Gadget

Asus ROG Phone 5, Smartphone Gaming Terbaik Saat Ini!

Home / Gadget / Smartphone / Asus ROG Phone 5, Smartphone Gaming Terbaik Saat Ini!

Asus ROG Phone 5

Pada Juni 2021 kemarin Asus ROG (Republic of Gamers) telah resmi meluncurkan smartphone series ROG terbarunya yaitu Asus ROG Phone 5. Smartphone khusus gaming ini diyakini memiliki performa yang sangat optimal untuk memainkan game-game berat.

Karena memang smartphone ini merupakan penyempurnaan dari series sebelumnya yaitu Asus ROG 2 dan 3. Apalagi smartphone ini hadir menggunakan Mobile Qualcomm Snapdragon 888 5G yang tentunya sudah kompatibel dengan jaringan dan teknologi 5G.

Asus ROG Phone 5, Smartphone Wajib Para Gamers!

Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5, Smartphone Wajib Para Gamers!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, smartphone ini sudah didukung dengan jaringan 5G yang dimana penggunanya bisa merasakan dukungan dari kecerdasaan buatan yang biasa digunakan untuk meningkatkan kemampuan gaming, fotografi dan tren teknologi muktahir lainnya yang mendukung 5G.

Keunggulan smartphone Asus ROG Phone 5 ini ada pada GameCool 5 yang dimana berfungsi untuk meningkatkan sistem pendingin pada smartphone. Dengan begitu, kamu tidak akan merasakan lagi tuh smartphone yang overheat dan tidak perlu menggunakan aplikasi pendingin ketika kelamaan main game.

Layar AMOLED HDR10+, Bikin Visual Game Terlihat Nyata!

Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5 – Layar AMOLED HDR10+

Selain dibekali Qualcomm Snapdragon 888, smartphone Asus ROG Phone 5 juga memiliki visual game yang memanjakkan mata. Karena smartphone ini dilengkapi dengan layar AMOLED HDR10+ dengan 144Hz/1 ms, yang merupakan buatan dari Samsung.

Selain itu, touch sampling sudah rate 200Hz dan latensi sentuh 24,3 ms. Sehingga membuat layar smartphone Asus ROG Phone 5 ini lebih responsif dibandingkan series sebelumnya. Makanya gak heran ketika menggunakan smartphone ini untuk bermain game, game tersebut akan tampak terlihat nyaa.

Smartphone Gaming Anti Boros Baterai

Asus ROG Phone 5

Smartphone Gaming Anti Boros Baterai

Selanjutnya smartphone Asus ROG Phone 5 ini juga dibekali dengan baterai yang sangat besar yaitu 6000 mAh. Bukan hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan adaptor HyperCharge sebesar 65 watt. Kabarnya, fitur tersebut mampu mengisi baterai hingga 70% dalam waktu 30 menit doang!

Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot mepercepat pengisian baterai smartphone menggunakan aplikasi apapun dan perangkat tambahan lainnya. Karena selain termasuk smartphone dengan baterai yang besar, smartphone juga fast charging.

Asus ROG 5, Smartphone Gaming dengan Desain Simple dan Gahar!

Asus ROG Phone 5

Smartphone Gaming dengan Desain Simple dan Gahar!

Untuk tampilan dari smartphone ini pertama kali akan sangat terlihat simple, namun tetap memberikan kesan seperti yang gamers banget. Karena memang Asus ROG ini masih menggunakan filosopi desain bawaan ROG untuk gamer dan juga ROG Vision.

Nah, pada layar matriks di belakang smartphone juga terkesan sangat eksklusif. Karena saat kamu memainkan game online dan offline maka casing belakang akan menampilkan animasi yang tentunya sesuai dengan respon sistem dan aktivitas game.

Asus ROG Phone 5

Tampilan Belakang Asus ROG Phone 5

Oh iya, audio pada smartphone ini menggunakan sistem audio GameFX yang tentunya dilengkapi dengan pengeras suara ganda karena terdapat 7 magnet simetris.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan headphone jack ukuran 3,5 mm dan ESS DAC Hi-Fi Grade untuk medukung audio lossless. Selain itu, Asus ROG 5 sistem kontrol AirTrigger 5 telah ditingkatkan dari series sebelumnya dan untuk RAM-nya sendiri pun menggunakan LPDDR 5 18GB.

Spek Gaming Tapi Kamera Tak Kalah Gahar!

Asus ROG Phone 5

Spek Gaming Tapi Kamera Tak Kalah Gahar!

Walaupun smartphone ini diperuntukkan untuk gaming tapi jangan salah loh! Kamera yang dimiliki Asus ROG 5 ini bisa kamu andalkan. Bahkan bisa menjadi salah satu smartphone dengan kamera setara DSLR.

Kenapa demikian? Karena pada smartphone ini terdapat kamera dengan resolusi 64MP buatan Sony IMX686 tanpa OIS. Walaupun begitu, kamera smartphone ini dilengkapi dengan sensor OmniVision OC13B yang jangkauan penangkapnnya bisa mencapai 125 derajat.

