Android

Cara Edit Video Jedag Jedug di CapCut, Mudah dan Keren!

Home / Android / Tips / Cara Edit Video Jedag Jedug di CapCut, Mudah dan Keren!

Cara Edit Video Jedag Jedug

Dengan mengetahui cara edit video jedag jedug di CapCut, kamu bisa mengikuti tren yang sedang populer, karena membuat video jedag jedug bisa dibilang sebagai ide konten media sosial terbaik saat ini.

Tak hanya ada video yang lucu di TikTok, namun saat ini sudah ada berbagai jenis konten yang unik dan menarik banyak perhatian orang seperti video jedag jedug.

Video jedag jedug sendiri memiliki ciri khas seperti gambar atau video dengan ruangan yang di dalamnya terdapat cahaya kedap-kedip.

Selain itu, dentuman musik dengan beat cepat seperti musik remix atau DJ menjadikan video jedag jedug menjadi lebih unik dan menarik. Keunikan tersebut membuat video jedag jedug menjadi viral di berbagai media sosial.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, tidak perlu khawatir. Sebab, kali ini TipsPintar akan memberitahu kamu cara membuat dan edit video jedag jedug yang keren.

Penasaran kan? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini sampai habis!

Cara Edit Video Jedag Jedug Terbaru 2022

Untuk bisa melakukan editing video ala jedag jedug, tentunya kamu membutuhkan aplikasi edit video yang mendukung. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit video di hp ala jedag jedug adalah CapCut.

Sebab, CapCut sendiri merupakan salah satu aplikasi yang populer saat ini karena sering digunakan, baik untuk edit video jedag jedug maupun edit video yang akan diposting ke TikTok.

1. Aplikasi CapCut

CapCut

CapCut

Bisa dibilang saat ini sudah banyak yang menggunakan aplikasi CapCut sebagai media untuk mengedit video.

Mungkin beberapa dari kalian mengira kalau video-video unik dan keren seperti jedag jedug yang ada di TikTok itu diedit langsung dari dalam aplikasi.

Sebenarnya ada yang seperti itu, hanya saja tidak sedikit juga video yang ada di TikTok itu di-edit menggunakan aplikasi tambahan seperti CapCut.

Cara Edit Jedag Jedug CapCut

Untuk cara edit video jedag jedug menggunakan aplikasi CapCut pun cukup mudah. Nah, berikut ini cara edit video jedag jedug di CapCut yang bisa kamu coba.

  • Pertama-tama, jika kamu belum download aplikasi CapCut, kamu bisa download aplikasi CapCut terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store > Lalu siapkan musik atau lagu yang cocok untuk dijadikan backsound seperti musik DJ dan Remix.
Download Aplikasi CapCut

Download Aplikasi CapCut

  • Setelah itu, buka aplikasi CapCut dan tekan menu Proyek Baru > Kemudian pilih foto atau video yang ingin di-edit dan tekan tombol Tambah.
Buat Proyek dan Masukkan Gambar untuk dijadikan Jedag Jedug

Buat Proyek dan Masukkan Gambar untuk dijadikan Jedag Jedug

  • Selanjutnya kamu bisa beralih ke bagian paling belakang editing untuk menghapus Watermark CapCut dengan klik menu Hapus > Lalu balik lagi ke bagian awal dan masukkan musik yang ada dijadikan sebagai backsound.
Hapus Watermark dan Masukkan Musik ke dalam Video

Hapus Watermark dan Masukkan Musik ke dalam Video

  • Untuk musik, di CapCut kamu tidak hanya bisa mengambilnya dari format audio saja, tapi kamu juga bisa mengambil backsound dari video yang kamu download dari TikTok maupun media sosial lainnya. Caranya adalah dengan klik menu Audio > Pilih menu Diekstrak.
Klik Audio dan Pilih Menu Diekstrak

Klik Audio dan Pilih Menu Diekstrak

  • Lalu pilih video yang ingin kamu ambil musiknya dan tekan tombol Impor Suara Saja. Dengan begitu, musik yang ada di video sebelumnya akan otomatis menjadi backsound. Setelah itu, kamu bisa perpanjang durasi videonya dengan geser gambar ke arah kanan sampai bagian akhir musik.
Pilih Video Tekan Impor suara saja dan Penuhkan Durasi Musik

