Smartphone

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 7

Xiaomi merupakan salah satu brand asal China yang perkembangan penjualannya semakin hari semakin meningkat. Xiaomi memproduksi beberapa produk elektronik seperti smartphone, powerbank, smartwatch dan headset.

Produk Xiaomi kini menjadi produk yang kemungkinan ditirunya semakin meningkat. Contohnya banyak HP Xiaomi palsu yang telah didistribusikan dan dikirim ke seluruh dunia.

Nah! biasanya masyarakat pengguna gadget sulit membedakan HP Xiaomi asli dengan Xiaomi palsu, karena kemiripannya yang hampir 95%.

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu

Nah kali ini TipsPintar.Com akan mengulas beberapa Tips Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu agar kamu tidak lagi tertipu dengan distributor yang menjual produk HP Xioami Palsu, jadi disimak yaa artikel ini!

1. Aplikasi Verifikasi Xiaomi

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 8

MI Verification

Xiaomi telah meluncurkan aplikasi Android resminya untuk membantu kamu pengguna smartphone Xiaomi agar dengan mudah memeriksa apakah ponsel MI yang kamu miliki palsu atau asli.

Cara adalah pertama kamu harus men-download dan install aplikasi MI Verification, selanjutnya dengan laptop atau PC kamu bisa buka situs resminya www.jd.mi.com dan cobalah untuk memindai QR Code. Tunggu sampai aplikasi memverifikasi Ponsel Xiaomi kamu.

2. Periksa Label Otentikasi

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 9

Kode IMEI

Cara kedua dengan memeriksa label otentikasi atau kode IMEI pada dus HP Xioami. Pada belakang dus terdapat 15 digit kode IMEI dan selanjutnya kamu bisa membuka situs resmi dari Xiaomi yaitu www.mi.com/verify.

Selanjutnya kamu input kode IMEI dan masukkan juga kode security dan klik verify. Jika kode tersebut sudah di verify 1 kali, berarti HP Xiaomi kamu asli dan jika hasil verify lebih dari 1 kali berarti kode tersebut sudah di duplikat dengan kode IMEI HP Xiaomi yang asli dan dipastikan HP Xiaomi yang kamu miliki itu palsu.

3. Periksa Versi ROM MIUI

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 10

MIUI Version

Cara ketiga yang perlu kamu ketahui bahwa Ponsel Xiaomi palsu akan diproduksi atau dikirim dengan Custom Android ROM. Kamu bisa memeriksa ROM tersebut dengan masuk ke menu Settings > About Phone.

Pada bagian itu tertera detail ROM yang digunakan. Nah jika ROM yang digunakan berbeda dengan ROM yang seharusnya digunakan pada smartphone Xiaomi kamu, sudah dipastikan bahwa smartphone Xiaoami kamu palsu.

Kamu juga bisa dengan mudah mengetahui Versi ROM yang digunakan pada smartphone Xiaomi kamu dengan mengunjungi situs resmi MIUI atau dengan mencari tahu spesifikasinya di Google.

4. Install Pembaharuan ROM MIUI

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 11

Perbaharui ROM MIUI

Nah! yang perlu kamu ketahui bahwa OEM tidak memproduksi perangkat MI Palsu. Jadi cara mengetahuinya adalah pada saat install pembaharuan ROM pada HP Xiaomi. Sistem secara otomatis akan melakukan pengecekkan paramater dari sistem tertentu.

Sistem juga akan memastikan nama kode perangkat, koordinasi hardware dan sebagainya. Namun, jika proses penginstallan pembaharuan terus menerus gagal sudah dipastikan ROM MIUI tidak dirancang pada ponsel Xiaomi tersebut.

Dan ini akan membuktikan, apakah benar Xiaomi tersebut asli atau palsu? Kamu bisa mengecek pembaharuan dengan masuk ke menu Settings > About Phone >  System Updates, setelah itu sistem menginformasikan perbaharuan pada ponsel Xiaomi.

5. Periksa Fisik HP Xioami

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 12

Tampilan Fisik HP Xiaomi

Cara kelima merupakan cara yang mudah dilakukan karena kamu hanya perlu memeriksa bentuk fisik HP Xiaomi. Kamu bisa mengecek mulai dari logo MI pada ponsel Xiaomi kamu, jika warnanya terlihat pudar, ada kemungkinan bahwa ponsel Xiaomi tersebut palsu.

Kamu juga mengeceknya dengan menyamakan kode IMEI pada tempat baterai dengan yang kode IMEI yang berada di dus. Jika kode IMEI tersebut berbeda sudah dipastikan bahwa ponsel Xiaomi kamu palsu.

