Internet

Gak Ribet! Ini 4 Cara Membuat Website Tanpa Coding

Home / Windows / Gak Ribet! Ini 4 Cara Membuat Website Tanpa Coding

Cara Membuat Website

Cara membuat website tentunya sangat penting diketahui oleh kamu yang ingin mendapatkan uang dari internet melalui website dengan di monetize oleh Google AdSense.

Hal tersebut dikarenakan pada saat website kamu sudah di monetize oleh Google AdSense dan setiap kali ada orang yang membaca serta menyentuh tombol klik pada spanduk iklan yang ada di dalam website, maka kamu bisa mendapatkan uang.

Bisa dibilang website tak terlepas dalam aspek kehidupan manusia. Sebab, saat ini hampir semua informasi terbaru, mulai dari teknologi, edukasi, hingga bencana sudah bisa kamu dapatkan di website.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan cara membuat website, langsung saja simak ulasan berikut ini sampai habis!

Cara Membuat Website Tanpa Coding

Untuk membuat sebuah website sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Sebab, kamu cukup melakukan beberapa langkah saja untuk bisa membuat website.

Meski pemula ataupun belum menguasai skill teknis web development tetap bisa membuat website dengan mengikuti cara berikut ini.

1. Pilih Tipe Website

Pilih Tipe Website

Pilih Tipe Website

Memilih tipe atau jenis website merupakan hal paling utama yang harus dilakukan sebelum kamu ingin mulai membuat website. Kamu bisa mencari referensi di internet untuk memilih tipe website yang akan kamu buat.

Jika kamu sudah mengetahui tipe website-nya, maka kamu akan lebih mudah untuk melanjutkan cara membuat website ke langkah berikutnya, seperti menentukan domain dan juga platform website.

Namun, kalau kamu masih bingung dengan tipe website yang ingin kamu buat, kamu bisa menggunakan referensi berikut ini yang sedang naik daun:

  • Toko Online. Online Shop atau toko online merupakan salah satu jenis website yang sering dibuat dan juga dikunjungi saat ini. Siapapun tentunya bisa membuat jenis website yang satu ini. Melalui website toko online, kamu bisa promosi dan menjual produk ke seluruh orang yang ada di Indonesia maupun negara lainnya, dimana hal ini tidak dapat dilakukan oleh toko offline.
  • Edukasi. Jika memiliki hobi atau kemampuan pada bidang tertentu, kamu bisa coba membuat website edukasi atau kursus online, seperti belajar bahasa asing, otomotif, olahraga badminton, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa memberikan informasi dan edukasi, serta mengasah keahlian tersebut secara lebih mendalam.
  • Berita. Di zaman serba canggih ini, membuat website berita juga tidak kalah populer dengan jenis website lainnya. Sebab, pada saat ini orang-orang lebih sering mencari informasi melalui website atau artikel tertentu. Tipe website berita sangat cocok dibuat oleh kamu yang suka berbagi informasi terbaru dan untuk yang berpotensi menghebohkan dunia internet.
  • Blog. Jenis website yang satu ini bisa kamu gunakan dengan mengambil berbagai topik yang menarik, seperti kegiatan bisnis (affiliasi, ulasan, niche), berbagi cerita, karya, ataupun tentang hobi dan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.
  • Komunitas. Kini mencari hobi baru dan membuat website komunitas bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membuat tipe website ini untuk memberikan wadah ke orang-orang yang memiliki hobi atau kesenangan yang sama dengan kamu.
  • Portfolio. Merupakan salah satu jenis website yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang bekerja secara online, misalnya Freelancer. Kamu bisa membuat website portfolio dan mengembangkannya dengan tujuan untuk memperluas klien, mengikuti kompetisi, hingga mencari peluang bisnis.

2. Tentukan Web Hosting

Tentukan Web Hosting

Tentukan Web Hosting

Ketika sudah menentukan jenis website yang akan dibuat, selanjutnya kamu bisa memilih Web Hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Web Hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan online yang berfungsi untuk menyimpan semua data yang ada di dalam website.

Pada saat memilih Web Hosting, sebaiknya kamu menggunakan layanan Web Hosting terbaik dan terpercaya. Hal ini dikarenakan Web Hosting memiliki pengaruh cukup besar terhadap performa website yang kamu buat.

Terdapat beberapa jenis Web Hosting yang saat ini sedang populer dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting.

Berikut ini penjelasan terkait 3 macam Web Hosting tersebut untuk membuat website:

Shared Hosting

Shared Hosting adalah salah satu jenis Web Hosting terbaik yang cocok digunakan untuk kamu yang baru ingin membuat website sederhana.

Shared Hosting sendiri memiliki tipe layanan yang meliputi banyak user dan ditujukan untuk website dengan skala kecil sampai medium.