Pilih Video, Tekan Impor suara saja dan Penuhkan Durasi Musik

  • Kemudian kamu bisa buat beat-nya terlebih dahulu agar bisa dijadikan jedag jedug dengan cara tekan bagian Layer musik dan pilih menu Gbg potongan. Lalu play musik dengan tekan icon play dan klik tombol Tambahkan irama saat sesuai dengan dentuman irama musiknya. Jika ingin membuat beat secara otomatis, kamu bisa geser toggle Buat otomatis ke arah kanan. Setelah selesai, tekan icon ceklis.
Pilih Menu Gbg potongan dan Geser Toggle Buat Otomatis

Pilih Menu Gbg potongan dan Geser Toggle Buat Otomatis

  • Berikutnya kamu bisa potong video sesuai dengan beat menjadi beberapa bagian dengan tekan video, dan pilih menu Bagi saat garis berada tepat pada titik kuning beat. Lakukan hal tersebut sampai durasi video habis.
Bagi atau Potong Video menjadi Beberapa Bagian

Bagi atau Potong Video menjadi Beberapa Bagian

  • Setelah itu, masukkan efek video di bagian awal dengan cara kembali ke menu awal dan tekan bagian efek > Lalu pilih menu Efek video.
Tekan Bagian Efek dan Pilih Menu Efek Video

Tekan Bagian Efek dan Pilih Menu Efek Video

  • Kemudian kamu bisa pilih efeknya sesuai dengan selera kamu. Jika sudah selesai memilih, klik icon ceklis dan penuhkan efek video sampai bertemu dengan beat atau potongan video lainnya. Apabila ingin menambahkan efek lagi, kamu cukup tekan menu Efek video dan pilih efeknya lagi.
Pilih Efek dan Penuhkan Efek Sampai ke Potoangan Video Berikutnya

Pilih Efek dan Penuhkan Efek Sampai ke Potongan Video Berikutnya

  • Nah, pada bagian ini kamu sudah masuk ke jedag jedug dan kamu bisa menambahkan efek jedag jedug nya dengan klik layer video dan pilih menu Animasi > Lalu tekan menu Kombo.
Tekan Menu Animasi dan Pilih yang Kombo

Tekan Menu Animasi dan Pilih yang Kombo

  • Pilih efek Kombo yang kamu inginkan. Setelah selesai, klik icon ceklis. Kemudian, ulangi langkah memilih efek jedag jedug ini sampai durasi video habis.
Pilih Efek Kombo dan Ulangi Sampai Durasi Video Habis

Pilih Efek Kombo dan Ulangi Sampai Durasi Video Habis

  • Setelah selesai, kamu bisa menambahkan efek jedag jedug lagi yang lebih keren dengan kembali ke bagian awal edit dan tekan menu Efek video. Lalu pilih bagian efek Pesta yang menurutmu paling keren. Setelah selesai, klik icon ceklis dan kamu bisa atur efek Pesta nya hingga durasi video habis.
Tekan Menu Efek Video dan Pilih yang Pesta

Tekan Menu Efek Video dan Pilih yang Pesta

  • Berikutnya, kamu bisa berikan transisinya dengan klik icon kotak putih pemisah antara video 1 dan 2 > Pilih efek transisinya yang kamu inginkan. Ketika sudah memilih, klik icon ceklis.
Klik Icon Putih dan Pilih Efek Transisi

Klik Icon Putih dan Pilih Efek Transisi

  • Jika sudah selesai melakukan proses editing, kamu bisa save videonya dengan klik icon tanda panah yang mengarah ke atas yang ada di bagian pojok kanan atas. Tunggu beberapa saat hingga proses download nya selesai. Jika sudah, maka video jedag jedug kamu akan otomatis tersimpan ke galeri kamu.
Video Jedag Jedug Selesai di Edit

Video Jedag Jedug Selesai di Edit

Fitur CapCut

Edit

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk memperpanjang atau memperpendek durasi video. Untuk cara menggunakannya, kamu cukup gerakkan dua jari tanganmu pada gambar atau video untuk mengatur ukurannya.

