplikasi Cisco Webex. Yaps, aplikasi ini bisa dibilang berbeda dari aplikasi lainnya.

Jika aplikasi lain pengajar mengandalkan orang luar (bukan guru di kelas). Nah, di Cisco Webex ini, pengajarnya merupakan seorang guru yang menjalankan tugas seharusnya, yaitu mengajar.

Hanya saja mengajar lewat aplikasi satu ini, Guru akan mengajar cukup dengan berinteraksi dan melakukan presentasi lewat komputer ataupun lewat smartphone.

Kelebihan dari aplikasi ini sebenarnya memudahkan para siswa. Disini siswa bisa mengirimkan pesan kepada guru juga. Dan pastinya tidak afdol jika sekolah tidak mempunyai sesi diskusi.

Tapi tenang, karena di sini Kamu juga bisa berdiskusi dengan memanfaatkan fitur group discus-nya. Pokoknya dengan menggunakan aplikasi ini, Kamu seperti sekolah pada umumnya deh!

NamaCisco Webex
Rating4.6
Link Download

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang Kamu sudah tau kan ada apa aja aplikasi belajar gratis terbaik untuk Kamu coba. Nah, jangan lupa ya untuk share artikel mengenai aplikasi belajar terbaik ini ke sobat pintar lainnya ya.

Supaya mereka juga tau, ada apa aja sih aplikasi belajar gratis yang bisa digunakan untuk keperluan belajar mengajar mereka.

Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai pembahasan selanjutnya langsung aja ya tulis di kolom komentar ini

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top