Asus ROG Phone 5

Hasil Kamera Belakang Asus ROG Phone 5

Selain itu, terdapat kamera Macro dengan resolusi 5MP dan dilengkapi dengan OmniVision OV8856 baik untuk kamera belakang dan depan. Lalu terdapat kamera wide dengan resolusi 13 MP.

Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi sebesar 24MP. Hasil dari kamera ini cukup tajam. Bahkan warna yang dihasilkan juga begitu natural dan hasilnya juga bagus, alias gak kalah sama smartphone dengan kamera terbaik saat ini deh!

Hasil Kamera Belakang dan Depan Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5

Kamera Belakang Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5

Kamera Depan Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5

Kamera Mikro Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5

Kamera Wide Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5

Kamera Panorama Asus ROG Phone 5

Apa Kelebihan Asus ROG Phone 5?

Asus ROG Phone 5

Kelebihan Asus ROG Phone 5

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau salah satu kelebihan smartphone gaming dari Asus ROG Phone 5 ada pada sistem pendingin yang memiliki struktur termal optimal. Dimana CPU diletakkan di tengah perangkat dengan baterai di setiap sisinya. Sehingga panas yang dihasilkan smartphone akan tersebar di setiap sudutnya.

Selain itu, terdapat juga ruang uap 3D yang berasal dari lembar grafit. Ada juga sistem AeroActive Cooler 5 sebagai pendingin tambahan yang ditempatkan di tengah masuk dan keluarnya udara pada CPU.

Sistem tersebut juga dilengkapi dengan 2 tombol fisik tambahan yang memungkinkan penggunanya untuk bermain game menggunakan konsol. Kurang lebih terdapat 10 kontrol gerakan yang berbeda.

Asus ROG Phone 5

Asus ROG Phone 5

Apalagi smartphone ini juga menggunakan panel OLED 34 buatan Samsung. Sehingga warna dan kontras layar dari smartphone ini sangat nyaman. Karena memang smartphone ini sudah mendapatkan sertifikasi keamanan mata dari SGS Eye Care.

Selanjutnya terdapat sistem kontrol AirTrigger 5 yang dimana pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna Asus ROG Phone 5 lainnya dengan 4 cara berbeda. Oh iya, untuk warna desain Asus ROG Phone 5 ada dua warna yaitu hitam dan putih.

Pada box smartphone juga didesain khusus agar terkesan seperti game banget. Karena di dalamnya terdapat gambar comic salah satu karakter game. Selain itu, terdapat juga case tambahan untuk melindungi smartphone dari benturan.

Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 5

Buat kamu yang berencana membeli smartphone gaming, mungkin smartphone Asus ROG Phone 5 ini bisa menjadi pertimbangan. Nah, untuk menjadi bahan pertimbangan, kamu bisa cek spek Asus ROG Phone 5 berikut ini ya!

TypeAsus ROG Phone 5
Network TechnologyGSM/HSPA/LTE/5G
Body Dimensions172.8 x 77.3 x 10.3 mm (6.80 x 3.04 x 0.41 in)
Body Weight238 gram
Body BuildGlass front (Gorilla Glass Victus), glass back (Gorilla Glass 3), aluminum frame
SIMDual SIM (Nano SIM)
RGB light panel (on the back)
Pressure sensitive zones (Gaming triggers)
Display TypeAMOLED, 1B colors, 144Hz, HDR10+, 800 nits (typ), 1200 nits (peak)
Size6.78 inches, 109.5 cm2 (~82.0% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 2448 pixels (~395 ppi density)
ProtectionCorning Gorilla Glass Victus
OSAndroid 11, ROG UI
ChipsetQualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
CPUOcta-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3X2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
GPUAdreno 660
Memory EksternalTidak tersedia slot kartu
Memory Internal128GB/8GB RAM, 128GB/128GB RAM, 256GB/12GB RAM, 256GB/16GB RAM UFS 3.1
Kamera BelakangTriple Camera
– 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
– 13 MP, f/2.4, 11mm, 125˚ (ultrawide)
– 5 MP, f/2.0, (macro)LED flash, HDR, Panorama
Video = [email protected], [email protected]/60/120fps, [email protected]/60/120/240fps, [email protected]; gyro-EIS
Kamera DepanSingle Camera – 24MP, f/2.5, 27mm (wide), 0.9µm, Panorama, HDR

Video = [email protected]

WLANWiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
NFCTersedia
SensorsFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiLi-Po 600 mAh, non-removable

Charging = Fast charging 65W, 70% in 30 minutes, 100% in 52 minutes, Reverse charging 10W, Power Delivery 3.0, Quick Charge 5

WarnaPhantom Black dan Storm White
Harga– 128GB/8GB = Rp9.990.000,-
– 128GB/128GB = Rp11.349.000,-
– 256GB/12GB = Rp15.649.000,-
– 256GB/16GB = Rp14.490.000,-

So, itulah ulasan singkat mengenai HP ROG Phone 5. Kira-kira kamu bakalan membeli smartphone gaming ini gak? Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel ini ke teman-teman kamu, siapa tau mereka ingin membeli smartphone gaming.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top