Games

Sulit Dikalahkan! Ini Build Faramis Tersakit di Mobile Legends Saat Ini

Home / Games / Mobile Legends / Sulit Dikalahkan! Ini Build Faramis Tersakit di Mobile Legends Saat Ini

Build Faramis

Seperti yang Kita ketahui, pada Project Next ke-4 lalu. Moonton menerapkan revamp kepada beberapa hero, salah satunya kepada Faramis, Mobile Legends.  Yaps, hero yang dulu sangat sepi peminatnya kini telah menjelma menjadi seorang hero dengan role ganda yang memiliki kekuatan luar biasa.

Bahkan, kemampuannya yang dulu sering dianggap remeh, kini menjadi sebuah ketakutan tersendiri bagi beberapa pemain yang menjumpainya, khususnya dalam Rank Mode. Oleh sebab itu, kini Faramis sering kali menjadi langganan banned saat proses Draft Pick berlangsung.

Nah, seperti biasa. Pada kesempatan kali ini, TipsPintar ingin memberikan Kamu rekomendasi build Faramis terbaik yang dapat mendukung setiap kemampuan skill dari hero ini.

So, daripada Kamu semakin penasaran. Langsung aja cek ulasan berikut ini dengan baik, tanpa melewatkan satu pembahasan apapun ya!

Faramis, Hero Lama yang Bangkit Kembali

Faramis, Hero Lama yang Bangkit Kembali

Faramis, Hero Lama yang Bangkit Kembali

Semenjak perilisannya, Faramis memang tidak terlalu mendapat sambutan yang meriah oleh para player Mobile Legends. Padahal, hero yang masih memiliki hubungan dengan hero Vexana ini, mempunyai kemampuan yang berpotensi besar untuk menghasilkan kemenangan dalam tim.

Yaps, dia memiliki skill yang dapat membangkitkan anggota teman atau dirinya sendiri dari kematian! Akan tetapi, ternyata kemampuan tersebut masih belum bisa mengangkat Faramis sebagai salah satu hero Support terbaik pada masa itu.

Nah, pada Project Next 4 lalu. Faramis mendapatkan perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari visual sampai setiap kemampuannya.

Contohnya, dari kemampuan Ultimate-nya yang dulu dapat membangkitkan teman satu tim dari kematian, kini telah berubah konsep, dimana saat Faramis mengaktifkan kemampuan Ultimate-nya, maka teman satu tim yang berada di sekitar Faramis akan mendapatkan HP tambahan dan kemampuan untuk “Bertahan Hidup” termasuk bagi Faramis sendiri.

Nah, untuk info lengkapnya, Kamu bisa langsung simak ulasan yang satu ini ya.

Build Item Faramis Tersakit

Sebelum Kita membahas kemampuan dari Faramis. Kamu juga perlu tau nih, kira-kira build apa saja yang tepat untuk mendukung setiap kemampuan yang dimiliki oleh Faramis. Di antaranya sebagai berikut ini:

Build Faramis Paling Sakit

Build Faramis Tersakit

Build Faramis Tersakit

Dengan build Paling Sakit ini, Faramis akan memiliki serangan Magic Damage yang sangat besar.

  • Arcane Boots: Meningkatkan Movement Speed dan Magical PEN milik Faramis.
  • Clock of Destiny: Meningkatkan Magic Power, jumlah HP, Mana, sehingga membuat Faramis tidak akan mudah kehabisan Mana saat sedang menyerang hero lawan.
  • Lightning Truncheon: Meningkatkan Magic Power, Mana, Cooldown Reduction, dan bisa memperkuat serangan skill Faramis.
  • Divine Glaive: Meningkatkan Magic Power, Magical PEN, serta membuat Faramis mampu menghancurkan Magical Defense milik lawan dengan mudah.
  • Holy Crystal: Meningkatkan Magic Power yang tinggi sehingga membuat Faramis bisa memberikan damage yang sakit ke hero lawannya.
  • Dominance Ice: Meningkatkan Mana, Physical Defense, Movement Speed, Cooldown Reduction, dan membuat Faramis dapat bertahan dengan baik dari serangan hero lawannya yang memiliki Attack Speed tinggi.

Build Faramis Semi Tank

Build Faramis Semi Tank

Build Faramis Semi Tank

Build item ini membuat Faramis memiliki Magic Damage yang cukup untuk menyerang serta pertahanan yang cukup kuat, dengan begitu dia akan sulit untuk dikalahkan.