Untuk cara kerja dari Shared Hosting bisa diibaratkan seperti kendaraan umum, contohnya kereta atau bus. Beberapa website bisa menggunakan resource yang sama dari satu server fisik, jadi seperti penumpang yang menaiki transportasi umum.

Perihal harga, biaya Shared Hosting ini tergolong sangat ramah kantong. Akan tetapi, ada beberapa batasan yang cukup ketat supaya tiap user yang memakainya secara bersama-sama tidak menyalahgunakan resource yang diberikan.

Berikut kelebihan Shared Hosting yang bisa kamu pahami:

  • Mudah diunduh. Set up tool yang sedang populer dengan mudah, seperti content management system, platform blogging, software forum, script e-commerce, dan lain sebagainya.
  • Backup File. File dan database dapat di-backup secara otomatis melalui Control Panel.
  • Tampilan Control Panel sederhana. Panel yang dikembangkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengelola hosting.
  • FTP/File Manager. Bisa edit file, direktori, dan juga kode menggunakan file manager yang berbasis website maupun aplikasi FTP, seperti FileZilla.
  • Cache Manager. Adanya cache membuat website dapat melakukan bypass terhadap permintaan PHP dengan membuat halaman statis. Dengan begitu, loading website bisa lebih cepat dan akan membuat pengunjung senang.

VPS Hosting

Jenis Hosting yang cocok untuk kamu yang ingin membuat website dalam skala besar dan nantinya akan dioptimasi penuh adalah VPS Hosting.

Virtual Private Server atau disingkat dengan VPS merupakan salah satu jenis Hosting pilihan tepat untuk user yang ingin bebas mengontrol atau mengelola seluruh platform dan website.

Tapi, untuk bisa menjalankan VPS Hosting, kamu harus memiliki skill manajemen server terlebih dahulu dan mengetahui cara operasikan terminal.

VPS Hosting menghadirkan kustomisasi terbaik dan tingkat tinggi pada semua opsi yang tersedia. Mulai dari sistem operasi sampai software stack yang mana semuanya bisa kamu kelola dengan menggunakan akses root.

Berikut macam-macam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan VPS Hosting:

  • Bebas dari proses install dan uninstall seperti pada perangkat lunak biasa, karena sistemnya langsung terhubung dengan internet.
  • Keamanan data yang disimpan sangat terjamin mengingat kamu sendiri yang mengelola jaringannya, jadi sangat mustahil bisa dibobol oleh hacker.
  • Ruang kerja yang bebas dari gangguan dan hambatan yang sering timbul dari berbagai processing power ke pengguna lain.
  • Data yang dikelola VPS bisa kamu update dengan lebih cepat dan akurat.
  • Tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk sewa server dari orang lain.

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting yang cocok digunakan untuk website berjenis online shop, proyek berskala besar, dan website berita online dengan pengunjung yang sering datang kembali untuk bisa mendapatkan informasi.

Layanan ini memberikan kemudahan shared hosting dan kecanggihan virtual server.

Untuk cara kerja dari Cloud Hosting ini adalah dengan menyimpan salinan website di beberapa server fisik yang saling bekerja sama satu sama lain.

Dengan begitu, saat ada server yang down, maka server lainnya yang masih dalam satu cluster yang sama akan menjadi backup supaya website kamu tetap online.

Cloud Hosting memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  • Website akan selalu online dan cepat diakses, karena Cloud Hosting memiliki kemampuan yang setara dengan VPS.
  • Kelola website bisa lebih mudah berkat opsi yang diberikan Cloud Hosting sangat mirip dengan yang ada di layanan Shared Hosting.
  • Siap mengatasi berbagai celah keamanan yang ada di website kamu, sehingga tidak perlu khawatir lagi soal keamanan dan performa yang diberikan Cloud Hosting.
  • Cloud Hosting menggunakan sumber daya atau resources dari beberapa server cloud yang ada pada cluster, sehingga website kamu tidak akan mudah terkena downtime.

3. Pilih Nama Domain

Tentukan Nama Domain

Tentukan Nama Domain

Cara membuat website berikutnya adalah dengan memilih nama domain. Kamu bisa membeli domain melalui platform, seperti Hostinger, Niagahoster, Domainesia, dan lain sebagainya.

Domain sendiri merupakan alamat yang akan digunakan untuk menemukan website kamu.

Nah, untuk mempermudah orang-orang yang ingin mencari dan melihat website yang ingin kamu buat, sebaiknya kamu menentukan nama domain-nya yang unik dan juga mudah diingat.

Berikut beberapa tips dalam memilih nama domain yang bisa kamu ikuti:

  • Pilihlah nama domain yang mudah dieja.
  • Gunakan nama domain yang mengandung unsur bisnis.
  • Temukan ekstensi yang ingin digunakan.
  • Cek ketersediaan nama domain menggunakan tool cek domain, seperti domainr.com.
  • Tentukan nama domain terbaik.