BACA
Smartphone Terbaru Vivo, Vivo S1 Sudah Hadir di Indonesia

6. Identifikasi Bloatwares

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 13

Aplikasi Bloatwares

Bloatwares adalah aplikasi bawaan yang sudah ter-install pada smartphone yang biasanya jarang sekali digunakan. Bloatwares biasanya dapat memperlambat performa smartphone loh! Terkadang sebagian besar bloatwares juga berbahaya karena bisa mengambil data pribadi kamu.

Biasanya Bloatwares tidak dapat dihapus dengan cara metode uninstall biasa. Nah! cara ini juga sangat mudah diketahui. Biasanya smartphone palsu menggunakan ROM Android khusus, akan ada banyak kemungkinan adanya banyak bloatwares didalamnya.

7. Gunakan Aplikasi AntuTU Officer

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 14

Aplikasi AntuTu Officer

Aplikasi AnTuTu Officer adalah aplikasi yang hampir mirip cara kerjanya seperti MI Verification. Akan tetapi aplikasi ini datanya disediakan secara eksklusif oleh AnTuTu Officer.

Aplikasi AnTuTu Officer merupakan aplikasi benchmaking populer yang banyak digunakan, karena aplikasi ini juga sangat cocok dengan perangkat keras untuk smartphone apapun. Fungsinya untuk menguji produk pada smartphone tersebut asli atau palsu.

Cara menggunakannya juga sama seperti MI Verification, kamu pertama men-download dan Install terlebih dahulu aplikasi AnTuTu Officer di Play Store. Kemudian jika sudah ter-install kamu klik Start maka akan muncul kode QR.

Selanjutnya kamu buka situs y.antutu.com menggunakan laptop atau PC setelah itu scan kode QR. Nah! Jika hasil pemindai kode QR “Good” berarti smartphone Xiaomi kamu asli, sedangkan jika hasilnya “High Copy” sudah dipastikan bahwa smartphone Xiaomi kamu palsu.

8. Periksa Aksesoris pada Dus

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 15

Kelengkapan Aksesoris

Nah cara ini juga sangat mudah kamu ketahui, yap! yang perlu kamu ketahui bahwa produk MI tidak menyertakan aksesoris berupa earphone atau hadset. Produk MI hanya menyertakan isi didalam dus berupa Ponsel, Charger, Kabel Data dan Kartu Petunjuk serta Kartu garansi.

Jika kamu membeli smartphone Xiaomi didalam dus terdapat earphone atau hadset, kemungkinan besar bahwa produk smartphone Xiaomi tersebut palsu. Kamu juga bisa memastikkannya dengan melihat apakah terdapat merk MI pada earphone tersebut.

9. Garansi

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 16

Garansi Distributor TAM

Nah! yang ini juga menjadi point penting untuk membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu. Jika toko menjual HP Xiaomi dengan garansi selama 1 tahun, sudah dipastikan bahwa HP Xiaomi tersebut asli.

terlebih jika kartu garansi tersebut resmi dari produk MI, walaupun banyak toko yang menawarkan garansi dari distributor seperti TAM, Platinum dan lainnya. Intinya kamu harus waspada jika garansi tersebut kurang dari 1 tahun.

Apalagi jika toko tersebut tidak menyertakan kartu garansi, kemungkinan besar bahwa HP Xiaomi yang dijual tersebut merupakan HP Xiaomi replika atau palsu. Sebaiknya, kamu membeli HP Xiaomi yang menyertakan kartu garansi yaa.

10. Harga

10 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu 17

Mata uang rupiah

Dan yang terakhir, ini hal yang penting! Kamu bisa mencurigai HP Xiaomi yang dijual dengan harga yang relatif lebih murah dari produk-produk Xiaomi lainnya dengan type yang serupa.

Biasanya distributor atau pedagang akan menjual HP Xiaomi imitasinya dengan harga murah dan terjangkau, sehingga dengan harga yang murah ini dapat memancing masyarakat untuk membelinya.

Tapi biasanya juga distributor atau pedagang akan memberikan harga promo ketika menjual HP Xiaomi-nya. Oleh sebab itu, jangan lupa selalu tetap waspada yaa! karena harga murah memiliki resiko sangat besar untuk produk HP Xiaomi palsu.

So.. jadi gimana guys, kalian sudah tahu kan perbedaan HP Xiaomi Asli danPalsu? Untuk itu kalian harus berhati-hati yaa sebelum membeli produk, jangan sampai kalian membeli HP Xiaomi tiruan! Nah, untuk kalian yang punya saran boleh dong kasih komentarnya di bawah artikel ini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top