  • Tough Boots – Dire Hit: Build hero Mobile Legends ini bisa meningkatkan Movement Speed, Magical Defense, mengurangi efek Crowd Control yang diterima Faramis, sekaligus membuat damage yang diberikan Faramis bisa lebih sakit.
  • Dominance Ice: Meningkatkan Mana, Physical Defense, Movement Speed, Cooldown Reduction, serta membuat Faramis bisa counter hero lawan yang memiliki Attack Speed yang tinggi dengan mudah.
  • Athena’s Shield: Meningkatkan jumlah HP, Magical Defense, HP Regen, dan membuat Faramis bisa menahan serangan Magic Burst Damage tinggi yang diberikan lawan.
  • Enchanted Talisman: Meningkatkan Magic Power, HP, Cooldown Reduction, serta membuat Faramis bisa lebih sering melakukan spam skill, serta Mana miliknya bisa terisi kembali.
  • Immortality: Meningkatkan jumlah HP, Physical Defense, dan membuat Faramis bisa bangkit kembali setelah berhasil dikalahkan oleh lawannya.
  • Antique Curaiss: Meningkatkan  jumlah HP, Physical Defense, HP Regen, serta membuat Faramis bisa counter hero lawan yang mengandalkan skill untuk memberikan damage besar.

Build Faramis Anti Cooldown

Build Faramis Cooldown Singkat

Build Faramis Cooldown Singkat

Build Anti Cooldown ini membuat Faramis bisa mengeluarkan skill dengan waktu cooldown yang cukup cepat.

  • Magic Shoes: Meningkatkan Movement Speed dan bisa mengurangi durasi Cooldown dari skill Faramis.
  • Enchanted Talisman: Meningkatkan Magic Power, HP, Cooldown Reduction, dan membuat Faramis bisa lebih sering melakukan spam skill, serta Mana miliknya bisa terisi kembali.
  • Fleeting Time – Setelah mendapatkan kill atau assist, item ini mengurangi cooldown skill ultimate Faramis sebanyak 35%.
  • Necklace of Durance – Item ini dapat berfungsi untuk mengurangi efek regen HP lawan serta mengurangi durasi cooldown skill.
  • Dominance Ice – Selain memberikan tambahan Mana, item ini juga dapat menangkal serangan critical lawan.
  • Thunder Belt – Setelah menggunakan skill, item ini memberikan True Damage tambahan 2% dari Total HP serta memperlambat gerakan musuh yang ada di sekitar.

Nah, itulah beberapa rekomendasi build Faramis yang bisa kamu gunakan. Pilih build sesuai dengan keadaan tim dan lawan yang dihadapi ya!

Penjelasan Skill Faramis dan Cara Combonya

Pembahasan Skill Faramis

Pembahasan Skill Faramis

Faramis merupakan hero Support/Mage yang memiliki beberapa skill terbaik, seperti Vicious Retrieval, Shadow Stampede, Ghost Bursters, dan Cult Altar.

Skill Pasif: Vicious Retrieval

Vicious Retrieval

Vicious Retrieval

Dengan skill pasif ini. Setiap 4 detik, Serangan dari skill Faramis berikutnya yang mengenai hero lawan akan meninggalkan Soul Fragment di lokasi. Nantinya, Faramis dapat menyerap Soul Fragment untuk memulihkan 100 (+50% Total Magic Power) HP dan memperoleh 2 Magic Power tambahan (hingga 40 Stack).

Ketika tereliminasi, dia akan menggunakan Soul Fragment yang diserap untuk mengurangi cooldown Respawn, setiap Soul Fragment mengurangi jangka waktu sebesar 3% (hingga 90%). Lawan yang tereliminasi di sekitar Faramis juga memiliki peluang untuk meninggalkan Soul Fragment.

Skill 1: Shadow Stampede

Shadow Stampede

Shadow Stampede

Pada skill 1 ini, Faramis akan memasuki mode Shadow selama 3 detik, memperoleh 70% Movement Speed tambahan, 50 Physical & Magical Defense tambahan, meningkatkan jangkauan penyerapan Soul Fragment, dan kemampuan untuk bergerak melewati obstacle.

Hero lawan yang melakukan kontak dengan Faramis dalam mode ini akan menerima 250 (+60% Total Magic Power) Magic Damage dan memberikan Nether Mark.

Setiap hero lawan terkena hit, akan mengurangi cooldown skill ini sebesar 20%. Setelah meninggalkan mode Shadow, Faramis menarik semua hero lawan yang memiliki Mark kepada dirinya dan akan memberikan 250 (+60% Total Magic Power) Magic Damage kepada mereka.

(Gunakan Kembali): Faramis meninggalkan mode Shadow lebih awal dan menarik lawan yang memiliki Mark menuju dirinya.