4. Temukan Platform untuk Membuat Website

Temukan Platform untuk Membuat Websitee

Temukan Platform untuk Membuat Website

Jika kamu sudah menentukan tipe website, jenis hosting, dan nama domain, langkah selanjutnya adalah dengan menemukan platform untuk membuat website.

Ada 3 pilihan paling umum yang biasanya digunakan untuk membuat website, yakni:

  • Menggunakan platform CMS. Jika ingin membuat website gratis, kamu bisa menggunakan sistem manajemen konten atau biasa disebut dengan CMS. Kamu bisa menggunakan CMS gratis, seperti Blogger dan WordPress untuk membuat situs web.
  • Website Builder. Kalau merasa masih bingung, sebaiknya kamu coba menggunakan website Builder. Sebab, di website Builder kamu bisa membuat website tanpa harus coding.
  • Memakai Coding. Opsi yang satu ini tentunya tidak akan sulit dipilih apabila kamu sudah menjadi seorang web developer. Walaupun membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sebentar, kamu bisa bebas menambahkan fitur atau menentukan tampilan dalam pengembangan website kamu.

3 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website

Content Management System (CMS) merupakan sistem manajemen konten yang bisa digunakan untuk membuat website secara cepat dan tidak perlu melakukan usaha yang berlebihan.

CMS juga bisa digunakan sebagai fitur perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola konten pada suatu website. Tentunya tidak semua orang yang ingin membuat website mengerti akan permasalahan teknikal seperti coding.

Oleh karena itu, adanya tool bantuan CMS bisa membantu kamu untuk membuat website dengan lebih mudah dan efektif.

Tidak hanya menawarkan kemudahan, CMS juga menyediakan berbagai macam add-on yang dapat memberikan fitur tambahan, sehingga tampilan website kamu menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Nah, berikut ini beberapa CMS terbaik yang bisa digunakan untuk menolong kamu dalam membuat website tanpa harus melakukan aktivitas coding.

WordPress

WordPress

WordPress

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui jenis CMS yang satu ini. Yap, WordPress adalah salah satu CMS terbaik yang sangat populer saat ini dan sudah digunakan oleh banyak orang.

Tidak hanya bisa membuat website saja, WordPress juga bisa digunakan untuk mengembangkan website menjadi lebih baik dengan metode yang sederhana.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan WordPress secara gratis dengan memakai varian WordPress.org.

Untuk mendalami pengetahuan seputar fitur yang tersedia di dalam WordPress pun tergolong mudah. Kamu bisa menggunakan platform seperti Websitebos.com untuk mempelajari cara membuat website profesional melalui WordPress.

CMS ini juga menyediakan banyak sekali theme yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah tampilan website kamu.

Fitur yang disediakan WordPress seperti Plugin bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan website. Keunggulan lainnya yang dimiliki WordPress adalah fitur SEO-nya yang bisa dibilang lebih bagus dibanding platform CMS lainnya.

Blogger

Blogger

Blogger

Platform CMS berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat website adalah Blogger. Blogger sudah muncul sejak tahun 1999 yang mana sekarang telah diakuisisi dan dikembangkan oleh perusahaan Google.

Sesuai dengan namanya, Blogger dibuat untuk media bagi mereka yang suka membuat website jenis blog.

Dengan menggunakan CMS ini, kamu tidak perlu lagi khawatir memikirkan biaya hosting, karena sudah disediakan oleh Google untuk menyimpan file-file website kamu.

Untuk domain, pada saat menggunakan Blogger maka secara otomatis kamu akan mendapatkan ekstensi .blogspot.com. Tapi, kamu juga bisa mengubahnya dengan domain TLD, .COM, dan lain sebagainya.

Selain gratis, CMS ini juga mudah dioperasikan dan sudah terintegrasi dengan layanan Google.

Joomla

Joomla

Joomla

Joomla adalah salah satu CMS terbaik yang berbasis PHP dan bersifat open source. CMS yang satu ini bisa dibilang alternatif yang bisa kamu pilih selain WordPress dengan beberapa fitur yang tidak kalah keren.

Joomla dapat menjadi solusi untuk kamu yang ingin integrasikan website dengan database yang tersimpan di MySQL, MS-SQL, maupun PostgreSQL.

CMS ini bisa digunakan untuk membangung berbagai jenis website profesional dan memberikan layanan integrasi dengan mudah ke website hosting.

Website populer yang menggunakan CMS Joomla diantaranya adalah eBay, IKEA, hingga ribuan orang yang memakainya.

Penutup

Nah, itulah cara membuat website dan beberapa platform CMS yang bisa digunakan untuk membantu kamu dalam melakukan proses pembuatan website.

Menurutmu gimana nih, apakah membuat website itu mudah atau susah? Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

Oh iya, jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya, supaya mereka bisa tahu cara membuat website. Semoga bermanfaat!

Baca Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top