Tech-Fun!

Asal Usul Deep Web dan Penjelasan Lengkapnya

Asal Usul Deep Web dan Penjelasan Lengkapnya 7

Halo sobat pintar! Pernahkah kalian mendengar tentang Deep Web? Pasti pernah dong, Deep Web memang dipandang mengerikan oleh kebanyakan orang. Walaupun demikian, masih ada orang yang mencoba mencari tahu, bahkan mencoba mengakses Deep Web.

Nah, kali ini TipsPintar.com akan mencoba mengupas tuntas tentang asal usul dan penjelasan lengkap tentang Deep Web.

BACA
10 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin

Deep Web: Sisi Gelap dari Internet

Nah daripada berlama-lama, langsung aja kita simak penjelasan lengkap tentang Deep Web yang mencakup pengertian, asal-usul, hingga ukuran dan isi Deep Web.

Apa Itu Deep Web

Situs-situs Deep Web seperti berada di lautan yang sangat dalam. Sulit di jelajahi.

Situs-situs Deep Web seperti berada di lautan yang sangat dalam. Sulit di jelajahi.

Deep Web menggambarkan halaman web, forum, toko online yang tersembunyi dibagian terdalam dari World Wide Web. Walaupun demikian, Deep Web juga menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga masih memungkinkan kamu untuk menemukan Deep Web dengan menggunakan browser umum.

Baca Juga: 10 Website Paling Berhantu di Dunia, No. 4 Serem Banget!

Asal-Usul Deep Web

Menurut pendiri BrightPlanet, Mike Bergman, mencari informasi di internet saat ini sama seperti menjaring ikan di permukaan laut. User hanya akan mendapatkan ikan yang berada di permukaan laut, sedangkan ikan yang berada di laut yang sangat dalam tidak akan terjaring.

Situs-situs Deep Web berada jauh di dalam 'lautan' internet.

Situs-situs Deep Web berada jauh di dalam ‘lautan’ internet.

Kebanyakan informasi yang terdapat di jaringan internet terkubur sangat dalam pada situs yang dinamis sehingga mesin pencari web standar tidak dapat mendeteksi atau mengambil data di dalam Deep Web. Sebelum istilah Deep Web, pada tahun 1994 Jill Ellsowrth menggunakan istilah Invisible Web.

“Situs ini adalah situs yang didesain dengan baik, tetapi tidak melakukan proses registrasi dengan mesin pencari web apapun. Sehingga tidak ada yang dapat menemukan mereka. Secara teknis, situs tersebut merupakan situs yang tersembunyi. Saya menyebutnya sebagai invisible Web” ungkap Jill Ellsworth.

Penggunaan nama Deep Web sendiri mulai digunakan secara umum mulai tahun 2001 berdasarkan jurnal yang ditulis Mike Bergman.

Baca Juga: 7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

Ukuran dan Isi Deep Web

Seperti Gunung Es, Seperti inilah Perbandingan Situs Deep Web dan situs Web Biasa.

Seperti Gunung Es, Seperti inilah Perbandingan Situs Deep Web dan situs Web Biasa.

Berdasarkan ekstrapolasi yang dilakukan pada tahun 2001, California University memperkirakan bahwa Deep Web memiliki ukuran sekitar 7.5 petabita. Sedangkan pengukuran yang dilakukan oleh He.Etal mendeteksi sekitar 300.000 situs Deep Web dan pasti bertambah setiap tahunnya.

Ini Adalah Contoh Screenshot dari konten Deep Web

Ini Adalah Contoh Screenshot dari konten Deep Web

Meskipun demikian, Deep Web sering disalahgunakan untuk aktivitas ilegal. Seperti penawaran barang dan jasa terlarang. Banyak orang dapat membeli obat-obat terlarang, senjata api, malware bahkan organ tubuh manusia di Deep Web tidak hanya itu, Deep web juga menawarkan jasa terlarang seperti pembunuh bayaran, perampokan, dll.

Baca Juga: 10 Keyword Rahasia Google yang Jarang Diketahui Orang

Itulah asal-usul dan penjelasan lengkap tentang Deep Web hasil ulasan TipsPintar.com. Bagaimana? Apakah kalian masih tertarik untuk menelusuri Deep Web? Sebaiknya jangan ya, karena bisa membahayakan diri kalian loh!

Artikel menarik lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top