Skill 2: Ghost Bursters

Ghost Bursters

Ghost Bursters

Pada skill 2 ini, Faramis akan mengumpulkan Nether Energy dalam area berbentuk kipas di depannya, memberikan 285 (+125% Total Magic Power) Magic Damage kepada lawan di dalamnya. Energy tersebut kemudian akan terbagi dan memantul ke lawan di sekitar, memberikan 175 (+65% Total Magic Power) Magic Damage (terbagi hingga sebanyak 3 kali pada hero lawan yang terkena hit dan 1 kali pada lawan non-hero yang terkena hit).

Skill 3: Cult Altar

Cult Altar

Cult Altar

Pada kemampuan Ultimate ini, Faramis akan mengubah area sekelilingnya menjadi Nether Realm selama 5 detik, meningkatkan penyerapan Soul Fragment serta memberikan 400 + 15 (+5% Total Magic Power)% HP tambahan dan Movement Speed tambahan sebesar 50% kepada hero satu tim yang terkena efek dan dirinya sendiri selama 1 detik.

Ketika HP tambahan berkurang, hero akan langsung memasuki mode Resurrection, di mana tidak dapat bergerak atau menyerang, namun kebal terhadap damage selama 1,3 detik.

Nah, kemampuan inilah yang mendapatkan perubahan pada Project Next 4 yang dilakukan oleh Moonton.

Cara Combo Menggunakan Faramis

Untuk melakukan combo menggunakan Faramis, mula-mula kamu harus mengeluarkan skill Shadow Stampede (Skill 1), usahakan memberikan tanda ke lawan lalu tarik mereka ke anggota tim.

Gunakan skill Ghost Bursters (Skill 2) untuk mencicil darah lawan. Jika musuh terpancing untuk melakukan war, keluarkan skill Cult Altar (Skill 3) agar Faramis dan anggota tim yang terbunuh bisa bangkit kembali.

Sehingga apabila diurutkan akan menjadi:

Skill 1 > Skill 2 > Skill 3

Harga Hero Faramis

Nama HeroBattle PointDiamondTicket
Faramis32.000599

Baca JugaDaftar Harga Hero Mobile Legends

Rekomendasi Set Emblem untuk Faramis

Emblem Mage Faramis

Emblem Mage Faramis

Untuk set emblem yang harus digunakan oleh Faramis, kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan Custom Mage Emblem dengan pengaturan talent yang ada pada gambar.

Emblem Faramis

Emblem Faramis

Tapi, Kamu juga dapat menggunakan Custom Support Emblem untuk mengoptimalkan peranmu sebagai Support/Roamer in game.

Rekomendasi Battle Spell untuk Faramis

1. Flicker

Flicker

Flicker

Untuk rekomendasi Battle Spell, kami menggunakan Spell Flicker. Tentu hal ini bertujuan agar Faramis bisa menghindar dari sergapan lawan.

2. Flameshot

Flameshot

Flameshot

Selain Flicker, Kamu juga dapat menggunakan Battle Spell Flameshot untuk memberikan Damage tambahan kepada lawan yang dalam posisi sekarat dan sedang berusaha melarikan diri.

Kamu juga bisa membuat lawan menjauh dari Faramis dengan menggunakan Spell ini. Sebab jika dari jarak dekat, Spell ini dapat memberikan efek Knockback yang akan membuat lawan terdorong dan menjauh dari posisi Kamu.

Cara Mudah Menggunakan Hero Faramis

Nah, berikut ini penjelasan lengkap cara menggunakan Faramis agar kamu semakin jago ketika memainkannya.

1. Kumpulkan Stack Sebaik-Baiknya

Manfaatkan Skill Pasif Sebaik-baiknya

Manfaatkan Skill Pasif Sebaik-baiknya

Seperti yang dijelaskan tadi, skill pasif milik Faramis membuat setiap unit lawan yang didekat mati akan menghasilkan jiwa yang tertinggal.

Jika Faramis mengambil jiwa tersebut, akan memulihkan HP miliknya serta memberikan damage ke unit lawan terdekat. Selain itu, Cooldown Respawn Faramis juga akan semakin singkat, jika stack mencapai batas maximal.

Tentu skill pasif tersebut sangat menguntungkan ya, karena bisa mempercepat proses Respawn Faramis ketika ia kalah dalam pertarungan.

2. Tarik Hero Lawan

Tarik lawan dengan Skill 1

Tarik lawan dengan Skill 1

Skill Shadow Stempede (Skill 1) milik Faramis bisa digunakan untuk menarik hero lawan. Tentunya skill ini cocok untuk melakukan ganking.

Hanya saja, setelah memberikan Mark kepada unit lawan jangan terlalu jauh dari unit lawan tersebut. Karena ada jangkauan tertentu untuk Faramis bisa menarik unit lawan.