Selain itu, di dalam fitur Edit, kamu juga akan menemukan fitur Split, Animation, dan Remove Background.

Audio

Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa kamu gunakan untuk menambahkan audio ke dalam video.

Ada beberapa pilihan audio, seperti Suara (isinya lagu-lagu populer), Efek (berisi suara seperti Penampilan, Tertawa, Bertarung, dan lain sebagainya), Diekstrak (untuk mengimpor musik dari Ponsel mu), dan Rekam (untuk merekam suaramu sendiri).

Text

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menambahkan teks ke dalam video. Fitur di dalamnya cukup lengkap.

Kamu bisa bikin teks dengan berbagai jenis Font, Warna, Background, dan lain sebagainya. Ada juga fitur Text Template untuk membuat teks dengan animasi terbaik.

Effect

Fitur ini ada 2 opsi yang kamu pilih, seperti Video Effects dan Body Effects. Video Effects dilengkapi dengan Filter video populer. Sementara Body Effects berisi efek AR yang hanya bisa digunakan untuk gambar atau foto manusia saja.

Filters

Fitur ini menghadirkan beragam filter yang bisa kamu gunakan untuk video. Ada beragam filter yang bisa kamu pilih, seperti Life, Food, Movies, Nature, Retro, B&W, dan lain sebagainya.

Adjust

Fitur ini cukup menarik. Sebab, di fitur ini kamu bisa mengatur kecerahan, kontras, saturasi warna, ekspor, hingga Highlight video secara manual.

Shortcut

Fitur ini bisa kamu temukan di dalam tab Edit. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat video dengan efek animasi dan sound tertentu.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu tinggal pilih beberapa video atau foto tertentu, kemudian pilih efek animasi dan audio yang sudah disediakan.

Template

Fitur ini terletak pada halaman pertama saat kamu membuka aplikasi CapCut. Posisinya ada di samping kanan menu Edit. Berbeda dengan menu Edit, di menu Template ini kamu bisa edit video secara otomatis.

Hal tersebut dikarenakan fitur Template menyediakan berbagai template video yang sedang populer.

Di fitur ini, kamu cukup pilih template, lalu masukkan video atau gambar ke dalam template yang sudah kamu pilih.

Setelah itu, video atau gambar kamu akan secara otomatis dilengkapi dengan efek dan audio dari template tersebut. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot edit video secara manual.

2. Aplikasi Edit Video Jedag Jedug Lainnya

Tidak hanya CapCut saja, namun saat ini juga sudah ada berbagai aplikasi edit video jedag jedug yang bisa kamu coba.

Bisa dibilang video jedag jedug memiliki penggemarnya tersendiri, sehingga bisa menjadi viral di berbagai media sosial media, seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Sebenarnya bisa saja kamu edit video di dalam aplikasi TikTok nya langsung, hanya saja fitur editing yang ada di TikTok tak selengkap seperti aplikasi edit video.

Jika kamu menggunakan aplikasi edit video tambahan, tentunya kamu bisa mendapatkan hasil video ala jedag jedug yang lebih maksimal dan keren.

Berikut ini aplikasi edit video jedag jedug yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

Alight Motion

Alig Motion

Alight Motion

Aplikasi edit video jedag jedug yang satu ini hampir sama dengan aplikasi After Effect. After Effect sendiri merupakan aplikasi editing video dan pembuatan animasi yang ada di perangkat PC.

Dengan menggunakan aplikasi Alight Motion, kamu bisa membuat video Motion Graphic serta animasi yang unik dan keren hanya melalui Smartphone saja.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat video jedag jedug dengan sangat mudah di aplikasi Alight Motion ini.

Sebab, aplikasi ini memiliki fitur canggih yang bisa menyesuaikan beat dengan irama lagunya secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuat beat secara manual.

Tak ketinggalan, dalam aplikasi edit video jedag jedug Alight Motion juga terdapat beberapa fitur menarik lainnya, seperti pengaturan warna, KeyFrame, dan masih banyak lagi lainnya.