3. Gunakan Cult Altar Saat War

Aktifkan Ultimate Saat War

Aktifkan Ultimate Saat War

Cult Altar (Skill 3) sangat berguna ketika terjadi war. Jika lawan telah membuka serangan, gunakanlah kemampuan ini untuk memberikan HP serta kemampuan untuk bertahan hidup lebih kepada tim dan Faramis sendiri.

Skill ini tentunya dapat memberikan kesempatan bagi teman satu tim untuk memberikan perlawanan tanpa takut kalah, sebab ada proteksi dari area Ultimate Faramis tersebut.

Tips dan Trik Mudah Mengalahkan Faramis

Meskipun memiliki skill yang begitu mematikan, nyatanya Faramis tetap mudah untuk dikalahkan loh. Cukup ketahui kelebihan dan kelemahan dari hero ini, maka kamu dapat dengan mudah menghabisinya.

1. Kelebihan Faramis

  • Skill yang dimilikinya cocok untuk ganking atau war.
  • Memiliki HP Regen yang cukup tinggi berkat skill pasifnya.
  • Magic damage area yang besar.

2. Kelemahan Faramis

  • Sebelum mengeluarkan skill, harus memastikan timing yang pas terlebih dahulu.
  • Memiliki HP yang tipis.

3. Hero yang Dapat Mengalahkan Faramis

Itu tadi beberapa kelebihan serta kelemahan dari Faramis, selanjutnya mari kita bahas beberapa hero yang dapat mengalahkannya.

Berikut ini beberapa hero yang dapat mengalahkan Faramis berdasarkan masing-masing role-nya.

Hero Marksman: Hanabi

Hanabi

Hanabi

Hero Marksman yang dapat mengalahkan Faramis dengan mudah adalah Hanabi. Ketika berhadapan dengan Faramis, aktifkan skill Ninjutsu: Petal Barrage (Skill 1) untuk meningkatkan serangan.

Lalu tangkap Faramis menggunakan skill Forbidden Jutsu: Higanbana (Skill 3). Serang Faramis menggunakan basic attack, akhiri dengan Ninjutsu: Soul Scroll (Skill 2).

Sehingga apabila diurutkan akan menjadi:

Skill 1 > Skill 3 > Basic Attack > Skill 2

Hero Assassin: Natalia

Natalia

Natalia

Hero Assassin yang dapat mengalahkan Faramis dengan mudah adalah Natalia. Mula-mula Natalia harus masuk ke mode Stealth berkat skill pasifnya.

Cari Faramis  secara diam-diam, lalu gunakan basic attack untuk membuatnya silence selama beberapa detik.

Gunakan skil Smoke Bomb (Skill 2), lalu cakar Faramis menggunakan skill Cold-blooded Strangling (Skill 3). Akhiri dengan skill Claw Dash (Skill 1) sekaligus untuk melarikan diri.

Sehingga apabila diurutkan akan menjadi:

Mode Pasif > Basic Attack  > Skill 2 > Skill 3 > Skill 1

Hero Fighter: Martis

Martis

Martis

Martis merupakan salah satu hero Fighter yang dapat mengalahkan Faramis dengan mudah. Ketika berhadapan dengan Faramis, tangkap dia menggunakan skill Ashura Aura (Skill 1).

Lalu serang menggunakan skill Mortal Coil (Skill 2), serang menggunakan basic attack. Ketika darah Faramis sudah hampir sekarat, akhiri dengan skill Decimate (Skill 3).

Sehingga apabila diurutkan akan menjadi:

Skill 1 > Skill 2 > Basic Attack > Skill 3

Hero Mage: Selena

Selena

Selena

Selena merupakan salah satu hero Mage yang dapat mengalahkan Faramis. Ketika dalam mode Elven (Mage) gunakan skill Abyssal Trap (Skill 1 Mode Elven), dan arahkan pada Faramis.

Keluarkan skill Abyssal Arrow (Skill 1 Mode Elven) untuk menyerang Faramis dan membuatnya terkena efek stun. Cepatlah berubah menjadi mode Abyss menggunakan skill Primal Darkness(Skill 3 Mode Elven).

Serang Faramis menggunakan skill Garotte (Skill 2 Mode Abyss). Akhiri menggunakan skill Soul Eater (Skill 1 Mode Abyss).

Sehingga apabila diurutkan akan menjadi:

Skill 1 (Mode Elven) > Skill 2 (Mode Elven) > Skill 3 (Mode Elven) > Skill 2 (Mode Abyss) > Skill 1 (Mode Abyss)

Nah, itulah build Faramis Mobile Legends, skill, serta cara menggunakannya. Gimana? Cukup mudah kan menggunakan Faramis? Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Baca Juga Build Item Hero Mobile Legends Lainnya:

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihatnya dengan klik link ini.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top