Nama AplikasiAlight Motion
DeveloperAlight Creative, Inc.
Ukuran Aplikasi62 MB
Link Download

VN Video Editor

VN Video Editor

VN Video Editor

VN Video Editor merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik yang bisa digunakan untuk membuat video jedag jedug dengan hasil yang bagus.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini didukung dengan berbagai fitur, diantaranya adalah Masking, Zoom, Masking, KeyFrame, fitur mengatur kecepatan video, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video jedag jedug dengan hasil yang maksimal, karena bisa menambahkan gambar, tulisan, serta dekorasi lainnya.

Di aplikasi VN Video Editor ini juga terdapat beragam pilihan jenis Font yang bisa kamu manfaatkan untuk memperbagus video.

Nama AplikasiVN Video Editor
DeveloperUbiquiti Labs, LLC
Ukuran Aplikasi120 MB
Link Download

VivaCut

VivaCut

VivaCut

Aplikasi edit video jedag jedug berikutnya adalah VivaCut. Aplikasi yang bisa digunakan secara gratis ini dapat kamu akses menggunakan Smartphone Android maupun iPhone.

Tidak hanya gratis,  di aplikasi ini kamu juga tetap bisa editing video dengan hasil yang bagus dan keren. Hal itu dikarenakan aplikasi VivaCut dilengkapi dengan berbagai efek serta transisi yang unik dan menarik.

Cara editing video jedag jedug di aplikasi yang satu ini juga tergolong mudah. Kamu cukup mengkombinasikan beat dan dentuman musik dengan menambahkan VFX serta efek transisi yang sudah disediakan.

Dalam aplikasi VivaCut terdapat ratusan VFX dan transisi, sehingga kamu tidak akan kehabisan pilihan dan bisa menghasilkan video jedag jedug yang keren.

Nama AplikasiVivaCut
DeveloperHangzhou Qumeng Technology Co., Ltd
Ukuran Aplikasi54 MB
Link Download

KineMaster

KineMaster

KineMaster

Untuk kamu yang ingin edit video jedag jedug di perangkat Android dan iOS, kamu bisa coba aplikasi edit video ini bernama KineMaster.

Aplikasi ini tidak kalah bagus dibanding dengan aplikasi edit video jedag jedug lainnya. Sebab, KineMaster memiliki variasi efek sekaligus transisi yang cukup banyak dan dapat kamu kombinasikan satu sama lain.

KineMaster sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali di layanan Google Play Store dan mendapatkan rating 4.5. Di aplikasi ini, kamu bisa edit video ala jedag jedug dengan sangat mudah.

Kamu hanya cukup buka pengeditan videonya, lalu masukkan videonya, kemudian dikombinasikan dengan berbagai efek visual, audio, dan tambahkan teks sekaligus transisi lainnya agar bisa menghasilkan video yang bagus.

Jika merasa kurang puas dengan fitur yang bisa digunakan secara gratis, kamu bisa upgrade aplikasi KineMaster nya dengan berlangganan versi KineMaster Pro, agar dapat mengakses efek, transisi, dan lain sebagainya yang lebih keren.

Nama AplikasiKineMaster
DeveloperKineMaster Corporation
Ukuran Aplikasi63 MB
Link Download

InShot

InShot

InShot

InShot adalah salah satu alternatif aplikasi edit video jedag jedug yang bisa kamu gunakan secara offline.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam beat lagu jedag jedug, efek, sekaligus transisi yang bisa kamu gunakan tanpa harus bayar, alias gratis.

Tidak hanya itu, di aplikasi InShot ini kamu juga bisa membuat video jedag jedug hanya dengan sekali klik saja.

Saat kamu mengaktifkan fitur auto edit video, maka sistem pada aplikasi InShot akan melakukan kerjanya, seperti memasukkan efek dan transisi jedag jedug secara otomatis ke dalam video, sesuai dengan dentuman beat dari lagu yang kamu pilih.

Nama AplikasiInShot
DeveloperInShot inc.
Ukuran Aplikasi41 MB
Link Download

Penutup

Itulah cara edit video ala jedag jedug menggunakan aplikasi CapCut serta beberapa aplikasi edit video jedag jedug selain CapCut yang bisa kamu coba.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman sepermainan kalian ya agar bisa menjadi referensi mereka yang ingin mengetahui cara edit video jedag jedug yang mudah dan keren. Semoga bermanfaat!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top